Memasuki musim hujan, kamu perlu wiper dengan kondisi yang bagus dan juga perlu selalu sedia air wiper mobil pada tabung washer-nya. Mengapa hal tersebut penting? Apa fungsinya air wiper mobil?

Otoklx.com akan membahas secara lengkap tentang jenis air wiper mobil sampai dengan cara mengisi cairan wiper mobil.

Fungsi Air Wiper Mobil

Air wiper adalah cairan yang disemprot pada bagian kaca mobil sebelum wiper menyapu permukaan kaca. Fungsi air wiper pada mobil adalah untuk membersihkan kaca depan dan kaca belakang mobil. Kaca depan dan belakang mobil akan sangat mengganggu pemandangan saat sedang berkendara. Bahkan bisa menimbulkan bahaya saat berkendara.

Selain itu, fungsi cairan wiper ini adalah untuk membuat kaca licin sehingga mudah dibersihkan. Cairan wiper juga mencegah timbulnya goresan saat wiper menyapu  permukaan kaca. Maka dari itu kamu perlu memilih air wiper mobil yang tepat.

Jenis Cairan Wiper Mobil

Sebenarnya ada 3 pilihan air wiper untuk mobil kamu. Ketiga jenis ini memiliki karakteristik yang berbeda dan dapat ditemukan dengan mudah di pasaran.

1. Air wiper atau wiper fluid

Cairan ini memang dirancang khusus untuk membersihkan kotoran pada kaca depan dan kaca belakang mobil. Beberapa merek yang beredar di pasaran contohnya adalah Kit Water Fluid, Otogard Gold Line Wiper Fluid, dan Sonax Clear View.

Merek-merek tersebut memiliki kemasan yang bervariasi, mulai dari 300 ml sampai dengan 3,5 liter. Harganya pun bervariasi, mulai Rp15 ribuan sampai Rp90 ribuan per botol.

Wiper fluid ini ada yang berbentuk konsentrat yang perlu dicampur air sebelum digunakan. Ikuti petunjuk yang tercantum di kemasan ya, misalnya 125 ml wiper fluid harus dicampur dengan 2 liter air agar menghasilkan konsentrasi yang tepat.

2. Air destilasi atau air suling

Air suling ini sama dengan air accu untuk menambah volume cairan aki. Tutup botol air destilasi ini berwarna biru. Harga air suling ini juga murah, antara Rp10-15 ribu saja per botol.

3. Air campuran cairan pembersih

Yang terakhir, kamu bisa mencampur air dengan cairan pencuci piring, sampo, atau teh yang sudah diseduh. Cairan ini mampu menghilangkan lapisan minyak pada permukaan kaca. Tetapi pastikan pH balance-nya sesuai ya. 

Hindari penggunaan deterjen karena bersifat terlalu basa. Kalau cairannya sudah kering dan tertinggal di kaca, maka kaca atau bodi mobil bisa cepat berjamur. 

Tetapi hanya gunakan cairan campuran ini sebagai pilihan terakhir ya.

Jangan Gunakan Air Keran

Memang paling umum pemilik mobil menggunakan air keran biasa untuk mengisi washer. Padahal, air keran biasa dapat menimbulkan lumut pada bak air wiper. Lumut ini bisa menyebabkan washer tersumbat. 

Terkadang kita juga tidak tahu berapa pH air keran. Kalau pHnya tinggi maka dapat membuat karet wiper menjadi tidak elastik dan menyebabkan jamur pada kaca mobil. Maka dari itu gunakan air dengan pH rendah.

Boleh Dicampur Sampo dan Sabun?

Ada juga yang mencampur air wiper mobil dengan sampo atau sabun. Apakah hal ini dibolehkan?

Sebaiknya jangan gunakan sampo rambut atau sabun mandi sebagai campuran air wiper karena kemungkinan kandungannya tidak sesuai untuk dijadikan sebagai cairan wiper. Busa yang ditimbulkan sampo atau sabun dapat menimbulkan busa berlebih. Hal ini akan mengganggu pandangan ketika berkendara.

Maka dari itu, gunakan air wiper mobil yang direkomendasikan. Selain membuat pandangan menjadi jelas, kaca mobil dan karet wiper juga akan lebih terawat.

Cara Mengisi Air Wiper

Mengisi air pada tangki wiper tidaklah sulit. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Ini dia langkah-langkahnya.

1. Membuka kap mobil

Langkah pertama adalah membuka kap mobil. Pastikan kaitnya sudah terpasang dengan benar agar tangan tidak terjepit saat mengisi air wiper.

2. Mencari tabung air wiper

Kemudian kamu bisa mencari tabung air wiper yang biasanya letaknya berada di bagian kiri depan. Jangan sampai keliru dengan tabung oli power steering ya. Maka dari itu, baca tulisan yang ada pada tutup tabung.

3. Mengisi air wiper

Langkah terakhir adalah menuangkan air wiper mobil atau wiper fluid yang telah dipersiapkan sampai batas maksimal. Setelah itu kamu bisa menutup kembali tabung air wiper dan kap mobil.

Rekomendasi Merek Air Wiper Mobil

Di bawah ini adalah beberapa merek yang direkomendasikan untuk mengisi cairan wiper. Harga yang tertera hanya kisaran harga, mungkin berbeda antara satu toko dengan yang lainnya.

1. KIT Wiper Fluid

Siapa yang tidak kenal dengan merek KIT? Kandungan wiper fluid dari KIT ini efektif membersihkan kotoran akibat hujan deras. Cara menggunakan air wiper mobil KIT ini adalah dengan mencampurkannya dengan 1 liter air. Baca dulu di kemasannya ya. Harga untuk kemasan 300 ml adalah sekitar Rp11 ribuan.

2. Sonax Clear View

Merek satu ini juga terkenal sebagai cairan wiper berkualitas. Cairan ini berbentuk konsentrat, sehingga perlu mencampur 25 ml konsentrat dengan 2,5 liter air sebelum digunakan. Cairan pembersih ini akan mencegah timbulnya goresan pada kaca mobil. Harga Sonax Clear View 250 ml adalah Rp112 ribu.

3. Waxco Windshield Cleaner

Produk asal Malaysia ini juga menjadi salah satu pilihan air wiper mobil. Dengan harga Rp18 ribu, kamu bisa membuat kotoran membandel bahkan jamur bisa hilang. Cairan ini juga berbentuk konsentrat yang perlu dicampur air sebelum digunakan.

4. Megacools Wiper Fluid

Untuk 500 ml wiper fluid, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp22 ribu saja. Selain membersihkan, wiper fluid ini juga dapat membuat kaca mobil menjadi terlihat kinclong. Kamu juga tidak perlu khawatir karet wiper atau karet seal pada kaca menjadi rusak.

5. Otogard Gold Line Wiper Fluid Concentrate

Rekomendasi berikutnya adalah Otogard Gold Line. Dengan menggunakan cairan ini, kotoran pada kaca dan kerak pada wiper bisa hilang. Cara menggunakan cairan ini adalah dengan mencampur 125 ml cairan pembersih ke dalam reservoir. Dengan harga Rp104 ribuan kamu sudah bisa mendapatkan 500 ml Otogard Gold Line.

Itu dia informasi lengkap tentang air wiper mobil sampai dengan rekomendasi mereknya. Jangan hanya membersihkan kaca bagian depan saja, kamu juga perlu melakukan perawatan cuci mobil baik eksterior maupun interior.
Temukan bengkel cuci mobil terdekat dengan mencarinya melalui aplikasi Otoklix. Kamu bisa mengetahui rating bengkel dan harga perawatannya di aplikasi. Booking langsung via aplikasi ya.