Selain mengendarainya, sebagai pemilik mobil kita wajib untuk memperhatikan kebersihannya. Salah satu hal penting yang wajib dilakukan oleh pemilik mobil adalah menjaga kebersihan kaca. Pasalnya, kaca yang bersih akan membuat kita lebih aman dalam berkendara. Namun, bagaimana jika ada jamur kaca mobil yang justru membuat tampilan kaca jadi buram dan kotor?

Mengingat sebentar lagi masuk musim penghujan,  di mana hujan akan turun hampir setiap hari dan sepanjang hari. Mau tidak mau kita harus lebih memSaat musim hujan tiba, jamur kaca mobil bisa berkembang lebih cepat karena kondisi kaca yang selalu lembab. Keberadaan jamur ini membuat kaca jadi tidak jernih dan pandangan pun jadi kurang jelas.

OtoFriends butuh cara menghilangkan jamur kaca mobil yang ampuh agar kaca bersih dari jamur dan berkemudi pun jadi lebih nyaman, yuk cek di sini:

Baca juga: Penyebab Kaca Mobil Berembun Beserta Cara Mengatasinya

Cara menghilangkan jamur kaca mobil

Ada zat asam tinggi yang terkandung di dalam air hujan yang bisa memicu tumbuhnya jamur pada kaca mobil bila air tersebut dibiarkan terlalu lama menempel di kaca mobil. Bahkan, air hujan juga bisa membuat body mobil jadi cepat berkarat. 

Apabila sudah terlanjur mengering, kita bisa membersihkan jamur tersebut dengan cara-cara berikut ini.

1. Menggunakan Soda

Jamur pada kaca mobil sangat menjengkelkan dan bisa mengganggu pandangan saat berkendara. Selain itu, jamur yang tumbuh juga bisa menimbulkan bau tak sedap dan bisa menjadi sumber penyakit.

Cara membersihkannya cukup mudah yakni dengan bahan-bahan yang ditemukan di sekitar seperti air soda. Kandungan senyawa air soda sama dengan baking soda yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah.

Caranya, kaca yang berjamur dibersihkan dari debu yang menempel, Kemudian semprotkan air soda ke kain kering hingga merata. Selanjutnya gosok kaca yang berjamur dengan kain tersebut secara berulang dan diamkan hingga mengering dengan sendirinya.

2. Menggunakan Odol

Pasta gigi atau odol bukan hanya bagus untuk membersihkan gigi, tetapi juga bisa menghilangkan jamur pada kaca. Pada pasta gigi terdapat kandungan pemutih hidrogen peroksida yang bersifat oksidator tinggi yang mampu membunuh jamur.

Cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan odol dengan mengoleskan odol pada bagian kaca yang berjamur lalu biarkan saja mengering. Setelah itu bilas dengan air kemudian lap dengan kain microfiber sampai kering.

Baca juga: Cara Membersihkan Lampu Mobil dengan Pasta Gigi yang Benar!

3. Menggunakan Alkohol

Membersihkan kaca dengan alkohol harus dengan kadar 50-90 persen. Caranya, gunakan kain yang lembut, basahi dengan alkohol dan sedikit air. Kemudian lap kaca mobil yang berjamur dengan lembut agar kaca tidak tergores.

4. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel biasanya digunakan untuk resep masakan. Tapi, bahan ini juga bisa untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. 

Caranya, campurkan 1 liter air dengan 3 sendok makan cuka apel. Kemudian ambil kain dan semprotkan cuka apel secukupnya. Gosok kaca secara berulang sampai bersih. Setelah itu keringkan dengan kertas koran.

5. Menggunakan Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian bisa menjadi bahan untuk menghilangkan jamur pada kaca. Namun, harus hati-hati saat menggunakannya. Pastikan OtoFriends mengenakan sarung tangan saat proses pembersihan, karena cairan pemutih berbahaya untuk kulit.

Gunakan kain lembut untuk mengelap kaca dengan cairan pemutih. Usap berulang dengan lembut hingga bersih, setelahnya kita bisa membilas permukaan dengan air bersih lalu keringkan menggunakan lap microfiber.

6. Menggunakan Pembersih Kaca Mobil Khusus

Cara membersihkan jamur kaca mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan kimia khusus. Cairan kimia pembersih jamur kaca mobil ini harus mengandung beberapa bahan tertentu untuk menghilangkan jamur tanpa membuat lecet kaca mobil.

Bahan utama pembersih khusus tersebut harus yang ampuh membunuh jamur atau anti-jamur. Beberapa produk yang banyak direkomendasikan ada Glass Scrub, Rain Clear, Glass Cleaner, dan 3M All Purpose Cleaner.

Pertama, kita bersihkan kaca mobil yang penuh jamur tersebut dengan Glass Scrub lalu oleskan Rain Clear untuk mencegah jamur tumbuh kembali.

Sedangkan cairan 3M All Purpose Cleaner bisa juga digunakan untuk membasmi jamur. Selain untuk menghilangkan jamur, cairan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan interior mobil, menghilangkan kerak di kaca mobil, sampai cairan serbaguna untuk menghilangkan noda.

Sementara itu, Glass Cleaner memiliki tekstur yang kental tetapi ketat. Ampuh untuk membersihkan kaca mobil bahkan menghadirkan kesan kilau yang lebih maksimal. 

Glass Cleaner terbaik adalah Glass Cleaner yang bisa mengangkat minyak dan oli juga.  Tak heran bila kerak di mobil dan residu lainnya yang tertinggal bisa hilang menggunakan Glass Cleaner.

Namun, yang menarik adalah ada cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan sunlight. Sunlight yang digunakan harus Sunlight Pembersih Kaca Higienis, OtoFriends, bukan Sunlight yang digunakan untuk cuci piring. Caranya cukup dengan larutkan cairan tersebut dengan air lalu semprotkan pada kaca.

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Jok Mobil yang Berjamur

7. Menggunakan Air Tembakau

Cara membuat obat jamur kaca mobil berbahan air tembakau di antaranya sebagai berikut. Pertama kita bisa merendam tembakau kering selama 15 menit atau sampai sarinya keluar. Sembari menunggu, bersihkan terlebih dulu permukaan kaca mobil tersebut dengan air dingin.

Jika sudah bersih, kita bisa menyemprotkan cairan rendaman tembakau di permukaan kaca mobil yang berjamur. Semprotkan lebih dari dua kali untuk memastikan bahwa kaca mobil terbebas dari jamur. 

Lalu, bilas permukaan mobil menggunakan air bersih. Terakhir, keringkan kaca mobil menggunakan lap kain bersih agar jamur tidak tumbuh kembali.

Cara membersihkan jamur kaca mobil menggunakan air tembakau sangat direkomendasikan oleh para ahli dan peneliti ketimbang membersihkannya menggunakan minuman soda. Pasalnya, tembakau mengandung nikotin kadar tinggi yang bisa membunuh mati jamur sehingga tidak akan tumbuh lagi pada kaca mobil.

8. Menggunakan Pembersih Kaca Aquarium

Cara terakhir untuk membersihkan kaca mobil dari jamur menggunakan pembersih kaca aquarium. Dibandingkan cairan pembersih khusus, cairan pembersih kaca akuarium ini lebih mudah pengaplikasiannya dalam membersihkan kaca. Sifatnya yang lebih cair sehingga mudah diratakan di permukaan kaca mobil.

Caranya dengan menyemprotkan pembersih kaca pada permukaan kaca mobil lalu bilas dengan air. 

Apabila kita menunggu beberapa detik baru dibilas dengan air, maka yang terjadi adalah adanya bercak pada kaca mobil. Jadi, segera bilas kaca mobil dengan air bersih sesaat setelah menyemprotkan cairan pembersih akuarium.

Yang perlu diperhatikan saat menggunakannya adalah kita wajib menggunakan sarung tangan latex. Sebab, cairan pembersih kaca akuarium ini mengandung bahan kimia tertentu yang memicu rasa gatal pada kulit manusia.

Itulah cara membersihkan jamur kaca mobil yang bisa kita lakukan di rumah. Akan tetapi, bila kita ragu akan kebersihan kaca mobil bila dibersihkan sendiri di rumah, maka kita bisa mengandalkan salon cuci mobil untuk membantu membersihkan jamur tersebut.

Otoklix punya rekomendasi bengkel mobil yang handal dalam membersihkan dan merawat body mobil dengan harga yang cukup terjangkau.

Bahaya Jamur pada Kaca Mobil

Selama musim hujan, penting untuk menjaga mobil agar tetap dalam kondisi prima. Khususnya dalam memperhatikan perawatan eksterior mobil yang rentan terhadap serangan jamur. Jadi, ketika ada jamur di eksterior mobil, terutama di bagian kaca, segeralah cari cara untuk membersihkannya.

Berikut adalah beberapa bahaya membiarkan jamur menempel pada kaca mobil:

1. Nilai Jual Mobil Berkurang

Jamur yang menempel pada bodi mobil bukan hanya mengganggu estetika, tetapi juga dapat merusak cat, membuatnya tampak kusam dan kurang menarik. Ini bisa mempengaruhi nilai jual mobil nantinya.

2. Kaca Jadi Buram

Keberadaan jamur dapat membuat kaca mobil jadi buram. Berkendara dengan kondisi kaca yang buram dan tidak jernih tentu saja dapat membahayakan pengemudi dan penumpangnya.

3. Biaya Perawatan Semakin Tinggi

Jamur yang dibiarkan begitu saja menempel di kaca mobil akan jadi semakin sulit dibersihkan. Akibatnya, jika suatu hari kamu ingin membersihkannya, kamu harus merogoh kocek yang cukup banyak untuk menghilangkan jamur kaca yang sudah lama berkembang biak tersebut.

Baca Juga : Fungsi Penting Filter Udara Mobil dan Cara Merawatnya

Penyebab munculnya jamur di kaca mobil

Munculnya jamur kaca mobil disebabkan oleh banyak hal. Intinya adalah pemilik kendaraan harus rajin membersihkan kaca mobil supaya jamur tersebut tidak tumbuh.

1. Proses pengeringan yang kurang sempurna setelah mencuci mobil

Meski kelihatan mudah, mencuci mobil juga butuh ketelitian. Kalau kita suka mencuci mobil sendiri, perhatikan proses pengeringannya. Jangan sampai sisa air yang menempel pada kaca tidak kering sempurna dan menyebabkan munculnya jamur.

2. Sisa air hujan yang tidak dikeringkan

Masalah ini sejatinya sama dengan proses pengeringan setelah mencuci mobil. Apabila mobil terkena air hujan, sebaiknya dibilas dengan air bersih terlebih dulu, kemudian dikeringkan sampai benar-benar kering. 

Seperti diketahui, sisa air hujan yang tidak dibersihkan menjadi salah satu penyebab utama kaca mobil berjamur.

3. Parkir di tempat yang lembab dalam jangka waktu lama

Saat pandemi seperti sekarang ini, banyak kendaraan yang diparkir dalam waktu lama. Hal tersebut bisa menyebabkan munculnya jamur pada kaca mobil karena lama tidak digunakan. 

Menghindari tempat lembab akan membantu mobil terhindar dari munculnya jamur. Kita harus rutin membersihkan debu dan kotoran yang menempel di mobil meski tidak digunakan. 

4. Kualitas air tidak bagus

Air bersih yang kita gunakan untuk membersihkan mobil bisa menjadi penyebab munculnya jamur pada kaca mobil. Mengapa demikian? 

Sebab, kualitas air bersih yang digunakan mengandung kapur dan kadar garam yang tinggi yang mudah memicu pertumbuhan jamur di kaca mobil. Biasanya, jenis air ini ada air tanah. Solusinya adalah kita bisa menggunakan air PDAM untuk mencuci mobil.

Jika OtoFriends mencari bengkel terdekat untuk service kaca mobil, OtoFriends bisa menginstal aplikasi Otoklix. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan bengkel umum terbaik se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil melalui Otoklix!

Pertanyaan Seputar Cara Membersihkan Jamur Kaca Mobil

Pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. Efek membersihkan kaca mobil dengan pasta gigi yang maksimal dengan menggunakan jenis pasta gigi yang berwarna putih. Hindari membersihkan jamur kaca mobil menggunakan jenis pasta gigi yang gel.

Cairan pembersih kaca mobil yang ampuh untuk menghilangkan jamur di antaranya Glass Cleaner, 3M All Purpose Cleaner, Glass Scrub, Rain Clear, dan beberapa obat jamur kaca mobil di indomaret.

Cara membersihkan jamur kaca mobil bisa menggunakan alkohol, asalkan alkohol tersebut mengandung kadar 50-90 persen.