Mobil mogok tiba-tiba saat ingin melakukan perjalanan atau mogok ketika di tengah jalan pasti membuat jengkel, ya. Pasti kamu bertanya-tanya “di mana ya bengkel mobil terdekat dari lokasi saya sekarang?” atau “di mana ya bengkel mobil terdekat dari sini?”. 

Untuk kamu yang berdomisili atau sedang berlokasi di Jabodetabek, Otoklix memiliki daftar bengkel mobil terdekat se-Jabodetabek yang direkomendasikan untuk kamu.

Daftar Bengkel Mobil Terdekat di Jakarta

1. Berkah Motor Cempaka Putih

Bagi kamu yang mencari bengkel service AC mobil, service berkala, tune up, balancing dan spooring, hingga perawatan untuk mempercantik mobil, kamu bisa mendatangi Berkah Motor yang beralamat di Cempaka Putih. Berkah Motor bahkan memiliki salon kecantikan mobil, lho.

Alamat: Jalan Cempaka Putih Raya B No.44, RT.7/RW.8, Cempaka Putih Timur, Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510

2. Bengkel Mobil Bersaudara

Salah satu bengkel mobil terdekat dengan lokasimu di Jakarta Barat ada Bengkel Mobil Bersaudara. Bengkel mobil umum ini Otoklix rekomendasikan untuk kamu karena memiliki fasilitas yang bagus, seperti memiliki lahan yang luas hingga cukup untuk 8 mobil, lokasi yang mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan besar.

Selain itu tentu saja Bengkel Mobil Bersaudara memiliki teknisi yang andal dan ramah, memiliki ruang tunggu ber-AC, toilet, dispenser air minum, charging booth ponsel, spare part lengkap dan harga yang terjangkau.

Alamat: Jalan Lingkar Luar Barat No.119, RT.3/RW.2, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

3. Bengkel Mobil Lina

Bengkel mobil Lina menawarkan jasa perbaikan berbagai kerusakan mobil. Banyak pelanggan yang merasa terpuaskan karena dilayani dengan ramah, proses pengerjaan cepat, spare part yang bisa dibawa dari luar, montir yang cekatan, dan uniknya lagi pelanggan ditawari kopi gratis ketika datang ke sana.

Jadi untuk kamu yang sedang mencari bengkel mobil terdekat Jakarta Timur bisa mencoba menggunakan jasa Bengkel Mobil Lina.

Alamat: Jalan Lingkar Timur Duren Sawit No.15, RT.7/RW.8, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jakarta 13440

4. Bengkel Mobil Citra Alam

Bengkel Citra Alam ini sudah beroperasi sejak 1990. Pastinya sudah banyak mobil yang ditangani di bengkel ini. Bengkel ini memiliki mekanik yang andal, owner dan staf yang ramah serta nyaman diajak berdiskusi.

Alamat: Jalan Pluit Karang Utara No.40, RT.20/RW.2, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450

5. Bengkel Mobilku

Bengkel mobil terdekat di Jakarta Selatan yang bisa kamu kunjungi adalah Bengkel Mobilku. Bengkel ini sebelumnya adalah bengkel resmi Honda, tetapi saat ini menjadi bengkel umum. Bengkel Mobilku memiliki harga bersahabat, lahan yang luas, pemilik yang bersahabat, dan montir yang profesional.

Alamat: Jalan Warung Buncit Raya Jl. Wr. Jati Barat V, RT 4/RW 5, Kalibata, Kecamatan Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

Bengkel Mobil Terdekat di Depok dan Bogor

1. Samudra Autocare

Bengkel mobil terdekat dengan lokasimu di Bogor adalah Samudra Autocare. Bengkel ini memang lebih terfokus kepada pencucian mobil dan detailing. Akan tetapi tetap ada pelayanan bengkel umum. Ketika kamu datang ke Samudra Autocare, kamu akan langsung disambut ramah oleh stafnya. 

Alamat: Jalan RE. Martadinata No.18, RT.03/RW.07, Kebon Pedes, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16162

2. Speedtuner Garage Bogor

Speedtuner juga merupakan bengkel salon mobil. Tampilan bengkel ini sangat modern dan berkelas. Speedtuner Garage telah tersebar di beberapa kota, di Bogor bengkel ini berlokasi di Cibinong. Bengkel ini memiliki ruang tunggu berdesain estetis, nyaman, ber-AC. Hasil cuci mobil luar dalam pun bersih. Harga yang ditawarkan cukup bersaing.

Alamat: Jalan Raya Sukahati No.15, Sukahati, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16913

3. Gilang Mandiri Motor

Salah satu rekomendasi bengkel mobil terdekat lokasimu di Bogor yaitu Gilang Mandiri Motor. Bengkel ini menyediakan berbagai jasa service mobil yang cukup lengkap, seperti ganti oli, tune up, spooring dan balancing, service rem mobil, overhaul, service AC, bahkan hingga salon mobil dan kaca film.

Alamat: Ruko Perumahan Bojong Depok Baru II Blok CL No. 76, Kecamatan Sukahati, Kab. Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16913

4. Andala Autocare Cinere

Bagi kamu yang berlokasi di Depok, Andala Autocare Cinere bisa menjadi pilihan untuk service mobil kamu. Bengkel ini memiliki montir yang cekatan dan ramah, ruang tunggu yang nyaman dan bersih, harga service dan spare part-nya pun bersaing. Tidak heran jika bengkel ini mendapatkan lebih dari 600 ulasan di Google.

Alamat: Jalan Cinere Raya No.468, Cinere, Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16514

Bengkel Mobil Terdekat di Tangerang dan Tangerang Selatan

1. Mulya Utama Motor

Bengkel berlokasi di Kota Tangerang ini memiliki montir yang ahli, paham otomotif terutama mobil dan bisa menganalisa masalah mobil dengan baik. Tentunya montir seperti ini membuat kamu nyaman untuk service mobil karena tanpa ditanya pun sudah menjelaskan dengan baik. Selain itu, pelanggan juga boleh membawa spare part dari luar. Harga di Mulya Utama Motor juga terjangkau.

Alamat: Jalan Maulana Hasanudin No.9, RT 06/RW 07, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15148

2. JS Auto Pamulang

Salah satu bengkel mobil terdekat lokasimu di Tangerang Selatan yang memiliki pelayanan service yang sangat lengkap. Service rem, perbaikan kaki-kaki, service AC mobil, ganti oli, overhaul mesin manual dan matic, hingga aksesoris mobil dan salon mobil pun bisa kamu dapatkan di bengkel ini.

Alamat: Jalan Siliwangi No.3, Pondok Benda, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15417

Jenis Perawatan Bengkel Mobil Terdekat

Nah, sudah dicatat kan alamat-alamat bengkel mobil terdekat di Jabodetabek? Sekarang, kita cari tahu yuk, jenis perawatan apa saja yang bisa dilakukan di bengkel mobil terdekat.

1. Service Berkala

Service berkala mobil atau service rutin adalah istilah yang akrab di telinga pengguna mobil. Service berkala ini bisa berdasarkan jarak tempuh atau lama waktu pemakaian. Berdasarkan jarak tempuh, ada service berkala 1.000 km, 5.000 km dan kelipatannya, 10.000 km dan kelipatannya, 20.000 km dan kelipatannya, 40.000 km, dan 80.000 km.

Komponen yang biasanya dicek saat service berkala adalah oli mesin, oli transmisi, filter oli, busi, filter udara, aki, kampas rem, kampas kopling, ban mobil, dan lampu mobil. Komponen-komponen yang dicek berbeda-beda tergantung jenis service berkalanya. Misalnya pada 5.000 km yang akan dilakukan perawatan adalah ganti oli dan filter oli. 

Biaya service berkala ini bervariasi, tergantung komponen yang dilakukan perawatan. Biayanya dimulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 2 jutaan.

2. Tune Up

Tune up mobil adalah perawatan untuk menjadikan kondisi komponen mobil menjadi prima atau menjadi seperti baru. Selain menjadikan kondisi mobil kembali seperti baru, tune up juga berfungsi untuk mencegah kerusakan parah pada komponen.

Komponen yang biasa diperiksa sama tune up adalah filter udara, karburator dan throttle body, celah busi, celah katup, aki, dan berbagai macam cairan fluida seperti oli mesin, oli transmisi, oli power steering, dan cairan fluida lainnya.

Biayanya memang akan lebih mahal dari sekadar service berkala. Tetapi hasilnya sebanding, mobil menjadi kembali prima.

3. Service AC Mobil

Service AC mobil memang tidak perlu dilakukan sesering service berkala. Kamu bisa melakukan service AC di bengkel mobil terdekat setiap satu hingga dua tahun sekali untuk mendeteksi dini kerusakan pada mobil kamu. 

Tidak hanya freon, service AC mobil juga mengecek komponen lainnya seperti fanbelt, thermostat, kondensor, evaporator, cooling fan, dan lainnya.

4. Service Ban Mobil

Berbicara kendaraan roda empat pasti tidak lepas dari ban mobil. Ban mobil yang bermasalah tidak hanya membuat berkendara tidak nyaman, tetapi juga membahayakan penumpang. Kecelakaan mobil bisa terjadi karena ban yang bermasalah.

Beberapa kerusakan ban mobil paling umum adalah ban mobil aus atau gundul sebagian atau seluruhnya, retak-retak, benjol, bahkan hingga pecah. Jadi sering-sering mengecek ban mobil dan segera ganti ban jika diperlukan.

Tips Memilih Bengkel Mobil Terdekat yang Berkualitas

Mekanik yang andal

Mekanik, teknisi, atau monti yang andal pasti menjadi alasan utama dalam memilih bengkel. Kamu bisa mencari bengkel yang memiliki mekanik yang profesional, ramah dan terbuka untuk berbagi wawasan tentang mobil, dan tentunya paham segala seluk beluk masalah mobil. Kamu tentu tidak ingin membuang uang di bengkel hanya karena montirnya salah mendiagnosis, kan?

Memiliki pelayanan dan SOP yang bagus

SOP atau standard operational procedure dalam sebuah bengkel adalah hal yang penting. Bengkel yang memiliki SOP yang jelas akan memberikan pelayanan yang prima. Sejak kamu datang ke mobil staf bengkel akan menyambut, menanyakan keluhan, dan segera menganalisa mobil kamu.

Boleh membawa spare part sendiri dan menyediakan garansi perbaikan juga merupakan salah satu nilai tambah bagi bengkel.

Memiliki peralatan canggih

Saat ini bengkel-bengkel sudah banyak yang memiliki teknologi komputerisasi. Jadi kerusakan mobil akan dianalisa dengan menggunakan alat yang terkomputerisasi. Selain itu, peralatan yang lengkap dan canggih bisa mempercepat proses penanganan mobil kamu.

Memiliki suku cadang yang lengkap

Suku cadang yang asli memang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan suku cadang aftermarket, tetapi tentu saja lebih berkualitas sehingga usia pakai komponen akan lebih lama. Namun, jika kamu memiliki keterbatasan dana, kamu juga bisa menggunakan suku cadang aftermarket. Pastikan kualitasnya tidak jauh dari suku cadang asli.

Bengkel mobil terdekat yang direkomendasikan sebaiknya memiliki persediaan suku cadang atau sparepart mobil yang lengkap, baik yang asli maupun yang aftermarket. Sehingga kamu tidak perlu membeli dari luar atau menunggu suku cadang diambil dari bengkel lain. Proses service mobil pun akan lebih cepat selesai.

Mudah dijangkau dan jam operasional fleksibel

Mencari bengkel mobil sebaiknya memang tidak begitu jauh dari tempat tinggal atau lokasi kita saat ini. Maka dari itu, carilah bengkel mobil terdekat agar ketika ada kerusakan bisa langsung segera ditangani. Lokasi bengkel pun sebaiknya mudah dijangkau, misalnya berada di pinggir jalan besar. Tentunya sulit mencari bengkel yang berada di gang-gang kecil di dalam pemukiman, ‘kan?

Selain itu, bengkel mobil terdekat yang menjadi pilihanmu setidaknya memiliki jam operasional yang fleksibel. Misalnya bengkel buka di akhir pekan atau buka sampai malam bahkan 24 jam, agar kamu yang bekerja di hari Senin sampai Jumat masih bisa melakukan perawatan mobil.

Memiliki layanan panggilan

Salah satu pelayanan yang bisa dipertimbangkan dalam memilih bengkel adalah montir bisa dipanggil ke rumah. Hal ini berguna untuk memperbaiki mobil kamu yang mengalami kerusakan hingga mogok, sama sekali tidak bisa distarter. Kamu pun bisa menunggu dengan nyaman di rumah sambil menunggu montir datang.

Transparansi harga

Memiliki kendaraan bermotor, apalagi mobil, memang membutuhkan biaya untuk perawatan. Terkadang biaya service atau penggantian komponen harus merogoh kocek yang agak dalam.  Tetapi, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih bengkel yang memiliki sistem transparansi harga.

Saat ini banyak bengkel yang memberikan harga “nembak” alias harganya mahal tidak seperti harga di pasaran. Biasanya bengkel-bengkel nakal ini melihat pemilik mobil tidak terlalu paham otomotif, atau bisa juga kerusakan kecil yang dibesar-besarkan.

Bengkel Umum vs Bengkel Resmi

Memilih bengkel mobil terdekat antara bengkel umum dan bengkel resmi tentu banyak pertimbangan. Bengkel umum biasanya menawarkan harga yang lebih rendah dibandingkan bengkel resmi, tetapi kita bisa menjamin apakah montirnya cukup ahli di merk mobil kita, memiliki suku cadang asli atau tidak, dan kekhawatiran lainnya.

Sebaliknya, bengkel resmi pasti memiliki montir yang tersertifikasi dan memiliki suku cadang yang kompatibel dengan mobil kita. Tetapi kamu jadi harus membayar lebih mahal.

Terlepas dari itu, tips memilih bengkel mobil terdekat yang bagus seperti poin-poin di atas bisa kamu jadikan bahan pertimbangan.

Biaya Service dan Suku Cadang di Bengkel Mobil Terdekat

Biaya service dan harga suku cadang memang pasti berbeda di setiap bengkel. Tetapi Otoklix akan memberikan sedikit gambaran biaya service dan harga suku cadang berikut:

Service berkala 10.000 km : Rp400-600 ribuan

Service berkala 40.000 km : Rp1-1,2 jutaan

Service berkala 80.000 km : Rp2,6-3 jutaan

Aki : Rp671 ribu

Oli mesin : Rp352 ribu

Filter Oli : Rp50 ribu

Kampas rem : Rp19-565 ribu

Kampas kopling : Rp312-610 ribu

Mengapa Harus di Bengkel Mobil Terdekat?

Alasan kamu perlu melakukan service mobil di bengkel mobil terdekat tentu saja karena dekat dengan lokasi saat ini. Jika dekat dengan tempat tinggal, kamu bisa kapan pun melakukan service mobil atau memudahkan untuk klaim garansi perbaikan. Energi mobil kamu juga tidak akan terkuras banyak karena jarak tempuh yang dekat.

Mencari bengkel mobil terdekat yang direkomendasikan juga bisa membantumu saat mobil kamu mogok atau mengalami kerusakan saat sedang melakukan perjalanan. 

Biasanya orang-orang terdekat kamu juga merekomendasikan bengkel mobil terdekat. Testimoni dari orang lain juga cukup penting menjadi bahan pertimbangan kamu memilih bengkel mobil terdekat yang berkualitas.

Selain itu, kamu juga bisa mencari bengkel mobil terdekat yang berkualitas dengan menggunakan aplikasi pencarian bengkel. Salah satunya adalah Otoklix. 

Untuk kamu yang berlokasi di Jabodetabek, kamu bisa mencari 1.000+ bengkel umum yang tersedia di Otoklix. Kamu juga bisa melakukan booking langsung di aplikasi dan cukup membayar sesuai harga yang tertera di aplikasi. Yuk, servis mobil kamu di bengkel mitra Otoklix!