Ada banyak kotoran, kerak, atau bekas oli membandel yang menempel di mesin mobil OtoFriends? Ada baiknya segera dibersihkan ya, sebelum merusak mesin dan membahayakan. Sebelum itu, penting bagi OtoFriends untuk mengetahui dulu cara membersihkan mesin mobil dengan benar. Sebab, bila asal-asalan, bukannya bersih, ruang dapur pacu mobil OtoFriends malah bisa konslet, bahkan bisa terjadi kebakaran mesin dan mesin gagal guna.

Nah untuk itu, simak ulasan selengkapnya di bawah ini! 

    1. Cairan Pembersih Mesin Mobil 

    Sebelum mengetahui cara membersihkan bekas oli di mesin mobil, ada baiknya mengenali dulu jenis-jenis cairan pembersih mesin mobil. Lantaran, setiap jenis punya fungsi yang berbeda-beda. Agar tidak salah pilih, simak penjabaran lengkapnya di bawah ini: 

    Engine Conditioner

    Jenis cairan pembersih mesin ini berbentuk buka atau foam berbahan solvent. Cairan semacam ini fungsinya untuk membersihkan ruang bakar pada mesin. Cara pakainya pun cukup mudah, tinggal disemprotkan pada bagian yang berkerak atau kotor. Namun, perlu diingat lepaskan busi terlebih dahulu. Sebab, untuk bisa mencapai ruang bakar mesin, satu-satunya tempat yang harus dilalui adalah lubang busi. Lalu, panaskan mesin mobil sebentar agar cairan cepat menguap serta kerak karbon lebih mudah terkikis dan dibuang melalui knalpot.

    Engine Degreaser

    Selanjutnya ada Engine Degreaser. Sama-sama berbahan solvent, dan dibungkus dalam tabung aerosol, namun teksturnya lebih keras dari engine conditioner. Lantaran, fungsi cairan ini lebih menyasar kepada kotoran atau kerak di luar mesin. Formulasi unik dari cairan pembersih ini mampu mengikat dan melarutkan kerak bekas oli atau kotoran yang membandel lainnya. Cara pakainya pun mudah, pastikan mesin mobil dalam keadaan hangat, lalu tinggal semprotkan pada bagian yang kotor, dan bilas dengan air atau kain microfiber. 

    Engine Flush

    Cairan pembersih mesin mobil berikutnya adalah engine flush. Cairan ini berfungsi membersihkan kotoran di dalam karter mesin dan jalur oli. Selain itu, cairan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan sludge dan karbon di ring piston. Untuk menggunakannya, tinggal disemprot atau tuang ke dalam lubang oli. Lalu, nyalakan mesin mobil selama lebih kurang 15 menit. Terakhir, buang lewat saluran pembuangan oli. 

    Grease oil

    Terakhir, ada grease oil. Sebagaimana namanya, cairan pembersih ini berfungsi untuk membersihkan mesin mobil dari noda oli yang membandel. Kelebihannya, cairan ini aman untuk digunakan karena memiliki sifat anti karat dan tidak mudah terbakar. Selain itu, cairan ini diklaim tidak merusak bagian mesin yang terbuat dari karet ataupun plastik.

    Baca juga: Hati-hati, Bagian Bagian Mesin Mobil ini Rentan Rusak

    2. Cara Membersihkan Mesin Mobil

    Berikut urutan dan cara membersihkan bekas oli di mesin mobil yang benar:

    Bersihkan Mesin Mobil di Lokasi yang Tidak Terkena Matahari Langsung

    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah pastikan lokasi membersihkan mesin mobil jauh dari paparan sinar matahari. Lokasi yang disarankan adalah di garasi. Sebab, ada beberapa komponen di mesin mobil yang terbuat dari plastik dan karet yang gampang memuai bila terpapar sinar matahari langsung. Bila komponen tersebut rusak tentu akan memengaruhi kinerjanya.

    Sebagai tambahan, bila garasi OtoFriends agak sempit dan gelap, kamu bisa majukan sedikit dan pastikan kap mesin yang menghadap keluar garasi. 

    Siapkan Alat dan Bahan

    Usai menempatkan mobil di garasi, persiapkan pula perlengkapan membersihkan mesin mobil di bawah ini:

    • Engine cleaning gun
    • Engine conditioner untuk membersihkan ruang bakar mesin
    • Engine degreaser untuk membersihkan oli yang menempel di mesin
    • Engine flush untuk membersihkan di karter dan jalur oli
    • Grease oil untuk membersihkan noda oli
    • Lap plas chamois untuk mengelap kasar pada bagian mesin
    • Lap microfiber untuk lapisan lembut pada mesin
    • Selang dan air bersih
    • Ember
    • Sikat
    • Sitrun
    • Kuas
    • Spons/ applicator pad
    • Sabun khusus mobil

    Panaskan Mesin Mobil Sebelum Dibersihkan

    Sebelum mulai membersihkan mesin mobil, ada baiknya OtoFriends panaskan dahulu mesin mobil kurang lebih 15 menit. Tujuannya, untuk memudahkan proses pembersihan kerak membandel yang menempel pada mesin mobil. 

    Setelah itu, jangan langsung dibersihkan dulu ya! Diamkan mesin mobil selama 30-45 sampai kembali dalam kondisi dingin. Hal ini penting untuk menjaga keselamatan diri OtoFriends sendiri. Sebab, mesin mobil yang habis dipanaskan biasanya masih menyisakan arus listrik, yang bila terkena ya bisa kesetrum.

    Mulai Proses Pembersihan

    Awali proses pembersihan mesin mobil dengan mengibas debu dan kotoran ringan dari permukaan luar mesin mobil. Gunakan sikat atau kuas untuk membersihkan debu dan kotoran ringan tersebut. Lalu, pakai kain lap untuk membersihkan debu dan kotoran lainnya yang ada di sela-sela mesin. Lebih baik lagi menggunakan blower untuk hasil lebih maksimal.

    Lepaskan Aki Mobil

    Tahap selanjutnya adalah melepaskan aki mobil. Tujuannya untuk memutus aliran listrik penyebab korsleting. Lantaran pada tahap ini dan seterusnya, proses pembersihan mesin mobil bakal menggunakan air. Selain itu, pelepasan aki mobil juga penting, agar kamu bisa membersihkan mesin mobil sampai ke bagian bawah penyimpanan aki yang biasanya menjadi salah satu sarang kotoran. 

    Simpan aki bersama baut-baut dan komponen lainnya di tempat yang kering dan aman. Agar tidak rusak dan memudahkan proses pemasangan kembali, saat proses membersihkan mesin mobil telah selesai.

    Untuk komponen elektronik lainnya yang tidak bisa diangkat dari ruang dapur pacu mobil harus dibungkus dengan pembungkus anti air seperti aluminium foil, plastik, dsb.

    Bersihkan Bagian Bawah Kap Mesin Mobil

    Usai mengangkat dan menyimpan aki mobil di tempat yang aman, mesin mobil pun bisa mulai dibersihkan dengan air dan cairan pembersih lainnya. Bagian pertama yang bisa dibersihkan dengan air adalah bagian bawah kap mesin mobil. Lantaran, letaknya yang mudah dijangkau dan dibersihkan.

    Begini cara membersihkan bagian bawah kap mesin mobil:

    • Semprotkan seluruh bagian bawah kap mesin dengan cairan pembersih yang dikemas dalam botol spray (sehingga airnya tidak jatuh-jatuh ke mesin)
    • Sikat dengan sikat pembersih atau kuas
    • Keringkan dengan lap microfiber atau plas chamois

    Baca juga: Mesin Mobil Tiba-tiba Mati di Jalan? Ini Penyebab dan solusinya!

    Bersihkan  Mesin dan Bagian Depan Mesin Mobil

    Selanjutnya membersihkan mesin dan bagian depan mesin mobil. Bersihkan permukaan mesin dengan menyemprotkan cairan engine degreaser lalu disikat dengan kuas, sehingga minyak dan kerak membandel bisa rontok. Setelah itu, bersihkan dengan lap plas chamois. 

    Setelah itu, lepaskan busi dan gunakan engine conditioner untuk membersihkan ruang bakar mesin terlebih dahulu. Bersihkan dan keringkan dengan kain microfiber. Bagian lain yang perlu dibersihkan adalah karter dan jalur oli. Untuk membersihkan bagian ini bisa menggunakan engine flush yang berbentuk seperti deterjen. Cara pemakaiannya adalah dengan memasukkannya ke dalam bagian mesin sebelum mengganti oli atau masih ada sisa oli yang lama. Kemudian hidupkan mesin kurang lebih 15 menit dengan menginjak gas dengan posisi stasioner di angka 2.000 RPM. Lalu, buang oli selagi mesin panas. 

    Bila masih ada kotoran yang menempel, bersihkan bagian yang masih ada kotorannya tersebut menggunakan spons atau applicator pad yang sudah disemprotkan engine degreaser. 

    Bila ingin hasil maksimal, bersihkan permukaan mesin mobil hingga sela-sela yang sulit dijangkau dengan engine cleaning gun. Setelah itu, tinggal dilap dengan kain kering. Atau bila ada noda oli yang menempel bisa menggunakan grease oil.

    Usai membersihkan mesin mobil, OtoFriends bisa membersihkan bagian depan mesin mobil. Sebelum itu, lepas dulu grill depan agar bisa lebih leluasa dalam membersihkannya. Pastikan semua komponen mesin benar-benar kering dan bebas dari residu cairan pembersih mesin mobil.

    Pasang Kembali Aki dan Nyalakan Mesin Mobil

    Terakhir, pastikan OtoFriends memasang kembali aki dengan benar, lalu nyalakan mesin mobil. Menyalakan kembali mesin mobil penting untuk menghangatkan bagian-bagian mesin yang lembab karena dibersihkan dengan air atau cairan pembersih.

    Bila OtoFriends ragu-ragu atau tak punya waktu untuk membersihkan mesin mobil sendiri. Ada baiknya, bawa mobil kamu ke bengkel terdekat untuk perawatan lebih profesional. Kini, menemukan bengkel terdekat tidak perlu repot-repot keluar rumah dulu. Cukup unduh aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa menemukannya sekaligus melakukan booking untuk jasa servis seperti membersihkan mesin mobil dan banyak lagi.