Mesin mobil bergetar saat diam karena baru dinyalakan merupakan sesuatu hal yang wajar. Hal itu karena gerakan mesin saat beroperasi dapat menghasilkan getaran. Akan tetapi, jika mesin mobil bergetar secara terus menerus, justru bisa menjadi tanda ada yang rusak karena seharusnya tidak ada getaran saat mobil tidak bergerak.

Jika hal tersebut terjadi pada mobil OtoFriends sebaiknya jangan langsung panik. Sebab, banyak hal yang membuat getaran pada mesin muncul. OtoFriends dapat membawa mobil tersebut ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan.

Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat Diam dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah rangkuman penyebab dan cara mengatasi mesin mobil bergetar saat diam:

1. Kesalahan setelan mesin

Penyebab pertama mesin mobil bergetar bisa jadi karena setelan pada mesin yang kurang tepat. Kesalahan ini terjadi saat melakukan service mobil di bengkel. Ketika memperbaiki komponen mobil yang rusak, montir biasanya akan mengganti dengan suku cadang yang baru, tetapi kadang montir lupa mengembalikan mesin ke kondisi semula.

Akibatnya, mesin tidak terpasang secara sempurna dan menimbulkan getaran saat mesin dinyalakan. Agar hal tersebut tidak terjadi baiknya OtoFriends dapat melakukan perbaikan di bengkel yang terpercaya dengan montir profesional.

2. Kerusakan busi

Penyebab mesin mobil bergetar saat diam selanjutnya adalah busi kendaraan yang sudah rusak. Memang komponen ini ukurannya kecil, namun memiliki fungsi yang cukup vital. Sebab, jumlah busi pada mobil lebih dari satu. Maka itu, jika salah satu busi sudah tidak layak atau dalam keadaan rusak, maka akan berpengaruh ke performa mesin mobil.

Selain itu, masalah tersebut akan menimbulkan getaran yang cukup kencang. Jika demikian, segera ganti komponen yang rusak dengan yang baru.

3. Engine mounting usang

Selanjutnya ada engine mounting yang sudah termakan usia atau sudah tidak layak lagi. Jika komponen ini rusak maka dapat dipastikan mesin mobil bergetar saat diam.

Hal itu terjadi karena engine mounting berfungsi untuk meredam getaran mesin mobil. Bahkan jika sudah terlanjur rusak parah maka getaran akan terasa hingga ke kabin saat rpm rendah.

Ada beberapa tanda yang ditemui jika engine mounting sudah harus diganti, salah satunya tingkat kekenyalannya hilang, pecah, maupun sudah mengeras akibat panas mesin.

4. Piston mobil aus

Sering memacu mobil dalam kecepatan tinggi? Jika iya, maka OtoFriends harus berhati-hati sebab piston mobil dapat menjadi aus dan membuat mesin mobil bergetar saat diam.

Hal itu terjadi karena piston mengalami penurunan kinerja akibat dipacu terlalu cepat. Penyelesaiannya adalah dengan mengganti piston yang sudah aus dengan piston baru sesuai dengan tipe mobil kalian.

Baca juga: Penyebab Setir Mobil Bergetar Pada Kecepatan 80km/jam

5. Karet penahan kap mesin getas

Masalah selanjutnya saat mesin mobil bergetar saat diam saat karet penahan mesin sudah mengeras dan tidak bisa menahan getaran dengan dengan baik lagi.

Selain menahan getaran kap mesin, karet tersebut juga memiliki fungsi untuk membuat kap mesin dapat tertutup sempurna. Untuk mendeteksi kerusakan tersebut, cukup mudah yaitu dengan melihat karet penahan kap mesin secara langsung. Jika karet sudah terlihat gepeng atau pipih maka part tersebut wajib diganti segera.

6. Shockbreaker bermasalah

Shockbreaker pada mobil memiliki fungsi yang sangat penting, selain untuk membuat mobil menjadi stabil komponen ini juga bertugas untuk meredam getaran.

Jika salah satu komponen mengalami kerusakan, maka mobil bisa limbung atau tidak stabil sehingga getarannya semakin besar, apalagi saat melalui jalan yang rusak atau berlubang.

Tentu masalah ini tidak ingin menimpa mobil kesayangan kalian kan. Maka OtoFriends wajib memperhatikan kondisi dan usia dari shockbreaker mobil. Selain itu, OtoFriends juga bisa mengganti oli shockbreaker di bengkel yang tepat.

7. Velg mobil bengkok

Sering menggunakan ban dengan ukuran kecil? Hati-hati karena dapat membuat velg mobil rusak atau bengkok. Velg yang bengkok berpotensi menimbulkan getaran pada mobil. Jika demikian, gantilah velg mobil tersebut dengan yang baru sesuai standar.

Selain itu, OtoFriends juga harus berhati-hati memilih velg untuk mobil kesayangan. Gunakan velg dari pabrikan asli dan pastikan ukurannya sudah standar dan benar. Dengan begitu beban mobil bisa berkurang dengan lebih sempurna. 

8. Kampas rem menipis

Sistem pengereman mobil juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat mesin bergetar saat diam. Kampas rem yang sudah menipis akan menyebabkan pengereman menjadi tidak maksimal. 

Hasilnya, mesin mobil pun akan bergetar, terutama saat mobil sedang melaju dan kemudian kalian melakukan pengereman mendadak. Gantilah kampas rem yang sudah menipis menjadi baru sehingga sistem keamanan mobil terjaga, getaran pun menghilang. 

9. Propeller mobil bermasalah

Propeller shaft dan cross joint yang kering, macet, aus bahkan oblak bisa menimbulkan getaran pada kecepatan tertentu termasuk saat rpm rendah. Kedua suku cadang ini saling berkaitan karena fungsinya sebagai penyeimbang putaran roda mobil. 

Jadi ketika terjadi kerusakan getaran dari tenaga penggerak tidak tersalurkan dengan baik. Getaran pun akan sangat terasa kencang pada mobil ketika diam yang berasal dari roda belakang. 

Baca juga: Hati-hati, Bagian Bagian Mesin Mobil ini Rentan Rusak

10. Kerusakan internal mesin

Kerusakan pada internal mesin juga dapat membuat mesin mobil bergetar saat diam. Misalnya ada beberapa bagian silinder mesin yang kompresinya hilang. Selain itu, kabel busi bocor atau koil lemah juga bisa memicu getaran saat rpm rendah. 

OtoFriends disarankan untuk melakukan pemeriksaan pada bagian injektor mesin yang mungkin rusak atau tersumbat.

Kondisi ini membuat semprotan bensin ke dalam intake manifold terhambat. Dampaknya, rpm mesin mobil dapat naik sendiri dan menimbulkan getaran.

11. Kopling mobil bermasalah

Kampas kopling bisa menjadi sumber masalah mesin mobil bergetar saat diam jika sudah habis atau tipis. Dalam kondisi kampas kopling akan membuat permukaan roda gila (flywheel) menjadi tidak rata. 

Roda gila yang tidak rata inilah yang kemudian menyebabkan mesin bergetar. Jika masalah ini timbul, kalian harus segera membawa mobil ke bengkel. Teknisi akan menggunakan suatu alat bernama dial gauge untuk mengukur tingkat kerataan roda gila.

Jika memang tingkat ketidak rataan sudah parah, maka komponen tersebut harus segera diganti. Jika hal ini tidak ingin menimpa kalian, sebaiknya lakukanlah penggantian kampas kopling secara rutin. 

12. Distribusi BBM tidak Lancar

Kemudian, mesin mobil bergetar saat diam bisa disebabkan oleh distribusi bahan bakar yang tidak lancar.

Sebab, bbm yang masuk ke dalam ruang bakar jumlahnya harus tepat jika tidak getaran akan sangat terasa kencang. Misalnya saja ketika mobil Anda menggunakan sistem injeksi dan sistem tersebut rusak maka bbm tidak akan lancar. 

Jumlah bahan bakar yang sedikit akan menimbulkan getaran pada mesin, akibat dari tenaga yang diciptakan tidak sempurna. Anda perlu mengecek kembali mengenai sistem bbm yang ada di mobil. 

13. As roda aus

Penyebab berikutnya mesin mobil bergetar saat diam adalah as roda yang sudah aus. Tidak hanya velg, komponen as roda mobil aus juga bisa bikin putaran ban jadi tidak sempurna. Sehingga mobil terasa bergetar saat diam.

14. Ban mobil aus

Selain velg dan as roda, kondisi ban mobil yang sudah aus juga bisa bikin mesin terasa bergetar meskipun mobil dalam keadaan diam.

Ban mobil yang sudah aus perlu segera diganti demi keselamatan dan kenyamanan. Sebab, kalau memaksa tetap dipakai, bisa berbahaya bagi penumpang mobil. Jalannya terasa licin dan mobil bisa slip kapan saja.

15. Fan rotor AC rusak

Terakhir, fan rotor AC yang rusak  juga bisa jadi penyebab mesin mobil bergetar saat diam. Fan rotor AC yang rusak bikin kipas AC berjalan tidak normal. Sehingga mobil jadi terasa bergetar.

Selain mengganggu kenyamanan, lama kelamaan komponen ini bisa rusak. Jangan sampai kerusakan merambat kepada komponen AC lainnya.

Itu dia 15 penyebab mesin mobil bergetar saat diam. Selanjutnya, bagaimana cara mengatasi mobil bergetar saat diam?

Baca juga: Inilah 3 Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

Cara Mengatasi Mobil Bergetar Saat Diam

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mobil yang bergetar meskipun dalam kondisi diam.

1. Rajin mengecek dan merawat komponen mobil

Pertama, lakukan pengecekan dan perawatan mobil secara berkala. Servis berkala membantu mendeteksi komponen apa saja yang bermasalah secara lebih dini. 

2. Mengganti komponen usang

Kalau sudah melakukan perawatan rutin, komponen yang usang bisa segera terdeteksi, misalnya mulai aus atau rusak. Beberapa komponen yang mudah usang atau perlu selalu dicek berkala adalah di antaranya adalah busi, karet kap mesin, kampas rem, kampas kopling, as roda, piston, cek fan motor AC, ban, shockbreaker, serta engine mount.

Dengan melakukan kedua hal tersebut, performa mobil tetap terjaga, komponen lebih awet, dan juga berkendara jadi lebih aman dan nyaman.

Demikian 15 penyebab mesin mobil bergetar saat diam dan cara mengatasinya. Datangi bengkel terdekat dari lokasimu untuk mengecek kondisi mobil.

Tersedia 2.000+ bengkel umum di aplikasi Otoklix. Cara kerja Otoklix adalah menunjukkan daftar bengkel terdekat lokasimu dan menginformasikan harga layanan servis yang OtoFriends inginkan. Booking mudah, lokasi bengkel terjangkau, harga transparan.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Mesin Mobil Bergetar Saat Diam :


Salah satu penyebab mesin mobil bergetar saat diam adalah karena engine mounting yang bermasalah. Bisa jadi karena sudah usang atau rusak. Sebab, fungsi engine mounting adalah untuk menahan mesin agar di posisi yang stabil sehingga getaran mesin tidak terlalu terasa.


Mesin mobil terasa bergetar keras saat dipanaskan bisa jadi disebabkan oleh kondisi piston yang sudah aus. Piston yang aus membuat gerakan kurang terarah sehingga tenaga mobil juga mengalami penurunan daya. Kondisi ini terasa saat mobil distarter.


Penyebab mobil bergetar saat di RPM rendah adalah setelah mesin yang salah. Misalnya ada silinder yang kompresinya hilang atau bocor. Kebocoran juga bisa terjadi pada koil yang menyebabkan getaran pada bodi mobil terasa tidak wajar.