Kamera mundur mobil merupakan salah satu perangkat yang kini banyak terpasang pada mobil-mobil keluaran terbaru. Bagi OtoFriends yang belum memiliki kamera mundur mobil, OtoFriends kini bisa mendapatkannya melalui situs jual beli di Indonesia dan menjadikannya aksesoris di mobil OtoFriends.

Kamera mundur mobil memiliki manfaat untuk membantu saat melakukan parkir mobil. Selain itu juga kamera mundur juga memiliki manfaat untuk menjaga keselamatan dalam berkendara OtoFriends

    Rekomendasi Kamera Mundur Mobil Terbaik

    Kini telah tersedia berbagai kamera mundur mobil yang bisa OtoFriends temukan di situs jual beli di Indonesia. Dari berbagai pilihan tersebut, berikut ini adalah beberapa rekomendasi kamera mundur mobil terbaik untuk OtoFriends.

    1. Pioneer RCAM-5

    Rekomendasi kamera mundur mobil yang pertama adalah Pioneer RCAM-5. Agar kamera ini dapat terpasang pada mobil OtoFriends, OtoFriends harus memiliki head unit layar terlebih dahulu. Pioneer RCAM-5 ini sudah dilengkapi beberapa fitur canggih di dalamnya. Kamera yang satu ini tersedia dengan harga mulai dari Rp170 Ribuan.

    Beberapa fitur canggih tersebut adalah seperti mampu menampilkan hasil rekaman dengan resolusi 672 x 520 pixel dengan tampilan wide angle. Selain itu kamera ini sudah anti air dan dilengkapi dengan auto white balance yang akan membuat hasil tampilan dari kamera ini semakin jelas dalam berbagai kondisi cuaca saat berkendara.

    2. Kenwood CMOS 130

    Rekomendasi kamera mundur mobil terbaik yang kedua adalah Kenwood CMOS 130. Kamera ini bisa OtoFriends dapatkan dengan harga mulai dari Rp475 Ribuan. Dengan harga tersebut, OtoFriends tidak perlu lagi meragukan kualitas dari kamera ini. Hal tersebut karena kamera ini memiliki resolusi 330 ribu pixel dengan kemampuan wide angle.

    Selain hal tersebut, setiap pembelian unit kamera ini OtoFriends akan mendapatkan mounting yang flexible. Mounting tersebut akan memudahkan OtoFriends dalam memasang kamera ini pada beberapa bagian seperti pintu bagasi mobil, bingkai plat nomor, atau bahkan di spoiler mobil.

    Baca Juga: Bengkel Pintu Mobil: Biaya Servis Bila Terjadi Kerusakan

    3. Hiro Chip High Def 1280

    Rekomendasi kamera mundur mobil terbaik berikutnya adalah Hiro Chip High Def 1280 yang bisa OtoFriends dapatkan dengan harga mulai dari Rp1,2 Jutaan. Meskipun lebih mahal dari pada beberapa kamera sebelumnya, kualitas kamera ini jauh berada diatas beberapa produk sebelumnya.

    Beberapa keunggulan dari kamera ini adalah seperti dapat menampilan hasil tampilan HD dengan resolusi 1280 x 720 pixel. Selain itu juga kamera ini sudah anti air, dilengkapi wide angle dan night vision yang akan menampilkan gambar yang jauh lebih baik pada malam hari. Setiap pembelian unit kamera ini, OtoFriends juga akan mendapatkan kabel instalasi sepanjang 6 meter dengan 2 pilihan bracket. 

    4. Orca

    Rekomendasi berikutnya adalah kamera mundur mobil dengan merk Orca. Kamera ini bisa OtoFriends miliki dengan harga mulai Rp260 Ribuan. Dengan harga yang cukup terjangkau, OtoFriends akan mendapatkan kamera anti air dengan tampilan HD dan beberapa fitur canggih pada kamera ini.

    Beberapa fitur canggih dari kamera ini adalah seperti auto brightness yang akan semakin memperjelas hasil tampilan dari kamera terutama pada malam hari. Selain itu kamera ini memiliki fitur garis bantu ketika melakukan parkir.

    5. Hyperion HR-RCS 1.1

    Pilihan berikutnya untuk OtoFriends adalah Hyperion HR-RCS 1.1. Kamera ini bisa OtoFriends dapatkan dengan harga mulai dari Rp225 Ribuan. Hyperion HR-RCS 1.1 ini memiliki sensor HVT TV HD yang akan memberikan hasil tampilan kamera menjadi sangat jelas karena memiliki resolusi yang tinggi.

    Selain hal tersebut, kamera Hyperion HR-RCS 1.1 sudah dilengkapi dengan fitur night vision. Fitur tersebut akan membuat hasil tampilan menjadi tetap jelas sekalipun dalam keadaan gelap. Kamera Hyperion HR-RCS 1.1 ini juga sudah memiliki bodi anti air.

    6. Xiaomi 70mai Midrive

    Salah satu rekomendasi kamera mundur mobil dari brand yang sudah cukup terkenal yaitu Xiaomi adalah Nakamichi NC-3L. Kamera ini bisa OtoFriends dapatkan dengan harga mulai dari Rp300 Ribuan.

    Kamera ini memiliki ukuran yang kecil namun memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. Dengan ketahanan yang tinggi tersebut, OtoFriends tidak perlu mengkhawatirkan kualitas kamera ini, karena kamera ini juga tahan terhadap air dan menampilkan hasil tampilan hingga 138 derajat.

    7. Nakamichi NC-3L

    Bagi OtoFriends yang ingin mendapatkan kamera mundur mobil terbaik dengan harga dibawah Rp100 Ribuan, Nakamichi NC-3L merupakan pilihan yang tepat. Kamera ini tersedia dalam situs jual beli di Indonesia dengan harga mulai dari Rp70 Ribuan.

    Kamera yang satu ini memiliki ketangguhan dalam segala medan dan sudah terbukti ketahanannya karena memiliki sertifikasi IP68. Nakamichi NC-3L sudah dilengkapi dengan sensor Color CMD dan juga aksesoris kamera ini dapat menampilkan hasil dengan jangkauan 90 derajat.

    Baca Juga: Daftar 14 Aksesoris Mobil yang Wajib Tersedia

    Tips Memilih Kamera Mundur Mobil

    Setelah mengetahui beberapa rekomendasi kamera mundur mobil terbaik, OtoFriends juga perlu mengetahui beberapa tips memilih kamera mundur mobil yang sesuai dengan OtoFriends. Berikut ini adalah beberapa tips memilih kamera mundur mobil tersebut.

    1. Untuk Pemula Bisa Menggunakan Tipe Standar

    Tips yang pertama, bagi OtoFriends yang masih pemula bisa menggunakan tipe standar. Tipe standar akan memudahkan OtoFriends dalam mengetahui apa saja yang bisa OtoFriends lakukan dengan kamera mundur mobil yang sudah terpasang.

    2. Pilih Tipe Wide Angle

    Tips yang kedua adalah pilihlah kamera yang sudah memiliki fitur kamera wide angle. Fitur ini akan membantu OtoFriends melihat area belakang dengan lebih luas. Hal ini tentunya akan semakin memudahkan OtoFriends untuk memaksimalkan fungsi dari kamera mundur mobil milik OtoFriends.

    3. Manfaatkan Night Vision

    Tips yang terakhir adalah memanfaatkan fitur night vision. Fitur night vision adalah fitur yang membuat hasil tampilan dari kamera mundur mobil tetap jelas meskipun dalam kondisi gelap atau saat malam hari. Dengan adanya fitur tersebut, OtoFriends dapat memanfaatkan kamera mundur dengan lebih maksimal dalam berbagai keadaan.

    4. Tahan Air

    Tips yang terakhir adalah pilihlah kamera yang sudah memiliki ketahanan terhadap berbagai cuaca termasuk air hujan. Hal tersebut karena umumnya kamera mundur mobil akan ditempatkan pada bagian luar belakang mobil. Akan sangat merepotkan jika kamera tersebut tidak memiliki ketahanan yang baik.

    Itulah beberapa rekomendasi kamera mundur mobil dan juga beberapa tips untuk memilih kamera mundur mobil terbaik bagi OtoFriends. Aksesoris ini merupakan salah satu aksesoris yang kini sudah harus OtoFriends miliki untuk memudahkan dalam melakukan parkir dan menjaga keselamatan berkendara.

    Jika tidak segera OtoFriends miliki, maka mungkin saja akan terjadi sesuatu saat berkendara. Apabila sesuatu terjadi pada mobil OtoFriends, OtoFriends bisa mempercayakan perbaikan mobil di bengkel terpercaya yang ada di Otoklix.