Mobil-mobil modern sekarang biasanya sudah menggunakan central lock mobil. Fitur ini berfungsi sebagai sistem pengamanan yang bersifat otomatis. Sebab, dulu mobil-mobil masih menggunakan kunci secara manual. Dengan adanya perkembangan teknologi, sistem pengamanan mobil juga jadi lebih canggih. Mari kita bahas lengkap tentang central lock mobil, mulai dari fungsi, cara kerja, penyebab masalah, sampa dengan servisnya.

Apa itu Central Lock?

Central lock mobil adalah salah satu fitur keamanan yang dipasang di mobil. Apalagi bagi OtoFriends yang punya balita. Ketika dalam masa eksplorasi, bukan tidak mungkin balita akan memainkan kenop pintu mobil dari dalam. Tentunya berbahaya kalau pintu mobil terbuka saat mobil sedang melaju. Central lock mobil bisa mengunci semua pintu secara otomatis dalam waktu bersamaan hanya menekan satu tombol di sisi pengemudi.

Fungsi Central Lock

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fungsi utama dari central lock adalah mengunci seluruh pintu mobil dalam waktu yang bersamaan dengan cara menekan sebuah tombol pada pintu mobil di sisi kemudi. Selain mengunci, central lock juga bisa membuka seluruh pintu secara bersamaan.

Fitur ini memudahkan pengemudi saat mengecek apakah seluruh pintu sudah terkunci atau belum tanpa harus mengeceknya satu per satu. Selain itu, fitur central lock ini juga berfungsi mengunci pintu saat di perjalanan kalau tiba-tiba pintu terbuka dengan sendirinya.

Cara Kerja Central Lock

Cara kerja central lock mobil atau disebut juga dengan central door lock ini sebenarnya sederhana. Namun, teknologi yang digunakan adalah teknologi canggih. Cara kerja otomatis ini bakal terjadi saat tuas atau knop pada sisi pengemudi ditekan. Semua pintu akan otomatis terkunci. Begitu juga saat tuas ini ditarik. Mana, kunci seluruh pintu akan terbuka.

Kinerja central lock door ini berpusat di mainboard, yaitu pengatur sinyal yang bakal menerima sinyal input dari sensor yang ada di rangkaian mesin. Kemudian, sinyal itu diteruskan ke komponen-komponen mesin sebagai output. Output dari mainboard ini yang kemudian meneruskan sinyal arus ke motor utama. Lantas, motor utama harus menjalankan perintah untuk penguncian lock maupun unlock.

Pada mainboard ni ada beberapa kabel yang berfungsi sebagai sumber arus baterai, sebagai masa, sebagai saluran input, dam ada 8 kabel lainnya yang punya fungsi masing-masing. Letak central lock juga bisa dipasang pada bagian pintu lainnya.

Baca juga: Service Central Lock Mobil dan Penyebab Kerusakannya

Penyebab Central Lock Bermasalah dan Cara Pasang

Namun, ada beberapa masalah yang sering ditemui, yaitu central lock mobil macet. Padahal, ini merupakan fitur yang diandalkan pengemudi. Secara umum, kerusakan bisa terjadi pada bagian kabel-kabelnya, power source, atau modul door lock-nya. Mari kita bahas satu per satu penyebab central lock door bermasalah.

Motor penggerak aus

Penyebab pertama adalah motor penggeraknya sudah aus. Sebenarnya central lock ini termasuk komponen mobil yang awet dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Namun, tidak menutup kemungkinan bisa rusak juga kalau perawatannya tidak baik. 

Misalnya, mobil yang sudah tidak dipakai dalam waktu yang lama bakal membuat motor penggerak central lock mobil jadi aus dan tidak berfungsi karena usia. Motor penggerak yang rusak membuat central lock sulit digerakkan dan sulit menerima sensor.

Motor penggerak sering juga disebut sebagai dinamo. Kerusakan central lock bisa disebabkan karena elektrikal dinamo yang kecil-kecil bermasalah. Saat komponen ini rusak, kita bisa menggantinya dengan dinamo yang baru. Biasanya pengguna mobil menggunakan dinamo central lock universal yang bisa dipasang di semua jenis mobil.

Gigi Penggerak dan Lengan Batang Central Lock Rusak

Penyebab kedua bisa dari gigi penggerak atau lengan batang yang rusak. Jadi, saat mendapati central lock rusak, cek juga bagian gigi penggeraknya. Pastikan gigi penggerak masih cukup kuat mengunci atau tidak. 

Selain gigi penggerak, kita juga perlu mengecek lengan batang penggerak. Lengan batang yangs udah lemah ini bikin sistem penguncian jadi lemah dan seret, sehingga sulit mengunci. Hal ini bisa membuat central lock sulit dibuka saat pintu sudah dikunci.

Benturan keras pada pintu

Benturan keras pada pintu mobil bisa membuat central lock tidak berfungsi. Benturan yang keras dan berulang ada mobil bisa membuat komponen pada sistem central lock menjadi berpindah posisi. Lengan batangnya juga bisa bengkok. Tentunya hal ini bisa berpengaruh terhadap kinerja central lock mobil.

Baca juga: Bengkel Pintu Mobil: Biaya Servis Bila Terjadi Kerusakan

Kotoran menumpuk

Penyebab terakhir adalah karena kotoran yang menumpuk pada komponen ini. Hal ini sering disepelekan. Sebab, tidak jarang kotoran ini juga tidak terlihat. Kotoran dan debu bisa menumpuk pada central lock. Maka dari itu, untuk menghindari central lock rusak, sebaiknya rutin periksa dan bersihkan central lock ini. 

Di samping itu, central lock yang kotor juga bisa membuat gigi dan batang central lock jadi kering. Akibatnya, central lock jadi seret dan sulit digerakkan. Solusinya, kita bisa memberikan pelumas dan anti karat saat membersihkan central lock.

Kabel putus

Selain penyebab central lock mobil rusak seperti di atas, penyebab lainnya juga bisa karena ada instalasi yang putus. Kabel yang putus ini membuat aliran listrik dari dinamo tidak bisa tersalurkan. Biasanya hal ini disebabkan karena kualitas kabel yang buruk. Jadi, bagian luar terlihat tersambung, padahal bagian dalamnya sudah putus.

Itu dia lima penyebab central lock bermasalah. Kalau sudah bermasalah begini, berapa biaya servis central lock mobil?

Biaya Servis Central Lock Mobil

Biaya servis central lock bervariasi, tergantung kerusakan yang terjadi. Kisarannya antara Rp100 ribu sampai dengan Rp600 ribu. Jenis servis mobil ini juga biasanya sudah termasuk perbaikan kunci pintu mobil. Berikut ini adalah daftar biaya servis central lock mobil.

Jenis servisHarga
Servis central lock Rp100 ribu – Rp200 ribu
Penggantian central lockRp500 ribuan
Perbaikan central lock yang aus atau patahRp150 ribu – Rp250 ribu
Reset kabel listrik yang putusRp150 ribu – Rp300 ribuan
Perbaikan modul alarmRp150 ribu – Rp200 ribuan
Ganti satu set modul alarm dan central lockRp400 ribu – Rp600 ribu

Baca juga: 5 Jenis Kerusakan yang Butuh Service Pintu Mobil

Selain servis central lock, kita juga bisa memasang central lock pada mobil yang masih menggunakan kunci manual. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan alat dan bahan

Alat dan bahan untuk memasang central lock adalah sebagai berikut:

  • 4 buah pistol penggerak (lock actuator)
  • 4 batang kawat penarik/pendorong
  • 1 set kabel untuk empat pintu
  • 1 central lock module yang punya delapan pin konektor

2. Memasang central lock di pintu kemudi

Cara memasangnya dengan menghubungkan lima kabel pada sistem penguncian.

3. Memasang di pintu lain

Setelah itu, pasang juga di pintu lain. Pemasangan motor central lock ini menyesuaikan dengan kondisi pintu.

4. Menyambung kabel

Kemudian, sambungkan setiap kabel ke modul atau kontrol relay.

5. Menyambungkan sisa kabel modul

Terakhir, sambungkan sisa kabel ke aki, ground atau body, dan juga sistem saklar. Biasanya detail pemasangan ini tertera di buku manual

Pemasangannya memang cukup rumit karena harus berhubungan dengan sistem kelistrikan mobil. Jadi, bagi OtoFriends yang tidak mau repot, bisa menggunakan jasa bengkel. Biaya pemasangannya mulai dari Rp300 ribu sampai dengan Rp600 ribuan.

Itu dia pembahasan lengkap tentang central lock mobil. Untuk servis mobil lainnya seperti ganti oli, ganti aki, servis AC, dan lainnya, OtoFriends bisa dengan mudah memilih servis yang diinginkan di aplikasi Otoklix dan langsung booking via aplikasi. Harganya transparan!

Pertanyaan Seputar Central Lock Mobil

Central lock mobil adalah fitur keamanan pada mobil-mobil modern yang bisa melakukan penguncian atau buka kunci secara bersamaan hanya dari satu tombol saja, yaitu di sisi kemudi.

Penyebab central lock tidak bisa mengunci bisa beragam. Di antaranya adalah motor penggerak yang sudah aus, gigi penggerak dan lengan batang yang sudah rusak, benturan pada pintu, kotoran menumpuk, sampai dengan kabel putus.

Central lock berfungsi untuk mempermudah pengemudi mengunci semua pintu secara bersamaan. Hal ini membantu pengemudi untuk tidak perlu mengecek apakah semua pintu sudah terkunci atau belum. Selain itu, central lock juga bisa mencegah pintu terbuka sendiri atau sebagai keamanan tambahan kalau ada anak kecil yang tanpa sengaja membuka pintu mobil saat sedang melaju.