Kesempatan kali ini kita membahas mobil-mobil modifikasi mewah yang digunakan pada film Fast and Furious 8. 

Siapa yang gak tahu film Fast and Furious? Paul Walker, Vin Diesel dan teman-temannya terkenal sering melakukan balap-balapan dan kejar-kejaran menggunakan mobil mewah yang sudah dimodifikasi sehingga menghasilkan performa yang lebih maksimal.

Film yang tayang di tahun 2017 ini berlokasi di Islandia, Cuba, Atlanta, Cleveland dan New York. 

Koordinator kendaraan di film Fast and Furious 8, Dennis McCarthy, melakukan banyak modifikasi pada mobil-mobil mewah agar dapat melaju di berbagai jenis medan jalan mulai dari jalanan aspal hingga jalanan bersalju.

Sebut saja Plymouth GTX, Dodge Ice Charger, hingga mobil Subaru BRZ 2017 menjadi jajaran mobil yang ikut meramaikan koleksi mobil mewah di film Fast and Furious. Bersama-sama kita cari tahu modifikasi apa saja yang dilakukan McCarthy, siapa tahu bisa menjadi referensi modifikasi mobil kita.

Baca juga: Intip Rekomendasi Muscle Car, Mobil Langka yang Jadi Idaman

Koleksi Mobil di Film Fast And Furious 8

1. 1971 Plymouth GTX

Bukan sekali Dominic Toretto atau yang biasa kita kenal dengan panggilan Dom menggunakan mobil Plymouth GTX dalam film Fast and Furious. 

Alasan McCarthy masih menggunakan mobil ini karena tampilannya yang gahar, warna body hitam, bagian belakang memiliki lebar 16 inci, ditambah ukuran velg besar dan vinyl berwarna abu-abu di bagian bonnet dirasa sangat eye catching dengan tampilan Dom yang gagah.

American Muscle, panggilan mobil Plymouth GTX, memiliki konfigurasi V8 yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 300-an PS. 

Namun McCarthy melakukan modifikasi dengan menggunakan mesin berkode LS3 untuk menghasilkan daya maksimal sebesar 435 PS. Belum lagi mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis dan peranti NOS. Kecepatan mobil ini bisa mencapai 235 km/jam.

2. Dodge Charger R/T

Sedangkan mobil yang digunakan untuk menerjang lintasan bersalju, McCarthy mempercayakan mobil Dodge Charger atau Dodge Ice Charger yang memiliki tampilan eksterior berupa kelir cat abu-abu doff, over fender besar dan kaca yang dilapisi aluminium.

Menariknya mobil ini juga pernah digunakan pada film Fast and Furious seri pertama di tahun 2001 dan kembali digunakan sebagai salah satu koleksi mobil Fast and Furious 9 di tahun 2021.

Modifikasi yang dilakukan terhadap mobil Dodge charger ini selain dari tampilan eksteriornya, McCarthy juga menggunakan mesin HEMI berkonfigurasi V8 agar menghasilkan tenaga maksimal 425 PS. Kemampuan penggerak rodanya sendiri menyentuh kecepatan maksimal 220 kpj dengan akselerasi 0-100 kpj dalam 5,8 detik.

Baca juga: Mobil Mesin Hemi: Sejarah, Keunggulan, dan Spesifikasi

3. Dodge Challenger SRT Demon

Mobil Dodge lainnya yang juga digunakan pada film Fast and Furious 8 adalah mobil Dodge Challenger SRT Demon yang memiliki tenaga terbesar pada kelasnya.

Kapasitas mesin mobil ini sebesar 6.200 cc, menggunakan mesin HEMI berkapasitas supercharger 2,7 L dengan konfigurasi mesin V8 dapat menghasilkan tenaga maksimal 840 PS. Sedangkan kemampuan akselerasi dari 0-100 km/jam sendiri dapat ditempuh dalam waktu 2,3 detik.

4. Bentley Continental GT

Roman Pearce, teman kecil dari Brian O’Conner termasuk dalam anggota geng Dom di New York yang terkenal suka mengendarai mobil-mobil nyentrik. Karakter tersebut semakin diperkuat dengan tampilan eksterior Continental GT yang dibuat nyentrik menggunakan cat two tone candy dan velg oversize kelir krom di setiap sumbu roda.

Dari sisi dapur pacunya sendiri mobil Bentley asal Inggris ini menggunakan mesin W12, twin turbo berkapasitas 5.998 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 582 dk pada 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal 720 Nm pada 1.800 rpm.

Adapun kemampuan akselerasinya dari 0-100 kpj mampu ditempuh dalam waktu 4,5 sampai 4,8 detik dengan kecepatan maksimal 319 kpj.

5. Mercedes AMG GT

Ludacris yang memerankan peran Tej Parker, seorang programmer pada film Fast and Furious lebih memilih menggunakan mobil sport car ikonik. 

Desain eksterior mobil ini memiliki body berkelir abu-abu matte, garis vinyl ganda yang memiliki kelir hitam membelah mulai dari kap mesin sampai buritan dan ukuran velg mobil besar.

Di bagian dapur pacunya sendiri, Mercedes AMG GT menggunakan mesin AMG 4.0L V8 Bi-Turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 476 dk dan capaian torsi maksimal 650 Nm. Kemampuan akselerasi mobil ini dari 0-100 kpj mampu ditempuh dalam durasi 3-4 detik.

6. Jaguar F-Type

Mobil sport asal Britannia, Jaguar F-Type, digunakan oleh Deckard Shaw yang diperankan Jasin Statham. Gak terlalu banyak modifikasi dari segi eksterior karena mobil tersebut menegaskan karakter Shaw sebagai mantan militer yang jago berkelahi.

Spesifikasi mesinnya sendiri berkapasitas 3.0 L V6 Supercharged, 6 silinder, 4 katup per silinder mampu menghasilkan tenaga maksimal 340 PS dalam 6.500 rpm dan capaian torsi maksimal 450 Nm dalam 3.500 sampai 5.000 rpm.

Jaguar mengklaim mobil Jaguar F-Type ini memiliki kemampuan akselerasi dari 0-100 kpj mampu ditempuh selama 4,6 detik dengan kecepatan maksimum 275 km/jam.

Baca juga: Mobil Jaguar F Type: Harga, Spesifikasi, dan Kelebihan

7. Local Motors Rally Fighter

Berbeda dengan koleksi mobil sport mewah yang digunakan pemain lain di dalam film Fast and Furious 8, justru Letty, istri Dom, memilih mengendarai mobil Rally Fighter Dari Local Motors. Local Motors sendiri merupakan produsen mobil di Chandler, Arizona yang sudah mengembangkan mobil-mobil sedan berkaki besar sejak tahun 2007.

Mesin yang digunakan mobil Rally Fighter adalah mesin V8 berkapasitas 6.2 L yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 435 PS dan transmisi otomatis 4 percepatan. Tambahan yang ditambahkan pada mobil Rally Fighter ini cukup minim, yakni berupa aksesoris bumper depan dan lampu LED di bagian atap mobil.

8. International MXT

Sejak Luke Hobbs muncul di seri Fast and Furious 5, polisi bertubuh kekar ini sering terlihat muncul pada seri-seri Fast and Furious lainnya, salah satunya Fast and Furious 8. Agar sesuai dengan tubuhnya yang kekar, maka Hobbs menggunakan mobil double cabin atau mobil truk dari International MXT (Most Extreme Truck).

Tampilan luar mobil International MXT menggunakan laburan cat kamuflase bernuansa biru dan abu-abu, velg berukuran besar dengan kelir hitam dan menggunakan sistem penggerak 4 roda. Mesin yang digunakan adalah mesin depot V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 304 PS.

9. Lamborghini Murcielago

Selain mobil Dodge Charger, Lamborghini Murcielago juga menjadi mobil andalan McCarthy saat adegan berkendara di lintasan bersalju. Roman Pearce memilih menggunakan sport car 2 pintu ini sebagai kendaraan saat melaju di atas medan jalan bersalju.

Sesuai dengan karakter Roman yang nyentrik, mobil Lamborghini ini gak kalah nyentriknya. Kelir warna orange menyelimuti mobil ini 

Mobil Murcielago menggunakan mesin berkonfigurasi V12, DOHC, 48 katup berkapasitas 6.192 cc. Dengan spesifikasi mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 580 dk dalam 7.500 rpm dan capaian torsi maksimal 650 Nm pada 5.400 rpm.

Tenaga pada mobil Lamborghini ini disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan dan sistem penggerak roda AWD. Adapun kemampuan akselerasinya dari 0-100 kpj dalam ditempuh dalam durasi 3,6 detik dengan kecepatan maksimal 330 kpj.

10. Subaru BRZ

Mobil Subaru gak ketinggalan termasuk ke dalam koleksi mobil sport mewah pada film Fast and Furious 8. Karakter tambahan dari kubu Jepang yakni Little Nobody yang mengendarai mobil Subaru BRZ 2017.

Subaru BRZ dan Little Nobody yang diperankan oleh Scott Eastwood menjadi perpaduan yang sempurna menurut McCarthy karena ukuran mobil yang kecil namun gesit.

Demikianlah gambaran modifikasi mobil-mobil sport mewah di film Fast and Furious 8. Modifikasi mobil mana yang terbaik menurut OtoFriends?

Apabila OtoFriends ingin melakukan perbaikan body mobil maka bisa langsung datang ke bengkel body repair Otoklix yang mudah ditemukan melalui aplikasi Otoklix.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Kenapa harus di Bengkel Otoklix? Karena Otoklix menjamin tim mekanik yang profesional dengan jam terbang cukup banyak serta kelengkapan peralatan bengkel yang membuat kita merasa tenang saat melakukan perawatan dan perbaikan pada mobil kesayangan kita.

Selain modifikasi, kita juga bisa melakukan servis rutin secara berkala melalui Bengkel Otoklix. Misalnya seperti memeriksa kondisi aki mobil, servis AC mobil hingga melakukan servis tune up. Segera download aplikasi Otoklix!

Pertanyaan Seputar Fast and Furious 8


Dominic Toretto menggunakan mobil 1971 Plymouth GTX dalam film Fast and Furious mobil ini terlihat lebih serasi dipasangkan dengan tampilan Dom yang gagah. Mesin yang digunakan V8 yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 300-an PS.


Dom sering menggunakan mobil 1971 Plymouth GTX yang memiliki kecepatan hingga 235 km per jam. Mobil ini menggunakan mesin berkode LS3 yang mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 435 PS.


Daftar koleksi mobil-mobil sport mewah yang digunakan pada film Fast and Furious 8 antara lain 1971 Plymouth GTX, Dodger Charger R/T, Dodge Challenger SRT Demon, Bentley Continental GT, Mercedes AMG GT, Jaguar F-Type, Local Motors Rally Fighter, International MXT, Lamborghini Murcielago, hingga Subaru BRZ.