Mobil yang dirawat dengan rutin pasti memiliki performa yang baik. Sebaliknya, mobil yang jarang dirawat bisa mengalami berbagai masalah, misalnya karburator rusak. Komponen karburator mesin perlu dicek secara rutin. Sebab, komponen-komponen tersebut memiliki fungsi berbeda-beda. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Komponen dan Fungsi Karburator Mobil

Karburator merupakan komponen yang bertugas melakukan sistem pengabutan. Berikut beberapa komponen karburator mobil beserta fungsinya.

1. Float Chamber

Float Chamber (ruang bakar) merupakan komponen karburator mobil yang berfungsi sebagai ruang pembakaran. Posisi float chamber tepat di kepala silinder. Selain itu, float chamber dapat mencampurkan bahan bakar dengan udara hasil kompres dari torak yang ada di sebuah silinder.

2. Choke Valve

Choke Valve merupakan komponen karburator mobil yang berfungsi menambah kenyamanan dalam berkendara. Choke valve dapat menambah campuran dalam bahan bakar mobil. Dengan demikian, mobil bisa dihidupkan dan digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari.

3. Floater

Floater merupakan pelampung yang bekerja saat bahan bakar tinggi atau rendah. Namun, pelampung tidak akan bekerja ketika bahan bakar terlalu banyak. Dengan adanya floater, kondisi bahan bakar tetap stabil. Oleh sebab itu, kondisi pelampung harus diperiksa secara teratur.

4. Main Jet

Main jet merupakan komponen karburator mobil yang berfungsi mengontrol pasokan bahan bakar dalam ruang pembakaran. Selain itu, komponen karburator mobil ini juga biasa disebut sebagai jarum skep karena ukurannya kecil dan mirip jarum yang mengerucut ke bawah.

5. Throttle Valve

Throttle Valve merupakan komponen karburator mobil yang berfungsi mengatur besar kecilnya campuran udara yang bisa masuk dalam ruang bakar. Selain itu, komponen ini juga bekerja secara beriringan dengan main jet. Saat piston valve ini terbuka, jarum skep juga akan terbuka.

Baca juga: Komponen Karburator Mobil, Fungsi, dan Cara Membersihkannya

6. Slow Jet

Slow Jet merupakan komponen karburator mobil yang berfungsi untuk mengatur suplai bahan bakar dan udara yang bersih ketika mobil dalam posisi idle.

7. Jet Needle

Jet Needle merupakan komponen karburator mobil berbentuk jarum yang ujungnya lancip. Fungsi dari Jet Needle adalah mengatur debit bahan bakar yang masuk dari karburator ke ruang pembakaran.

8. Main Nozzle

Main Nozzle merupakan komponen karburator mobil yang berfungsi sebagai pemancar utama dari bahan bakar kendaraan. Tinggi Main Nozzle hampir sama dengan permukaan bahan bakar yang ada dalam bak pelampung. Main Nozzle biasanya ditemukan di karburator bertipe venturi.

9. Piston Valve Screw dan Pilot Screw

Piston Valve Screw dan Pilot Screw merupakan komponen karburator mobil yang fungsinya mengatur besar kecilnya saluran venturi. Selain itu, komponen tersebut juga dapat mengatur bahan bakar yang masuk ke silinder mesin. Hal itu dapat mengubah putaran mesin serta mempertahankan kecepatan mesin.

10. Venturi

Venturi merupakan komponen karburator mobil yang berfungsi untuk meninggikan kecepatan dari aliran udara. Venturi akan membuat kecepatan mobil lebih kencang dan berbeda dengan tipe mobil lainnya.

11. Inlet Hose

Inlet hose adalah selang yang berfungsi mengalirkan bensin dari ujung selang penampungan bensin. Dari selang tersebut, bahan bakar bensin bisa masuk ke mesin karburator.

12. Jarum pelampung

Jarum pelampung (katup bensin) merupakan komponen karburator mobil yang berfungsi untuk membuka dan menutup inlet hose.

13. Screw control

Screw control merupakan komponen karburator mobil yang berfungsi mengatur sudut bukaan katup gas pada pedal release. Dengan demikian, katup gas tidak akan tertutup rapat saat melakukan idle.

14. Idle Jet

Idle Jet merupakan komponen karburator mobil yang berfungsi untuk mengalirkan udara setelah disaring dari filter ke intake manifold tanpa melalui katup gas.

15. Economizer Jet

Economizer Jet merupakan komponen karburator mobil yang berfungsi untuk membuat bensin lebih homogen. Saluran tersebut terletak di tengah saluran idle dan hanya dapat bekerja ketika mesin berkecepatan idle.

Baca juga: Cara Mudah Service Karburator Mobil Sendiri, Hemat Biaya!

Cara Kerja Karburator Mobil

Karburator mobil menggunakan sistem kerja Bernoulli. Sistem tersebut mengatur aliran dalam kecepatan fluida. Cara kerja karburator mobil juga terbilang sederhana. Saat mesin dihidupkan, piston bergerak maju dan mundur. Sementara, ketika mobil mundur, karburator akan menghisap udara yang ada di bagian depan sistem karburator. Hal itu membuat bahan bakar dan udara otomatis terhisap. Pemantik juga menyala hingga ada pembakaran di ruang mesin dan mendorong piston.

Saat gas ditekan semakin tinggi, kinerja piston juga akan semakin terdorong. Karena fungsinya sangat penting, komponen karburator mobil harus dirawat secara teratur. OtoFriends bisa melakukan perawatan melalui bengkel yang terdaftar di aplikasi Otoklix. Cukup lakukan booking online, lalu bawa mobilmu ke bengkel sesuai jadwal yang ditentukan.

Baca juga: Tune Up Mobil Injeksi, Cek 6 Komponen dan Cara yang Benar

Cara Merawat Karburator Mobil Agar Awet

Bila tak sempat ke bengkel, ikuti langkah-langkah perawatan komponen karburator mobil yang bisa OtoFriends lakukan secara mandiri.

1. Bersihkan filter udara

Pertama, bersihkan bagian filter udara dengan cara melepaskan filter udara yang terpasang di bagian lubang karburator. Jika berhasil dilepaskan, bersihkan dengan semburan angin kompresor. Apabila filter udara di bagian karburator terbuat dari bahan busa, OtoFriends bisa mencucinya sampai bersih, namun pastikan filter udara dalam kondisi yang kering sebelum dipasangkan kembali.

2. Lepaskan komponen karburator

Setelah membuka karburator, lepaskan baut-baut yang terpasang di seluruh bagian karburator. Untuk mencegah terjadinya kebocoran, gunakan kunci yang tepat untuk melepaskan berbagai komponen karburator. Selain itu, siapkan wadah berisi cairan bensin untuk melepaskan komponen karburator seperti pilot jet, jarum pelampung, main jet, dan lain-lain. Setelah semua komponen terlepas, simpan dalam wadah yang sama agar mudah ketika akan memasangnya kembali.

3. Bersihkan seluruh bagian karburator

Langkah selanjutnya, bersihkan seluruh bagian karburator menggunakan kuas halus. Semprotkan angin di lubang-lubang dengan kekuatan udara yang tinggi. OtoFriends juga bisa menggunakan amplas halus untuk membersihkan berbagai kotoran yang menempel di spuyer.

Di bagian spuyer, proses amplas harus dilakukan secara perlahan karena dapat menimbulkan perubahan ukuran amplas. Apabila amplas di spuyer terlalu keras, bentuk spuyer pun akan mengecil.

4. Rakit komponen

Setelah membersihkan komponen, rakit kembali komponen seperti semula. Jangan lupa nyalakan kembali mesin mobil dan setel spuyer angin secara memutar searah jarum jam. Kemudian, putar kembali sesuai standar mesin mobil.

Pertanyaan seputar komponen karburator mobil:

Komponen karburator mobil berfungsi mencampur bahan bakar dengan udara dengan ukuran yang tepat dan sesuai kebutuhan, lantas disalurkan ke dalam ruang bakar (silinder).

Choke valve berfungsi menambah jumlah campuran bahan bakar. Dengan demikian, mobil jadi lebih mudah dihidupkan kembali. Komponen tersebut sangat penting pada mobil yang jarang dihidupkan atau selalu dalam kondisi dingin.

Main jet berfungsi menyesuaikan pasokan bahan bakar di dalam ruang bakar. Sementara, pilot jet berfungsi mengalirkan bahan bakar dari fuel tank menuju ruang bakar ketika mesin dalam posisi stasioner.