Kejadian tidak terduga bisa saja terjadi kapan saja saat kita mengendarai mobil. Salah satunya adalah saat kunci mobil milik kita patah saat digunakan.

Tentu hal tersebut tidak kita inginkan. Sebab, hal itu membuat aktivitas kita terhambat saat akan mengoperasikan mobil kesayangan.

    Lantas bagaimana cara mengatasi kunci mobil yang patah saat digunakan ? Terlebih patahannya tertinggal di lubang kunci kontak atau pintu mobil.

    Jika hal tersebut dialami oleh kalian, sebaiknya tidak perlu panik atau khawatir. Sebab, Otoklix telah merangkum beberapa cara untuk mengeluarkan patahan anak kunci yang tertinggal tersebut, mari disimak ya.

    Memanfaatkan Kawat Logam

    Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mencari kawat logam. OtoFriends bisa memanfaatkan kawat logam untuk mengeluarkan anak kunci mobil yang patah.

    Pertama, bersihkan kotoran yang berpotensi menghambat patahan kunci dengan menggunakan udara bertekanan. Hindari menyemprotkan pelumas maupun cairan pembersih lain ke dalam lubang.

    Hal itu karena cairan tersebut justru akan merusak sistem kunci. Biasanya kerusakan seperti ini kerap terjadi pada mobil keluaran baru yang terdapat beberapa fitur tambahan.

    Selanjutnya, masukkan sisa badan kunci ke dalam lubang kunci. Dengan cara ini, memungkinkan kalian untuk bisa menjangkau patahan kunci tadi.

    Gunakan kawat logam tadi dan selipkan ke samping kunci, atau gunakan klip kertas juga bisa. Luruskan kawat atau klip tersebut agar bisa masuk ke lubang hingga ke samping patahan kunci. 

    Jika perlu tekuk ujung kawat agar bisa menggaet kunci. Jaga agar kawat tetap berada di samping kunci mobil yang patah, dan perlahan keluarkan patahan kunci itu.

    Agar lebih mudah, capit patahan kunci dengan kawat tadi. Lalu pada saat menarik kunci, goyangkan kawat untuk meminimalisir kemungkinan tersumbatnya patahan kunci.

    Baca Juga: Syarat dan Cara Duplikat Kunci Mobil Immobilizer Agar Aman

    Buka Lubang Kunci

    Kemudian, cara kedua yang bisa kalian lakukan adalah membuka lubang kunci dengan tang cucut. Akan tetapi, agar lebih maksimal disarankan menggunakan tang cucut berukuran kecil.

    Masukkan bagian rahang pada tang hingga sedikit masuk ke lubang kunci. Lalu bentangkan agar lubang kunci sedikit terbuka.

    Perlu diingat, pergunakan cara ini hanya saat mendesak saja, karena sebenarnya ini bisa merusak lubang kontak. Selanjutnya, capit kunci mobil yang patah dengan tang cucut.

    Selipkan tang agar bisa masuk sedalam mungkin dan bisa menjangkau patahan kunci. Terakhir, jika pencapit sudah bisa masuk, maka keluarkan anakan kunci mobil yang patah dari lubang. Selanjutnya kalian bisa meneruskan perjalanan dengan menggunakan kunci serep yang sudah tersedia.

    Gunakan Lem Tembak atau Power Glue

    Lem tembak atau jenis lem lainnya seperti power glue ternyata bisa membantu untuk mengeluarkan patahan anak kunci. Yang perlu dilakukan pun terbilang cukup mudah. 

    Cukup Oleskan sedikit lem power glue ke ujung patahan anak kunci yang ada di luar lubang pintu, lalu tempelkan ke patahan anak kunci di dalam lubang pintu. Biarkan lem power glue mengering, lalu tarik anak kunci untuk mengeluarkan patahan dari lubang kunci. 

    Untuk cara ini, kamu perlu sangat berhati-hati karena ceceran lem power glue bisa berdampak buruk pada lubang kunci. Oleh karenanya Pastikan posisinya pas agar tidak menempel pada bagian yang lain. 

    Satu lagi, gunakan lem ini hanya sedikit saja, atau lubang kunci justru bisa tertutup lem power glue. Setelah kedua kunci saling menempel, diamkan sesaat agar lem benar-benar kering dan keduanya melekat dengan sempurna.

    Jika sudah, tarik kunci dengan arah lurus maka anakan kunci mobil yang patah akan terangkat keluar bersama kepala kunci. Tentunya cara yang satu ini sangat mudah dan praktis untuk kalian lakukan.

    Menariknya dengan Pinset

    Selain ketiga cara di atas, kalian juga bisa memanfaatkan pinset guna mengeluarkan patahan kunci mobil kalian. Untuk cara ini, pastikan lubang kunci terjangkau pinset. Cukup masukkan pinset ke lubang kunci.

    Setelah seluruh batang pinset masuk seluruhnya, kalian bisa menarik pinset tersebut secara perlahan-lahan. Hal itu untuk menghindari patahan kunci OtoFriends terlepas dari capitan pinset tersebut.

    Hubungi Tukang Kunci 

    Bila saat kunci patah sudah menyalakan mesin, cara paling mudah adalah dengan membawa langsung ke tukang kunci. Lain cerita bila mesin belum menyala, pemilik harus berusaha mengeluarkan anak kunci dari lubang kunci.

    Baca Juga: 6 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci. Jangan Panik Ya!

    Saat ini banyak tersedia jasa tukang kunci yang melayani 24 jam, sehingga hal ini cukup membantu. Hubungi tukang kunci yang menyediakan layanan beli mobil, pasalnya tidak semua tukang kunci bisa melakukan pekerjaan ini.

    Biasanya tukang kunci akan mematok tarif sekitar Rp 300 ribu untuk membongkar rumah kunci kontak mobil kalian. Bila anak kunci bisa dicabut, segera buat duplikat kunci, biayanya berkisar Rp 40 ribu sampai Rp 60 ribu.

    Nah itu dia sedikit tips untuk kalian untuk mengatasi kunci mobil yang patah saat digunakan. Selain berbagai langkah di atas, OtoFriends juga bisa menghubungi bengkel terdekat melalui aplikasi dan website Otoklix untuk memperbaiki kendala tersebut.