Saat ini fungsi jok mobil bukan lagi sekadar tempat duduk saja, melainkan sudah bertransformasi menjadi salah satu aspek penting yang dapat mempengaruhi tampilan kendaraan. Tidak heran, banyak pemilik mobil yang mencoba mengganti warna joknya agar bisa mengubah tampilan kendaraannya. 

Oleh karena itu, penting untuk memilih warna jok yang tepat dan tidak asal supaya dapat berpadu indah dengan warna eksterior mobil, terlebih untuk mobil keluarga. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas rekomendasi warna jok mobil yang dapat dipilih agar tampilan mobil terlihat berbeda dan lebih fresh. 

Jenis Bahan Jok Mobil 

Tahukah kamu, jenis bahan jok mobil itu bervariasi? Namun, hanya dua jenis bahan jok yang familiar digunakan oleh masyarakat kita, yaitu fabric dan non fabric. Lantas, mana yang lebih baik dari keduanya? Mari cari tahu bersama! 

  • Fabric (kain) 

Fabric adalah salah satu material yang banyak dipilih untuk menjadi bahan jok mobil. Selain harganya yang murah, kebanyakan orang memilih material fabric karena tahan lama, nyaman, memiliki motif unik, dan tidak membuat punggung berkeringat. 

Akan tetapi di balik kelebihannya itu, fabric juga memiliki kekurangan, yaitu sulit untuk dibersihkan. Ini karena fabric mampu menyerap kotoran dan air sehingga membutuhkan perlakuan ekstra untuk dapat membersihkannya. 

  • Non-fabric (kulit) 

Bahan jok lain yang juga populer di masyarakat Indonesia adalah non-fabric atau kulit. Seperti halnya fabric, material non-fabric disukai lantaran harganya yang murah, terlebih untuk kulit sintetis. Selain itu, kulit sintetis juga lebih gampang dibersihkan jika terkena noda atau kotoran. 

Memang, jika dibandingkan dengan material kulit asli yang dapat memberikan kenyamanan lebih baik dan memiliki aroma tersendiri sebagai ciri khasnya, kulit sintetis bisa dikatakan kalah. Namun, harga kulit asli yang jauh lebih tinggi pun membuat kulit sintetis lebih disukai.  

Apalagi, kulit asli juga memiliki kekurangan, yaitu tidak tahan terhadap paparan sinar matahari. Ini karena paparan sinar matahari dapat membuat kulit menjadi pecah-pecah. Tak hanya itu, kulit asli juga rentan mengalami keriput akibat terkena air. 

Pada dasarnya, baik fabric maupun non-fabric memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi menurut kami, bahan non-fabric khususnya kulit sintetis merupakan rekomendasi bahan pelapis jok terbaik. Ini karena kulit sintetis tidak memerlukan perawatan khusus, tidak cepat kotor, tahan lama, dan memiliki harga yang terjangkau. 

Rekomendasi Warna Jok agar Terlihat Mewah dan Elegan 

Berikut rekomendasi warna jok yang bisa kamu pertimbangkan: 

 

  1. Hitam

Rekomendasi warna jok pertama adalah hitam. Warna satu ini juga dapat membuat tampilan mobil terkesan formal dan serius, terlebih untuk jenis sedan atau SUV. 

Bukan hanya dari segi tampilan, warna hitam juga sangat populer di kalangan orang tua yang masih memiliki anak di bawah 6 tahun, karena tidak mudah kotor. Ditambah lagi, warna hitam juga sangat mudah untuk dipadukan dengan warna apapun.  

  1. Cokelat (tan)

Rekomendasi warna jok mobil selanjutnya adalah cokelat. Cokelat termasuk warna favorit bagi kebanyakan orang karena dapat memberikan kesan hangat sekaligus mewah.  

Biasanya, warna cokelat dipilih untuk menjadi pendamping interior kayu atau trim emas yang sudah ada di mobil. Namun perlu diperhatikan, warna cokelat mudah sekali kotor sehingga membutuhkan perawatan lebih untuk menjaganya tetap bersih. 

  1. Abu-abu

Warna jok mobil yang cukup banyak dipilih adalah abu-abu. Warna satu ini sangat cocok untuk mobil dengan desain modern dan minimalis, karena dapat memberikan kesan elegan. Ditambah lagi, warna abu-abu juga bisa memberikan ilusi lebih terang dan lapang pada kabin mobil. 

Sayangnya, warna abu-abu terkadang terlihat membosankan sehingga pemilik mobil harus menambahkan aksen lain pada jok agar tampilannya lebih menarik. 

  1. Burgundy

Interior mobil hitam atau abu-abu biasanya akan cocok jika dipadukan dengan warna merah burgundy, karena dapat memberikan mewah dan berkelas. Wajar, jika merah burgundy sering dijadikan warna pilihan untuk jok mobil. 

  1. Kombinasi hitam dan merah

Kombinasi warna menjadi rekomendasi warna jok mobil lainnya. Kombinasi warna hitam dan merah, misalnya, dapat memberikan kesan mewah sekaligus elegan. Pemilik mobil dapat menggunakan warna hitam pada bagian utama jok, sementara warna merah ditempatkan sebagai aksen atau tambahan jahitan. 

  1. Kombinasi hitam dan abu-abu

Kombinasi warna lain yang juga cocok adalah hitam dan abu-abu. Gabungan dua warna ini memberikan kesan elegan dan maskulin. Pemilik mobil tinggal menyesuaikan warna apa yang pas untuk bagian utama jok dan aksennya.  

  1. Kombinasi hitam dan cokelat

Hitam dan cokelat merupakan kombinasi warna yang pas untuk jok mobil. Pasalnya, kedua warna ini memiliki kesan yang berbeda. Warna hitam dengan kesan elegannya, sedangkan cokelat dengan kesan hangat. Jadi, terbayang jika kedua warna ini saat dikombinasikan pada jok mobil. 

Itu dia tujuh rekomendasi warna jok mobil yang bisa kamu pertimbangkan. Setelah memutuskan memilih warna jok yang sesuai keinginan, pastikan untuk selalu memperhatikan perawatannya. 

Dengan perawatan yang tepat, jok mobil akan terlihat seperti baru dan awet. Kamu bisa menggunakan jasa Otoklix untuk memberikan perawatan kepada jok mobil. Tidak hanya jok, Otoklik juga menyediakan jasa detailing agar warna mobil selalu terlihat kinclong dan baru.