Kaca film mobil memiliki peran penting salah satunya membuat kabin mobil menjadi sejuk. Mobil OtoFriends saat ini sudah menggunakan kaca film tetapi masih saja panas? Baca dulu rekomendasi kaca film mobil terbaik berikut serta mereknya.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Memilih jenis kaca film memang harus disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Tipenya pun harus disesuaikan dengan jenis mobil agar bisa pas ukurannya. Kamu bisa memasang kaca film mobil full semua kaca atau bagian tertentu saja. Kegelapannya pun bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Kaca Film Mobil

Sebelum memasang kaca film, ada beberapa jenis kaca film berdasarkan fiturnya:

  1. Kaca Film Visible Light Transmittance (VLT)

Jenis kaca film mobil VLT mampu meneruskan cahaya dari luar masuk ke mobil. Penumpang bisa dengan leluasa melihat luar sedangkan orang diluar tidak bisa melihat ke dalam mobil.

  1. Kaca Film Ultraviolet Rejection (UVR) 

UVR merupakan jenis kaca film yang mampu menolak sinar UV agar tidak masuk ke kabin mobil. Semakin tinggi persentasenya maka semakin besar sinar UV yang bisa ditolak.

  1. Kaca Film Infrared Reflection (IRR)

Kaca film IRR merupakan kaca film yang mampu menolak sinar inframerah yang berasal dari cahaya matahari. Semakin tinggi persentasenya maka semakin besar penolakan sinar inframerah yang bisa ditolak. 

  1. Kaca Film TSER 

Kaca film TSER (Solar Energy Rejected) merupakan kaca film yang mampu menolak energi matahari. Semakin tinggi persentasenya maka semakin besar penolakan terhadap energi matahari.

Selain itu, dalam memilih kaca film tidak hanya memilih jenisnya saja yang sesuai, kamu harus memilih kaca film yang tepat.

Baca juga: Kaca Film Mobil Terbaik, Perlindungan Maksimal Efek Radiasi

Cara Memilih Kaca Film Mobil yang Tepat

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita perhatikan saat memilih yang tepat. Sehingga biaya yang kita keluarkan tidak sia-sia karena salah memilih kaca film..

1. Material kaca film

Ada beberapa tipe material yang digunakan pada kaca film, di antaranya adalah dyed window tinting, metalized window tinting, hybrid window tinting, carbon window tinting, dan ceramic auto window tinting. Kedua tipe terakhir sedang digemari saat ini.

  • Carbon window tinting adalah kaca film dengan hasil akhir matte, sehingga terlihat unik pada mobil. Kualitasnya juga bagus, bisa memblokir 40% radiasi inframerah. Produk ini juga tidak mudah pudar dan lebih tahan lama.
  • Ceramic auto window tinting bisa disebut sebagai kaca film premium. Jadi, tidak heran kalau harganya juga cukup tinggi. Material yang digunakan pada tipe ini adalah partikel keramik yang sifatnya non konduktif. Jadi, lebih kuat dan bisa mengurangi 50% panas matahari serta memblokir 99% sinar UV.

2. Perhatikan fitur kaca film

Beberapa fitur pada kaca film di antaranya adalah VLT, YVR, IRR, dan TSER. Visible Light Transmission (VLT) adalah kemampuan kaca film dalam meneruskan cahaya. Bisa juga dibilang kepekatan cahaya yang terlihat dari luar. Makin rendah persentasenya, makin gelap kaca filmnya. Sementara itu UV Rejection (UVR), Infrared Rejection (IRR), dan Total Solar Energy Rejected (TSER) menjadi indikator kenyamanan ketika berkendara.

3. Sesuaikan kecerahan kaca film

Kecerahan kaca film yang digunakan bisa berpengaruh kepada kenyamanan dan keamanan berkendara. Standar kecerahan kaca film tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor. 

Kaca depan dan belakang mobil tidak boleh lebih dari 40%, untuk kaca samping maksimal kecerahan 70%. Idealnya untuk standar mobil kaca depan menggunakan kecerahan 20%, kaca samping 40% dan belakang 40%. 

4. Pemilihan warna kaca film

Warna kaca film juga bisa berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Fungsinya bisa segi estetika, filter cahaya yang masuk  dan juga bisa mempengaruhi suasana di dalam kabin mobil. Pilih kaca film mobil anti panas yang sesuai kebutuhan dan keinginan.

5.Sesuaikan budget

Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki, kaca film paling murah bisa didapatkan dengan harga dibawah 1 juta.

6. Pemasangan dilakukan profesional

Agar pemasangan kaca film rapi dan tidak mudah mengelupas, pastikan dilakukan oleh profesioal.

7. Gunakan merk ternama

Terakhir, cara memilih kaca film bisa didasarkan pada merk. Pilihlah merek ternama yang sudah berpengalaman dan memiliki kualitas bagus.

Berbicara mengenai merk kaca film, berikut ini kami sudah mengumpulkan beberapa merk kaca film mobil terbaik dengan harganya.

Baca juga: Harga Kaca Film Mobil Terbaru, Fungsi, dan Tips Memilihnya

Merk Kaca Film Mobil Terbaik 

Paling tidak ada 12 merk kaca film mobil terbaik yang Otoklix sudah rekomendasikan untuk kalian semua. Merek-merek ini sudah terbukti berkualitas dan digunakan banyak pengguna mobil terutama di Indonesia.

  1. V – Kool

Rekomendasi merk kaca film mobil pertama ada dari V-Kool. Banyak mobil di Indonesia yang menggunakan merk V-Kool. V-Kool sudah menggunakan nano technology yang mampu menolak sinar Infra Red Rejection (IRR) lebih dari 96%. Kaca film V-Kool sudah dipercaya 8 Ageng Pemegang Merek (APM) di Indonesia.

Contoh mobil yang sudah menggunakan kaca film V-Kool seperti Honda HR-V, Civic, Odyssey, Accord. Mitsubishi yang menggunakan V-Kool pada mobil Pajero Sport dan Xpander. Sedangkan Nissan ada Serena, Kicks, X-Trail dan Leaf.

Berikut harga kaca film V-Kool

Tipe Kaca FilmKisaran Harga
V-Kool Diamond SeriesMulai dari 4,0 juta full body
V-Kool Gold SeriesMulai dari 5,5 juta full body
V-Kool Silver SeriesMulai dari 4,3 juta full body
  1. 3M

Rasanya tidak aneh jika 3M menjadi salah satu kaca film mobil terbaik. Perusahaan 3M ini mempelopori pasar otomotif pada pelapis kaca mobil sejak tahun ‘60-an. Kaca film ini bisa menolak panas matahari dari luar mobil sampai dengan 95%.

Selain menahan panas, kaca film 3M juga bisa mencegah sinar buruk ultraviolet sampai dengan 99%. Perlu kita ketahui bahwa ultraviolet berdampak buruk bagi interior dan penumpang mobil. Interior mobil akan tetap dingin dan warnanya tidak mudah pudar. Sementara itu, bagi bahaya terpapar sinar ultraviolet penumpang yaitu bisa merusak kulit.

Berbeda dengan kaca film lainnya, kaca film 3M menggunakan warna hitam dengan chrome sehingga terlihat gelap tetapi juga reflektif dari luar. Ini merupakan salah satu keunikan kaca film 3M.

Berikut harga kaca film 3M

Tipe Kaca FilmKisaran Harga
3M CrystallineMulai dari 4,2 juta full body
3M Black BeautyMulai dari 2,4 juta full body
  1. Solar Gard

Solar Gard juga merupakan merek yang banyak dicari oleh pengguna mobil. Akan tetapi, merek asal Prancis ini memiliki harga yang cukup tinggi. Bicara tentang kualitas, sepertinya tidak perlu diragukan karena perusahaan Saint Gobain SA adalah produsen besar berpengalaman lebih dari 80 tahun. Kaca film ini bisa menolak panas tinggi dan memiliki kualitas premium.

Jenis Platinum Series Black Phantom juga menjadi favorit. Pasalnya, kaca film ini menggunakan teknologi Advanced Nano Ceramic yang diklaim memiliki warna hitam paling solid. Meskipun begitu, kaca film ini tetap memiliki visibilitas yang jernih.

Berikut harga kaca film Solar Gard

Tipe Kaca FilmKisaran Harga
Solar Gard Black PhantomMulai dari 2,8 juta full body
Solar Gard Platinum PerformanceMulai dari 2,8 juta full body
Solar Gard LX SeriesMulai dari 3,1 juta full body

Baca juga: Ciri Kaca Film Solar Gard Asli Beserta Daftar Harganya

  1. Llumar

Merek Llumar juga cukup dikenal di kalangan otomotif dan menjadi kaca film terbaik no. 1 di Amerika Serikat. Harganya relatif terjangkau, yaitu Rp1,4 – 3 jutaan untuk full eksterior. OtoFriends juga bisa memilih tingkat kegelapan yang sesuai, mulai dari 20% sampai 80%. Kaca film ini tidak menimbulkan efek cermin sehingga tidak menyilaukan mata.

Llumar merupakan kaca film yang diproduksi oleh CPFilms dari Eastman, yaitu perusahaan yang berlokasi di Tennessee, Amerika Serikat. Walaupun produk globar, harga Llumar ini tergolong terjangkau.

Berikut harga kaca film Llumar

Tipe Kaca FilmKisaran Harga
Llumar Super BlackMulai dari 3 juta full body
Llumar Black MirroringMulai dari 2,8 juta full body
Llumar StratosMulai dari 6 juta full body
  1. Huper Optik

Kaca film mobil anti panas ini sudah menggunakan teknologi nano ceramic dengan lapisan ganda Titanium Nitride. Kaca mobil terlihat lebih jernih, bersih, serta tahan lama dan warnanya tidak bakal cepat luntur. Kaca film mobil ini juga bisa menolak infrared sampai dengan 96%. Jadi tidak akan silau ketika berkendara. Kaca film ini juga cocok bagi OtoFriends yang ingin membuat tampilan mobil terlihat elegan dan mewah. 

Harga kaca film Huper Optik

Tipe Kaca FilmKisaran Harga
Huper Optik DreiMulai dari 8,5 juta full body
Huper Optik KlassischMulai dari 2,3 juta full body
Huper Optik CeramicMulai dari 4,8 juta full body
  1.  Lluminox

Merek kaca film mobil terbaik berikutnya berasal dari Amerika Serikat, yaitu Lluminox. Merek ini sudah masuk pasar Indonesia sejak tahun 2008. Produk ini memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau. Lluminox berani memberikan garansi 8 tahun.

Harga kaca film Lluminox

Tipe Kaca FilmKisaran Harga
Lluminox EclipseMulai dari 1.5  juta
  1. Perfections

Merek Perfections memiliki teknologi Nano Metal Oxide Material yang tidak akan mengganggu sinyal elektromagnetik. Harga kaca film ini tergolong terjangkau, yaitu mulai Rp700 ribuan saja, ini termasuk kaca film mobil murah. Dengan harga yang terjangkau ini, kaca film sudah memiliki struktur yang kuat sehingga bisa menahan pecahan kaca ketika terjadi kecelakaan.

Kaca film ini mampu melindungi dari sinar UV. Visible light reflectance atau pantulan cahaya di kaca hanya 8%. Kaca film ini juga memiliki kepekatan yang tinggi, tetapi tetap memberikan pandangan yang jernih. Sehingga, baik pada siang atau malam hari, cahaya di luar akan tetap terlihat terang dan jelas.

Harga kaca film Perfections

Tipe Kaca FilmKisaran Harga
Perfections Black CrystalMulai dari 3,2 juta
Perfections NickelMulai dari 4,4 juta
Perfections ZirconMulai dari 2,7 juta
  1. CP-F1

Kaca mobil CP-F1 ini dibuat dari bahan premium, yaitu logam berkualitas tinggi dengan teknologi nano ceramic. Merek ini juga sudah dipercaya selama 12 tahun di pasar otomotif Indonesia. Tipe unggulan CP-F1 adalah Solar Control. Tipe ini mampu melindungi dari bahaya paparan sinar ultraviolet dan juga bisa mereduksi panas sampai dengan 16 derajat. OtoFriends bisa mendapatkan full eksterior dengan harga mulai dari Rp1 jutaan.

Harga kaca film CPF1

Tipe Kaca FilmKisaran Harga
CPF1 Solar ControlMulai dari 1,4 juta
CPF1 Black SecurityMulai dari 1,7 juta
  1. Spectrum

Ini juga merupakan salah satu kaca film mobil terbaik yang bisa menolak sinar matahari. Harganya juga relatif terjangkau, kaca film mobil murah ini bisa didapat mulai dari Rp1 jutaan. Tidak hanya untuk otomotif, spectrum tersedia untuk kebutuhan gedung dan rumah.

Harga kaca film mobil Spectrum

Tipe Kaca FilmKisaran Harga
Spectrum UV400Mulai dari 1,8 juta
Spectrum NeoMulai dari 1,7 juta
Spectrum Black IRMulai dari 1,8 juta
Spectrum SteelMulai dari 1,4 juta

Baca juga: Daftar Harga Kaca Film Mobil Murah Berkualitas dibawah Rp2 Jutaan

  1. Iceberg

Iceberg memiliki harga hampir sama dengan merk Llumar. Harga termurahnya bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari 3 jutaan. Kaca film mobil merk Iceberg sudah menggunakan bahan nano ceramic sehingga bisa membuat kabin lebih sejuk. Terdapat pula teknologi Night Vision Technology yang membuat pandangan jadi terang saat malam hari.

Produk kaca film Iceberg bisa digunakan pada kendaraan, rumah, gedung serta kapal pesiar. Produk ini mulai dijual tahun 2000an yang diproduksi di Amerika Serikat. Iceberg berani memberikan jaminan kaca film selama 5 tahun.

Berikut harga kaca film Iceberg

Tipe Kaca FilmKisaran Harga
IcebergMulai 2,9 juta untuk small car
  1. Konica Minolta

Konica Minolta sebelumnya dikenal sebagai perusahaan perangkat fotografi, tetapi tahun 2011 Konica Minolta menghadirkan produk kaca film mobil. Produk pertamanya bernama ICE-Myu yang dijual secara globar. Resmi masuk Indonesia tahun 2015 dibawa oleh PT Global Auto International.

ICE-Myu memiliki banyak keunggulan dengan dari sisi optical, coating technology dan material technology. Kaca film Konica Minolta juga tidak menghambat sinyal smartphone dan juga mampu menolak panas dengan maksimal. Konica Minolta sudah bekerja sama dengan Mitsubishi, saat ini sudah digunakan pada mobil Mitsubishi Xpander, Outlander, Delica dan Mirage.

Berikut harga kaca film Konica Minolta

Tipe Kaca FilmKisaran Harga
Konica Minolta ICE-Myu2 juta – 7 juta 
  1. CoolPlus

CoolPlus pertama kali dipasarkan di Indonesia mulai bulan Desember 2018. Meskipun tergolong baru CoolPlus menjadi salah satu pilihan kaca film terbaik di kelasnya dengan fitur yang lengkap dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

CoolPlus diproduksi menggunakan teknologi Nano Ceramic dan UV400. Kaca film ini diklaim mampu menolak panas 100% dengan fitur High Heat Rejection. Untuk penggunaan malam hari, CoolPlus sudah dibekali teknologi Night Vision sehingga tetap terang saat malam hari.

Berikut harga kaca film CoolPlus

NoTipe Kaca FilmKisaran Harga
1Premium Black700 ribu – 1,2 juta
2Premium Silver700 ribu – 1,2 juta
3Pro Series1,3 juta – 1,9 juta
4UV4001,8 juta – 2,4 juta
5Diamond Series3,2 juta – 3,9 juta

Tips Merawat Kaca Film Mobil

Agar kaca film mobil kamu tetap awet tidak gampang rusak, berikut tips merawat kaca film mobil yang bisa kamu lakukan di rumah.

  1. Jaga kebersihan kaca film

Selalu jaga kebersihan kaca film dari kotoran, debu dan benda-benda asing yang menempel agar lebih awet.

  1. Hindari pengunaan bahan berbahaya

Hindari membersihkan kaca film menggunakan bahan berbahaya yang mengandung amonia atau alkohol. Cukup menggunakan air atau sabun cuci khusus untuk mobil.

  1. Gunakan kain lembut saat membersihkan

Tidak disarankan menggunakan bahan yang kasar saat membersihkan kaca film karena bisa membuat baret. Kamu bisa menggunakan kain yang lembut salah satunya kain microfiber.

  1. Hindari menempelkan benda asing

Tidak direkomendasikan menempelkan benda asing pada kaca film, salah satunya sticker. Karena saat sticker dilepas bisa saja kaca film ikut terlepas.

  1. Hindari menjemur mobil

Panas matahari bisa membuat kualitas kaca film berkurang. Jangan sering-sering menjemur mobil di bawah terik matahari. 

Nah, itu dia informasi 12 merek kaca film mobil terbaik serta cara memilih dan tips merawat kaca film mobil. Jangan lupa untuk selalu melakukan cuci mobil dan detailing mobil agar mobil tetap bersih. Lewat aplikasi Otoklix kamu bisa menemukan berbagai jasa layanan perawatan mobil dengan mudah hanya lewat aplikasi smartphone saja, yuk coba sekarang! 

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Kaca Film Mobil Terbaik

Kaca film yang diperbolehkan oleh Kementerian Perhubungan kecerahan kaca depan tidak lebih dari 40%, untuk kaca samping belakang maksimalnya 70%.

Kaca film 3M menurut klaim dari website resmi mampu menolak panas 96%.

Kaca film mobil standar biasanya pada bagian depan 20% dan samping belakang 40%.