Ketika musim hujan tiba, ada beberapa hal yang harus diwaspadai saat berkendara. Selain berhati-hati terhadap jalanan yang licin, perhatikan pula jarak pandang. Kaca mata mobil berembun bisa menghambat penglihatan.

Lantas, apa saja penyebab kaca mobil berembun dan bagaimana mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

    Penyebab kaca mobil berembun

    Kaca mobil buram saat hujan dapat mengurangi visibilitas pengendara. Hal itu akan membahayakan pengemudi apabila tidak segera diatasi. Berikut beberapa penyebab kaca mobil berembun.

    1. Perbedaan suhu di dalam  mobil

    AC mobil merupakan salah satu komponen yang menyebabkan munculnya embun di kaca mobil. Sebab, kabin mobil terasa lembab akibat banyaknya partikel air yang terkena AC. Kelembaban udara di luar kabin juga tinggi saat pagi hari, terutama setelah hujan.

    Embun yang ada di dalam mobil muncul karena tingkat kelembaban udara yang tinggi. Selain itu, embun juga bisa muncul karena terdapat perbedaan suhu antara kabin dengan suhu di luar mobil. Suhu kabin yang lebih panas akan memunculkan embun di kaca mobil.

    1. Hanya menyalakan blower AC

    Penyebab kaca mobil berembun lainnya adalah blower AC tetap menyala bahkan saat sedang hujan. Akan tetapi, embun masih bisa muncul karena kabin akan tetap terasa lebih panas daripada suhu di luar mobil.

    1. Ada masalah pada AC

    Ketika OtoFriends sudah menyalakan AC dengan suhu dingin, namun embun tetap muncul, hal itu artinya ada masalah pada sistem pendingin mobil.

    1. AC terlalu dingin

    Selain itu, kaca mobil berembun bisa juga disebabkan oleh suhu AC yang terlalu dingin. Sebab, AC yang terlalu dingin akan menyebabkan suhu di dalam kabin lebih kecil daripada di luar kabin.

    Baca juga: Ini Proses Service Kaca Mobil Retak Jika Masih Bisa Diperbaiki

    Cara mengatasi kaca mobil berembun

    Berikut beberapa cara mengatasi kaca mobil berembun:

    1. Turunkan temperatur dalam kabin mobil

    Kaca mobil berembun terjadi karena ada perbedaan suhu yang ada di luar dan di dalam kabin. Untuk mengatasinya, turunkan temperatur di dalam kabin mobil. Dengan demikian, pengembunan (kondensasi) bisa berkurang.

    1. Lakukan defogger mobil

    Sebuah mobil biasanya dilengkapi fitur defrost/defogger. Fitur tersebut bisa digunakan untuk menghilangkan embun. Ventilasi defrost biasanya berada di kedua sisi paling ujung pada dashboard. Apabila embun terjadi pada kaca bagian belakang mobil, gunakanlah fitur defogger.

    1. Lakukan resirkulasi udara

    Gunakan tombol sirkulasi untuk kaca mobil berembun. Setelah tombol sirkulasi diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar mobil. Kemudian, udara tersebut diembuskan ke luar tanpa mengubah temperatur. Dengan demikian, tidak ada perbedaan temperatur.

    Perlu diketahui, resirkulasi udara tidak perlu dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Apabila embun telah menghilang, nonaktifkan fitur tersebut.

    1. Nyalakan AC dan wiper

    Embun tidak hanya terbentuk akibat temperatur udara di luar dingin, namun bisa berlaku sebaliknya. Udara di luar yang panas serta temperatur di dalam mobil yang dingin akan memungkinkan spot-spot embun terbentuk pada kaca.

    OtoFriends bisa mengatasinya dengan mengurangi temperatur AC. Hal itu akan mengurangi embun yang terbentuk pada kaca. Selain itu, gunakan wiper untuk menyeka embun yang terbentuk di kaca mobil. Akan tetapi, pastikan wiper dalam pengaturan yang paling pelan. Hal itu agar tidak mengganggu penglihatan ketika berkendara.

    1. Buka jendela mobil

    Cara tercepat dan termudah untuk menghilangkan embun yang terbentuk di kaca mobil adalah dengan membuka jendela mobil. Bukalah jendela mobil hingga embun menghilang, kemudian tutup kembali agar udara dingin dari AC mobil kembali terasa.

    1. Manfaatkan shampo rambut

    Oleskan sedikit cairan shampo di kaca mobil bagian dalam, namun jangan dicampur air. Kemudian, siapkan lap kanebo lembab untuk mengelap kaca yang sudah diolesi shampoo. Pastikan mengelap dengan gerakan searah agar kaca tidak buram.

    1. Semprotkan cairan anti kabut

    Siapkan cairan anti kabut saat perjalanan. Cairan tersebut bisa didapatkan di toko perlengkapan mobil. Ketika kaca mobil berembun, semprotkan cairan anti kabut tersebut ke kaca bagian dalam mobil. Diamkan beberapa saat, kemudian lap dengan kain lembut dan kering dengan gerakan searah.

    Baca juga: 8 Tips Makan di Mobil Agar Nyaman dan Kabin Tetap Bersih

    Cara mencegah kaca mobil berembun

    Kaca mobil berembun bisa terjadi pada mobil jenis apa saja, baik yang murah ataupun yang mahal. Hal itu bisa dicegah dengan cara berikut ini:

    • Jangan parkir di tempat dengan sinar matahari yang terlalu terik
    • Setelah mobil terparkir, buka seluruh kaca selama beberapa menit.

    Dengan cara-cara tersebut, semoga bisa mencegah dan meminimalisir terjadinya uap embun di kaca mobil. Dengan demikian, pandangan ketika hujan atau saat malam tetap jelas. Hal ini akan mengurangi risiko kecelakaan.Itulah beberapa tips mengatasi kaca mobil berembun beserta pencegahannya. Jangan lupa untuk tetap fokus dan berhati-hati ketika berkendara, ya. Apabila mobilmu mengalami masalah dalam perjalanan, hubungi bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix. Selanjutnya, OtoCrew akan membantumu menemukan bengkel yang tepat.