OtoFriends, kamu pasti pernah kan menyalakan AC mobil saat parkir dengan alasan enggak mau kepanasan? Ternyata, kebiasaan ini cukup berbahaya loh apabila dilakukan dalam waktu yang lama. 

Memang terlihat sepele, namun sebaiknya kebiasaan ini jangan dilakukan lagi, ya. Apalagi jika kamu memarkir mobil dalam waktu berjam-jam sambil menyalakan AC.

Hal ini berkaitan dengan gas buang yang ada pada knalpot mobil yang bisa membahayakan orang lain di sekitar, bahkan membahayakan para penumpang. 

Berikut ini Otoklix jabarkan beberapa bahaya menyalakan AC mobil saat parkir dan beberapa tipsnya untuk kamu. Simak, ya!

Bahaya Menyalakan AC Mobil saat Parkir

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, AC mobil yang terus menyala saat parkir mobil bisa berbahaya karena adanya gas buang berbahaya seperti karbon monoksida (CO), Nitrogen Oksida (NO), dan gas Hidrokarbon (HC). 

Gas buang akan terus keluar dari knalpot ketika AC mobil dinyalakan saat parkir. Apabila hal ini berlangsung lama, maka paparan gas buang ini bisa membahayakan orang lain yang berada di sekitar mobil.

Tidak hanya itu, gas buang ini juga bisa masuk ke dalam kabin melalui celah sempit yang ada di mobil. Penumpang yang ada di dalam mobil pun bisa menghirup gas berbahaya ini dan dampaknya bisa fatal. 

Apalagi jika jendela mobil dalam tertutup rapat yang memungkinkan gas buang jadi terperangkap. Gas buang yang masuk ke dalam kabin mobil ini juga membutuhkan waktu yang lama untuk hilang, sehingga sangat berisiko. 

Tak masalah jika OtoFriends tetap menyalakan AC mobil ketika parkir, tetapi pastikan dalam waktu yang singkat saja. Contohnya ketika akan membeli minuman di minimarket, OtoFriends bisa tetap menyalakan AC mobil sambil menunggu penumpang lainnya selesai membeli minum. 

Apabila OtoFriends berhenti di rest area dalam waktu lama, sebaiknya matikan mesin mobil dan cari udara segar di luar. 

Tips Menyalakan AC Mobil saat Parkir

Lalu, bagaimana jika tetap harus menyalakan AC mobil saat parkir karena kondisi darurat, misalnya cuaca yang ekstrem atau hujan lebat?

Tipsnya yakni dengan membuka sedikit jendela mobil agar gas buang yang masuk juga bisa segera keluar dari kabin. 

Dengan membuka jendela mobil ini, sirkulasi udara pada kabin juga akan lebih lancar, sehingga tidak membahayakan penumpang. 

Namun, tetap perlu diperhatikan untuk tidak menyalakan AC mobil saat parkir dalam waktu yang lama atau terlalu sering, ya. Jika dalam kondisi darurat, bisa menerapkan tips seperti di atas, ya. 

Dampak Lain Jika AC Mobil Terus Dinyalakan

Selain membahayakan orang lain dan penumpang karena menghirup gas buang, menyalakan AC terlalu lama saat parkir juga bisa memberikan dampak lain pada mobil. 

1. Boros Bensin

Dampak dari menyalakan AC mobil saat parkir dalam waktu lama adalah membuat bahan bakar jadi lebih boros.

Pasalnya, AC mobil memiliki banyak komponen untuk bisa bekerja. Sehingga, ketika AC menyala membutuhkan banyak energi yang membuat bensin jadi lebih boros.

2. Menimbulkan Kerusakan Mesin

Dampak berikutnya yang terjadi adalah menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Seperti yang sudah dijelaskan, AC mobil memiliki banyak komponen, sehingga membutuhkan sokongan kinerja dari mesin mobil lebih banyak. 

Itu dia beberapa penjelasan terkait bahaya menyalakan AC mobil saat parkir. Sebaiknya, hindari kebiasaan ini, ya. Saat berhenti di rest area, sebaiknya tetap keluar dari mobil agar mesin mobil bisa istirahat dan perjalanan kamu nyaman. 

Bicara soal perjalanan, jangan lupa untuk melakukan servis rutin sebelum bepergian, ya. Mulai dari ganti oli, tune up, hingga pengecekan aki mobil. Hal ini dilakukan agar perjalanan yang kamu tempuh tetap aman dan nyaman. 

Kamu bisa melakukan servis mobil di bengkel Otoklix. Agar lebih praktis, kamu bisa booking lewat Aplikasi Otoklix, loh! Ada banyak keuntungan, salah satunya bisa menghemat hingga 50%.

Ganti oli di bengkel Otoklix mulai dari Rp91 ribu saja! Biaya ini sudah termasuk jasa pemasangan, loh. Biar lebih praktis, kamu bisa booking di Aplikasi Otoklix.

Pertanyaan seputar Menyalakan AC Mobil saat Parkir

Sebab, gas buang dari knalpot bisa masuk ke dalam kabin melalui celah kecil. Hal ini bisa mengganggu pernapasan saat kamu tidur di mobil.

Sebaiknya tidak menyalakan mobil dan AC terus menerus. Selain membahayakan diri sendiri, bisa juga membuat sistem kelistrikan mobil bermasalah.

Jika lupa mematikan AC mobil bisa berdampak pada alternator dan aki mobil.