Mesin mobil bergetar saat baru dinyalakan merupakan sesuatu hal yang wajar. Hal itu karena gerakan mesin saat beroperasi dapat menghasilkan getaran. Tapi, jika mesin mobil bergetar secara terus menerus, justru bisa menjadi tanda ada yang rusak karena seharusnya tidak ada getaran saat mobil tidak bergerak.

Jika hal tersebut terjadi pada mobil OtoFriends sebaiknya jangan langsung panik. Sebab, banyak hal yang membuat getaran pada mesin muncul. OtoFriends dapat membawa mobil tersebut ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan.

Berikut adalah rangkuman penyebab dan cara mengatasi mesin mobil bergetar saat diam:

1. Setelan Mesin yang Salah

Penyebab pertama mesin mobil bergetar bisa jadi karena setelan pada mesin yang kurang tepat. Kesalahan ini terjadi saat melakukan service mobil di bengkel. Ketika memperbaiki komponen mobil yang rusak, montir biasanya akan mengganti dengan suku cadang yang baru, tetapi kadang montir lupa mengembalikan mesin ke kondisi semula.

Akibatnya, mesin tidak terpasang secara sempurna dan menimbulkan getaran saat mesin dinyalakan. Agar hal tersebut tidak terjadi baiknya OtoFriends dapat melakukan perbaikan di bengkel yang terpercaya dengan montir profesional.

2. Kerusakan Busi

Penyebab mesin mobil bergetar saat diam selanjutnya adalah busi kendaraan yang sudah rusak. Memang komponen ini ukurannya kecil, namun memiliki fungsi yang cukup vital. Sebab, jumlah busi pada mobil lebih dari satu. Maka itu, jika salah satu busi sudah tidak layak atau dalam keadaan rusak, maka akan berpengaruh ke performa mesin mobil.

Selain itu, masalah tersebut akan menimbulkan getaran yang cukup kencang. Jika demikian, segera ganti komponen yang rusak dengan yang baru.

3. Engine Mounting Termakan Usia

Selanjutnya ada engine mounting yang sudah termakan usia atau sudah tidak layak lagi. Jika komponen ini rusak maka dapat dipastikan mesin akan bergetar dengan hebat.

Hal itu terjadi karena engine mounting berfungsi untuk meredam getaran mesin mobil. Bahkan jika sudah terlanjur rusak parah maka getaran akan terasa hingga ke kabin saat rpm rendah.

Ada beberapa tanda yang ditemui jika engine mounting sudah harus diganti, salah satunya tingkat kekenyalannya hilang, pecah, maupun sudah mengeras akibat panas mesin.

4. Piston Mobil Haus

Sering memacu mobil kalian dalam kecepatan tinggi? jika iya, maka OtoFriends harus berhati-hati sebab piston mobil dapat menjadi aus dan membuat mesin mobil kalian bergetar saat diam.

Hal itu terjadi karena piston mengalami penurunan kinerja akibat dipacu terlalu cepat. Penyelesaiannya adalah dengan mengganti piston yang sudah aus dengan piston baru sesuai dengan tipe mobil kalian.

5. Karet Penahan Kap Mesin Mengeras

Masalah selanjutnya saat mesin mobil kalian bergetar adalah saat karet penahan mesin sudah mengeras dan tidak bisa menahan getaran dengan dengan baik lagi.

Selain menahan getaran kap mesin, karet tersebut juga memiliki fungsi untuk membuat kap mesin dapat tertutup sempurna. Untuk mendeteksi kerusakan tersebut, cukup mudah yaitu dengan melihat karet penahan kap mesin secara langsung. Jika karet sudah terlihat gepeng atau pipih maka part tersebut wajib diganti segera.

6. Shockbreaker Bermasalah

Shockbreaker pada mobil memiliki fungsi yang sangat penting, selain untuk membuat mobil menjadi stabil komponen ini juga bertugas untuk meredam getaran. Jika salah satu komponen mengalami kerusakan, maka mobil bisa limbung atau tidak stabil sehingga getarannya semakin besar, apalagi saat melalui jalan yang rusak atau berlubang.

Tentu masalah ini tidak ingin menimpa mobil kesayangan kalian kan. Maka OtoFriends wajib memperhatikan kondisi dan usia dari shockbreaker mobil. Selain itu, OtoFriends juga bisa mengganti oli shockbreaker di bengkel yang tepat.

7. Velg Mobil Bengkok

Sering menggunakan ban dengan ukuran kecil? Hati-hati karena dapat membuat velg mobil rusak atau bengkok. Velg yang bengkok berpotensi menimbulkan getaran pada mobil. Jika demikian, gantilah velg mobil tersebut dengan yang baru sesuai standar.

Selain itu, OtoFriends juga harus berhati-hati memilih velg untuk mobil kesayangan. Gunakan velg dari pabrikan asli dan pastikan ukurannya sudah standar dan benar. Dengan begitu beban mobil bisa berkurang dengan lebih sempurna. 

8. Kampas Rem yang Menipis

Sistem pengereman mobil juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat mesin bergetar saat diam. Kampas rem yang sudah menipis akan menyebabkan pengereman menjadi tidak maksimal. 

Hasilnya, mesin mobil pun akan bergetar, terutama saat mobil sedang melaju dan kemudian kalian melakukan pengereman mendadak. Gantilah kampas rem yang sudah menipis menjadi baru sehingga sistem keamanan mobil terjaga, getaran pun menghilang. 

9. Masalah Pada Propeller Mobil

Propeller shaft dan cross joint yang kering, macet, aus bahkan oblak bisa menimbulkan getaran pada kecepatan tertentu termasuk saat rpm rendah. Kedua suku cadang ini saling berkaitan karena fungsinya sebagai penyeimbang putaran roda mobil. 

Jadi ketika terjadi kerusakan getaran dari tenaga penggerak tidak tersalurkan dengan baik. Getaran pun akan sangat terasa kencang pada mobil ketika diam yang berasal dari roda belakang. 

10. Kerusakan Pada Internal Mesin

Kerusakan pada internal mesin juga dapat membuat mesin mobil kalian bergetar. Misalnya ada beberapa bagian silinder mesin yang kompresinya hilang. Selain itu, kabel busi bocor atau koil lemah juga bisa memicu getaran saat rpm rendah. 

OtoFriends disarankan untuk melakukan pemeriksaan pada bagian injektor mesin yang mungkin rusak atau tersumbat. Kondisi ini membuat semprotan bensin ke dalam intake manifold terhambat. Dampaknya, rpm mesin mobil dapat naik sendiri dan menimbulkan getaran.

11. Kopling Mobil Bermasalah

Kampas kopling bisa menjadi sumber masalah mesin mobil bergetar saat diam jika sudah habis atau tipis. Dalam kondisi kampas kopling akan membuat permukaan roda gila (flywheel) menjadi tidak rata. 

Roda gila yang tidak rata inilah yang kemudian menyebabkan mesin bergetar. Jika masalah ini timbul, kalian harus segera membawa mobil ke bengkel. Teknisi akan menggunakan suatu alat bernama dial gauge untuk mengukur tingkat kerataan roda gila.

Jika memang tingkat ketidak rataan sudah parah, maka komponen tersebut harus segera diganti. Jika hal ini tidak ingin menimpa kalian, sebaiknya lakukanlah penggantian kampas kopling secara rutin. 

12. Distribusi BBM  tidak Lancar

Terakhir, mesin bergetar saat diam bisa disebabkan oleh distribusi bahan bakar yang tidak lancar. Sebab, bbm yang masuk ke dalam ruang bakar jumlahnya harus tepat jika tidak getaran akan sangat terasa kencang. Misalnya saja ketika mobil Anda menggunakan sistem injeksi dan sistem tersebut rusak maka bbm tidak akan lancar. 

Jumlah bahan bakar yang sedikit akan menimbulkan getaran pada mesin, akibat dari tenaga yang diciptakan tidak sempurna. Anda perlu mengecek kembali mengenai sistem bbm yang ada di mobil. 

Nah, OtoFriends jangan biarkan mobil bergetar saat diam secara terus menerus. Hal itu dapat merusak komponen yang lainnya. Oleh sebab itu, bawalah mobil ke bengkel rekanan di OtoKlix untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan mobil kesayangan.