Melakukan perawatan mobil secara merupakan hal terpenting. Ada bermacam-macam jenis service mobil yang perlu dilakukan guna menjaga kualitas komponen kendaraan tetap terawat dengan baik.  

Namun, melakukan perawatan tidak boleh asal memilih jasa service untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Jadi, sebelum mengetahui macam-macam jenis perawatan mobil OtoFriends juga perlu tahu cara memilih jasa service mobil yang bagus. 

Berikut tips memilih jasa service mobil yang bagus. 

Tips Memilih Jasa Service Mobil

1. Teknisi yang Profesional

Sebelum melakukan service mobil, pastikan OtoFriends memilih teknisi yang profesional dan memahami secara detail berbagai kondisi mobil. Teknisi yang profesional di bengkel perlu bersertifikat sehingga OtoFriends tidak ragu mempercayakan kendaraan kepada mereka.

Tak hanya terampil dalam melakukan service mobil, teknisi yang profesional lebih komunikatif sehingga dapat diajak berdiskusi mengenai pengerjaan perbaikan mobil. Jadi OtoFriends mendapatkan wawasan lebih luas mengenai kerusakan mobil. 

2. SOP dan QC yang Berkualitas Tinggi

Bengkel terpercaya biasanya memiliki SOP (standard operating procedure) dan QC (Quality Control) yang berkualitas tinggi. Jasa service mobil profesional  kemampuan mendiagnosis yang baik mengenai kerusakan pada mobil jika sudah dilengkapi SOP dan QC yang baik.

Selain itu, SOP yang baik juga akan membuat OtoFriends nyaman baik saat melakukan service mobil maupun pelayanan yang ramah.

3. Suku Cadang Asli

Tips selanjutnya dalam memilih jasa service mobil adalah memastikan suku cadang yang ada dalam bengkel asli. Cara utama membedakan suku cadang asli dan palsu dari segi harga.

Biasanya, suku cadang yang asli memiliki garansi dan harga lebih mahal dari suku cadang aftermarket. Kualitasnya sudah pasti bagus dan kompatibel dengan mobil.

Menggunakan suku cadang asli memungkinkan OtoFriends lebih menghemat pengeluaran. Sebab, suku cadang asli relatif lebih awet. 

Baca Juga: Bengkel Interior Mobil Jabodetabek dan Biaya Perbaikannya

4. Alat lengkap

Jasa service mobil yang profesional memiliki peralatan service lengkap. OtoFriends tak perlu pindah ke bengkel lain untuk mencari jasa service mobil yang memiliki alat lebih lengkap. 

5. Terkomputerisasi

Seiring berkembangnya aman, mendeteksi kerusakan mobil tak perlu dicari secara manual. Jasa service mobil yang profesional memiliki komputasi untuk mendeteksi sejumlah kerusakan sehingga pekerjaan lebih cepat. 

6. Memiliki ruang tunggu yang nyaman

Selain memastikan jasa service profesional dan alat lengkap, ruang tunggu yang nyaman menjadi hal terpenting saat menunggu proses perawatan mobil. Sebab, pengerjaan service mobil memakan waktu cukup lama. 

Ruang tunggu nyaman juga dapat memberikan kemudahan bagi kita jika membawa anak kecil agar tidak rewel selama menunggu. Ruang tunggu yang nyaman di bengkel mobil memiliki kursi, meja, AC, toilet, TV, serta koneksi Wi-Fi gratis.

7. Memberikan garansi servis mobil

Hal terpenting dalam memilih jasa service mobil adalah pemberian garansi. Selain menjamin kualitas suku cadang bisa tahan lama, memberi garansi juga menjadi cara meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

Namun tak semua perawatan mendapatkan garansi. Hanya jenis service tertentu yang mendapatkan garansi jika terjadi kerusakan kembali setelah perawatan atau sebelum masa pakai yang dijaminkan.

Baca Juga: Catat! Daftar Bengkel Cat Mobil Terbaik di Jabodetabek

8. Bengkel yang Mudah Didatangi dan Tidak Ribet

Biasanya, jasa service mobil profesional bisa buka 24 jam dan beroperasi saat hari Minggu. Jasa service mobil yang bagus umumnya memiliki beberapa cabang yang mudah dijangkau, lokasinya di pinggir jalan besar atau tidak berada di pelosok. 

9. Bengkel Panggilan

Jika kamu ingin menggunakan jasa service panggilan, bengkel panggilan bisa menjadi alternatif bagi yang membutuhkan jasa servis mobil, ganti oli, dan hingga perbaikan bagian kaki-kaki.

Untuk memilih bengkel panggilan, OtoFriends perlu tahu apakah bengkel itu sudah banyak direview secara online di Google atau di komunitas mobil atau tidak. Jangan sampai jasa service mobil panggilan adalah bengkel abal-abal.

Setelah memahami cara memilih jasa service mobil, OtoFriends juga perlu mengetahui macam-macam jenis service mobil. Berikut macam-macam service mobil. 

Service Mobil Berkala 

Service berkala pada mobil harus sesuai dengan ketentuan buku servis mobil. Tanpa buku servis mobil,fasilitas garansi juga terancam hilang. 

Perlu diketahui, interval servis berkala dasarnya ditentukan oleh jarak tempuh mobil. Tapi bagi orang yang tinggal di perkotaan, disarankan untuk berpatokan pada waktu.

Mobil lebih baik untuk servis berkala setiap kelipatan 10.000 kilometer. Namun biasanya mobil juga dianjurkan melakukan servis berkala setiap 6 bulan sekali dengan asumsi menempuh jarak 10.000 kilometer. 

Setiap interval service mobil secara berkala ada sejumlah perbedaan perawatan. Berikut rangkaian perawatan service berkala.

1. Service Berkala 10.000 KM

Pada saat mobil berada di kelipatan 10.000 KM, pihak bengkel biasanya menjalani proses pembersihan, pengecekan wajib komponen-komponen mobil seperti cairan oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering, air radiator, dan kopling.

Selain itu, mobil juga akan dicek akinya, sistem kemudi, tekanan angin, pembersih filter udara, pengecekan idle mesin dan baut yang ada di roda. 

2. Service Berkala 15.000 KM

Service berkala selanjutnya pada saat mobil sudah menempuh 15.000 KM adalah pergantian oli mesin, pengecekan baut kolong mobil, hingga pemeriksaan fluida dan minyak-minyak. Tak ketinggalan, air radiator, suspensi juga menjadi paket service berkala 15.000 KM. 

3. Service Berkala 20.000 KM

Servis mobil berkala 20.000 KM, umumnya mobil sudah berusia hampir setahun. Biasanya biaya paket servis mobil berkala ini lebih besar.

Komponen yang akan diperiksa dan dibersihkan lebih banyak, termasuk pembersihan saringan udara, pengecekan rem pada semua roda, pengecekan dan penyetelan klep, pembersihan throttle body, kalibrasi idle, penggantian filter AC, penggantian busi hingga balancing dan spooring serta rotasi ban menyilang.

Baca Juga: 7 Bengkel Las Mobil Terdekat di Jabodetabek

Service Tune Up Mobil

Tak hanya service berkala, jenis lainnya dari perawatan mobil adalah service tune up. Servis tune up mobil merupakan kegiatan penyetelan ulang semua komponen. 

Durasi pengerjaan cukup lama tapi tidak sesering servis mobil. Montir akan mengecek lebih jauh komponen-komponen mobil.

Pada servis tune up mobil, montir akan melakukan pembersihan ruang bakar dan pemeriksaan suku cadang. Montir juga mengganti suku cadang yang performanya menurun, seperti busi, ganti oli, aki, filter udara, dan fan belt.

Estimasi Biaya Service Mobil 

Setelah mengetahui cara memilih jasa service mobil dan macam-macam jenis perawatannya, berikut estimasi harga service berkala dan service tune up mobil. 

1. Estimasi Biasa Service Berkala

Biaya jasa servis mobil berbeda, tergantung jenis kendaraan, merek dan jarak tempuh mobil. Jika mobil telah mencapai 10.000 KM, estimasi biaya servis berkala mobil sekitar Rp400 ribu hingga Rp600 ribu. 

Sementara servis jika mobil telah mencapai 20.000 KM, estimasi biayanya mulai dari Rp800 ribu sampai Rp1,2 juta. Lalu servis mobil saat mencapai 80.000 kilometer estimasi biaya servis umumnya Rp2,6 juta sampai Rp3 juta.

2. Estimasi Biaya Tune Up Mobil

Biaya servis tune up mobil biasanya lebih mahal daripada  servis mobil berkala. Meski demikian, besarannya berbeda-beda, tergantung dari jenis mobil, bengkel, dan jarak tempuh mobil.

Siapkan biaya sebesar Rp350 ribu hingga Rp500 ribu untuk sekali melakukan tune up di bengkel umum. Namun biaya tersebut belum termasuk penggantian suku cadang yang dianggap harus diganti.

Supaya menjamin kualitas jasa service mobil profesional, OtoFriends bisa melakukan booking online melalui aplikasi OtoKlix. OtoKlix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. 

Pertanyaan Seputar Jasa Service Mobil

Siapkan biaya sebesar Rp350 ribu hingga Rp500 ribu untuk sekali melakukan tune up di bengkel umum.

Meliputi berbagai komponen, termasuk mesin, oli, rem, busi, ban, lampu, dan banyak lagi lainnya.

Bengkel atau workshop adalah sebuah bangunan yang menyediakan ruang dan peralatan untuk melakukan konstruksi atau manufaktur, dan/atau memperbaiki benda.