Jerman terkenal dengan kecanggihan dan kemajuan teknologinya. Demikian pula dengan industri alat-alat berat dan otomotifnya, tak perlu diragukan lagi. Sejak lama, mobil keluaran Jerman selalu diminati banyak konsumen. Bahkan, sampai saat ini pun masih menempati peringkat pertama di Eropa dan kelima di dunia. 

Tertarik membeli mobil Jerman? Simak 9 daftar merek mobil Jerman yang paling populer di dunia di artikel ini. Beberapa di antaranya juga dijual di Indonesia, lho!

1. Audi

Merek mobil Jerman yang populer di dunia adalah Audi. Sedikit latar belakang, Audi ditemukan pada tahun 1909 di Ingolstadt, Bavaria, Jerman. Namun, pembuatannya sempat terhambat selama Juli 1909. Namun, kemudian dilanjutkan kembali hingga seterkenal sekarang. Merek ini sempat membuat asosiasi bersama merek-merek ternama lainnya seperti DKW, Horch, dan Wanderer. Satu kesatuan merek tersebut diberi nama Auto Union UG. Bersatunya keempat merek itu kemudian menginspirasi logo Audi yang berbentuk empat lingkaran yang digabung sejajar saling beririsan.

Sampai saat ini, penjualan mobil merek ini terus meningkat pesat tak hanya di negara asalnya, melainkan juga di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Meskipun, merek ini memang tidak masuk secara resmi di Tanah Air. Namun, peminatnya cukup banyak, biasa dari kalangan menengah ke atas, mengingat harga mobil Jerman ini cukup tinggi.

Saking populer dan tentu sudah terbukti kualitasnya, beberapa public figure dunia kedapatan memakai merek ini sebagai kendaraan pribadi mereka. Beberapa diantaranya seperti Zac Efron dan Katy Perry.

2. Mercedes Benz

Selanjutnya, ada Mercedez Benz. Siapapun pasti sudah pernah mendengar merek tersebut, meski mobil-mobilnya tergolong mewah, beberapa diantaranya sangat laris di Indonesia. Merek ini dibentuk pada 1926 dan menjadi salah satu merek mobil yang masuk dalam jajaran merek mobil pertama di dunia. 

Tak hanya itu, brand ini juga berdedikasi tinggi dalam memproduksi mobil-mobil mewah terbaik di dunia. Alhasil, merek ini masih eksis sampai sekarang, terutama di kalangan atas. Bahkan, diminati juga oleh para artis dunia seperti Kim Kardashian hingga Sylvester Stallone. Salah satu mobil yang paling ikonik dari merek ini adalah jenis limousine. Beberapa bahkan sering muncul di layar kaca sebagai mobil mewah yang digunakan para pemeran di dalamnya.

Baca juga: 10 Merek Mobil Jepang Terbaik, Pilih Mana?

3. BMW

Merek mobil Jerman yang populer berikutnya adalah BMW. Perusahaan mobil ini ditemukan pertama kali pada 1916 dengan nama asli Bavarian Motor Works. Awal mulanya, pabrikan otomotif ini memproduksi mesin pesawat melambun. Namun, usai Perang Dunia I, mereka mulai beralih ke pembuatan mobil. 

Perjalanan brand ini tak selalu mulus, BMW sempat vakum setelah banyak sarana industrinya yang habis akibat pengeboman yang terjadi pada masa Perang Dunia II. Pada akhirnya, BMW bangkit perlahan, dan menjadi pemeran penting di industri tersebut lewat peluncuran sedan Neue Klasse pada 1960-an. Kini, brand ini dikenal sebagai produsen mobil mewah dengan desain yang menawan. 

BMW mengeluarkan banyak tipe mobil, mulai dari sedan, sport, ada juga jenis SUV. Beberapa mobil BMW yang terkenal adalah sedan 5 Series, roadster coupe seri Z4, serta crossover.

4. Volkswagen

Mobil Jerman selanjutnya Volkswagen. Brand ini terbilang baru dibanding produsen mobil elegan sebelumnya seperti Audi, Mercedes Benz, dan BMW. Baru berdiri per 1937 di Wolfsburg dan saat awal-awal tahun produksi, sangat sedikit sekali peminatnya yakni hanya 1 dari 50 orang yang membeli mobil VW. 

Akan tetapi, merek dengan jargon ‘car for people’ ini sekarang menjadi sangat populer, mobil-mobilnya laris di pasaran tidak hanya di Jerman, melainkan seluruh dunia. Brand ini bahkan sempat menjadi salah satu saingan berat merek-merek mobil dari Amerika, berkat keunikanya. Salah satu mobil ikonik VW yakni VW Beetle atau biasa dikenal mobil kodok, sampai saat ini masih sering diburu banyak pecinta otomotif. Padahal, mobil klasik ini sudah tidak diproduksi lagi, terakhir diproduksi sampai 2003 saja di Meksiko. Akan tetapi, sampai sekarang, mobil ini masih diburu.

5. Porsche

Merek Porsche juga tak kalah tenarnya. Brand ini didirikan sejak 1931 oleh Ferdinand Porsche dan masih bagian dari Volkswagen. Porsche lebih dikenal sebagai produsen mobil sport dan termasuk merek mobil paling mahal di Jerman maupun di dunia. Bahkan, mobil model tua merek ini masih bernilai tinggi di pasaran. Beberapa tipe yang populer adalah Boxster, 918 Spyder, 911, and Carrera GT.

Baca juga: 6 Mobil Eropa Terbaik dari Negara Tim Kontestan Euro 2020

6. OPEL

Merek ini adalah yang tertua dibanding merek-merek lain dalam daftar mobil Jerman di artikel ini. Brand ini dibuat pada 1862 di kota Rüsselsheim, Hesse, namun masih populer sampai sekarang. Awalnya, Opel lebih fokus memproduksi produk sepeda, kemudian penemunya yakni Adam Opel tertarik ke industri automobil. Barulah pada 1899, brand ini mulai memproduksi kendaraan bermotor.

Sejak itu, mobil-mobil merek Opel mulai dilirik konsumen. Sampai saat ini pun, merek Opel masih menduduki posisi yang cukup dipertimbangkan di Jerman bahkan seluruh dunia. Buktinya, sampai kini mobil klasik Opel masih sering mejeng di layar lebar. Salah satu tipe mobil Opel yang populer adalah Opel GT tahun 1970. Tipe ini sering kali muncul di Seri Criminal Minds. 

Mobil ini juga populer di Indonesia, apalagi di kalangan pecinta mobil klasik. Salah satu tipe yang paling laris di Tanah Air adalah Opel Blazer.

7. Adler

Merek mobil Jerman lawas selanjutnya ada Adler. Brand ini sudah berdiri sejak 1900 sampai 1957, tidak hanya memproduksi mobil, sempat juga membuat mesin ketik di masa sebelum Perang Dunia ke-II. Sebelum berhenti beroperasi, brand ini juga sempat memproduksi sepeda motor selama 8 tahun, lalu kemudian menyerahkan prototype motor tersebut ke Inggris.

8. Alpina

Merek mobil Jerman lainnya adalah Alpina. Merek ini sudah ada sejak 1965 dan sangat lekat dengan BMW. Merek ini sebenarnya tidak begitu menonjol, karena lebih fokus men-support BMW lewat pembuat mesin seperti karburator hingga satu set mobil BMW Alpina. Di luar BMW, berkat performanya, beberapa mobil Alpina sering memenangkan kejuaraan Mobil Tur Eropa sepanjang 1968-1977.

9. DKW

Terakhir, DKW yang masih bagian dari Auto Union AS. Merek ini lebih populer sebagai produsen kendaraan bermotor bertenaga uap. Tidak hanya memproduksi mobil, DKW juga terkenal lewat sepeda motornya. Di Indonesia, tipe mobil yang populer adalah mobil off-road DKW Munga. Sedangkan, untuk sepeda motornya adalah DKW Hummel dan DKW RT125. Kedua tipe motor 2-tak tersebut sampai sekarang masih memiliki penggemar fanatik dan diincar kolektor.

Nah, itu dia tadi 9 mobil Jerman paling populer di dunia, kira-kira yang mana favorit kamu? Sekadar informasi, bengkel-bengkel umum di Indonesia biasanya bisa menangani berbagai permasalahan mobil Jerman. 

Kamu bisa menemukan bengkel-bengkel tersebut di aplikasi Otoklix. Di platform Otoklix, kamu bisa mencari bengkel terdekat serta yang bermitra dengan Otoklix untuk melakukan servis seperti ganti oli, ganti ban, ganti aki, cuci mobil hingga detailing.