Kaca mobil macet membuat jendela tidak bisa ditutup, sehingga membuat penumpang tidak nyaman. Bukan hanya sebagai aksesoris mobil saja, kaca mobil memiliki fungsi penting.Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kaca mobil macet. 

Komponen mobil memiliki masa usia pakai, sewaktu-waktu pasti akan menimbulkan permasalahan. OtoFriends pasti jengkel kan saat mengalami kaca mobil macet tidak bisa dibuka tutup?

OtoFriends tidak perlu khawatir, karena kali ini Otoklix akan membahas penyebab-penyebab kaca mobil macet serta cara mengatasinya. Simak sampai akhir pembahasan.

Penyebab Kaca Mobil Macet 

Berikut kami sudah merangkum beberapa penyebab yang paling banyak menyebabkan kaca mobil macet.

1. Power window rusak

Penyebab kaca mobil macet yang paling banyak ditemui adalah power window rusak. Power window adalah perangkat elektronik pada mobil yang berfungsi menaik turunkan kaca mobil secara otomatis. Caranya dengan menekan tombol pada pintu mobil, biasanya ada pilihan naik dan turun.

Biasanya saat power window sudah tidak berfungsi dengan baik, mekanisme naik turun tidak bisa jalan. Cara mengetahui power window rusak yaitu saat tombol ditekan kaca tidak mau bergerak. Untuk lebih amannya bisa bawa mobil ke bengkel mobil langganan kamu untuk mengetahui penyebabnya dimana.

Jika power window rusak, siap-siap keluar biaya besar untuk mengganti power window baru.

2. Korsleting power window

Penyebab kaca mobil macet yang kedua masih berasal dari power window, yaitu korsleting. Power window merupakan perangkat elektronik yang bekerja menggunakan tenaga listrik.

Pastikan mengecek kabel-kabel pada power window mulai dari saklar, kabel dan sambungan kabel, apakah ada masalah atau tidak. Karena korsleting pada mobil sangat berbahaya, bisa menimbulkan kebakaran pada mobil.

3. Motor power window bermasalah

Jika power window dan kelistrikan aman, masalahnya bisa berasal dari motor power window atau regulator power window. Regulator power window merupakan komponen mekanisme naik turun yang berfungsi sebagai penggerak.

Seiring dengan lamanya pemakaian, gerigi pada regulator ini bisa aus sehingga power window lemah bahkan tidak mau gerak. Jika yang bermasalah pada regulatornya saja, kamu bisa membeli regulator power window secara terpisah, harganya sekitar ratusan ribu saja.

Cek juga pastikan dudukan regular sudah terpasang dengan benar dan kencang.

4. Saklar rusak

Saklar power window lokasinya berada pada bagian pintu mobil berbentuk tombol. Fungsinya untuk perintah naik turun kaca secara otomatis. Intensitas pemakaian yang sering bisa menyebabkan saklar cepat rusak.  

Harga saklar power window mulai dari 200 ribu lebih untuk satu bagian saja, jadi jika keempat saklar rusak bisa menguras dompet kamu. Gunakan power window seperlunya saja, jangan dibuat mainan.

5. Kurangnya perawatan kaca

Kaca mobil sangat rentan terkena kotoran, apalagi mobil sering digunakan setiap hari. Selalu bersihkan kaca mobil agar debu-debu yang menempel tidak mengotori power window. Sehingga power window bisa lebih awet dan terhindar dari karatan.

Saat mekanisme naik turun kaca keluar bunyi-bunyi aneh, tandanya kotoran sudah menempel pada power window. Lakukan pembersihan kaca secara rutin, bisa menggunakan cairan pembersih kaca yang dijual bebas.

Baca juga: Penyebab Kaca Mobil Berembun Beserta Cara Mengatasinya

6. Rel karet kaca terlalu kotor

Rel karet kaca terlalu kotor membuat power window bermasalah. Fungsi dari rel kaca mobil untuk menahan debu dan kotoran masuk ke power window. Bersihkan bagian kaca beserta relnya secara rutin.

Jika rel kaca sudah mulai getas dimakan usia, usahakan segera ganti baru. Karena ditakutkan saat hujan air bisa merembes masuk sehingga membuat korsleting pada sistem kelistrikan mobil.

7. Penggunaan power window berlebihan

Semakin sering menaik turunkan kaca, maka potensi kerusakan power window semakin besar. Gunakan power window seperlunya saja. Jika ingin membuka kaca mobil, buka seperlunya tidak perlu sampai mentok bawah.

Hindari power window dibuat mainan oleh anak-anak, karena bisa membuat sekring terbakar. Namun jangan sampai power window tidak digunakan sama sekali dalam jangka waktu yang panjang, karena ditakutkan malah rusak.

8. Faktor usia

Terakhir, penyebab kaca mobil tidak mau naik turun adalah karena faktor usia. Semua komponen pada mobil memiliki masa pakai. Jika kamu memiliki mobil yang sudah berusia, selalu lakukan service rutin secara berkala agar masalah-masalah seperti ini tidak muncul di kemudian hari. 

Bagaimana OtoFriends? apakah sudah menemukan penyebab kaca mobil macet pada mobil kamu?

Baca juga: Lebih Aman Pakai Kaca Mobil Anti Peluru, Ini Biayanya

Cara Mengatasi Kaca Mobil Macet

Jika kamu sudah menemukan penyebab kaca mobil macet, kamu bisa mencoba memperbaikinya sendiri. Siapa tahu bisa kembali normal seperti biasa tanpa harus ke bengkel. Berikut cara mengatasi kaca mobil macet:

1. Bersihkan karet dan rel kaca mobil

Saat kaca mobil macet, kamu bisa langsung melakukan pembersihan pada kaca dan karet rel kaca mobil. Lap kaca mobil hingga bersih, pada bagian karet rel bersihkan dengan kuas kecil agar bisa menjangkau tempat yang sulit.

Kotoran dari kaca mobil yang menempel pada karet rel bisa membuat seret sehingga power window tidak bisa menggerakan kaca. Untuk itu pastikan terlebih dahulu kebersihan dari kaca dan karet rel.

2. Semprot silicon spray

Rel kaca mobil yang kotor bisa dideteksi saat melihat banyak baret muncul pada kaca film mobil. Jika sudah seperti itu berarti rel sudah kotor perlu dilakukan pembersihan.

Lakukan penyemprotan dengan menggunakan silicon spray agar menjaga karet mobil tetap bersih dan terhindar dari lecet dan baret. Selain itu power window bisa berjalan dengan lebih lancar dan halus saat mekanisme naik turun kaca.

3. Semprot dengan angin bertekanan

Lakukan penyemprotan dengan angin bertekanan tinggi untuk membersihkan kotoran yang menempel. Karena tidak semua lokasi bisa dijangkau dengan kuas kecil dan spray. 

Jika cara memperbaiki kaca mobil dengan semprotan angin tidak berhasil, maka jangan dilanjutkan. Ditakutkan ada komponen lain yang ikut rusak karena terkena angin bertekanan tinggi.

4. Jaga karet rel kaca tetap lentur

Seiring usia mobil, karet rel bisa menjadi keras dan getas. Karena karet yang getas pada mobil bisa membuat kaca tersendat dan macet. Karet yang getas juga bisa membuat air hujan masuk dalam mobil dan juga kekedapan kabin menjadi berkurang.

Baca juga: Ini Proses Service Kaca Mobil Retak Jika Masih Bisa Diperbaiki

5. Bawa ke bengkel spesialis

Terakhir, cara mengatasi kaca mobil bermasalah dengan cara membawanya ke bengkel spesialis. Nantinya mobil kamu akan dicek secara menyeluruh agar diketahui penyebab kaca mobil macet.

Kamu bisa menemukan bengkel spesialis terbaik dengan aplikasi Otoklix. Otoklix merupakan aplikasi booking bengkel online yang bisa merekomendasikan bengkel sekitar terbaik untuk kamu.

Mari kita jaga kebersihan mobil kita semua agar mobil lebih awet tidak muncul masalah, salah satunya kaca mobil macet. Untuk informasi mengenai otomotif lainnya bisa kamu buka di blog Otoklix.

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Kaca mobil tidak bisa turun atau naik dapat disebabkan antara lain karena motor penggerak lemah atau power window rusak.

Bersihkan kaca mobil, semprot dengan silicon spray, semprot dengan angin bertekanan dan bawa ke bengkel.

Penyebab pertama dari power window macet adalah komponen penggerak power window yang sudah aus.