Toyota Innova masih menjadi favorit dari Toyota sebagai mobil penumpang berkapasitas 7 orang. Hal tersebut karena konsumsi BBM Innova Reborn bensin diklaim cukup efisien.

Generasi Toyota Kijang Innova terbaru yakni Innova Reborn memiliki 2 pilihan mesin yakni mesin bensin dan mesin diesel. Banyak yang menyebutkan bahwa konsumsi BBM Innova diesel lebih irit daripada Innova bensin.

Meski begitu, Innova Reborn bensin yang banyak dicari konsumen Indonesia karena mesin diesel dinilai cukup kasar dan menghasilkan bau asap kurang nyaman. Namun, benarkah konsumsi BBM Innova diesel lebih irit dari Reborn bensin? Ini fakta dan perbandingannya.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Toyota Innova Reborn 2023

Lebih Irit Mana, Konsumsi BBM Innova Reborn Bensin Matic atau Manual?

Sebelum melihat perbandingan Innova Reborn bensin dan diesel, OtoFriends perlu mengetahui terlebih dulu bahwa Innova Reborn bensin memiliki 2 pilihan transmisi yakni transmisi otomatis atau matic dan manual. Kedua transmisi tersebut ternyata membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) yang berbeda, mana yang lebih irit?

1. Innova Reborn Bensin Matic

Toyota Kijang Innova Reborn Bensin bertransmisi matic membutuhkan bensin sebesar 12,4 km/liter saat berkendara dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, sedangkan saat melaju di jalan tol dengan rata-rata kecepatan 90 km/jam membutuhkan bensin sebanyak 18,5 km/liter.

Walaupun begitu, saat kita berkendara secara rileks dan tenang dengan kecepatan rata-rata 60 – 70 km/jam makan mobil bertransmisi 6 percepatan otomatis ini dapat menjaga putaran mesin rendah sehingga konsumsi BBM jauh lebih hemat yakni 20 km/liter.

2. Innova Reborn Bensin Manual

Sementara itu, Innova reborn bensin transmisi manual lebih baik daripada Innova bensin manual generasi sebelumnya. Bila generasi sebelumnya konsumsi bensin mobil Innova sebesar 8 km/liter, maka generasi terbaru ini sebesar 9,7 km/liter dengan gaya berkendara rata-rata kecepatan 20 km/jam dan tanpa akselerasi.

Kemudian konsumsi BBM Innova Reborn bensin manual yang digunakan di jalan tol hanya membutuhkan bensin kurang lebih 13,6 km/liter.

Keunggulan Innova generasi terbaru ini selain efisien konsumsi bahan bakarnya, kita bisa melakukan cruising di jalan tol dengan gigi 5 dan kecepatan 100 km/jam yang menghasilkan putaran mesin hingga 2.900 rpm. Dikarenakan angka tersebut belum terlalu tinggi, maka konsumsi bahan bakar di jalan tolnya gak bisa impresif.

Baca juga: Konsumsi Innova Bensin vs Diesel Lebih Irit Mana?

Perbandingan Konsumsi BBM Innova Diesel dan Konsumsi BBM Innova Bensin

Toyota Kijang Innova Reborn memiliki kapasitas tangki bensin sebesar 55 liter dan menjadi mobil dengan kapasitas tangki bensin terbesar di Indonesia saat ini.

Akan tetapi, apakah kapasitas tangki yang besar tersebut dapat mempengaruhi efisiensi konsumsi bahan bakar mobil Innova Reborn? 

Terlebih lagi banyak stigma berkeliaran yang menyebutkan Innova Reborn Diesel lebih baik daripada Reborn Bensin dalam segi konsumsi bahan bakarnya. Berikut ini fakta-faktanya.

1. Innova Reborn Mesin Bensin

Konsumsi BBM Innova mesin bensin generasi lama tercatat menghabiskan bensin sebanyak 8 – 10 km/liter untuk penggunaan dalam kota. Toyota melakukan facelift sehingga konsumsi Innova generasi terbaru lebih efisien lagi konsumsi bensinnya yakni sekitar 9,7 km/liter untuk pemakaian dalam kota dan 13,6 km/liter untuk luar kota.

Melihat angka tersebut memang konsumsi Innova mesin diesel lebih efisien daripada mesin bensin, akan tetapi ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hemat borosnya konsumsi bahan bakar, beberapa di antara gaya berkendara dan penggunaan jenis bensin.

Idealnya Innova bisa menggunakan bensin bernilai oktan seperti bensin Pertalite dari Pertamina. Akan tetapi, untuk menghasilkan tarikan yang maksimal maka disarankan menggunakan bensin bernilai oktan 92 RON atau 93 RON.

Pasalnya, nilai oktan yang semakin tinggi maka lebih mudah memproteksi mesin sehingga daya tahan mesin meningkat sekaligus efisiensi bahan bakarnya.

Baca juga: 10 Mobil Solar Paling Irit di Indonesia Beserta Harganya

2. Innova Reborn Mesin Diesel

Walaupun banyak konsumen yang kurang nyaman dengan suara mesin diesel yang berisik dan hasil pembakarannya beraroma kurang sedap. Akan tetapi, saat ini justru mobil Innova Reborn mesin diesel cukup laris di pasar otomotif Indonesia.

Hal tersebut lantara konsumsi BBM Innova Reborn Diesel dinilai cukup hemat yakni sekitar 14,9 km/liter. Gak heran sebab Toyota melakukan cukup banyak facelift pada Innova mesin diesel generasi terbaru.

Toyota mengganti mesin 2KD-FTV pada Innova mesin diesel dengan mesin 2GD-FTV ditambah penggunaan teknologi Variable Nozzle Turbocharger (VNT) sehingga mampu menghasilkan tenaga cukup besar hingga 149 Ps dan capaian torsi maksimal sekitar 342- 360 Nm.

Demikianlah informasi tentang konsumsi BBM Innova Reborn bensin dan perbandingannya dengan mesin diesel. Perlu diingat OtoFriends bahwa untuk menghemat konsumsi bahan bakar ada banyak faktor yang diperhatikan selain volume tangki bensin, jenis bensin yang kita gunakan dan gaya berkendara.

Aktivitas memelihara dan merawat mobil juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil agar lebih efisien dan irit lagi karena performa dan kondisi mesin serta komponen lainnya terjaga dengan maksimal.

Cara cepat menemukan bengkel mobil terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Jika OtoFriends sulit melakukan servis mobil karena padatnya aktivitas, maka manfaatkan fitur booking service secara online yang dihadirkan Bengkel Otoklix melalui aplikasinya yaitu aplikasi Otoklix.

Bengkel Otoklix menghadirkan layanan all in one experience untuk pelanggannya, mulai dari booking service secara online, fitur notifikasi reminder jadwal servis mobil hingga pilihan metode pembayaran secara online. Yuk, bawa mobil servis di Otoklix.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Innova Reborn Bensin :


Konsumsi BBM Innova mesin bensin generasi lama tercatat menghabiskan bensin sebanyak 8 – 10 km/liter untuk penggunaan dalam kota. Toyota melakukan facelift sehingga konsumsi Innova generasi terbaru lebih efisien lagi konsumsi bensinnya yakni sekitar 9,7 km/liter untuk pemakaian dalam kota dan 13,6 km/liter untuk luar kota.


Toyota Kijang Innova Reborn memiliki kapasitas tangki bensin sebesar 55 liter dan menjadi mobil dengan kapasitas tangki bensin terbesar di Indonesia saat ini.


Hal tersebut lantara konsumsi BBM Innova Reborn Diesel dinilai cukup hemat yakni sekitar 14,9 km/liter.