Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sewaktu menstarter mesin mobil. Diantaranya adalah dengan memastikan tuas transmisi berada pada posisi P (Parkir) atau N (Netral). Selain itu masih banyak langkah lain yang harus diperhatikan saat ingin menstarter mobil, terutama bagi pengguna mobil matic. Sebab masih banyak pengguna kendaraan roda empat yang salah saat melakukan hal tersebut.

Bagi kalian yang ingin menyalakan mobil matic wajib mengetahui hal penting berikut. Agar kalian tidak salah saat akan menginjak pedal rem atau pedal gas.

    Untuk mudah memahami praktek cara menyalakan mobil matic, ada beberapa langkah yang harus diikuti. Hal ini karena mobil matic dan manual beda cara menyalakannya, berikut cara yang benar dalam menstarter mobil matic.

    Pastikan Tuas Transmisi dalam Posisi P (Parkir)

    Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menstarter mobil matic adalah dengan memastikan tuas transmisi harus berada di posisi P atau parkir. Fungsinya adalah sebagai unsur safety dan memastikan mobil tidak akan bergerak atau melompat. Namun, ada juga kasus di mana posisi tuas berada di posisi N. 

    Memang paling aman ya hidupkan mobil matic adalah dalam posisi berhenti. Tentunya pada posisi parkir ataupun P.

    Pada umumnya, mobil matic keluaran terbaru tidak akan menyala jika transmisi tidak berada pada posisi Park atau P. Tetapi, pada mobil matik lawas, tidak jarang mesin tetap menyala meskipun tuas transmisi berada pada posisi Netral

    Baca Juga: Pilihan Mobil Matic Murah dan Irit Bahan Bakar

    Jangan Langsung Hidupkan Mesin 

    Langkah kedua yang harus Anda perhatikan adalah jangan langsung menghidupkan mesin. Kalian sebaiknya tunggu lampu-lampu peringatan yang berada di speedometer mati terlebih dahulu.

    Hal ini bertujuan agar pengemudi paham, jika semua sudah sudah mati maka baru boleh dinyalakan. Dalam beberapa kasus jenis mobil matic, biasanya indikator yang menyala dan listrik yang sudah hidup dalam mobil akan terdengar suara. 

    Menginjak Pedal Rem Saat Melakukan Starter

    Untuk menghidupkan mesin mobil matic, Anda harus menginjak pedal rem sambil starter.  Hal ini karena beberapa jenis mobil matic tidak akan berada di posisi hidup jika pengguna tidak menginjak pedal rem.

    Menginjak pedal rem ini wajib bagi mobil bertransmisi otomatik. Dan kebiasaan wajib ini hampir diterapkan pada seluruh mobil matik, baik itu produksi baru ataupun tua.

    Kegiatan tersebut bisa dibilang memberikan keamanan tambahan agar tidak terjadi engine stall. Meski beberapa mobil tidak membutuhkan cara ini, akan tetapi hampir seluruh mobil matic wajib menginjak pedal rem.

    Injak Pedal Rem Saat Memindahkan Tuas Transmisi

    Saat mesin sudah menyala, langkah selanjutnya adalah memindahkan tuas transmisi ke posisi D (mobil maju) atau R (mobil mundur). Saat melakukan hal tersebut, pastikan pedal bagian rem ditekan. 

    Baca Juga: Cara Mengemudikan Mobil Matic untuk Pemula

    Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya risiko kerusakan pada bagian mesin

    mobil matic OtoFriends sekalian. Nah itu dia langkah-langkah yang harus diperhatikan sebelum menyalakan atau menstarter mobil matic.

    Untuk kalian semua yang membutuhkan tune up berkala untuk mobil matic kalian atau perawatan bodi-bodi bisa langsung dengan bengkel rekanan Otoklix yang  bisa dilihat di website kami.