Di masa pandemi seperti ini, terkadang kita juga menjadi malas untuk pergi ke luar rumah, termasuk ke bengkel untuk service mobil. Memang, ada fasilitas montir panggilan, tetapi apakah kamu tahu cara spooring balancing bisa dilakukan sendiri di rumah?

Ini dia cara melakukan spooring dan balancing mobil di rumah tanpa harus ke bengkel. Sebelum itu, ketahui dulu apa itu spooring dan balancing.

Memahami tentang Spooring dan Balancing

Spooring artinya proses meluruskan roda mobil agar kembali sejajar dan seimbang. Sedangkan balancing artinya menyeimbangkan bobot roda mobil. Kedua hal tersebut sangat berbeda bukan? Tetapi masih banyak dari pengguna mobil yang menganggap kedua perawatan tersebut sama. Lalu, bagaimana cara spooring balancing baik manual di rumah maupun di bengkel?

Cara Spooring Sendiri di Rumah

Idealnya memang spooring dan balancing dilakukan di bengkel ban terdekat karena bengkel-bengkel tersebut memiliki alat atau mesin khusus untuk melakukan spooring dan balancing. Tetapi, kamu perlu mencoba cara spooring balancing di rumah sebelum membawa mobilmu ke bengkel terdekat.

Cara spooring ini bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan benang dan meteran.

1. Menggunakan benang kasur atau benang layangan

Cara ini terlihat cukup rumit, tetapi sebenarnya cukup mudah dilakukan. Alat yang perlu dipersiapkan adalah kunci pass ukuran 13, 14, 17, dan 19. Sebelum melakukan cara spooring balancing mobil, kamu juga perlu tahu tentang tie rod.

Tie rod adalah bagian mobil yang berfungsi meneruskan setir pada bagian bawah yang dapat menggerakkan roda ke kanan dan kiri. Langkah-langkah spooring dengan menggunakan benang adalah sebagai berikut:

  • Parkir kendaraan di permukaan yang rata.
  • Pastikan posisi lingkar kemudi dalam keadaan lurus dan sejajar.
  • Lingkarkan benang dari roda belakang ke arah roda depan, kemudian ke roda belakang yang sama pada sisi lain. Kamu bisa mengikat ujung benang pada komponen di bagian dalam roda.
  • Kalau kamu menemukan cela pada salah satu roda depan, maka atur panjang tie rod sampai setelannya sesuai. Jangan gunakan dongkrak ya.
  • Siapkan kunci pass, kunci pass ring, dan kunci pipa ukuran 13, 14, 17, dan 19.
  • Kendurkan mur baut pada tie rod dengan kunci 17 atau 19. 
  • Setelah itu setel batang tie rod dengan kunci 13 atau 14. Putar sampai sisi roda depan dan belakang menyentuh benang secara pas, tidak renggang maupun tidak terlalu menekan.
  • Kemudian, kencangkan kembali baut pada tie rod dengan kunci 17 atau 19.

2. Menggunakan meteran

Selain menggunakan benang kasur atau benang layangan, kamu juga bisa menggunakan meteran untuk spooring mobil. Pertama, jalankan mobil sepanjang kurang lebih 3 meter lalu tarik rem tangan pada posisi setir lurus.

Kedua, ukur jarak antara kedua roda depan dan juga ukur sisi depan dan belakang roda menggunakan meteran. Apabila terdapat jarak yang berbeda pada roda-roda mobil, artinya roda perlu di-spooring.

Ketiga, lakukan cara spooring seperti menggunakan benang di atas. Penyetelan roda jangan lebih dari 1-5 mm ya.

Cara Spooring Balancing di Bengkel

Kalau menurut kamu cara spooring sendiri di rumah cukup rumit, maka cara terbaik adalah dengan membawa mobil ke bengkel ban terdekat. Ini dia cara spooring balancing yang dilakukan di bengkel.

Cara Spooring Mobil

Spooring ban ini dilakukan saat kondisi ban terpasang di sistem kaki-kaki mobil. Teknisi bengkel akan melakukan penyetelan sudut camber dan sudut caster pada roda bagian depan. Mengapa bagian depan? Karena yang biasanya melenceng adalah roda bagian depan.

Apabila ditemukan sudut roda melenceng jauh dari pengaturan pabrikan, maka mobil perlu dilakukan spooring. Posisi-posisi yang perlu dilakukan spooring adalah negative camber, positive camber, toe in, toe out, negative caster, positive camber.

Sebelum itu, pastikan teknisi di bengkel melakukan pengecekan terhadap komponen kaki-kaki mobil seperti tie rod, end tie rod, ball joint, dan bushing. Tujuannya agar dapat menemukan akar permasalahan sebelum dilakukan spooring. Jika komponen-komponen itu ada yang rusak maka perlu diganti terlebih dahulu.

Cara Balancing Mobil

Berikutnya adalah cara balancing mobil. Saat melakukan balancing, titik bawah, titik atas, titik kanan, dan titik kiri dari roda harus diseimbangkan. Caranya adalah roda dilepas terlebih dahulu dari mobil. Kemudian roda tersebut diletakkan pada mesin balancing.

Setelah itu mesin balancing akan memutar roda dengan kecepatan tinggi untuk menemukan titik yang perlu diseimbangkan. Setelah titik itu ketemu, maka akan diberi beban tambahan berupa besi atau timah kecil yang direkatkan di velg sampai hasilnya zero.

Apakah Spooring dan Balancing Mobil Harus Dilakukan Bersamaan?

Sebenarnya kedua hal ini bisa dilakukan terpisah apabila tidak ada gejala pada salah satunya. Artinya, spooring dan balancing tidak perlu dilakukan bersamaan. Tetapi apabila ban sudah dicopot untuk balancing, memang sebenarnya sekaligus dilakukan spooring juga. 

Hal ini juga berlaku ketika melakukan penggantian ban baru. Tujuannya agar roda tetap di posisi yang benar setelah proses bongkar pasang ban mobil. Tetapi kalau kamu yakin posisi roda sudah benar, maka tidak wajib melakukan spooring.

Jadi, mau melakukan cara spooring balancing sendiri di rumah atau membawanya ke bengkel ban terdekat? Kamu bisa dengan mudah menemukan 1.000+ bengkel umum terdekat lokasimu dengan menggunakan aplikasi Otoklix lho. Langsung booking servis di aplikasi dan bayar sesuai harga yang ada di aplikasi.