Alarm mobil menjadi salah satu komponen terpenting dalam kendaraan. Alarm berfungsi sebagai peringatan jika terjadi sesuatu pada mobil, seperti itu mobil bergeser, pintu mobil dibuka paksa, atau kaca mobil dipecahkan. 

Namun, alarm mobil mendadak mati atau alarm bunyi terus kerap terjadi. Alarm mobil tidak berfungsi bisa disebabkan karena beberapa komponen pendukungnya bermasalah. 

Saat alarm mobil mati, OtoFriends sebenarnya bisa melakukan perbaikannya secara mandiri tanpa ke bengkel. Tapi sebelum melakukan service alarm mobil di rumah, pahami dulu apa saja komponen pada alarm mobil berikut ini. 

Baca Juga: Cari Service Spion Mobil Patah? Ini Biayanya

Komponen Alarm Mobil 

1. Sensor

Komponen utama pada alarm mobil adalah sensor. Sensor biasanya dipasang di bagian pintu dengan yang akan mengirimkan sinyal ke control unit. 

Sensor akan mengirimkan sinyal ketika terjadi getaran pada mobil. Selain itu, ada juga mikrofon yang fungsinya sebagai sensor suara untuk menemukan tindakan pencurian atau mendeteksi tekanan pada mobil. 

2. Control Unit

Selanjutnya, ada control unit yang biasanya ada di dasbor mobil. Control unit merupakan lampu yang berkedip untuk mengaktifkan sirine ketika terjadi getaran atau benturan keras di luar aktivitas pemilik mobil. 

Cara kerja control unit dengan cara memanfaatkan sinyal transmitter dari gelombang radio. 

3. Sirine

Komponen pelengkap selanjutnya yang ada di alarm mobil adalah sirine yang berfungsi mengirimkan sinyal saat ada aktivitas mencurigakan pada mobil. 

Jika sudah memahami apa saja komponen yang ada di alarm mobil, OtoFriends selanjutnya ketahui sejumlah penyebab kerusakan alarm mobil. 

Penyebab Kerusakan Alarm Mobil

1. Kabel Putus

Penyebab umum alarm mobil tidak berfungsi adalah karena sambungan kabel putus. Biasanya, kabel putus disebabkan karena instalasi atau pemasangan alarm mobil tidak dilakukan dengan benar sehingga kabel kendor atau putus. 

Selain itu, putusnya kabel juga bisa karena kabel digigit tikus. 

2. Baterai Remote Habis

Alarm mobil yang mendadak mati bisa saja bukan karena rusak, melainkan baterai remote sudah habis. Sebelum mengalami hal tersebut, OtoFriends bisa mengenali ciri-ciri baterai lemah. 

Ciri-ciri baterai sudah mulai melemah yakni antara remote dan mobil tidak bisa terlalu jauh saat dinyalakan. Selain itu, biasanya lampu indikator remot juga mulai meredup.

3. Aki Mobil Soak

Selanjutnya, masalah lain dari matinya alarm adalah karena aki mobil yang soak. Diketahui aki merupakan pusat tenaga listrik pada mobil sehingga saat komponen ini soak otomatis mengganggu fungsi alarm. 

4. Gangguan Frekuensi

Alarm mobil yang dapat bekerja dengan remot menggunakan frekuensi untuk penggunaanya. Oleh karena itu alarm mobil juga berpotensi mengalami gangguan frekuensi yang penyebab umumnya karena mobil di parkir dekat dengan menara pemancar radio Base Transceiver Station (BTS) provider telepon seluler, dan sebagainya.

5. Sekering Rusak

Penyebab selanjutnya alarm mobil rusak karena sekring putus.

Sekring berada di bawah dashboard pengemudi atau pada bagian mesin. 

6. Kualitas Alarm Tidak Bagus

Kualitas alarm yang tidak bagus memiliki usia yang tidak bisa ditebak. Biasanya alarm berkualitas rendah dibanderol harga murah. 

Oleh sebab itu, lebih baik beli alarm dengan harga yang lebih mahal dan berkualitas lebih baik. Ini meminimalisir alarm cepat rusak. 

Baca Juga: 5 Jenis Kerusakan yang Butuh Service Pintu Mobil

Cara Memperbaiki Alarm di Rumah

1. Ganti Baterai Alarm

Cara ganti baterai alarm bisa dengan membuka remot mobil menggunakan obeng. Kemudian, lepaskan baterai lama dan ganti dengan baterai baru. 

Sebelum itu, pastikan baterai baru memiliki ukuran dan voltase yang sama dengan baterai lama. Biasanya ada dua model baterai remote mobil, yaitu model baterai konvensional dengan ukuran A27 dan model pipih CR2016.9

2. Perbaiki Frekuensi Alarm

Salah satu penyebab kerusakan alarm mobil adanya pengaruh pada frekuensi yang mengganggu alarm. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, memarkir mobil dekat dengan menara pemancar radio kemungkinan gelombang radio yang diterima mobil dari remote akan terganggu.

Jadi untuk service alarm mobil dengan kasus seperti ini, OtoFriends cukup mendekatkan remote dengan mobilmu agar bisa terhubung dengan receiver.

3. Perbaiki Sekring

Jika sekring rusak, komponen mobil yang berhubungan dengan listrik pun akan mengalami gangguan, termasuk alarm mobil. Cara service alarm mobil yang bermasalah dengan menggantinya ke sekring baru.

Pertama, buka panel sekring, yang terletak di bawah kemudi atau dashboard. Kemudian lepas sekring lama dan ganti dengan yang baru.

4. Ganti Aki

Caranya pertama untuk mengganti aki adalah mobil harus dalam kondisi mati. Setelah mobil mati, buka kap mesin lalu lepaskan terminal negatif aki untuk mencegah munculnya percikan api. Baru setelah itu lepaskan terminal positif. Lalu, lepaskan aki yang rusak dan bersihkan kabel terminal serta dudukan, kemudian pasang aki baru.

Baca Juga:Biaya Cuci AC Mobil dan Service Lainnya

5. Cek Jalur Kabel Alarm

Kerusakan jalur kabel alarm mobil menyebabkan beberapa fungsi alarm rusak. Seperti ketika tombol alarm ditekan kedua sein mobil menyala dan alarm berbunyi. Namun saat ada kerusakan jalur kabel, bisa jadi salah satu fungsinya mati. Sein mobil menyala tetapi alarm tidak berbunyi atau sebaliknya. Cara service alarm mobil ini bisa dengan menggantinya dengan unit yang baru. OtoFriends bisa mendapatkan unit barunya di bengkel mobil terdekat.

6. Cek Fungsi Tombol di Remote Alarm

Jika baterai sudah diganti tetapi remote masih mati, berarti ada kerusakan lain. OtoFriends bisa mencoba mengecek semua fungsi tombol pada remote. Cara service remote alarm mobil dengan kerusakan ini adalah dengan melihat jalur kabelnya. Buka remote kemudian cek apakah ada kabel yang kendur atau lepas. 

Jika sudah mencoba service alarm mobil di rumah tapi masih mati atau alarm bunyi terus, OtoFriends bisa membeli alarm baru dan menggantinya di bengkel. Berikut referensi harga alarm mobil.

Harga Alarm Mobil

Harga alarm mobil di pasaran beragam, mulai dari Rp200 ribuan hingga jutaan. Berikut referensi harga alarm mobil dari yang termurah hingga termahal.

Sale ISmart Smart Keyless EntryRp5 jutaan
Gigi VelozRp4 jutaan
KeylaceRp900 ribu
RAL-236Rp860 ribu
M-GUARD TYPE M1Rp775 ribu
Power Guard x SeriesRp685 ribu 
Raiton Rp350 ribuRp350 ribu
RWB Series R- 855Rp265 ribu

Pertanyaan Seputar Service Alarm Mobil

Penyebab umum alarm mobil tidak berfungsi adalah karena sambungan kabel putus..

Harga alarm mobil di pasaran beragam, mulai dari Rp200 ribuan hingga jutaan.

Cara service alarm mobil yang bermasalah dengan menggantinya ke sekring baru.