Roof rack mobil dapat menjadi solusi ketika barang bawaan tak cukup disimpan di bagasi mobil. Roof rack merupakan dek tambahan yang diletakkan di atas atap mobil. Fungsi rack roof sebagai penyangga agar barang bawaan dapat diletakkan di atap. Walau memiliki banyak manfaat, ada beberapa dampak pemasangan roof rack yang perlu diketahui. Simak, ya!

Dampak pemasangan roof rack mobil

1. Stabilitas kendali mobil terganggu

Beban tambahan di atap mobil dapat memengaruhi traksi pada roda depan yang kian berkurang. Hal itu menyebabkan stabilitas kendali mobil terganggu. Selain itu, mobil juga mudah limbung ketika melewati suatu tikungan.

2. Sisi aerodinamis mobil berkurang

Memasang roof rack atau roof box juga dapat mengurangi sisi aerodinamis mobil. Ketika mobil melaju dengan kecepatan standar di bawah 60 km memang tidak terlalu terasa. Akan tetapi, saat laju mobil ditingkatkan, mobil akan terasa berat akibat hambatan angin yang kian kencang.

3. Konsumsi bahan bakar bisa boros

Akibat hambatan angin yang kian besar, konsumsi bahan bakar juga berpotensi makin boros. Apalagi, beban mobil juga bertambah.

Baca juga: 16 Nama Nama Aksesoris Eksterior Mobil Sebelum Modifikasi

Harga roof rack

1. FOXCO Roof Rack Universal

Dibanderol sekitar Rp550 ribu, roof rack tersebut telah dilengkapi bracket yang dipasang ke kaki rack. Walaupun terbuat dari bahan plastik, roof rack itu dapat menahan beban hingga 75 kg.

2. JSL Roof Rack Universal

Roof rack merk JSL bisa didapatkan dengan harga Rp678 ribuan. Bahan roof rack tersebut adalah ABS plastik dan dapat dipasang di semua jenis mobil. Roof rack yang sudah dilengkapi braket ini dapat menahan bebas sampai 75 kg.

3. Imanuel Roof Rack Mobil for Universal

Dibanderol Rp650 ribu, roof rack berbahan ABS plastik ini dapat dipasang di semua jenis mobil. Selain itu, roof rack Imanuel juga telah dilengkapi braket untuk kaki rack.

4. Sun Rack Roof Rack

Dibanderol Rp500 ribuan, roof rack ini belum dilengkapi kaki rack atau cross bag palang tengah. Terbuat dari aluminium anti karat, roof rack ini juga dapat dipasang di segala jenis mobil. Sun Rack Roof Rack tersedia dalam tiga warna, yakni  hitam, silver, dan putih.

5. R4 Paket Roof Rack & Cross Bar

Roof rack merk R4 dapat menahan beban hingga 75 kg. Dibanderol Rp950 ribu, roof rack ini telah dilengkapi cross bar dengan model jepit roof rail. Roof rack merk ini sebaiknya dipasang di mobil yang telah memiliki roof rail bawaan.

Baca juga: Ide Model Plafon Mobil yang Patut Dicoba, Dijamin Keren

Tips memasang roof rack

1. Ketahui beban maksimal mobil

Sebelum memasang roof rack, ketahui beban maksimal yang dapat ditampung mobil. Walaupun memiliki kapasitas yang besar, roof rack bisa mempengaruhi kondisi struktur atap mobil. Apabila roof rack terlalu berat, atap mobil bisa penyok.

Stabilitas mobil juga akan terganggu apabila roof rack terlalu besar. Mobil bisa terpental apabila melewati tikungan tajam. Untuk mengetahui beban maksimal yang bisa ditampung, kurangi gross weight dengan curb weight. Selanjutnya, kurangi dengan perkiraan total beban penumpang.

2. Perhatikan bentuk roof rack

Kedua, sesuaikan bentuk roof rack dengan bentuk bodi mobil. Sebab, bentuk roof rack akan mempengaruhi aerodinamika mobil ketika melaju dalam kecepatan tinggi. Jika tidak sesuai, mobil akan mudah goyang dan membahayakan pengendara.

3. Pilih material yang berkualitas

Perlu diketahui, roof rack rentan rusak karena berada di bagian mobil yang sering terkena sinar matahari. Kalau bahan yang dipilih kurang bagus, roof rack akan mudah pecah. Akibatnya, roof rack akan bocor dan merusak barang bawaan. 

Pilihlah roof rack berbahan plastik ABS karena cukup kuat dan tahan air. Beratnya pun hanya 10-15 kilogram. Selain itu, pilih roof rack yang telah dilapisi pelindung sinar ultraviolet. Walaupun terkena panas secara terus-menerus, roof rack lebih tahan lama.

4. Pastikan sudah ada roof rail

Pastikan di atas atap mobil sudah ada roof rail di atas atap mobil. Apabila belum punya roof rail, pastikan rail terpasang dengan sempurna di atap. Sebab, apabila ada celah sekecil apapun dapat membuat air masuk ke dalam kabin.

Itulah informasi terkait roof rack mobil. Apabila OtoFriends hendak memasang roof rack mobil, OtoFriends bisa melakukannya di bengkel terdekat. Pesan secara online di aplikasi Otoklix dan dapatkan penawaran harga menarik!

Baca juga: Mau beli mobil yang ada sunroofnya? Ini rekomendasinya!

Pertanyaan Seputar Roof Rack

Roof rack untuk menyangga barang bawaan tambahan yang diletakkan di atap kendaraan.

Rak di atas mobil bernama roof rack, yakni bagian teratas dari mobil karena terletak di atas atap mobil.

Penggunaan roof box atau bagasi tambahan di atap mobil dapat melanggar peraturan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 terkait, Lalu Lintas Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 50 Ayat 1. UU tersebut menjelaskan larangan modifikasi kendaraan bermotor yang menyebabkan perubahan tipe.