Memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara membedakan aki mobil asli dan palsu diperlukan agar tidak sampai salah pilih. Membeli aki tidak bisa dilakukan secara sembarangan mengingat peran aki yang sangat vital.

Aki mobil berperan dalam memberikan suplai daya listrik bagi komponen-komponen mobil lainnya. Oleh sebab itu, OtoFriends jangan tergiur dengan harga aki murah dan kondisi fisik terlihat baru karena bisa saja aki tersebut sudah kadaluarsa atau parahnya lagi merupakan aki palsu. 

OtoFriends perlu memastikan keasliannya terlebih dahulu dengan menerapkan beberapa cara membedakan aki mobil asli dan palsu di bawah ini.

Baca juga: Waspadai Oli Palsu, Ini Perbedaan Oli Palsu dan Asli!

Cara Membedakan Aki Mobil Asli dan Palsu

Meski peredaran aki palsu dan aki rekondisi mustahil untuk dicegah, kita sebagai pemilik mobil perlu mencari tahu bagaimana cara membedakan aki mobil asli dan palsu. Hal ini bertujuan agar tidak tertipu dengan aki palsu hasil rekondisi yang sudah kadaluarsa.

Aki mobil palsu ini biasanya dijual lebih murah dari harga pasaran. Beredarnya aki palsu ini bukan hanya merugikan pemilik kendaraan saja, melainkan juga pihak perusahaan pembuat aki asli pun turut dirugikan.

Sebagai konsumen yang pintar, kita harus mengetahui cara membedakan aki mobil asli dan palsu. Dengan begitu, aki yang dibeli sudah pasti berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mobil.

Untuk membedakan mana aki yang asli dan mana aki mobil palsu, OtoFriends harus mengetahui perbedaan keduanya melalui cara berikut ini.

1. Perhatikan stikernya

Setiap wadah aki mobil pasti tertera tulisan perusahaan dan mereknya. Perhatikan stiker tulisan tersebut dengan seksama dan pastikan terdapat logo dengan merek aki yang akan kita beli. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun menjadi cara membedakan aki mobil asli dan palsu yang paling mudah.

Apabila OtoFriends merasa ragu apakah aki yang dibeli merupakan aki asli atau palsu, coba hubungi layanan konsumen. Perlu diketahui jika beberapa perusahaan telah menyediakan layanan konsumen yang siap membantu untuk mendapatkan aki mobil asli di tempat yang direkomendasikan.

Informasi mengenai aki yang didapatkan langsung dari perusahaan maupun bengkel sangat diperlukan bagi pemilik mobil. Dengan informasi yang berasal dari kedua belah pihak, hal itu akan membantu setiap konsumen untuk mendapatkan produk aki mobil terbaik yang bisa dijamin keasliannya.

2. Lihat kode produksi

Kode produksi untuk aki mobil asli biasanya terletak di pojok, sedangkan untuk aki mobil palsu biasanya diletakkan di bagian tengah. Hal sekecil ini pun tidak boleh luput dan harus OtoFriends ketahui sebagai salah satu cara membedakan aki mobil asli dan palsu.

Membedakan aki asli dan palsu dengan cara ini harus dilakukan dengan teliti. Sebab, banyak pemilik mobil yang enggan meneliti lebih lanjut apakah aki yang dipilihnya merupakan aki mobil asli atau palsu.

3. Cek harganya

Aki asli mengikuti harga jual yang berlaku di pasaran, sementara aki palsu dijual dengan harga miring. Jangan sampai tergiur dengan iming-iming harga murah karena banyak pemilik mobil yang memakai aki palsu justru cepat soak dan akhirnya harus menggantinya dengan yang baru lagi dalam waktu singkat.

Dengan mengecek harganya, itu bisa menjadi cara membedakan aki mobil asli dan palsu yang paling mudah untuk dilakukan.

Baca juga: Harga Aki Mobil Terbaru, Jenis, dan Tips Pentingnya

4. Perhatikan warna aki

Cara membedakan aki mobil asli dan palsu yang terakhir yaitu dengan melihat tampilannya secara keseluruhan. Jika aki yang baru OtoFriends beli memiliki warna lebih kusam atau kotor tidak seperti aki pada umumnya, maka perlu curiga bahwa itu adalah aki palsu hasil rekondisi.

Baca juga: Daftar Bengkel Aki Jabodetabek dan Tips Merawat Aki

Efek Penggunaan Aki Mobil Palsu

Sama seperti baterai lainnya, aki yang merupakan baterai mobil perlu diganti jika sudah mencapai masa tertentu. Saat sudah waktunya mengganti aki, OtoFriends harus memilih aki mobil dengan seksama karena kini banyak beredar aki palsu.

Aki mobil rata-rata hanya mampu bertahan sekitar satu sampai dua tahun pemakaian atau telah menempuh jarak 50.000 km, tergantung dari seberapa banyak fitur elektronik di mobil. Harga aki mobil yang ada di pasaran sangat beragam dan semakin mahal, khususnya untuk jenis aki basah.

Itulah alasan mengapa kemudian banyak pemilik mobil lebih memilih membeli aki yang harganya lebih murah. Padahal, aki mobil yang dibeli belum bisa dipastikan keasliannya. Meskipun tidak berbahaya, namun pemakaian aki mobil palsu hasil rekondisi sangat tidak dianjurkan.

Menggunakan aki mobil palsu ataupun aki rekondisi dapat mengganggu kinerja komponen mobil lain serta berisiko menimbulkan kerusakan. Selain itu, umur dari aki palsu hasil rekondisi tentunya tidak bisa bertahan lama layaknya aki asli.

Membeli aki mobil di toko atau bengkel aki yang memiliki reputasi bagus dan terpercaya menjadi solusi paling tepat untuk menghindari salah memilih aki. Untuk memudahkan mencari bengkel terpercaya, OtoFriends bisa memanfaatkan aplikasi Otoklix.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek untuk memberikan layanan ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga dan dapatkan harga yang lebih hemat hingga 50% dari harga servis di bengkel resmi!

Pertanyaan Seputar Cara Membedakan Aki Mobil Asli dan Palsu

Aki mobil asli dan palsu dapat dibedakan dengan memerhatikan stiker, kode produksi, harga, hingga warnanya.

Aki mobil berfungsi memberikan suplai daya listrik bagi komponen-komponen elektronik mobil lainnya.

Aki mobil rata-rata hanya mampu bertahan sekitar satu sampai dua tahun pemakaian atau telah menempuh jarak 50.000 km.