Calya menjadi mobil andalan Toyota di segmen Low Cost Green Car atau LCGC. Selain harganya terjangkau, perawatan mobil ramah lingkungan ini juga cukup murah salah satunya terkait harga ban mobil Calya.

Bagi pemilik Toyota Calya yang ingin mengganti ban, bisa mencari tahu lebih dulu seperti harga dan mereknya. Pasalnya, banyak berita miring tentang keaslian ban dari mobil LCGC ini.

Seperti diketahui, merupakan salah satu komponen vital pada kendaraan. Menjaga kondisi ban supaya tetap prima sangat penting dilakukan bagi pemilik mobil. Berikut adalah tips dan informasi penting yang harus dilakukan bagi kamu pemilik Toyota Calya. 

Kapan Waktu Yang Pas Mengganti Ban

1. Perhatikan usia ban 

Ada beberapa tanda ban mobil sudah waktunya diganti seperti usia pemakaiannya. Kalau umur ban mobil sudah 3 tahun sebaiknyal harus segera diganti. Pasalnya, kelenturan dari karet ban mobil bakal berkurang seiring waktu. Ban mobil yang dipakai lebih dari 3 tahun akan mengurangi kenyamanan karena karet sudah mengeras dan tidak lagi lentur.

2. Jarak tempuh sudah 40.000km

Kalau sering bepergian menggunakan mobil, jarak tempuh kendaraan otomatis menjadi tinggi meski usia kendaraan terbilang baru. Jadi, sebaiknya ban mobil harus segera diganti kalau jarak tempuh sudah mencapai 40 ribu km. Biasanya, mobil mampu menempuh sekitar 15 ribu – 20 ribu km per tahun untuk pemakaian normal. Sehingga, 40.000 km dapat tercapai dalam kurun waktu 2-3 tahun.

3. Ketebalan tapak ban sudah mencapai batas TWI

TWI adalah Tread Wear Indicator atau sebagai batas keausan ban yang diijinkan untuk tetap dipakai. Tanda tersebut bisa dilihat di tepi ban berupa segitiga kecil. Jika kembang pada ban sudah menyentuh segitiga TWI artinya ban mobil harus segera diganti.

4. Cek bagian tengah ban 

Beberapa kondisi lain yang diakibatkan oleh pemakaian juga dapat menyebabkan ban harus segera diganti. Misalnya ban mobil Calya sudah gundul di tengah, tapi tepi kembangnya masih bagus, itu artinya ban juga harus diganti.

5. Ada benjolan di permukaan ban 

Hal ini merupakan tanda ada anyaman benang atau kawat penguat konstruksi ban yang putus. Kalau kamu menemukan ban sudah ada benjolan, berarti ketahanannya sudah tidak seragam. 

Ban dalam kondisi seperti ini berpotensi pecah karena ada beberapa bagian yang tidak kuat menahan tekanan udara. Benjolan pada ban juga bisa disebabkan oleh kurangnya tekanan angin. 

6. Ban Retak

Ban yang retak di bagian samping sering terjadi, hal ini lantaran ban sering kena panas. Jika dibiarkan terus-menerus, dapat menyebabkan permukaannya rapuh sebelum umur sebenarnya.

7. Ban yang sering ditambal

Akibat pemakaian dijalan, ban sering terkena benda tajam. Kalau ban mobil kamu berjenis tubeless, biasanya tidak jadi masalah, karena hanya butuh ditambal dan bisa langsung dipakai. 

Tetapi kalau sering terjadi bocor dan ditambal, biasanya kekuatan ban akan berkurang. Lebih baik ban segera diganti dengan yang baru. 

8. Lecet karena kena benda keras

Ban mobil yang membentur trotoar atau jalanan rusak yang banyak lubang, bisa menyebabkan lecet cukup besar. Meski tidak menyebabkan kerusakan parah, kondisi ini berpotensi menimbulkan masalah dikemudian hari misalnya ban pecah karena sisi-sisinya tidak seragam.

9. Kembang ban terangkat (Heel toe Wear)

Kondisi ini banyak dijumpai pada mobil yang sering melewati jalan yang rusak, apalagi kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi.

Setelah mengetahui berbagai macam masalah pada ban dan harus segera diganti, berikut adalah jenis, merk serta harga ban mobil Calya. 

Merk, Jenis dan Harga Ban Mobil Calya

Aslinya, ban mobil Calya adalah Bridgestone Ecopia EP510. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini ada banyak pilihan yang bisa menggantikan ban aslinya. Misalnya kamu punya dana terbatas. Pilihan pertama tentu saja bisa diganti dengan merk dan jenis yang sama. 

Berapa Ukuran Ban Mobil Calya

Ukuran ban mobil Calya standar pabrikan adalah 175/65/14. Namun banyak pemakai Calya yang mengganti ban menjadi yang sedikit lebar yaitu 185/70/14. Hal ini diklaim dapat menambah kenyamanan pemakai. 

Berikut adalah daftar merk dan jenis ban mobil Calya

Ukuran 175/65R14

1. GT Radial Champiro BXT Pro Rp425 ribu (OZ Tire)

2. Hankook Kinergy EX Rp611,5 ribu (Roda Mas)

3. GT Radial Champiro Eco Rp390 ribu (OZ Tire)

4. Bridgestone Turanza Rp635 ribu (Century Ban)

5. Dunlop Touring R1 Rp460 ribu (Century Ban)

Ukuran 185/70R14

1. GT Radial GTR 378 Rp435 ribu

2. GT Radial Champiro BXT Plus Rp425 ribu

3. Hankook Kinergy EX Rp625 ribu

Toko Ban Mobil Terdekat

Sangat disarankan bagi yang ingin mengganti ban mobil Calya untuk mencari toko ban terdekat dengan tempat kamu tinggal. Karena mereka akan dengan senang hati membantu memilih ban yang sesuai dengan kebutuhan kendaraanmu.

Pastikan toko ban mobil terdekat di kotamu juga menyediakan jasa spesialis untuk menangani masalah ban secara lebih detail. Soal harga, bisa bandingkan antara toko yang satu dengan toko yang lain. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu di internet, ban apa yang paling cocok untuk jenis calya. 

Kamu cukup mengetikkan nama dan jenis ban yang kamu inginkan, dan nama daerah tempat tinggal kamu. Pasti ada banyak pilihan toko ban mobil terdekat yang bisa sewaktu-waktu dikunjungi disaat kamu ada masalah dengan ban mobil calya kamu. 

Pilih bengkel sesuai dengan kebutuhan kamu melalui aplikasi Otoklix. Otoklix yang merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek ini, akan mencarikan bengkel terdekat di sekitar kamu.