Di awal kemunculannya, Suzuki Ertiga ini sangat gencar melakukan iklan di televisi. Tak heran akhirnya menjadi salah satu mobil keluarga yang paling diminati.

Pasalnya, Ertiga ini memiliki kapasitas penumpang yang besar, bisa menampung 7 orang, dan juga dikenal irit bahan bakar. Mesin Ertiga juga cenderung jarang bermasalah. Meskipun begitu, kamu harus tetap rajin service berkala ya. 

Mau tahu berapa biaya service mobil Suzuki Ertiga? 

Biaya Servis Mobil Suzuki Ertiga

Kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia meningkat, tetapi rupanya tidak diimbangi dengan kesadaran pemilik mobil untuk melakukan service berkala. Biaya service mobil Suzuki Ertiga dianggap mahal. Benarkah demikian? Apa saja keuntungan servis mobil secara rutin?

Keuntungan Servis Mobil Suzuki Ertiga di Bengkel Resmi

Banyak keuntungan service mobil Ertiga di bengkel resmi. Perlu kamu ketahui, Suzuki pasti sudah menciptakan pelayanan yang berkualitas dan sebisa mungkin dengan biaya service yang terjangkau. Terutama bagi OtoFriends yang membeli mobil Suzuki Ertiga baru. 

Biasanya bengkel resmi akan memberikan gratis biaya jasa pada beberapa interval waktu di 50.000 km pertama. Misalnya untuk servis berkala 1.000 km, 10.000 km, setiap kelipatan 10.000 sampai dengan maksimal 50.000 km. ini menjadi daya tarik bengkel resmi yang bisa kita manfaatkan. Apalagi pihak Suzuki mengklaim memiliki biaya perawatan paling murah di kelas mobil MPV lainnya.

Keuntungan lainnya servis di bengkel resmi adalah bengkel resmi sudah pasti memiliki suku cadang yang asli sesuai pabrikan. Meskipun demikian, OtoFriends tidak perlu khawatir ketika melakukan servis setelah 50.000 km di bengkel umum. Bengkel umum terpercaya juga menyediakan beragam suku cadang, baik asli maupun aftermarket.

Biaya Service Mobil Suzuki Ertiga di Bengkel Resmi

Kalau ditotal, biaya service mobil Suzuki Ertiga di bengkel resmi sampai dengan 100.000 km hanya menghabiskan sekitar Rp7 jutaan. Biasanya jarak tempuh 100.000 km ini setara dengan lima tahun pemakaian aktif.

Lebih terperinci, biaya servisnya adalah Rp7,5 jutaan untuk transmisi manual dan Rp7,3 jutaan untuk mobil matic.

1. 1.000 km pertama

Pada service 1.000 km pertama, kita tidak perlu membayar sepeser pun. Semuanya masih gratis dari bengkel resmi Suzuki. Kamu mulai membayar perawatan Suzuki Ertiga pada perawatan berkala 10.000 (bulan ke-12) dengan biaya sekitar Rp336 ribuan. Biaya ini termasuk penggantian filter oli, gasket oli, dan ganti oli Ertiga manual maupun matik.

2. 15.000 km pertama

Kemudian pada 15.000 km dan service kelipatan 5.000 km (bulan ke 9, 15, 21, 27) kamu harus mengeluarkan biaya Rp556 ribuan. Pada kelipatan 5.000 ini kamu membayar jasa biaya service mobil Suzuki Ertiga dan penggantian oli.

3. 2,5 tahun pertama

Total biaya service mobil Suzuki Ertiga pada 2,5 tahun pertama di bengkel resmi hanya Rp Rp2,3 jutaan untuk tipe transmisi manual (MT) dan Rp2,6 jutaan untuk tipe transmisi otomatis (AT). 

Artinya dengan tempo perawatan setiap 6 bulan sekali, total estimasi biaya service Ertiga yang harus kita keluarkan hingga bulan ke-30 (2,5 tahun) atau jarak tempuh maksimal 50.000 km tidak sampai Rp 3 juta.

4. 2,5 tahun selanjutnya

Kemudian, untuk estimasi total biaya service Ertiga di bengkel resmi Suzuki untuk 2,5 tahun selanjutnya untuk tipe manual maupun matic tidak berbeda jauh, sekitar Rp2,7 jutaan. Tetapi, untuk 2,5 tahun kedua ini, biaya jasa tenaga kerja tidak lagi gratis. Jadi pemilik mobil perlu mengeluarkan biaya untuk jasa servisnya.

5. Biaya servis Ertiga manual

Biaya service mobil Suzuki Ertiga untuk mesin manual lebih mahal karena oli transmisi harus diganti per 20.000 km. Sementara untuk mesin otomatis hanya perlu diganti setiap 40.000 km. Jadi, biaya penggantian oli lebih mahal untuk mobil Ertiga mesin manual. 

Jadi untuk kelipatan 20.000 km, 60.000 km, 100.000, kamu harus menyiapkan bujet agak besar untuk mobil Ertiga manual kamu. Biaya yang kamu perlukan sekitar Rp 1.178.300.

Paket Biaya Service Mobil Suzuki Ertiga

Keuntungan lain yang bisa didapatkan kalau servis mobil Suzuki Ertiga di bengkel resmi adalah adanya paket servis mobil. Jadi, biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah.

  • Paket C

Saat menginjak 60.000 km, kamu bisa memilih paket C. Biaya servisnya hanya Rp722 ribuan untuk Ertiga manual dan Rp451 ribuan untuk Ertiga matik untuk penggantian pelumas, gasket oli, busi, filter udara, dan oli transmisi. Biaya service  mobil Suzuki Ertiga matik lebih murah karena tidak mencakup ganti oli transmisi. Kalau tanpa  menggunakan paket, biaya yang perlu dibayar bisa jadi Rp 400 ribuan lebih mahal. Biaya itu untuk biaya jasa tenaga kerjanya.

  • Paket B

Kemudian masuk 70.000 km, tersedia paket B seharga Rp317 ribuan baik Ertiga manual maupun matik. Biaya ini mencakup ganti filter oli, gasket oli, dan pelumas. 

  • Paket D

Adapun pada 80.000 km, kamu bisa memilih paket D dengan harga Rp 1 jutaan untuk penggantian filter oli, busi, filter udara, gasket oli, pelumas, cairan rem, air radiator, dan oli transmisi.  Sementara untuk Ertiga matik biaya servicenya lebih mahal sekitar Rp 1,336 jutaan karena membutuhkan 5 liter untuk penggantian oli transmisi.  

Supaya lebih mudah dipahami, ini dia tabel pelengkap paket servis yang tersedia di bengkel resmi Suzuki.

PaketHargaServis
Paket C (60.000 km)ManualRp722 ribuanOli mesin, gasket oli, busi, filter udara, dan oli transmisi
MaticRp451 ribuanOli mesin, gasket oli, busi, dan filter udara.
Paket B (70.000 km)Matic & ManualRp317 ribuanOli mesin, filter oli, dan gasket oli.
Paket D (80.000 km)ManualRp1 jutaanOli mesin, filter oli, busi, filter udara, gasket oli, cairan rem, air radiator, dan oli transmisi
MaticRp1,3 jutaanOli mesin, filter oli, busi, filter udara, gasket oli, cairan rem, air radiator, dan oli transmisi.

Biaya Servis Mobil Suzuki Ertiga di Bengkel Umum

Sementara itu, bengkel umum juga menjadi pilihan yang direkomendasikan kalau mobil Suzuki Ertiga sudah melewati batas biaya gratis di bengkel resmi. Mekaniknya tidak kalah andal dan suku cadang yang tersedia lebih bervariasi.

Misalnya, OtoFriends mau mengganti suku cadang tertentu, tetapi tidak punya biaya besar untuk membeli suku cadang orisinal OEM. Maka, bisa menggunakan suku cadang aftermarket dengan kualitas yang sama.

Biaya service mobil Suzuki Ertiga di bengkel-bengkel umum bisa dicek melalui aplikasi Otoklix. Masukkan data mobil dan pilih  menu jasa layanan apa yang dibutuhkan. Nanti bakal keluar informasi lengkap bengkel terdekat dan juga harga servisnya.

Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Mulai dari ganti oli, ganti aki, servis AC, servis ban, cuci mobil, sampai detailing tersedia di Otoklix. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!