Cover mobil merupakan aksesoris untuk melindungi mobil dari gangguan eksternal yang dapat merusak body sekaligus cat mobil. Untuk mendapatkan cover mobil terbaik, OtoFriends perlu melengkapi pengetahuan tentang keunggulan dan kekurangan serta harga masing-masing produk cover mobil.

Ada banyak produk cover mobil di Indonesia, mulai dari cover mobil Avanza, cover mobil Krisbow, Durable dan masih banyak lagi. Fungsi utama setiap cover mobil tersebut sama saja, namun biasanya setiap pabrik melengkapi fitur yang berbeda-beda untuk setiap produk cover mobil.

Berikut ini ulasan 10 produk cover mobil dari berbagai merek terbaik di Indonesia lengkap dengan kelebihan, kekurangan dan harganya.

Baca juga: Daftar 14 Aksesoris Mobil yang Wajib Tersedia

1. SMC Extreme

Rekomendasi cover mobil anti air terbaik adalah SMC Extreme yang diklaim memiliki tingkat ketahanan air atau waterproof nyaris sempurna yakni 99,9 persen. Harga cover mobil SMC Extreme cukup tinggi yakni berkisar antara Rp1,1 juta sampai Rp2 jutaan.

Dengan harga yang begitu murah, apa saja kelebihannya? Selain tingkat waterproof yang nyaris sempurna, cover mobil ini dilapisi karet untuk menahan air agar tidak tembus ke body mobil. 

Secara keseluruhan materialnya cukup tebal sehingga tidak mudah terangkat saat ada angin kencang. Ditambah sistem pengaman khusus yakni tali pengencang di setiap sisi yang mudah diatur sesuai kebutuhan. OtoFriends tak perlu khawatir lagi saat hujan deras sebab SMC Extreme akan memberikan perlindungan maksimal terhadap mobil.

2. Cover Mobil Superior

Cover mobil Superior merupakan salah satu pelindung mobil terbaik yang dapat memberikan proteksi maksimal dengan harga yang miring, yakni berkisar antara Rp750 ribu sampai Rp850 ribu. Menariknya, mobil berukuran besar seperti mobil SUV dapat menggunakan cover mobil Superior.

Adapun salah satu material pelapisnya menggunakan polyester dobby tipe full cover yang tidak mudah luntur sehingga tidak merusak cat mobil. Lapisan dalamnya bertekstur lembut sehingga tidak menimbulkan goresan pada body mobil dan lapisan luarnya bersifat mudah kering sehingga mobil dapat terhindar dari jamur.

3. Krisbow Prestige

Cover mobil Krisbow Prestige memiliki kemampuan waterproof yang baik, water-resistant, lapisan dalamnya lembut namun tebal sehingga kuat saat diterpa angin kencang. 

Keunggulan lainnya adalah cover mobil ini dilengkapi teknologi khusus dari Jerman sehingga dapat melindungi mobil secara menyeluruh dari sinar UV, teknologi durable outer untuk memperkokoh cover mobil saat menghadapi cuaca ekstrim, dan handy storage bag.

Krisbow Prestige dilapisi 4 lapisan yakni lapisan protective, lapisan breathable, soft luxurious fleece, dan durable. Harga cover mobil Krisbow Prestige mulai dari Rp1,5 jutaan.

4. Otocover

Rekomendasi selanjutnya berasal dari Otocover yang dijual cukup murah yakni mulai dari Rp366 ribuan. Otocover diklaim memiliki tingkat waterproof sebesar 75 persen yang dilapisi dengan lapisan khusus dengan teknologi super shine untuk menangkal sinar UV, dan lapisan dalam bermaterial supersoft.

Selain itu juga, Otocover memiliki ketahanan anti luntur terbaik sehingga tidak mudah merusak cat mobil. Ukuran terkecil cover mobil Otocover dapat melindungi mobil sedan secara menyeluruh. Menariknya terdapat tali serut yang dapat mengencangkan cover mobil agar sesuai dengan ukuran mobil.

Baca juga: 16 Nama Nama Aksesoris Eksterior Mobil Sebelum Modifikasi

5. Universal Car Cover

Salah satu tips memilih cover mobil terbaik adalah dengan melihat ukurannya. OtoFriends harus memastikan bahwa ukuran cover tidak terlalu besar ataupun kecil sehingga dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap mobil kesayangan.

Universal Car Cover memiliki 5 varian ukuran yakni S, M, L, XL, dan XXL. OtoFriends dapat menyesuaikan dengan dimensi mobil kesayangan. Harga cover mobil Universal ini mulai dari Rp650 ribuan.

Apa saja kelebihannya? Kemampuan resistensi Universal Car Cover cukup baik sehingga dapat melindungi mobil dari sinar UV dan terdapat reflective stripe yang memudahkan mobil terlihat dengan jelas oleh pengguna jalan lain saat di malam hari.

6. Durable

Rekomendasi cover mobil terbaik dengan harga miring di bawah Rp1 jutaan adalah Durable Rubik. Car cover ini dijual dengan harga sekitar Rp900 ribuan. 

Mulai dari mobil berdimensi sedang seperti mobil Innova Reborn sampai berdimensi besar seperti mobil Fortuner dapat menggunakan car cover ini. Sebab di setiap sudutnya terdapat karet dan pengancing khusus yang dapat mengencangkan car cover sehingga tidak mudah tertiup angin.

Kemudian material yang digunakan bersifat waterproof, anti pudar, tebal dan kuat. Terdapat double jahitan yang membuat air sulit rembes masuk.

7. Dupont Tyvek

Rekomendasi car cover selanjutnya adalah merek Dupont Tyvek yang dibanderol mulai dari Rp300 ribuan sampai jutaan rupiah. Terdapat berbagai varian berdasarkan ukuran mobil terkini yang bisa kita pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Dupont Tyvek terbuat dari bahan polyethylene fibers yang anti robek. Keunggulan lainnya adalah lapisan dalam yang lembut sehingga tidak menggores body mobil saat melepas dan memasangnya. Selain dapat memproteksi mobil dari paparan sinar matahari langsung dan air hujan, car cover ini cepat kering saat terkena air sehingga tidak gampang timbul jamur.

8. Fusion R

Cover mobil terbaik selanjutnya ada Fusion R yang dijual cukup murah yakni sekitar Rp300 ribuan. 

Terdapat berbagai varian ukuran untuk tipe mobil apa saja, namun cover mobil yang paling sering dicari adalah cover mobil khusus untuk mobil City Car seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Kendati demikian, mobil serupa dengan panjang maksimal 4 meter masih bisa menggunakan cover mobil ini.

Selain kuat dan tahan lama, Fusion R dilengkapi dengan buckle slop dan full karet untuk mengaitkan cover mobil di setiap sudut yang dikawinkan dengan teknologi lock system sehingga cover mobil dapat melekat erat dengan mobil.

9. Mobeo

Cover mobil Mobeo dapat digunakan pada area parkir indoor ataupun outdoor. Material pembuatannya terbuat dari bahan polyester taffeta yang unggul menahan paparan sinar UV, debu dan angin. Material tersebut juga ringan sehingga memudahkan kita memasang atau melepasnya dari mobil.

Keunggulan lainnya adalah tingkat ketahanan air atau waterproof sebesar 90 persen dan kemampuan mengisolasi panas matahari agar tidak terkena cat mobil dan bagian interior mobil.

10. Foi-Z Premium Cover Mobil

Rekomendasi cover mobil terbaik yang terakhir adalah Foi-Z Premium Cover Mobil yang dijual lebih murah daripada produk cover mobil lainnya, yakni mulai dari Rp200 ribuan. Car cover Foi-Z dapat digunakan pada area parkir indoor ataupun outdoor.

Adapun ketahanan air atau waterproofnya mencapai 85-90 persen. Material Foi-Z Premium terbuat dari lapisan khusus yang dapat menahan sinar UV. 

Foi-Z Premium merupakan cover mobil tipe full cover dengan material bahannya yang tebal dan jahitan rapi sehingga tidak mudah lepas saat tertiup angin kencang.

Selain itu, salah satu lapisannya berbahan Taffeta yang dikaitkan pada setiap velg mobil sehingga cover mobil melekat erat dengan mobil dan tahan saat terpapar cuaca ekstrim.

Baca juga: Tips Pilih Bengkel Cat Mobil Berkualitas dan Ini Biayanya

Tempat Terbaik Memperbaiki Body Mobil

Tak dipungkiri setelah mengetahui berbagai produk cover mobil terbaik, bisa saja OtoFriends keliru membeli cover mobil sehingga cover tersebut tidak maksimal dalam memproteksi mobil kesayangan. Alhasil body mobil jadi bermasalah, timbul jamur, baret, ataupun warna catnya yang semakin lama semakin pudar.

Sebelum akhirnya membeli cover mobil baru, sebaiknya perbaiki body mobil terlebih dulu di bengkel body repair. Salah satu bengkel body repair terbaik adalah Bengkel Otoklix yang menjamin profesionalisme dan keahlian teknisinya.

Salah satu keunggulannya adalah booking service yang bisa dilakukan melalui ponsel. Yuk, download Otoklix!

Pertanyaan Seputar Cover Mobil Terbaik

Cover mobil merupakan aksesoris untuk melindungi mobil dari gangguan eksternal yang dapat merusak body sekaligus cat mobil. Gangguan yang dimaksud antara lain paparan sinar matahari dan air hujan langsung, perubahan cuaca dan suhu, debu, kotoran, hingga baret dan goresan.

Cover mobil memiliki peran cukup penting untuk memproteksi mobil saat sedang terparkir baik di area parkir indoor maupun outdoor. Dengan begitu cat mobil tidak gampang kusam dan body terhindar dari baret dan goresan.

Terdapat 10 rekomendasi cover mobil terbaik, antara lain SMC Extreme, Cover Mobil Superior, Krisbow Prestige, Otocover, Universal Car Cover, Durable, Dupont Tyvek, Fusion R, Mobeo, dan Foi-Z Premium.