Dop velg mobil merupakan bagian kecil yang cukup vital. Hal itu karena part ini bisa menjadi bagian penunjang penampilan mobil kesayangan kalian semua.

Akan tetapi kondisi dop velg mobil yang sudah berumur kadang membuatnya kendor. Kalau sudah begitu, dop akan mudah terlepas dari velg.

Selain itu harga dop yang terbilang cukup mahal membuat tangan-tangan usil sering mencurinya. Dengan begitu penampilan velg pun jadi kurang sedang dipandang.

Dop velg mobil ini memang kadang luput dari perhatian para pemilik kendaraan roda empat. Tak heran jika keberadaanya jarang diperhatikan.

Untuk itu ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dop pelek mobil ini “kabur” atau lepas sendiri. Berikut tips dari Otoklix.

Pastikan Kancing Pengikat Dop Velg Terpasang Sempurna

OtoFriends jika tidak ingin mengalami kehilangan dop ada baiknya untuk sering melakukan pengecekan secara berkala. Kalian cukup mengecek apakah kancing pengikat dop velg mobil kalian masih terpasang secara sempurna atau tidak.

Baca juga: Biaya Service Dinamo Starter Mobil di Bengkel Jika Bermasalah

Jika tidak segera perbaiki dengan memasangnya lebih erat. Dengan begitu dop velg mobil kalian akan terjaga dan terpasang di velg mobil kalian.

Gunakan Lem Besi

Sementara itu, untuk dop velg yang sudah longgar bisa menggunakan bantuan dari lem besi. Caranya lem besi dioleskan  dalam bentuk titik di beberapa bagian kemudian baru dop dipasang atau ditempelkan.

Setelah ditempelkan kalian bisa menunggunya hingga seluruh lemnya kering. Jika sudah kembali pastikan dop kalian sudah tidak lepas lagi.

Gunakan Cable Strap

Cara lain yang lazim digunakan adalah menggunakan cable tie atau cable strap. Ikatan antara dop dengan pelek diperkuat dengan memasang cable tie di beberapa titik.

Dengan menggunakan cable strap atau cable tie akan menjaga dop mobil kalian tidak gampang hilang atau dicuri orang lain.

Pilih Tempat Parkir yang Aman

Pemilik harus bisa menentukan tempat terbaik untuk meninggalkan mobil. Resiko hilang bukan hanya dop, tapi bisa juga yang lain. Tempat ramai tidak selalu aman begitu juga sebaliknya.

Mulai sekarang mulai bijak ya memarkirkan mobil kalian di tempat yang aman. Hal itu agar menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Selain langkah-langkah di atas, OtoFriends juga bisa melakukan cara yang lainnya. Satu diantaranya adalah dengan mengencangkan baut dop velg.

Langkah ini memang terbilang tidak bisa mencegah dop di maling, akan tetapi untuk mengulur waktu dan memperlambat aksi para pencuri dop velg ini.  Selain itu, OtoFriends juga bisa mengganti baut dop velg kalian menjadi tipe + (plus).

Baca Juga: Tips Ubah Warna Velg Mobil Jadi Lebih Keren

Membuka pelek biasanya dibuka pakai obeng ‘L’, proses bongkar akan lebih sulit jika “si tangan panjang” dipaksa menggunakan obeng ‘+’

Nah untuk kalian yang ingin melakukan perawatan pada mobil atau velg kalian bisa mendatangi jutaan bengkel rekanan Otoklix. OtoFriends bisa mencari bengkel terdekat dengan mencarinya di website dan aplikasi resmi dari kami.