Sensor parkir mobil sangat berguna untuk parkir mundur. Apalagi untuk orang yang belum terbiasa mengendarai mobil dan parkir mundur. Bahkan, yang sudah terbiasa pun masih tetap ada kemungkinan menabrak objek di belakang mobil saat parkir mundur. Meskipun tidak semua mobil sudah dilengkapi dengan sensor mobil, tetapi saat ini sudah bisa pasang sensor mobil tambahan.

Mari kita simak pembahasan lengkap tentang sensor parkir mobil.

Pengertian Sensor Parkir Mobil dan Fungsinya

Sensor parkir mobil juga dikenal sebagai sensor mundur. Aksesoris ini adalah perangkat elektronik yang dipasang di belakang kendaraan. Cara kerja sensor parkir mobil adalah mendeteksi objek di belakang mobil atau yang mendekat. Sehingga memberikan sinyal kepada pengemudi untuk berhenti sebelum menabrak objek tersebut.

Sensor parkir ini biasanya berbentuk sensor infrared yang dikombinasikan dengan sensor gelombang ultrasonic. Sensor infrared ini biasanya dipasang pada bemper belakang. Sensor akan menangkap objek terdekat. Kemudian, sinyal disampaikan kepada pengemudi melalui suara atau lampu di monitor LCD pada head unit mobil. 

Jadi, fungsi dari sensor parkir mobil adalah mencegah mobil membentur atau menabrak objek. Normalnya, cara kerja sensor parkir mobil adalah saat jarak dengan objek sekitar 0,5 meter. Saat terdengar bunyi dari sensor, sebaiknya kita segera waspada meletakkan kaki di pedal rem.

Ada dua jenis sensor parkir mobil yang dibedakan berdasarkan jenis gelombang yang dipancarkan. Kedua jenis itu adalah sebagai berikut.

Baca juga: Ketahui Arti Lampu Indikator Pada Mobil yang Menyala

1. Electromagnetic Parking Sensor

Ini adalah jenis sensor parkir yang biasanya dipakai di mobil keluaran terbaru. Sensor ini mengandalkan gelombang elektromagnetik dari sensor yang bentuknya seperti selimut. Sensor akan mendeteksi objek saat berdekatan dengan bodi mobil.

2. Ultrasonic Parking Sensor

Jenis kedua adalah ultrasonic parking sensor. Biasanya sensor ini dipasang di bumper belakang mobil. Sensor ini memakai pancaran gelombang ultrasonic yang akan memantul saat ada objek di jarak pantul sensor ini. Sensor ini akan aktif otomatis saat posisi transmisi di gigi R atau saat mobil mundur.

Tips Memilih Sensor Parkir Mobil

Sebelum memasang sensor parkir mobil, sebaiknya kita mempertimbangkan sejumlah hal di bawah ini supaya tidak salah pilih.

Sesuaikan dengan budget

Penting sekali untuk memasang sensor mobil dengan menyesuaikan budget. Sebab, sensor parkir mobil ada yang murah dan mahal. Namun, kebanyakan dijual dengan harga sekitar Rp350 ribuan sudah termasuk biaya pasang.

Menyesuaikan kebutuhan

Seperti yang sudah dibahas di atas, ada dua jenis sensor parkir mobil. Biasanya yang berbasis gelombang elektromagnetik dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Namun, keamanannya lebih terjamin.

Pilih produk yang mudah dirawat

Sensor juga tidak lepas dari kotoran karena mobil memang dipakai berkendara di jalanan. Kotoran ini bisa menimbulkan noda kerak yang susah hilang. Jadi, sebaiknya pilih sensor yang mudah dirawat.

Tips memilih sensor parkir mobil ini bisa jadi pertimbangan saat akan memasangnya di bengkel terdekat. Pada beberapa bengkel juga bisa membawa produk sendiri. Jadi, kita tinggal membayar biaya jasa pasangnya saja.

Baca juga: Dashcam Mobil: Pengertian, Fungsi, Rekomendasi dan Cara Kerja

Rekomendasi Merek Sensor Parkir Mobil

Berikut ini adalah beberapa merek sensor parkir mobil yang bagus dan direkomendasikan.

1. ePath 8 Sensor System

Merek ini punya 4 buah sensor. Keunggulan dari merek ini adalah kedap air sehingga aman digunakan pada musim hujan. Keakuratannya juga terbilang cukup baik dan bisa mendeteksi objek dengan baik. ePath 88 juga dilengkapi dengan sistem yang mencegah alarm palsu. Sinyal suara yang dihasilkan dari produk ini cukup keras. Jadi, bisa mudah didengar pengemudi.

2. Frostory Car Parking Sensor System

Merek berikutnya adalah Frostory Car. Sensor ini juga tahan air sehingga tidak rentan rusak saat musim hujan. Produk ini juga punya banyak pilihan varian warna yang bisa dipilih sesuai warna mobil. Menurut klaimnya, pasang sensor mobil ini cukup mudah. Sehingga tidak terlalu butuh tenaga ahli. Namun, produk ini masih jarang ditemui di Indonesia.

3. Ekylin Reverse Backup Radar System

Rekomendasi merek sensor parkir ini dijual dengan harga yang ekonomis. Namun, kualitasnya tetap bagus. Ada 4 buah sensor yang dilengkapi dengan display unit. Display ini bisa menampilkan jarak mobil dengan objek. Selain itu, keunggulan lainnya adalah mobilnya bisa disembunyikan di bawah dashboard ada di kolong jok mobil.

4. Accfly Rear View Camera dengan Parking Sensor

Produk ini bisa dibilang paling lengkap di antara merek lainnya. Accfly adalah sensor mobil yang sudah dilengkapi dengan kamera belakang. Jadi, pengemudi bisa dapat peringatan verbal dan visual. Ada juga kamera cadangan yang dipasang di spion mobil. Akan tetapi, pemasangan sensor parkir mobil cukup rumit. Jadi, butuh tenaga ahli untuk memasangnya.

5. Tiemahun LED Parking Sensor

Sensor mobil satu ini sudah dilengkapi dengan layar LED yang bisa menampilkan lampu merah, kuning, dan hijau. Fungsinya adalah memberitahu jarak dengan mobil lain. Sensor ini juga bisa mendeteksi objek sampai dengan 2,4 meter. Selain itu, produk ini masih bisa berfungsi maksimal sampai dengan suhu -40 derajat celcius.

Berapa harga dari kelima merek di atas? Simak rangkumannya di bawah ini.

MerekHarga
ePath 8 Sensor SystemRp750 ribu
Frostory Car Parking Sensor SystemRp350 ribu
Ekylin Reverse Backup Radar SystemRp500-650 ribu
Accfly Rear View Camera with Parking SensorRp600 ribu – Rp2 juta
Tiemahun LED Parking SensorRp274 ribu

Sebaiknya bandingkan harga di beberapa tempat sebelum membeli produk sensor mobil. Selanjutnya, kita bakal bahas tentang cara perawatan sensor mobil.

Baca juga: Rekomendasi Kamera Mundur Mobil Terbaik dan Tips Memilihnya

Cara Merawat Sensor Parkir Mundur Mobil

Sensor parkir mobil adalah komponen yang rentan rusak. Jadi, kita perlu menjaganya supaya usia pakainya bisa tahan lama. Cara merawat sensor parkir mobil tidak sulit. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Jaga kebersihan

Kita perlu selalu menjaga kebersihan sensor mobil karena adanya kotoran atau debu akan mengganggu kinerja sensor. Cara membersihkan sensor parkir adalah hanya perlu disemprot dengan air dan lap sampai bersih. Pastikan memakai kain lap yang lembut supaya kamera sensor tidak tergores.

2. Jangan dicat

Kedua, jangan mengecat sensor parkir mobil. Mungkin kita mau modifikasi kendaraan dan tanpa sadar mengecat kamera sensornya juga. Namun, sebenarnya hal ini bisa mengganggu kinerja sensor kendaraan. Di sensor parkir gelombang ultrasonic, car bisa merusak mekanisme gelombang.

Itu dia pembahasan lengkap tentang sensor parkir mobil. Mulai dari pengertian sensor mobil dan fungsinya, tips memilih, rekomendasi merek, sampai dengan cara merawatnya. Selain merawat sensor parkir mobil, kita juga perlu merawat bodi mobil. Lakukan cuci mobil secara rutin untuk menjaga cat mobil tetap terlihat bersih dan berkilau.

Pertanyaan Seputar Sensor Parkir Mobil

Sensor parkir mobil juga dikenal dengan nama sensor mundur.

Sensor parkir mobil berfungsi untuk mendeteksi apakah ada objek di belakang mobil saat melakukan parkir mundur.

Sensor parkir mobil tambahan bisa dipasang di mobil yang belum dilengkapi fitur ini. Harganya mulai dari Rp350 ribuan, sudah termasuk biaya pasang.