Sebagian orang menganggap bahwa semua jenis air aki sama saja. Padahal, jika kamu pernah membeli air aki, ternyata air aki memiliki jenis yang berbeda. Jenis ini dibedakan berdasarkan kandungan pada air aki dan penggunaannya. Kedua air aki tersebut adalah air accu dan air zuur.

Air accu ditandai dengan kemasan atau tutup botol berwarna biru dan air zuur ditandai dengan kemasan berwarna merah. Jadi, berapa harga air aki merah dan harga air aki biru?

Daftar Harga Air Aki Mobil dari Berbagai Merek

Produsen aki biasanya juga telah melengkapi produknya dengan memproduksi air aki. Ini dia harga-harga cairan aki dari beberapa merek produsen aki.

Air AkiHarga
Yuasa Air Zuur 1 LiterRp12 ribu
Yuasa Air Accu 1 LiterRp12 ribu
Willbern Air AccuRp11 ribu
Cap Singa Air Accu 1 LiterRp8 ribu
Cap Singa Air Zuur 1 LiterRp10 ribu
RCA Air Accu 1 LiterRp5 ribu
RCA Air Zuur 1 LiterRp6 ribu
Fajar Air Accu 1 LiterRp5 ribu
NS Air Accu 1 Liter Rp7 ribu
NS Air Zuur 1 LiterRp8 ribu
PUMA Air Accu 1 LiterRp8 ribu
PUMA Air Accu 20 Liter (Jeriken)Rp85 ribu
PUMA Air Zuur 20 Liter (Jeriken)Rp130 ribu
PUMA Air Zuur 1 LiterRp8 ribu

Apa Bedanya Air Aki Merah dan Air Aki Biru?

Telah disinggung sebelumnya bahwa ada perbedaan antara air accu yang memiliki kemasan biru dengan air zuur dengan kemasan berwarna merah. Harga air aki merah dan biru juga berbeda, meskipun perbedaannya tidak signifikan. Lantas apa saja perbedaan kedua jenis air aki tersebut?

1. Air Accu

Air aki jenis ini digunakan untuk menambah volume cairan aki. Air ini telah mengalami proses demineralisasi sehingga menjadi air murni. Jadi tidak ada kandungan logam dalam air accu. 

Air murni ini tidak akan menambah berat jenis asam sulfat (H2SO4) yang masih tersisa pada wadah aki. Jadi sifatnya memang hanya menambah volume cairan saja. Air ini juga dapat menjadi peredam suhu agar suhu mesin tidak overheat. Air accu tidak bisa digunakan untuk mengisi aki baru karena tidak dapat menghantarkan arus listrik.

Tak perlu khawatir jika menambah volume cairan aki tanpa menggunakan sarung tangan karena air ini tidak akan menimbulkan iritasi yang terasa gatal jika terkena kulit. Air ini juga tidak menyebabkan karat atau korosi.

2. Air Zuur

Kemasan yang berwarna merah menjadi tanda bahwa air ini berbahaya. Air ini digunakan saat pertama kali mengisi cairan aki. Kandungan elektrolit asam sulfat (H2SO4) pada cairan ini dapat menyimpan dan menghantarkan arus listrik. Hal ini membuat harga air aki jenis zuur sedikit lebih mahal daripada air accu.

Terdapat kandungan logam dalam air zuur yaitu timbel atau timah hitam (Pb). Logam tertentu akan mudah berkarat jika terkena cairan ini. Asam sulfat juga bisa menyebabkan kulit iritasi bahkan membuat kain berlubang. Jadi gunakan sarung tangan saat ingin mengisi aki dengan air zuur ya.

Jangan pula menggunakan air zuur sebagai penambah volume air aki karena dapat menyebabkan kerusakan pada cell-cell baterai aki akibat kandungan elektrolit yang terlalu pekat. Perbandingan kedua jenis cairan aki ini adalah 70% air aki biru atau air accu dan 30% air aki merah atau zuur.

Apakah Boleh Menambah Air Aki dengan Air Mineral?

Terkadang ada situasi saat kita membutuhkan tambahan volume cairan aki tetapi lokasi tidak dekat dengan bengkel atau tidak memiliki cadangan air aki. Maka kita akan terpikir menambahkan air aki dengan air mineral. Apakah hal itu dibolehkan?

Menggunakan air mineral sebagai penambah volume cairan aki dapat menyebabkan kerusakan pada aki. Tetapi jika sudah terlanjur atau memang dalam keadaan mendesak, bisa saja menggunakan air mineral sebagai penambah volume air aki. Asalkan jumlahnya tidak banyak.

Kamu juga disarankan untuk tidak melakukan pengurasan air aki jika tidak bisa mengatur komposisi air zuur dan air accu. Jadi jika sudah terlanjur menggunakan air mineral, kamu tidak perlu mengurasnya ya. Cukup tunggu saja sampai air aki berkurang dan tambahkan air accu.

Mengingat harga air aki mobil cukup murah, maka dari itu selalu sedia air aki dalam mobil kamu ya.

Menambah Cairan Aki dengan Air Garam

Cairan yang digunakan untuk mengisi volume air aki memang harus dapat menghantarkan listrik. Air garam pun dianggap mampu menghantarkan listrik. Tetapi apakah air garam cocok mengisi cairan aki?

Air garam memang dapat menjadi alternatif untuk mengisi cairan aki, tetapi air ini tidak dapat digunakan sebagai penghantar pada beban tinggi karena cepat panas sehingga cepat menguap. Air garam juga bisa mengkristal pada suhu tinggi. Selain itu, air garam bersifat korosif yang memberikan efek buruk pada sel baterai.

Jadi, sebaiknya gunakan cairan dengan karakteristik yang cocok dengan aki mobil agar usia aki menjadi lebih panjang ya.

Harga air aki pada toko online atau offline kemungkinan tidak berbeda jauh. Maka dari itu, tidak perlu khawatir membeli air aki di bengkel terdekat.
Jangan lupa ganti aki melalui aplikasi Otoklix. Kumpulkan juga OtoPoints yang dapat ditukarkan ketika melakukan perawatan mobil selanjutnya.