Mobil memiliki sistem mesin yang kompleks karena terdiri atas berbagai komponen yang saling berkaitan. Salah satu komponen yang ada pada mobil dan cukup penting adalah thermostat.

Letak thermostat mobil ada di jalur cairan pendingin mesin menuju radiator. Lantas apa fungsi thermostat mobil? Berikut penjelasan lengkap mengenai thermostat mobil. 

Fungsi Thermostat Mobil

Fungsi thermostat mobil adalah untuk mengatur cairan pendingin yang ada pada mesin mobil. Sebagai sistem pendingin, thermostat mampu mencegah suhu tinggi berlebih (overheat) dan menjaga kestabilan suhu mesin.

Thermostat dapat melakukan tugas dalam waktu yang sangat cepat. Sebab, tingginya perputaran komponen mobil berpengaruh pada peningkatan suhu di mobil. 

Meski memiliki ukuran yang kecil, thermostat ternyata mampu memberikan dampak cukup besar pada mobil. Oleh sebab itu, keberadaan fungsi thermostat sangat penting dan akan menyebabkan dampak buruk apabila komponen ini lepas dari mobil. 

Suhu ideal mesin mobil adalah 80-92 derajat celcius saat proses pembakaran. Ini memungkinkan mobil memiliki performa maksimal dan efisien dalam konsumsi bahan bakar. 

Thermostat terdiri dari dua jenis katup logam otomatis dan memiliki fungsi yang berbeda. Katup buka dan tutup thermostat mobil dapat mengendalikan air panas pada ruang mesin dengan air dingin yang ada pada radiator.

Fungsi thermostat mampu mengatur cairan pendingin yang dialirkan sehingga membuat mesin mobil memiliki tenaga yang besar. Dengan demikian, mobil yang dijalankan tanpa thermostat tenaganya akan berkurang.

Baca Juga: Daftar Alat Pendingin Mesin Mobil: Komponen dan Cara Kerjanya

Cara Kerja Thermostat Mobil

Setelah mengetahui fungsi thermostat mobil, OtoFriends juga harus mengetahui cara kerjanya. Pada dasarnya, cara kerja dari thermostat dengan mengikuti komponen lain yang ada pada sistem pendingin mobil. 

Pertama, water pump akan memompa air agar mengarah ke mesin. Setelah dipompa, air akan mengalir mengelilingi mesin mobil melalui water jacket atau aliran air. 

Air pendingin tersebut membuat suhu panas pada mesin mobil keluar melalui selang hingga masuk pada radiator. Jika suhu mesin telah mencapai 85 hingga 90 derajat celcius maka katup thermostat akan secara otomatis membuka.

Setelah suhu pada mesin mulai menurun, katup thermostat akan kembali menutup. Katup thermostat mobil akan membuka dan menutup secara otomatis tanpa perlu dikendalikan.

Jenis Thermostat Mobil

Terdapat dua jenis thermostat berdasarkan pengaplikasiannya. Berikut rinciannya.

1. Thermostat Katup Bypass

Thermostat Katup Bypass merupakan jenis yang terpasang pada mobil-mobil baru. Letak thermostat dengan katup bypass ini di dalam outlet radiator lengkap dengan katup bypass terintegrasi ke dalam sistem termostat. 

Kelebihan thermostat dengan bypass valve yakni terdapat sistem pengaman dari katup bypass untuk menstabilkan suhu mesin bila sistem thermostat utama mengalami kerusakan. Namun kekurangannya, thermostat ini harganya lebih mahal. 

2. Thermostat Tanpa Katup Bypass

Thermostat jenis ini biasa digunakan untuk mobil lama. Letak thermostat mobil tanpa katup bypass ini berada di inlet radiator. Adapun kelebihan thermostat tanpa katup bypass adalah harganya cenderung lebih terjangkau. 

Di balik kelebihannya, thermostat tanpa katup bypass memiliki kekurangan, yakni tidak memiliki line cadangan untuk mendinginkan mesin mobil saat suhu tinggi bila thermostat rusak.

Cara Perawatan Thermostat Mobil

Sejatinya, perawatan thermostat mobil perlu dilakukan di bengkel resmi untuk memastikan kondisi dan kegunaan mobil. Cara perawatan thermostat mobil adalah dengan memantau level air radiator. 

Gunakan cairan radiator resmi untuk mencegah kerak atau karat pada thermostat. Selain itu, OtoFriends juga bisa mengenali apabila thermostat mobil mulai mengalami kerusakan. 

Thermostat sudah terbuka atau aktif pada suku sekitar 30 derajat celcius merupakan salah satu tanda kerusakan. Padahal, mobil belum panas dalam suhu itu. 

Akibatnya, mesin tetap dingin sehingga butuh waktu lama untuk proses pembakaran agar mesin bertenaga. Perlu dicatat, sebelum mesin mencapai suhu kerja, 80-92 derajat celsius, thermostat harus dalam keadaan tertutup. 

Thermostat yang masih bagus akan terbuka dan aktif setelah mesin mencapai suhu kerja tersebut untuk tetap menyeimbangkan suhu selama mobil dikendarai.

Baca Juga: Daftar 10 Merek Oli yang Bagus untuk Mendinginkan Mesin

Harga Thermostat Mobil

Sebenarnya, harga thermostat mobil cukup beragam. Jika OtoFriends membeli dengan kualitas asli atau original, harganya antara Rp180 ribu hingga Rp400 ribuan. 

Sementara thermostat kw sekitar Rp60 ribu hingga Rp90 ribu. Sebagai referensi, berikut beberapa harga thermostat mobil kualitas asli dan kw. 

Jenis MobilAsliKw
Avanza, Rush, Terios, Xenia Rp251 ribuRp75 ribu
Agya, Ayla Rp250 ribuRp80 ribu
Sigra, CalyaRp289 ribuRp90 ribu

Jangan lupa untuk secara rutin mengecek kondisi mobil OtoFriends supaya mesin termasuk thermostat tetap bekerja dengan optimal. Temukan bengkel terdekat dan lakukan booking online melalui aplikasi OtoKlix