Kanopi garasi rumah sekarang menjadi sebuah kebutuhan umum, karena kanopi tersebut bisa menjadi penghias rumah sekaligus dapat dijadikan garasi mobil. Keberadaan kanopi ini dapat mencegah kendaraan dari teriknya panas matahari maupun hujan sehingga kondisinya terjaga setiap saat.

Tentunya masih banyak lagi kegunaan dari kanopi tersebut dan ini dapat diketahui oleh siapa saja. Namun, masih banyak orang yang tidak tahu apa saja tipe dari kanopi garasi mobil terbaru. Jika Anda tertarik, maka teruslah simak artikel ini.

Apa Itu Kanopi?

Siapa sih yang tidak tahu kanopi untuk saat ini? Kanopi merupakan tambahan atap yang biasa dibuat pada bagian depan rumah, garasi ataupun jendel. Kanopi dapat ditambahkan pada bagian rumah manapun.

Kanopi ini secara umum memiliki fungsi untuk menaungi area yang ditutupinya sehingga terhindar dari teriknya panas matahari ataupun hujan. Namun, fungsinya tidak hanya menjadi tempat bernaung saja. Karena sekarang terdapat banyak jenis kanopi yang bisa dipilih sehingga rumah menjadi jauh lebih indah dipandang.

Kanopi ini terbagi ke dalam banyak hal, mulai dari material pembuatnya, cara pasang, harga dan lainnya. Pilihan ini tentunya dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing.

Berbagai Jenis Tipe Kanopi Garasi Mobil

Kanopi garasi mobil sangatlah beragam. Terdapat kanopi garasi mobil minimalis, mewah dan lainnya. Hal ini tentu menjadi pilihan tersendiri yang bisa Anda gunakan di rumah masing-masing. Setidaknya terdapat 7 tipe dari kanopi itu sendiri, seperti:

1. Kanopi Berbahan Kayu

Kanopi jenis ini merupakan yang paling umum digunakan namun harganya justru yang paling beragam. Karena bergantung pada jenis kayunya yang membuat harganya berbeda-beda. Jika Anda menggunakan kayu jati maka harganya akan jauh lebih mahal dari kayu biasa namun daya tahannya sangat baik.

Kelebihan menggunakan kanopi berbahan kayu adalah pembentukannya sangat mudah, relatif mudah dipasang serta umum digunakan. Penggunaannya sangat variatif dan bisa disesuaikan dengan rumah masing-masing.

Namun, Anda harus melakukan perawatan secara rutin. Karena bahan kayu mudah rusak ketika sering terkena panas dan hujan. Kemudian, beberapa jenis kayu rentan terhadap rayap sehingga perawatannya bisa menjadi mahal.

2. Kanopi Kaca

Bahan atap garasi mobil sebagai bagian dari kanopi lainnya adalah kaca. Bahan ini sangat fleksibel karena terdapat beragam jenis kaca yang bisa dipilih. Anda bisa mencari yang transparan ataupun berwarna untuk kebutuhan estetik dan lainnya.

Namun, secara umum bahan kaca jauh lebih mahal dari kayu. Kemudian, pemasangannya jelas lebih sulit namun ini bergantung pada model kanopi yang Anda inginkan. Kemudian, suhu ruangan yang dekat dari kanopi pastinya akan terasa lebih panas. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan hal tersebut. 

Selain itu, bahan kaca pada umumnya sangat berat. Jadi, dibutuhkan penyangga kanopi yang kuat seperti terbuat dari besi tebal. Tentu hal ini tidak mudah dilakukan namun hasilnya sangat memuaskan bagi rumah masing-masing.

3. Kanopi Zincalume/ Spandek

Jenis kanopi ini menggunakan bahan yang terbuat dari campuran aluminium, seng, dan silikon. Material ini dapat memantulkan ke panas ke ruang yang ada di bawahnya atau ruang yang dinaunginya.

Jika Anda ingin ruangan lebih sejuk maka sebaiknya zincalume ini lapis dengan bahan yang terbuat dari aluminium foil. Pada umumnya spandek membuat ruangan panas namun bahannya memiliki lapisan resin sehingga tahan karat sekaligus membuat permukaannya halus dan licin sehingga cocok digunakan di rumah.

Secara umum, bahan zincalume lebih tipis dari bahan kanopi lainnya. Oleh karena itu, tukang yang memasangnya harus sangat hati-hati. Karena jika terkena tekanan berlebih maka kanopi akan bengkok. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi karena dapat mengurangi keindahan.

4. Kanopi Tipe Lepas

Selain jenis bahan tentu terdapat tipe dan model kanopi yang berbeda-beda. Biasanya kanopi tersambung dengan bangunan utama seperti bagian teras ataupun bagian lainnya. Namun, Anda bisa membuat kanopi tipe lepas yang tidak terhubung dengan rumah.

Anda justru membuatnya terhubung dengan tiang besi, pagar dan lainnya. Tentunya tidak semua material bisa digunakan untuk model kanopi garasi mobil ini. Oleh karena itu, Anda harus menganggarkan dana lebih untuk membuatnya.

Kanopi tipe ini juga menyediakan yang versi murah dengan menggunakan kain yang bisa digulung. Jadi, Anda hanya perlu memasangnya ketika dibutuhkan. Ketika tidak ada kendaraan atau ada acara khusus yang membutuhkan ruang lebih maka kanopi ini dapat digulung dan disimpan.

Memang untuk pemasangannya akan terkesan lebih repot. Namun, hal ini memiliki keuntungan tersendiri karena Anda bisa menyesuaikan keadaan rumah ketika dibutuhkan.

5. Kanopi Go Green

Pilihan kanopi berikutnya adalah go green yang sesuai dengan namanya, kanopi tersebut sangat ramah dengan lingkungan. Karena bahannya terbuat dari baja ringan yang kuat terhadap karat dan pastinya tidak mengandung racun sehingga aman bagi manusia dan lingkungan.

Tidak hanya itu, kanopi jenis ini harganya relatif murah dan cocok digunakan untuk berbagai rumah. Bahan kanopi ini mudah ditemukan dan bisa Anda beli dari supplier toko bahan bangunan mana saja.

6. Kanopi Membrane

Jenis kanopi ini memiliki perbedaan baik dari bahan dan modelnya. Kanopi membrane pada umumnya harus menggunakan penyangga besi yang kuat sehingga secara umum harganya lebih mahal.

Namun, model dari kanopi tersebut sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Keuntungan utama dari model membrane adalah daya tahannya yang lama dan tampilannya sangat indah sehingga cocok menjadi hiasan di hotel, cafe, restoran, rumah dan lainnya.

Karena harganya yang mahal, maka Anda harus menyediakan budget yang cukup. Kemudian, perhatikan bagan penyangga besi atau baja yang digunakan agar dana yang dikeluarkan tidak menjadi sia-sia.

7. Kanopi Rumah Polycarbonate

Jenis kanopi polycarbonate merupakan yang paling umum digunakan selain kayu. Material ini lebih ringan dari kaca namun suhu pada ruangan yang dinaunginya tidak begitu panas.

Jadi, jika Anda ingin membuat ruang garasi atau teras terasa sedikit lebih hanya maka bahan polycarbonate menjadi pilihan terbaik. Sinar matahari masih bisa melewati material ini. Jadi, bahan kanopi ini sering digunakan sebagai atap rumah untuk membuat ruangan lebih cerah.

Harga kanopi polycarbonate lebih murah daripada kaca dan perawatannya juga sangat mudah. Anda cukup menyiramkannya dengan air sabun dan bilas dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang melekat.

Karena dengan perawatan yang rutin maka kanopi akan lebih awet dan terhindar dari jamur dan perubahan warna karena kotoran yang menempel.

Memiliki kanopi garasi mobil yang tepat akan memberikan keindahan sekaligus menjaga mobil dari hujan dan sengatan sinar matahari. Tapi, hal itu saja tidak cukup. Karenanya rawatlah mobill ke bengkel terbaik. Cara paling mudah tentunya dengan memakai aplikasi Otoklix yang mudah digunakan. Jadi, tunggu apalagi dan gunakan Otoklix sekarang juga.