Mobil Nissan Teana ini jadi salah satu mobil sedan pilihan yang bikin kita makin keren dan elegan saat berkendara. Penyegaran terbaru dari mobil ini masih di rentang harga Rp600 jutaan! Namun, kita juga bisa beli mobil bekasnya. Berapa harga mobil Nissan Teana? Ini dia ulasannya.

Harga Nissan Teana Bekas

Nissan Teana sudah berseliweran di pasar otomotif Indonesia sejak tahun 2003 silam. Harga Nissan Teana bekas bisa dibeli mulai Rp75 jutaan saja untuk generasi paling lawas. Ini dia harga Nissan Teana baru dan bekas.

Harga Nissan Teana bekas

  • Keluaran tahun 2004 : Rp75 juta
  • Keluaran tahun 2005 : Rp76 juta
  • Keluaran tahun 2006 : Rp79 juta
  • Keluaran tahun 2008 : Rp89 juta
  • Keluaran tahun 2010 : Rp135 juta
  • Keluaran tahun 2011 : Rp149 juta
  • Keluaran tahun 2012 : Rp160 juta
  • Keluaran tahun 2013 : Rp180 juta
  • Keluaran tahun 2014 : Rp209 juta
  • Keluaran tahun 2017 : Rp300 juta

Harga Nissan Teana baru

  • OTR Jakarta : Rp617 juta
  • OTR Tarakan : Rp617 juta
  • OTR Bandung : Rp607 juta
  • OTR Surabaya : Rp518 juta

Perbedaannya lumayan jauh, bukan? Bahkan, yang keluaran tahun muda, 2017 saja bisa dibeli dengan harga Rp300 jutaan. Selanjutnya mari kita bahas tentang sejarah singkat mobil Nissan Teana.

Baca juga: 11 Mobil Sedan Murah dengan Harga 100 Jutaan

Sejarah Singkat Nissan Teana

Nissan Teana sudah melanglang buana di pasar otomotif Indonesia sejak tahun 2003 silam. Mobil ini meramaikan kelas mobil sedan premium. Sampai saat ini, Nissan Teana sudah lahir dalam tiga generasi, yaitu pada tahun 2008 dan 2014. Meskipun belum ada tanda-tanda kemunculan generasi terbaru, nyatanya sampai saat ini masih banyak yang tertarik pada mobil sedan satu ini.

Generasi pertama

Kita bakal bahas spesifikasi singkat dari Nissan Teana generasi 2003. Tersedia tiga jenis mesin yang dipakai Nissan Teana 2003, yaitu 2.000 cc QR20DE, 2.300 cc VQ23DE, dan juga 3.500 cc VQ35DE. Mobil ini juga punya nama lain di beberapa negara, yaitu Nissan Cefiro.

Generasi kedua

Generasi kedua Nissan teana juga hadir dalam tiga pilihan mesin yang masing-masing berkapasitas 2.000 cc, 2.500 cc, dan 3.500 cc. Seluruhnya sudah memakai transmisi matic CVT. Dari segi fisik, generasi kedua ini punya dimensi yang sedikit lebih besar. 

Bisa dibilang banyak perubahan lain pada generasi kedua ini. Baik di sisi interior, eksterior, maupun mesin. Perubahan yang paling terlihat adalah lampu depan berbentuk runcing dan pipih.

Generasi ketiga

Generasi ketiga Nissan Teana punya empat pilihan mesin, yaitu 1.977 cc, 2.495 cc, 2.488 cc, dan juga 3.498 cc. Memang ukurannya tidak berbeda dengan generasi kedua, tetapi di generasi ketiga, suspensinya terasa lebih nyaman. Head lamp-nya juga menggunakan LED supaya lebih terang dan hemat energi.

Spesifikasi Nissan Teana

Melihat banyaknya peminat mobil ini, kita jadi penasaran, apa saja spesifikasi mobil ini? Mari kita bahas secara lengkap, spesifikasi Nissan Teana yang jadi keunggulan mobil ini.

Eksterior Nissan Teana

Mobil ini punya ukuran panjang 4.875 mm, lebar 1.833 mm, dan tingginya 1.490 mm. Sementara itu jarak sumbu rodanya 2.775 mm. Bobot tanpa penumpang sekitar 150 kg. Seperti kebanyakan sedan lainnya, mobil ini bisa mengangkut sampai 5 penumpang. Tampilan luar mobil ini terlihat sporty. Warna yang tersedia cukup banyak, yaitu brilliant silver, brilliant white pearl, dan black star.

Baca juga: Ban Mobil Sedan: Tekanan Angin Ideal, Ukuran, dan Pilihannya

Interior Nissan Teana

Sama seperti sedan mewah lainnya, interior mobil ini juga dibuat dari material premium dan terlihat elegan. Bagian dashboard dan aksen pintu menggunakan desain berbahan kayu. Selain itu, ada juga layar 5 inci yang berfungsi sebagai navigasi atau hiburan. 

Mesin Nissan Teana

Mobil ini dibekali dengan mesin 2.5 liter 4 silinder segaris dengan 16 katup DOHC twin CVTC. Letak mesin ini berada di bawah kap mobil. Transmisinya menggunakan Xtronic CVT. Kapasitas tangki bahan bakarnya sekitar 65 liter. Cukup untuk melakukan perjalanan jauh tanpa perlu khawatir kehabisan bensin di tengah jalan.

Fitur Nissan Teana

Sebuah mobil mewah juga perlu dilengkapi dengan fitur keselamatan yang canggih. Termasuk pada Nissan Teana. Keunggulan fitur keselamatan mobil ini ada pada sistem pengeremannya. Sistem pengereman sudah menggunakan sistem anti-lock braking system dan brake assist. Kemudian, ada juga sabuk pengaman untuk semua penumpang dan airbag.

Secara umum, ini dia keunggulan dan kelemahan dari Nissan Teana yang bisa kita pertimbangkan sebelum membeli.

1. Keunggulan Nissan Teana

  • Desain mewah, elegan, dan sporty pada interior dan eksterior.
  • Jok dan komponen interior menggunakan material premium.
  • Mesin responsif dan performanya tangguh.
  • Transmisi mobil halus.

2. Kelemahan mobil Teana

  • Tidak ada tipe transmisi manual.
  • Biaya perawatan mahal.
  • Harga jual kembali tidak stabil.

Baca juga: 13 Mobil Sedan Terbaik di Kelasnya, Mewah dan Berkelas

Penyakit Nissan Teana

Sebelum beli mobil Nissan Teana bekas, kita perlu tahu apa saja yang biasanya jadi penyakit mobil ini. Penyakit ini adalah masalah yang sering ditemui oleh pihak bengkel yang menangani Teana.

Seal as dan karter oli mesin

Nissan Teana sering mengalami kebocoran oli karena seal yang sudah getas atau keras. Selain itu, seal as depan dan belakang dan juga seal setengah bulan pada karter oli mesinnya sering getas.

Harga seal ini memang relatif murah, sekitar Rp300 ribu untuk seal as depan, Rp1,8 juta untuk seal belakang, dan Rp600 ribu untuk seal setengah bulan. Akan tetapi, jasanya yang cukup mahal. Bisa sampai Rp2 jutaan. Sebab, dalam pemasangannya perlu dilakukan turun mesin. Biasanya hal ini disiasati pihak bengkel dengan turun girboks tanpa turun mesin.

Overheat

Penyakit yang sering terjadi pada mobil ini juga overheat. Biasanya penyebabnya adalah kipas yang mati atau radiator bermasalah. Masalah diawali dengan extra fan yang mati dan membuat radiator panas. Harga extra fan paling tidak sekitar Rp1,4 juta – Rp4,5 jutaan, sudah termasuk biaya pasang dan air radiator.

Dasbor

Kemudian, sebelum beli Nissan Teana bekas, penting untuk mengecek interiornya juga, khususnya pada bagian dasbor. Sebab, area ini rentan rusak atau pecah karena sering terpapar sinar matahari. Apalagi dasbornya terbuat dari kayu yang rentan terkena panas.

Namun, ada cara menyiasati supaya retakan tidak terlihat. Caranya bisa dengan reparasi dasbor yang dilapisi kulit. Kalau ingin mengganti dengan dasbor baru, OtoFriends perlu menyiapkan dana sekitar Rp11 jutaan.

Itu dia hak-hal yang perlu diperhatikan sebelum beli mobil Nissan Teana bekas. Kalau sudah beli mobil bekas, sebaiknya lakukan pengecekan menyeluruh dan perbaikan di bengkel terdekat. Pastikan sudah ganti oli, kondisi ban masih bagus, dan usia aki masih panjang. Tak lupa juga lakukan tune up. Lakukan pengecekan di mitra bengkel Otoklix, banyak untungnya!

Pertanyaan Seputar Nissan Teana

Harga Nissan Teana baru dibanderol sekitar Rp600 jutaan.

Sebab, ada beberapa penyakit atau masalah yang sering dialami oleh Nissan Teana.

Seal getas, overheat, dan dasbor yang mengalami kerusakan.