Ketika sedang bepergian jauh dan butuh area yang nyaman untuk beristirahat, kasur mobil bisa menjadi solusinya. Kasur ini bisa mengisi area yang kosong sehingga istirahat jadi lebih nyaman. Kasur mobil juga mudah dibawa dan disimpan karena bisa dilipat atau digulung. Mari simak tentang rekomendasi kasur mobil terbaik dan tips memilih kasur mobil di bawah ini.

Rekomendasi Kasur Mobil Terbaik

Sebenarnya, produk-produk di bawah ini tidak hanya bisa digunakan di mobil tapi, bisa juga dipakai sebagai kasur cadangan di rumah atau dibawa ke tempat lain ketika bepergian. Harganya pun relatif terjangkau. Mari simak selengkapnya.

1. Car Inflatable Mattress PU Leather

Kasur ini dibuat dari bahan kulit sintetis yang bisa membuat mobil terlihat eksklusif. Penyangganya juga terpisah dari kasur. Jadi, kita lebih bebas memakainya sesuai kebutuhan. Dimensinya 90 x 140 x 45 cm, cukup nyaman untuk dipakai di dalam mobil. Sudah ada bantalan child protection juga. Harganya sekitar Rp311 ribuan saja.

2. Otto Klasse Car Inflatable Air Bed

Kasur mobil yang satu ini dibuat dari bahan suede, sehingga terasa lembut ketika disentuh. Tidur juga menjadi lebih nyaman. Bobotnya juga ringan, kurang dari 3 kg. Dengan bobot yang ringan ini, kasur menjadi mudah dipindahkan. Sudah ada child protection juga. Dimensinya saat dipakai adalah 133 x 82 x 12 cm. Harganya mulai dari Rp399 ribuan.

3. Kasur Mobil Jumbo K-90

Kalau mencari kasur mobil dengan dimensi yang agak besar, produk ini bisa menjadi pilihannya. Dimensinya saat digunakan adalah 174 x 126 cm. Cukup lebar untuk beristirahat anggota keluarga. Cara pakainya adalah dengan melipat kedua sisi kursi, jadi kasur ini bisa dibentangkan secara maksimal. Harganya Rp597 ribuan.

4. CARAC Inflatable Air Bed

Kasur mobil ini bisa dipakai secara jangka panjang. Pasalnya, kasur ini memiliki scratch resistance dan juga pressure proof. Jadi, tidak mudah tergores atau sobek oleh benda-benda tajam. Teknologi pressure proof membuat kasur ini tidak mudah kempis. Dimensinya ketika digunakan adalah 137 x 81 x 10 cm. Produk ini bisa didapat dengan harga mulai dari Rp657 ribuan.

5. Kasur Mobil Motif Navystar LR199

Navystar LR199 punya head protector yang lebar, jadi kepala lebih terlindungi. Apalagi kalau OtoFriends punya anak kecil. Ukuran head protector-nya juga cukup lebar, yaitu 35 x 88 cm. Jadi lebih aman dari benturan untuk anak kecil. Dimensinya saat digunakan adalah 173 x 80 x 36 cm. Harganya mulai dari Rp313 ribuan.

6. Kasur Mobil Karakter Kartun

Anak-anak jadi makin senang dengan kasur mobil ini karena ada motif karakter kartun yang mereka sukai. Bahannya juga terbuat dari suede yang lembut. Harganya sekitar Rp372 ribuan.

7. Kasur Mobil Otomatis

Kasur mobil ini cocok buat OtoFriends yang ingin praktis. Sebab, anginnya akan terisi otomatis. Ukurannya juga cukup besar, yaitu 180 0132 x 3,3 cm. Kasur ini  menggunakan bahan 40D Ripstop Nylon Fabric dengan laminasi TPU dan PU coating. Kasur ini juga bisa digulung. Harganya mulai Rp398 ribuan.

8. Kasur Matras Mobil

Bisa dibilang ini adalah kasur yang fungsional. Sebab, penyangganya bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil, misalnya majalah atau sepatu. Sudah ada bantalan child protection yang lebar, jadi tidak perlu khawatir anak akan jatuh. Tersedia dalam berbagain varian warna. Harganya mulai Rp364 ribuan saja.

9. INOAC Kasur Mobil Busa

Kasur busa INOAC memang sudah terkenal akan kualitasnya. Bahannya terbuat dari busa, jadi tidak perlu dipompa berulang kali. Kasur ini cocok digunakan pada mobil sedan atau hatchback. Ada berbagai pilihan motif juga, misalnya Hello Kitty atau Spiderman. Harganya mulai dari Rp525 ribuan.

10. Goto Car Matress

Mobil ini hanya perlu lima menit untuk dipompa dan punya tebal sekitar 15 cm. Ketika membeli produk ini, kita juga akan dapat pompa elektriknya. Tersedia juga di berbagai pilihan warna. Saat dibentangkan, dimensi kasur ini adalah 135 x 72 x 15 cm. Harganya mulai Rp 525 ribuan.

Nah itu dia rekomendasi 10 kasur mobil terbaik. Selanjutnya, mari kita bahas tentang tips memilih kasur mobil.

Tips Memilih Kasur Mobil

Ternyata ada cara-cara tertentu untuk memilih kasur mobil terbaik. Berikut ini akan kita ulas secara lengkap.

1. Memilih berdasarkan cara mengembangkannya

Cara pertama adalah memilih dari cara mengembangkannya. Umumnya, kasur mobil merupakan kasur angin. Namun, ada dua tipe kasur yaitu manual dan otomatis atau automatic expansion. 

Tipe manual harus menggunakan pompa untuk mengisi anginnya. Kelebihannya adalah bisa mengatur udara sesuai yang diinginkan. Biasanya kasur ini punya ketebalan 10 cm. Sedangkan tipe otomatis mudah disimpan dan cocok digunakan di mobil kecil. Karena kasur ini akan otomatis mengembang saat katupnya dibuka.

2. Periksa ukuran dan bahan yang akan digunakan

Biasanya, kasur mobil yang dijual di pasaran punya dua jenis ukuran, yaitu untuk jok belakang dan bagasi. Kalau kasur jok baris kedua tidak butuh banyak ruang, biasanya punya lebar sekitar 75 – 90 cm dengan panjang hanya 130 – 140 cm. Kasur model ini cocok untuk semua jenis mobil. Bahan yang digunakan biasanya adalah PVC atau poliuretan.

Sedangkan kasur bagasi punya dimensi yang lebih besar. Lebarnya bisa 125 – 140 cm dengan panjang 170 – 180 cm. Dimensinya yang besar membuat kasur ini cocok dipakai di mobil berukuran besar, misalnya Avanza, Innova, atau CRV.

3. Cek kelengkapan tambahan lainnya

Kasur mobil juga ternyata punya berbagai aspek kelengkapan. Berbeda produk, beda juga kelengkapan tambahannya. Biasanya, kelengkapan pada kasur mobil adalah bantal, penyangga, head protector, dan child protection. Keempat kelengkapan itu bisa menambah kenyamanan dan keamanan kasur.

Bantal berfungsi sebagai penyangga kepala agar tidur jadi lebih rileks. Penyangga digunakan untuk menyeimbangkan kasur saat dibentangkan. Seperti yang kita tahu bahwa ada ruang kosong antara jok depan dan jok baris kedua. Kalau bagian ini kosong, kasur menjadi tidak stabil. Jadi, penyangga yang akan menyeimbangkannya. Namun, sebaiknya pilih yang penyangganya terpisah.

Selanjutnya, fungsi head protector adalah melindungi kepala dari benturan. Terakhir, bantalan child protection bisa mencegah anak terjatuh saat sedang tertidur. Bantalan ini akan menutupi celah antar jok.

Catatan Penting Saat Memakai Kasur Mobil

Kasur mobil tidak bisa sembarangan digunakan. Jika diabaikan, bukan tidak mungkin akan ada potensi cedera. Sebaiknya gunakan kasur mobil dalam keadaan mobil berhenti. Jangan dipakai saat mobil sedang melaju. Hal ini untuk menghindari cedera kalau mobil mengerem mendadak. Sebab, penumpang bisa terlempar saat mobil berhenti mendadak. 

Secara teori, saat mobil melaju dengan kecepatan tertentu, objek di dalamnya juga melesat dengan kecepatan tersebut. Misalnya mobil melaju pada kecepatan 100 km/jam tiba-tiba terjadi tabrakan atau benturan dan penumpang tidak memakai sabuk pengaman, maka penumpang bisa terbang sesuai kecepatan itu. Hal itu sangat berbahaya.

Jadi, pakai kasur mobil hanya saat mobil sedang berhenti total dan beristirahat di tepi jalan atau di rest area.

Itu dia rekomendasi kasur mobil dan juga tips memilih maupun menggunakannya. Gunakan secara bijak untuk menjaga keselamatan.

Jaga performa mobil dengan melakukan servis rutin di bengkel terdekat. Otoklix punya 2.000+ mitra bengkel umum yang tersebar di Jabodetabek. Booking langsung via aplikasi. Ada berbagai metode pembayaran!