Toyota Agya dan Daihatsu Ayla adalah seperti saudara kembar. Keduanya termasuk LCGC, yaitu Low Cost Green Car. Mobil-mobil ini memiliki spesifikasi oli tersendiri. Lantas, bagaimana oli yang direkomendasikan untuk oli mobil Agya?

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Spesifikasi Oli Mobil Agya

Mobil Agya disarankan untuk menggunakan oli dengan spesifikasi SAE 0W-20 atau SAE 5W-30. Oli-oli ini memiliki kekentalan yang cukup encer, cocok untuk mesin mobil Agya. Oli 0W-20 cocok untuk Toyota Agya 1.200 cc sedangkan 5W-30 cocok untuk Toyota Agya 1.000 cc karena komponen mesinnya yang presisi.

Bagaimana jika menggunakan oli yang lebih  kental, seperti 10W-40?

Menggunakan oli yang kental untuk Toyota Agya akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros karena kerja putaran mesin yang lebih berat. Sehingga mobil terasa tidak bertenaga, bahkan dapat merusak mesin jika digunakan dalam jangka panjang.

Berapa Biaya Ganti Oli Toyota Agya?

Toyota Agya dengan mesin 1.000 cc 3 silinder memiliki kapasitas 3 liter oli. Sedangkan mesin 1.200 cc 4 silinder memerlukan 4 liter oli. Kemudian biasanya ketika ganti oli perlu juga untuk mengganti filter oli dan oli gasket. Harga filter oli sekitar Rp50-80 ribuan dan gasket oli Rp18 ribuan. 

Sebagai contoh, harga oli 0W-20 sekitar Rp190 ribuan per liter dan harga oli 5W-30 Rp170 ribuan per liter. Jadi total biaya ganti oli mobil Agya adalah sekitar Rp 500-700 ribuan. 

Rekomendasi Oli Mobil Agya

Toyota memang memiliki produk oli sendiri, yaitu Toyota Motor Oil. Tetapi oli mobil Agya juga bisa menggunakan merek lain dengan spesifikasi yang sesuai. Mari kita simak rekomendasi merek untuk oli mobil Agya.

1. Toyota Motor Oil (TMO) Lubricant 0W-20

Rekomendasi yang pertama adalah TMO Lubricant 0W-20. Oli ini sudah mengantongi standar SN-GF-5 dengan bahan Full Synthetic. Terdapat formula Eco Power pada oli mesin ini. Selain itu juga ada teknologi Actifilm Technology yang dapat melindungi mesin dari keausan dan kebocoran, serta menghancurkan kerak pada dinding mesin. Oli TMO ini dibanderol dengan harga Rp650 ribuan untuk paket 4×1 liter.

Baca Juga: Oli Toyota (Toyota Motor Oil/TMO): Tipe dan Keunggulannya

2. TOP 1 HP Sport 0W-20

TOP 1 HP Sport 0W-20 sudah memenuhi standar API dan juga ILSAC. Oli ini juga telah dipercaya oleh komunitas Toyota Agya. Selain digunakan sebagai oli mobil Agya, direkomendasikan juga untuk mobil-mobil LCGC seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Honda Brio Satya, dan Daihatsu Ayla.

Oli ini mampu melumasi seluruh komponen mesin dan memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu hanya Rp90-100 ribuan per liter. Harga yang cukup murah untuk oli 100% full sintetis.

Teknologi yang terdapat pada oli ini adalah Xtra-Clean Additives dan Stop And Go Formulation. Teknologi ini dapat membersihkan mesin secara menyeluruh, dapat mengikat kotoran dan mencegah kotoran kembali menempel. Selain itu juga oli ini dapat melindungi komponen mobil meskipun pada lalu lintas yang padat dan macet.

3. Castrol Magnatec Stop-Start 0W-20

Castrol Magnatec Stop-Start juga dapat digunakan sebagai oli mobil Agya yang sering melalui kemacetan. Oli ini diklaim dapat memberikan perlindungan 20 persen lebih banyak ketika mesin dalam kondisi berhenti-jalan. 

Selain itu, terdapat molekul pintar yang dapat melekat dan membentuk lapisan untuk perlindungan. Kondisi ini yang membuat oli selalu siap melindungi ketika mobil stop and go. Harga oli Castrol Magnatec Stop-Start 0W-20 adalah sekitar Rp165 ribuan per liter.

4. Shell Helix Eco

Oli Shell Helix Eco diformulasikan untuk mobil-mobil LCGC. Sesuai dengan namanya, terdapat teknologi Active Cleansing Technology dan Fuel Economy. Teknologi ini secara khusus dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit pada mobil-mobil LCGC.

Sementara itu teknologi Active Cleansing mampu membersihkan mesin dari endapan kotoran. Oli dengan standar ILSAC GF-5 ini juga telah diformulasi dengan tingkat penguapan yang rendah, sehingga volume oli juga lebih terjaga.

Baca Juga: Oli Shell Helix: Pilihan Varian Seri, Spesifikasi, dan Harga

Oli Transmisi untuk Toyota Agya

Selain oli mesin, kamu juga perlu mengganti oli transmisi secara berkala, baik pada mobil manual maupun mobil matic. Fungsi oli transmisi adalah sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antar komponen pada sistem transmisi.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sistem transmisi berfungsi untuk akselerasi kendaraan dan juga mengarahkan mobil. Untuk memindahkan tuas transmisi atau persneling dengan mudah maka dibutuhkan oli transmisi. Apalagi pada mobil matic yang membutuhkan oli transmisi sebagai penambah tenaga 

Ini dia contoh oli transmisi yang direkomendasikan untuk mobil Agya.

Baca Juga: Penting! Ini Fungsi Oli Transmisi Manual dan Tanda Harus Ganti

1. TMO ATF WS

Oli mobil Agya untuk transmisi yang pertama adalah TMO ATF WS. Oli ini direkomendasikan untuk transmisi otomatis mobil penggerak roda depan dan juga oli power steering untuk semua jenis kendaraan. Keunggulan TMO ATF WS ini adalah suhu yang stabil sehingga performa transmisi lebih awet.

Selain itu tentu saja melindungi komponen dari keausan dan membuat perpindahan transmisi lebih halus. Oli ini direkomendasikan untuk mobil matic non CVT. Harga oli ini untuk kemasan 4 liter adalah Rp295 ribuan.

2. TOP 1 ATF

Rekomendasi yang kedua adalah oli transmisi dari TOP 1. TOP 1 ATF Series ini cocok digunakan sebagai oli mobil Agya karena dapat menjaga kondisi transmisi untuk waktu yang lama. Terdapat formula dan bahan aditif yang sudah melalui berbagai sertifikasi. Cocok digunakan untuk mobil dengan kecepatan tinggi atau mobil keluaran terbaru.

Jadi, selalu ikuti panduan penggantian oli mobil Agya ya. Kamu bisa menemukan 1.000+ bengkel umum terdekat lokasimu di aplikasi Otoklix untuk melakukan ganti oli. Kumpulkan juga OtoPoints yang dapat ditukarkan untuk perawatan berikutnya.

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

Pertanyaan Seputar Oli Mobil Agya

Toyota Agya dengan mesin 1.000 cc 3 silinder memiliki kapasitas 3 liter oli. Sedangkan mesin 1.200 cc 4 silinder memerlukan 4 liter oli.

Perbedaan antara Toyota Agya 1.000 cc dan 1.200 cc di jumlah liter oli mesin, kalau yang 1.000 cc butuh 3 liter oli mesin, 1.200 cc butuh 4 liter oli mesin.

Ada dua spek oli yang direkomendasikan, yaitu oli Toyota Motor Oil (TMO) dengan angka SAE 0W-20 dan SAE 5W-30. Bila dilihat dari spesifikasi angka SAE-nya yang rendah, oli Toyota Agya baru ini termasuk dalam kategori oli encer.