Macetnya power window yang pastinya membuat kalian semua jengkel. Oleh sebab itu, Otoklix telah merangkum cara memperbaiki power window mobil yang macet.

Power window merupakan sebuah fitur pada mobil yang berfungsi untuk menaik dan menurunkan kaca mobil dengan bantuan sebuah tombol. Dengan fitur ini, kamu dapat menaik dan menurunkan kaca mobil dengan mudah dan praktis.

Namun, fitur satu ini bisa mengalami kendala. Salah satunya adalah ketika power window mobil kalian macet.

Ada beberapa hal yang menyebabkan power pada jendela tersebut mendadak macet. Berikut penyebab power window mobil kalian macet.

Motor Penggerak Sudah Aus

Saat ini mobil menggunakan elektrik power, pasti menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya. Seperti motor listrik yang lain, motor listrik ini juga bisa mengalami kerusakan.

Brush atau yang disebut juga dengan sikat motor merupakan bagian yang sering mengalami kerusakan. Sikat tersebut fungsinya untuk menyalurkan arus listrik dari sumber asalnya menuju rotor motor yang berputar.

Rotor yang selalu berputar, tentu ia akan terus bergesekan dengan brush. Gesekan yang terjadi tersebut secara berangsur akan mengikis sikat motor. 

Brush akan menjadi aus dan penyaluran arus listrik tidak bisa dilakukan dengan baik. Akibatnya, motor akan macet dan kaca tidak bisa digerakkan.

Biasanya, kaca yang mengalami kemacetan hanya pada satu pintu. Dalam hal ini, jika power bagian depan yang kiri macet, Anda bisa mencoba untuk naik turunkan dengan saklar yang ada di sisi pengemudi. Jika kaca sama sekali tidak bergerak, berarti motornya yang mengalami kemacetan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil, Awas Bisa Merusak Mesin

Rel Kaca Mobil Terlalu Kotor

Penyebab power window tidak berfungsi selanjutnya bisa jadi karena rel kaca mobil yang kotor sehingga kaca mobil tidak bisa bergerak. Rel kaca mobil sendiri memang cukup rawan terkena kotoran, terutama berasal dari debu atau air hujan dari luar. 

Rel kaca mobil yang kotor dapat menyebabkan kaca mobil macet tidak mau naik. Rel kaca yang terlalu kotor akan menimbulkan bunyi ketika kaca dinaik turunkan.

Apabila kotoran tersebut dibiarkan dan bertambah parah, kaca mobil akan mengalami kemacetan karena tertahan oleh kotoran yang ada pada relnya. Permasalahan seperti ini mungkin disepelekan, tapi jika dibiarkan bisa merusak komponen yang lain.

Cara mengatasi kaca mobil yang macet karena debu ialah dengan menyemprotkan silikon spray ke sela-sela rel kaca. Semprotan silikon akan bekerja dengan baik membersihkan kotoran yang ada pada rel kaca mobil.

Saklar Power Window yang Sudah Berumur

Saklar yang ada pada mobil berbeda dengan saklar pada lampu atau yang lainnya. Saklar tersebut lebih rumit, karena dalam satu saklar memiliki tiga perintah, yakni window down, window up dan juga off. 

Sedangkan saklar pada umumnya memiliki dua perintah, yaitu on dan off. Ketika dalam perjalanan, terkadang pengguna sering menaik turunkan kaca mobil hingga berkali-kali. 

Hal tersebut dapat mempengaruhi masa pakai saklar. Ketika saklar mengalami kerusakan, kaca mobil akan mengalami kemacetan dan tidak bisa dinaik turunkan.

Nah itu dia penyebab power window macet atau rusak. Untuk itu, Otoklix telah menyiapkan cara untuk merawat power window mobil kesayangan agar tidak cepat rusak.

Baca Juga: Ini Cara Penghilang Bau Mobil yang Ampuh, Wajib Tahu!

Bersihkan Kaca Mobil Secara Berkala

Kaca mobil sangat rentan terkena kotoran, terlebih kotoran yang ada pada rel kaca dapat mengakibatkan kaca macet dan tidak bisa dinaik turunkan karena terhambat oleh kotoran tersebut. Membersihkan kaca secara berkala selain agar power window menjadi lebih awet, juga bisa mencegah komponen-komponen pada power tidak mudah berkarat.

Cara menjaga kaca agar tetap dalam kondisi bersih adalah dengan membersihkan seluruh bagian kaca secara rutin minimal setiap 1 minggu sekali dengan menggunakan silikon spray yang ada di pasaran. Caranya dengan menyemprotkan silicon spray ke kaca dan sela-sela rel kaca secukupnya.

Namun, jika sebelum 1 minggu kaca mobil mengeluarkan bunyi ketika dinaik turunkan, itu tandanya pada kaca mobil atau rel kaca terdapat kotoran. Solusinya bisa dengan menyemprotkan silicon spray pada kaca.

Jangan gunakan cairan yang bisa mengundang debu, seperti cairan yang berbahan dasar oil. Cairan semacam itu akan mengundang debu atau kotoran menempel.

Jika cairan ini digunakan kaca mobil akan semakin kotor. Cairan-cairan atau sprayer yang biasa digunakan untuk membersihkan komponen-komponen elektronika juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil.

Jaga Karet Rel Kaca 

Untuk menjaga power window tetap keadaan prima sebaiknya, jangan terlalu sering menaik turunkan kaca mobil. Semakin sering kaca mobil dinaik turunkan, maka semakin sering power window digunakan dan akan cepat mengalami kerusakan.

Agar lebih awet dan tidak mudah macet, gunakan seperlunya saja. Jika kaca mobil diturunkan sedikit saja sudah cukup memasukkan udara dari luar ke dalam mobil, tidak perlu menurunkan kaca mobil secara keseluruhan.

Selain itu, jangan dengan sengaja dibuat mainan dengan menaik turunkan kaca mobil berkali-kali. Karena jika hal tersebut terjadi, bisa saja sekring mengalami kerusakan.

Sekring disini berfungsi sebagai pemutus aliran listrik untuk meminimalisir terjadinya korsleting. Ketika sekring mengalami kerusakan, seluruh power yang ada tidak akan berfungsi.

Namun demikian, juga jangan biarkan power windows tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika mobil jarang ada penumpangnya atau hanya digunakan seorang diri yaitu pengemudinya saja, maka harus diwaspadai  karena power kaca belakang bisa macet karena terlalu lama tidak digunakan.

Untuk menjaganya agar kaca dapat bekerja dengan normal, maka kamu perlu menaik turunkan kaca mobil yang jarang digunakan tersebut secara rutin agar tidak mengalami kemacetan.

Jika OtoFriends mengalami kendala pada power windownya, kalian bisa langsung menuju bengkel yang tersedia di website atau aplikasi Otoklix. Dengan begitu kalian bisa menyesuaikan dana untuk memperbaiki mobil kesayangannya.