Tahukah kamu kalau PT Toyota baru saja meluncurkan keluaran terbarunya, yaitu Yaris Cross 2023 pada 15 Mei 2023 lalu? Sejumlah fitur unggulan banyak disematkan pada mobil ini.

Kemunculan yaris seri terbaru ini tentu sentak membuat penggemarnya penasaran seperti apa sih spesifikasi dan harga terbarunya. Untuk itu, berikut kamu berikan ulasan lengkap agar kamu bisa tahu spesifikasi dan harganya. 

Spesifikasi Toyota Yaris Cross 2023

Spesifikasi Toyota Yaris Cross 2023 sudah tak perlu diragukan lagi, sudah banyak improvement yang dilakukan dibandingkan seri sebelumnya. Selengkapnya, kamu bisa cek spesifikasinya disini. 

1. Mesin

Khusus mesin Yaris Cross Hybrid menggunakan kubikasi 1.500 cc berkode 2NR-VEX yang telah dikombinasikan dengan motor elektrik. Diketahui, mesin bensinnya  dapat mengeluarkan torsi puncak 121 Nm dengan tenaga 90 hp. Sedangkan, untuk motor elektriknya bisa menghasilkan 141 Nm dengan tenaga 79 Hp.

Toyota Yaris Cross sudah mempunyai fitur EV mode. Ini membuat pengemudi memiliki kesempatan untuk merasakan mengemudi seperti mobil listrik murni. Sayangnya, kamu hanya bisa menemukan fitur ini pada mobil mesin hybrid saja. 

Untuk Toyota Cross varian bensin menggunakan mesin serupa dengan Toyota Avanza atau Veloz dengan kubikasi 1.500 cc 4-silinder dan kode mekanisnya 2NR-VE. Ia sanggup menghasilkan torsi puncak 138 Nm dengan tenaga 104,5 hp.

2. Desain Interior

Seperti mobil keluarga kecil pada umumnya, seri kali ini juga muat hingga 4-5 orang dengan konfigurasi 3 orang di belakang dan 2 orang di depan. Meskipun tersedia untuk 5 orang saja, tapi ruang penyimpanannya ternyata berlimpah karena bagasi yang lebih luas. 

Bagian dashboard dan panel pintu soft touch sudah dimiliki oleh Toyota Yaris Cross Gross untuk kedua varian, bensin dan hybrid. Beberapa instrumen lain yang dihadirkan adalah power back door with kick sensor, wireless charger, teknologi telematika T-Intouch dan jok depan dengan pengaturan elektrik. 

3. Desain Eksterior

Untuk dimensi mobil ini memiliki panjang 4.310 mm, tinggi 1.615 mm, dan lebar 1.770 mm. Dibekali dengan SUV yang high rocker panel height hingga 260 mm, membuat pengguna mobil lebih nyaman saat berkendara di medan apapun.

Hingga kini, tersedia dua pilihan warna eksteriornya yaitu monotone dan two tone. Namun, ada 7 warna monotone lagi, apa saja? Yaitu spicy scarlet, platinum white pearl, super white II, greenish gunmetal, silver metallic, dark red, dan attitude black mica. 

Sementara itu, untuk warna dua tone hanya tersedia 3 pilihan saja, diantaranya platinum white pearl (attitude black mica), spicy scarlet (attitude black mica), dan silver metallic (attitude black mica).

4. Bagasi

Jika punya rencana mudik, tak perlu cemas. Toyota Yaris Cross 2023 menyediakan area bagasi yang cukup luas, yaitu varian mesin 452 liter dan hybrid 458 liter. Jadi, diperkirakan bisa muat 4–5 koper. 

Namun, apabila hanya mudik berdua saja, tapi barang bawaannya sangat banyak. Kamu masih bisa mengisi baris kedua dengan cara dilipat rata lantai. Volumenya berkisar 800 liter. Sangat luas kan?

5. Fitur Keselamatan 

Dibanderol dengan harga tinggi, mobil ini ternyata punya alasan yang sangat kuat. Salah satunya untuk menghadirkan fitur keselamatan yang mumpuni bagi pengendara, seperti Toyota Safety Sense (TSS). 

Dalam TSS ini, ada lagi fitur unggulannya seperti Pre-collision Warning & Pre-collision Braking (PCWPCB), Lane Keeping Control (LKC), Lane Departure Warning (LDP), Pedal Misoperation Control (PMC), Front Departure Alert (FDA), Cruise Control (ACC), dan Automatic High Beam (AHB).

Kedua, fitur Panoramic View Monitor. Saat kamu bepergian lalu ingin parkir tapi areanya sangat terbatas, tak perlu khawatir dan panik. Sebab, fitur ini menampilkan tampilan atas kendaraan di layar sistem navigasi. Nah, fitur ini diperuntukkan bagi Yaris Cross S bensin dan hybrid. 

Berapa Harga Toyota Yaris Cross 2023?

Harga Toyota Yaris Cross 2023 tergantung varian yang ingin dibeli. Ada 6 varian yang bisa kamu pilih, 4 varian menggunakan mesin bensin dan 2 varian lagi mesin hybrid. Harganya mulai Rp 351–417 juta. Berikut daftar lengkapnya. 

  • Toyota Yaris Cross 2023 1,5 G M/T, Rp 351 juta
  • Toyota Yaris Cross 2023 1,5 G CVT, Rp 364 juta
  • Toyota Yaris Cross 2023 1,5 S CVT, Rp 407 juta
  • Toyota Yaris Cross 2023 1,5 S CVT dengan GR Parts Aero Package, Rp 417 juta
  • Toyota Yaris Cross 2023 1,5 S hybrid CVT, Rp 440,6 juta
  • Toyota Yaris Cross 2023 1,5 S hybrid CVT GR Parts Aero Package, Rp 449,5 juta

Harga yang tertera diatas sudah termasuk biaya untuk layanan after sales, yaitu T-CARE. Lalu, juga ada gratis biaya servis (biaya untuk jasa dan suku cadang) sampai servis berkala ke-7 dengan waktu maksimal 3 tahun atau jarak tempuhnya sekitar 60.000 km. 

Itulah informasi seputar Toyota Yaris Cross 2023. Sudah punya pilihan ingin membeli yang mana? Apapun varian yang ingin dibeli, setelah membeli pastikan mobil selalu menerima perawatan yang rutin untuk menjaga kondisinya supaya selalu prima saat digunakan. 

Tentu saja, tidak hanya mengecek mesinnya saja, tetapi tampilan bodi pun perlu diperhatikan agar tetap enak dipandang. Kamu bisa dapatkan layanan service mobil dari  bengkel flagship Otoklix

Dengan pengalamannya yang telah meng-handle hingga 50 ribu lebih mobil, tentu saja tak perlu ragu untuk menyerahkan perawatan mobil sepenuhnya pada Otoklix. Yuk, booking servisnya sekarang juga!