Apakah kamu pernah punya pengalaman tiba-tiba ban mobil kempes di tengah jalan? Sementara lokasi mobil kamu dengan bengkel atau tempat pengisian angin cukup jauh atau bahkan sudah tutup. Tentu merepotkan bukan?

Karena itu, setidaknya kamu perlu memiliki alat pompa ban sendiri, baik portable maupun elektrik yang bisa dibawa kapanpun dan dimanapun. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi jika tiba-tiba ban mobil kempes di tengah jalanan. Pompa mobil portable bisa menjadi penyelamat saat lokasi bengkel atau tempat pengisian angin tidak dapat kamu jangkau.

Nah, jika saat ini kamu ingin membeli pompa ban mobil. Berikut tips Otoklix untuk memilih pompa ban mobil sesuai dengan kebutuhan. Simak ulasannya!

Pentingnya Punya Pompa Ban Mobil

Sebagian pemilik kendaraan mungkin beranggapan pompa ban mobil bukan barang yang wajib dimiliki. Mereka berpikir lebih praktis jika pengisian tekanan ban mobil dilakukan di tempat pengisian angin dibandingkan harus memompa sendiri karena membutuhkan tenaga.

Tetapi, ada beberapa kasus kenapa seorang pemilik kendaraan sebaiknya perlu memiliki pompa ban mobil.  Ini jika kamu berada di lokasi yang jauh atau jarang tempat pengisian angin, sehingga tidak memungkinkan kamu menjangkau lokasi tersebut dengan kondisi ban kurang angin tau kempis. Atau tiba-tiba kendaraan kamu kempis dan semua tempat pengisian yang kamu kunjungi sudah tutup.

Masalah itu bisa kamu atasi jika kamu memiliki pompa ban mobil sendiri. Karena itu, kamu bisa memulai memikirkan untuk membeli pompa mobil sendiri. Ada dua jenis pompa ban mobil portable yang bisa kamu pilih, yakni pompa ban mobil manual dan pompa ban mobil elektrik

1. Pompa ban mobil manual

Pompa jenis ini umumnya disebut pompa angin. Biasa digunakan untuk memompa berbagai jenis kendaraan seperti sepeda, motor, maupun mobil. Dinamakan manual, karena cara kerja pompa angin ini menggunakan tenaga, bisa dipompa dengan kaki maupun tangan.

Jika kamu hendak memiliki atau sudah memiliki pompa ban mobil manual ini, butuh upaya ekstra untuk mengisi tekanan angin ban mobil kamu. Apalagi jika ban mobil kamu benar-benar dalam kondisi kempis. Perlu diperhatikan jika menggunakan pompa ban mobil manual, terlebih dahulu mengecek tekanan ban terlebih dahulu dengan alat pengukur tekanan ban yang bisa kamu beli di bengkel atau toko suku cadang. Jangan sampai pengisian ban mobil tidak terukur sehingga kurang atau berlebihan.

2. Pompa ban mobil elektrik

Pompa ban mobil elektrik ini adalah jenis pompa yang menggunakan kompresor mini atau portable sehingga dalam penggunaannya tidak perlu menguras tenaga seperti pompa manual. Pompa ban mobil elektrik ini juga memiliki ukuran kecil sehingga tidak memakan banyak tempat. Biasanya pompa ban mobil elektrik ini juga sudah dilengkapi dengan pengukur tekanan ban untuk memudahkan saat pengisian ban.

Tips Memilih Pompa Ban Mobil

Setelah mengetahui pentingnya kegunaan pompa ban mobil, kamu juga perlu mengetahui langkah-langkah memilih pompa ban mobil yang tepat. Hal ini karena, banyaknya pilihan pompa ban mobil yang ada di pasaran. Tentunya agar kamu tidak bingung, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat hendak membeli pompa ban mobil.

1. Pastikan tekanan psi sesuai dengan mobil

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat membeli pompa ban mobil adalah tekanan Pounds per Square Inch atau Psi pada pompa harus disesuaikan dengan mobil yang kamu miliki. Sebab, semakin besar jenis ban mobil kamu, membutuhkan pompa dengan kekuatan Psi besar. Karenanya, pastikan pompa yang kamu beli sesuai dengan jenis ban mobil kamu.

2. Pilih pompa ban multifungsi

Tips kedua yang perlu diperhatikan saat hendak membeli pompa ban mobil adalah fiturnya. Usahakan pompa ban mobil yang akan kamu beli memiliki beragam fitur dan fungsi seperti indikator tekanan udara, kemudian bisa digunakan untuk mengisi tekanan angin kendaraan lain seperti sepeda atau sepeda motor.

3. Pilih pompa yang berkualitas dengan desain portabel

Saat memilih desain pompa portable upayakan memilih yang berkualitas dan memiliki desain portable. Karena nantinya, pompa ban mobil ini akan kamu bawa kemana pun. Sehingga saat diletakan di mobil tidak membutuhkan ruang yang banyak. Selain itu, kualitas pompa yang kamu pilih juga tentu berpengaruh pada saat keawetannya. Pastinya, kamu tidak ingin pompa ban mobil kamu cepat rusak.

Rekomendasi Pompa Mobil dan Harga

Terdapat berbagai merk pompa ban mobil yang tersedia di pasaran. Kamu bisa memilih pompa ban yang sesuai dengan kebutuhan maupun anggaran yang kamu miliki. Di bawah ini, kita rekomendasikan beberapa merk pompa ban mobil untuk kamu.

Merk Pompa Ban MobilHarga
RYU RCC12 Pompa Angin Ban Mobil DCRp280 ribu
USAMS ZB215 Mini Car Air Pump Portable 5000mAhRp399 ribu
NOTALE NTL-CP299 Portable Air Pump Pompa Angin EmergencyRp399 ribu
Pompa Angin Ban Manual KenmasterRp45 ribu
Foot Pump (12cm) INGCO MPP5511 Pompa Angin Manual KakiRp239 ribu
INGCO Pompa Ban ElektrikRp450 ribu
Kenmaster Mini Air CompressorRp189 ribu
EAFC Inflator Pompa Angin Elektrik LCD CSLPo3Rp210 ribu
Xiaomi Portable Electric Air CompressorRp520 ribu
Coido 6218Rp700 ribu

Nah, itu tadi ulasan mengenai pentingnya memiliki pompa ban mobil berikut tips memilih pompa ban mobil terbaik. Jangan ragu untuk memiliki pompa ban mobil demi menghindari kejadian tidak terduga saat berkendara seperti ban kempis atau kurang angin karena cuaca.

Penting untuk kamu perhatikan, selalu melakukan perawatan terhadap ban mobil dan mobil kamu secara rutin di bengkel. Untuk memudahkan kamu mencari bengkel, terdapat aplikasi Otoklix yang akan mencarikan bengkel terdekat untuk ban mobil dari wilayahmu di Jabodetabek.