Perbedaan single DIN dan double DIN yang paling jelas terlihat adalah penggunaannya. Umumnya head unit single DIN bisa kita temui pada mobil-mobil berusia tua, sedangkan mobil terbaru menggunakan head unit double DIN (2DIN).

Setiap mobil memiliki head unit yang berfungsi sebagai media penyimpan fitur-fitur entertainment seperti pemutar musik, video, ataupun radio. Terdapat dua tipe head unit yakni single DIN dan double DIN. Kedua tipe ini memiliki fungsinya masing-masing.

Artikel ini akan memberikan informasi seputar perbedaan single DIN dan double DIN lengkap dengan fungsi dan informasi sekilas tentang head unit Android.

Baca juga: Head Unit Ternyata Bisa Diganti Sendiri, Begini Caranya!

Pengertian head unit

Head unit merupakan satuan perangkat yang berisikan sistem dan fitur-fitur hiburan serta fitur interior mobil lainnya seperti pemutar radio, pemutar CD, AUX, sistem konektivitas USB dan Bluetooth. 

Perangkat head unit pada mobil sudah ada sejak tahun 1980-an, akan tetapi penerapannya masih terbatas pemutar radio dan kaset pita saja. Sedangkan saat ini, penggunaan head unit lebih bervariasi didukung oleh fitur hiburan dan fitur interior mobil.

Selain yang telah disebutkan, fungsi head unit lainnya adalah sebagai pendukung fitur interior seperti kontrol AC digital, sensor kamera parkir, peta navigasi hingga fitur-fitur lainnya yang disematkan pabrik mobil.

Terdapat dua tipe head unit yakni single DIN dan Double DIN. DIN sendiri merupakan kepanjangan dari Deutsches Institut fur Normung yang merupakan standar ukuran untuk head unit yang telah diakui oleh seluruh dunia.

Baca juga: 3 Cara Reset Head Unit Mobil dengan Mudah

Perbedaan single din dan double din

Ditemukan 3 faktor yang dapat membedakan fungsi single DIN dan fungsi double DIN yakni berdasarkan ukuran, fitur dan juga harganya. Berikut ini uraian lengkapnya.

1. Ukuran dan desain head unit

Perbedaan single DIN dan double DIN yang paling mencolok adalah desain dan dimensinya. Single DIN memiliki desain menyerupai bidang persegi panjang dengan ukuran panjang 180 mm dan lebar 50 mm. 

Adapun desain double DIN seperti bentuk bidang kotak dengan ukuran panjang 180 mm dan lebar 100 mm.

Saat membeli head unit, sebaiknya kita mengetahui dengan pasti apakah mobil kita menggunakan head unit tipe single DIN atau double DIN. 

Sebab, bila mobil kita menggunakan single DIN tetapi kita membeli double DIN maka kita memerlukan biaya tambahan untuk memasang head unit pada panel yang lebih kecil dari ukuran head unit.

Termasuk juga bila OtoFriends membeli head unit berukuran single DIN padahal mobil menggunakan panel double DIN, maka ada kelebihan ruang pada ruang panel sehingga terlihat kurang nyaman dipandang mata.

2. Fitur head unit

Secara fungsi, keduanya memiliki fungsi utama yang sama sebagai pelengkap fitur hiburan atau entertainment kendaraan yakni sebagai alat pemutar radio ataupun pemutar musik yang berasal dari DVD, CD, Disc, ataupun smartphone.

Namun ada beberapa fitur yang dapat membedakan keduanya. Misalnya saja untuk mengoperasikan fitur pada head unit single DIN, kita perlu mengatur melalui tombol yang nyata secara fisik dapat tersentuh, sedangkan layar head unit double DIN saat ini menerapkan touch screen atau layar sentuh.

Bukan berarti semua head unit single DIN tidak memiliki layar. Ada beberapa merek aftermarket yang memperbarui produk single DIN dengan melengkapi layar dan fitur pendukung lain seperti konektivitas Bluetooth dan USB. Hanya saja tampilan layarnya tidak semenarik dan berwarna seperti layar head unit 2-DIN.

Ukuran layar 2-DIN pun lebih besar dari 1-DIN yakni berkisar antara 7 sampai 10 inci. Sementara itu, perangkat head unit 2-DIN memiliki banyak fungsi dan fitur multimedia yang tidak dimiliki 1-DIN. 

Beberapa di antaranya menampilkan kamera belakang, peta atau navigasi perjalanan, menampilkan kamera 360 derajat hingga kemudahan mengakses internet.

3. Harga head unit

Perbedaan single DIN dan double DIN yang terakhir adalah harganya. Harga double DIN lebih mahal daripada harga single DIN. 

Sebagai contoh pada merek yang sama yakni ORCA, harga single DIN mulai dari Rp169 ribu sedangkan harga head unit double DIN murah berkualitas dari ORCA mulai dari Rp999 ribu.

Bahkan, pada merek tertentu harga double DIN bisa mencapai Rp10 juta atau lebih. Sebenarnya mahal murah harga head unit tergantung dari fitur atau keunggulannya. Semakin mahal harga head unit tentu saja memiliki fitur yang lebih unggul.

Misalnya saja head unit double DIN dengan layar yang cukup besar maka harganya bisa mencapai Rp5 jutaan. Belum lagi bila head unit tersebut memiliki fitur tambahan seperti konektivitas smartphone melalui Apple CarPlay ataupun Android Auto.

Baca juga: Ini 14 Head Unit Android Recommended, Harga, dan Spesifikasinya

Head unit android

Perkembangan teknologi dan internet yang pesat saat ini memberikan keuntungan tersendiri pada sistem head unit. Selain jenis head unit single DIN dan double DIN, ada juga head unit Android. 

Dengan fitur-fitur yang dimiliki 2-DIN rupanya masih belum cukup untuk membuat konsumen merasa puas sehingga para produsen mobil kembali melakukan inovasi.

Pada tahun 2014, penerapan Android pada head unit mulai diciptakan. Konsumen lebih mudah mengakses informasi atau hiburan dengan cara pengoperasian serupa dengan smartphone. Namun, apa beda head unit double din dan Android?

Berikut ini kelebihan pemakaian head unit double DIN Android dan non-Android serta kekurangannya.

Kelebihan head unit Android dan non-Android

Head Unit AndroidHead Unit Non-Android
Kualitas visual video lebih maksimalMeningkatkan brand value
Sistem navigasi onlineKualitas audio lebih maksimal
Streaming on-demandKonektivitas internet melalui Mirrorlink
Konektivitas internet melalui wifiTerhindar dari update software atau aplikasi tertentu pada sistem HU
Kemudahan menambahkan aplikasi sesuai keinginan pemilik mobil
Terdapat PlayStore
Terdapat ruang untuk SIM Card

Kekurangan head unit Android dan non-Android

Head Unit AndroidHead Unit Non-Android
Harga head unit Android lebih mahalHanya bisa terkoneksi oleh Android dengan sistem OS versi Gingerbread
Smartphone yang memiliki Symbian atau sistem iOS yang dapat terkoneksiAplikasi atau software terbatas
Update software pada sistem HU
Sistem gampang terganggu bila ada aplikasi atau software yang kedaluwarsa

OtoFriends dapat menemukan head unit double din murah berkualitas secara online melalui situs otomotif terpercaya.

Adapun untuk mencari bengkel mobil terdekat untuk memperbaiki atau memasang head unit, OtoFriends dapat mempercayakannya pada Otoklix.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Perbedaan Single Din dan Double Din


Perbedaan single DIN dan double DIN terletak pada ukurannya, Single DIN berukuran 180×50 mm sedangkan double DIN 180×100 mm. Selain itu perbedaan fitur dan harganya. Harga double DIN lebih mahal daripada single DIN tetapi memiliki fitur lebih lengkap.


Audio double DIN adalah head unit yang telah melalui proses upgrade dari 1 DIN. Memiliki dimensi lebih besar yakni 180×100 mm dengan fitur entertainment yang lebih lengkap.


Head unit merupakan satuan perangkat yang berisikan sistem dan fitur-fitur hiburan serta fitur interior mobil lainnya seperti pemutar radio, pemutar CD, AUX, sistem konektivitas USB dan Bluetooth.