Airbag mobil disediakan untuk menjaga keselamatan pengendara dan penumpang. Berbagai peristiwa kecelakaan rawan menjadi penyebab benturan keras terjadi, sehingga airbag didesain sedemikian rupa untuk dapat mengembang dan menjadi pelindung benturan.

Sayangnya, masih banyak pengendara dan penumpang mobil yang tidak menyadari kehadiran fitur airbag mobil. Alhasil, fitur airbag seolah sia-sia dan dibiarkan begitu saja tanpa perawatan. Padahal, untuk dapat berfungsi dengan baik, airbag mobil harus dirawat dengan baik.

Lantas bagaimana perawatannya? Berikut Otoklix rangkum informasi lengkap terkait fungsi, jenis, cara kerja, dan tips perawatan airbag mobil yang harus OtoFriends ketahui.

Baca juga: Segini Jarak Aman Berkendara Menurut Aturan yang Berlaku

Fungsi Airbag Mobil

Pada penerapannya, airbag mobil didesain untuk dapat mengembang dalam hitungan detik ketika benturan pada mobil terjadi. Airbag dapat melindungi setiap bagian vital pada tubuh, seperti kepala, leher, dan dada. Tentu terbayang, apabila benturan keras terjadi pada berbagai bagian vital tersebut. Nyawa tentu bisa melayang seketika. 

Selain berfungsi untuk melindungi bagian-bagian vital pada tubuh, airbag mobil juga berperan untuk memperlambat gerak laju penumpang. Nyatanya, seatbelt saja tidak cukup untuk menjaga penumpang tetap pada posisi saat peristiwa kecelakaan terjadi.

Airbag mobil membantu mengurangi risiko penumpang terpental. Oleh sebab itu, airbag mobil merupakan fitur keselamatan paling penting, karena dapat membantu OtoFriends dan penumpang terhindar dari cedera parah akibat kecelakaan. 

Letak Airbag Mobil

Ketika memiliki mobil atau membeli mobil baru, pastikan OtoFriends mengetahui dengan pasti letak airbag mobil OtoFriends. Pasalnya, letak airbag mobil ini berbeda-beda dan tergantung pada jenis mobil OtoFriends.

Sekedar informasi, airbag ada yang terletak di bagian depan pengendara, ada juga yang terletak di bagian kursi penumpang. Lebih jelasnya, ambil contoh mobil Avanza. Sebagai mobil favorit keluarga, mobil Avanza didesain memiliki 6 airbag mobil, ada di bagian depan, sisi samping, hingga jendela.

Letak airbag mobil Avanza tentu akan berbeda dengan letak airbag mobil Brio yang hanya terdapat di bagian depan pengendara dan bagian tengah penumpang. 

Jenis Airbag Mobil

Selain mengetahui dengan pasti letak airbag mobil OtoFriends, jangan lupa juga untuk mencari tahu jenis airbag mobil OtoFriends. Umumnya, ada 4 jenis airbag mobil, yaitu:

1. Driver Airbag Mobil

Sesuai namanya, driver airbag mobil adalah jenis airbag mobil yang didesain untuk melindungi bagian vital pengendara. Biasanya terletak di bagian setir atau roda pengemudi. Keunggulan dari driver airbag mobil ini terletak pada kemampuannya untuk melindungi kepala ketika kecelakaan terjadi.

2. Passenger Airbag Mobil

Passenger airbag mobil terletak di kursi penumpang yang duduk di samping pengendara. Biasanya terletak di bagian dalam dashboard. Namun perhatikan jenis mobil, ada beberapa tipe mobil yang meletakkan passenger airbag mobil ini di bagian luar dashboard mobil.

Baca juga: Kenali Dashboard Mobil Serta Fungsinya

3. Side Airbag Mobil

Side airbag mobil merupakan jenis airbag mobil yang terletak di bagian samping pengendara. Airbag mobil ini berfungsi untuk melindungi pengendara dari benturan di sisi samping mobil. 

4. Curtain Airbag Mobil

Berbeda dengan jenis airbag mobil lainnya, jenis airbag mobil curtain biasanya hanya dimiliki oleh mobil-mobil dengan fitur keselamatan terbaik. Biasanya ada pada mobil-mobil mewah dan berkelas yang harganya menengah keatas. 

Cara Kerja Airbag Mobil

Airbag mobil bekerja memanfaatkan sensor yang terpasang di bagian bawah kabin mobil. Apabila kecelakaan terjadi, sensor tersebut akan memberikan sinyal kepada unit inflator untuk mengembang.

Ketika airbag mobil mengembang, bagian dashboard dan kursi mobil akan terbuka. Airbag akan melindungi bagian-bagian vital tubuh dalam waktu sepersekian detik, sehingga OtoFriends tidak perlu khawatir akan cedera parah ketika mobil terbentur.

Tips Perawatan dan Cara Cek Kondisi Airbag Mobil

Mengetahui jenis dan letak airbag mobil akan mempermudah OtoFriends dalam melakukan perawatan airbag mobil. Airbag mobil rentan rusak apabila OtoFriends melakukan modifikasi pada beberapa bagian mobil.

Hindari modifikasi dashboard, setir mobil, dan beberapa bagian lainnya yang menjadi tempat airbag mobil disematkan. Pastikan juga asupan aki mobil selalu tercukupi sehingga airbag mobil dapat berfungsi maksimal disaat genting. 

Baca juga: Cara Servis Aki Mobil yang Soak Tanpa ke Bengkel

Rutin lakukan pengecekan kabel sensor airbag mobil untuk mencegah gangguan sinyal airbag mobil ketika diperlukan. Jangan ubah jalur listrik mobil OtoFriends dan coba cek pemasangan stir mobil. Apabila semuanya dalam kondisi baik, maka bisa dipastikan bahwa airbag mobil Otofriends dapat bekerja maksimal ketika kecelakaan terjadi.

Hal Penting yang Harus Diketahui Seputar Airbag Mobil

Banyak pertanyaan seputar airbag mobil. Apakah airbag yang megembang akan menghalangi pernapasan? Apakah gas nitrogen airbag mobil berbahaya? Dan apakah wajar jika ada asap yang muncul ketika airbag mobil mengembang? 

Tidak perlu khawatir karena airbag mobil sudah dirancang aman untuk penumpang dan pengendara. Airbag terbuat dari nilon tipis berlubang sehingga akan segera mengempis perlahan dan tidak mengganggu pernapasan.

Nitrogen juga aman dihirup karena 78% udara mengandung nitrogen. Airbag mobil juga tidak mengeluarkan asap. Udara putih yang biasa terlihat ketika airbag mengembang adalah tepung jagung atau bedak talkum yang didesain keluar ketika airbag mengembang agar ketika kecelakaan airbag mobil tidak lengket dan terlipat.

Jangan ragu untuk melakukan konsultasi apabila bingung terhadap penggunaan fitur keselamatan airbag mobil. Hubungi kami apabila ada masalah atau kerusakan airbag mobil. Bengkel mitra rekanan Otoklix dapat membantu dengan biaya diketahui di awal booking servis. Sekedar informasi, biaya perbaikan airbag mobil bergantung pada kerusakan. Biasanya berkisar Rp5 juta hingga Rp7 juta rupiah. 

Meskipun jarang digunakan, OtoFriends harus tetap merawat fitur-fitur keselamatan mobil agar tetap berfungsi maksimal ketika digunakan. Utamakan keselamatan dan kenyamanan berkendara, ingat Otoklix saat ingin melakukan perbaikan atau servis mobil berkala. 

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner!

Pertanyaan Seputar Airbag Mobil

airbag mobil didesain untuk dapat mengembang dalam hitungan detik ketika benturan pada mobil terjadi. Airbag dapat melindungi setiap bagian vital pada tubuh, seperti kepala, leher, dan dada.


Pasalnya, letak airbag mobil ini berbeda-beda dan tergantung pada jenis mobil OtoFriends. Sekedar informasi, airbag ada yang terletak di bagian depan pengendara, ada juga yang terletak di bagian kursi penumpang.


Setiap mobil tentu memiliki fitur pelindung airbag, namun jumlah dan letaknya berbeda-beda.