Oli TMO memang menjadi salah satu oli rekomendasi Toyota Vios. Selain untuk mobil Vios, oli TMO juga direkomendasikan bagi mobil-mobil Toyota lainnya. Tetapi jika tidak menggunakan oli TMO, Toyota Vios juga bisa menggunakan oli lainnya dengan spesifikasi yang sesuai.

Apa saja oli rekomendasi Toyota Vios? Sebelum itu mari kita simak ciri oli mesin yang bagus untuk Toyota Vios.

Baca juga: Setiap Berapa Km Ganti Oli Transmisi Mobil Manual?

Ciri Oli Mesin Bagus untuk Toyota Vios

Memilih oli yang tepat sangat penting bagi mobil. Pasalnya, penggunaan oli yang tidak tepat bisa menghambat kinerja mesin, bahkan bisa membuat komponen mesin rusak.

Misalnya, menggunakan oli yang terlalu encer untuk mobil-mobil lawas. Hal ini tidak dianjurkan karena oli encer tidak bisa menahan gesekan antar komponen mobil lawas yang memiliki celah agak renggang.

Jadi, bagaimana ciri oli yang bagus untuk Toyota Vios?

Memiliki warna yang jernih

Warna oli bermacam-macam, tetapi oli mesin biasanya memiliki warna keemasan dan jernih. Oli yang jernih artinya bersih, tidak ada kotoran. Kalau oli keruh dan pekat, kemungkinan tidak terlalu optimal dalam melumasi mesin.

Aroma tidak menyengat

Oli memiliki aroma yang khas, tetapi tidak menyengat. Oli rekomendasi Toyota Vios sebaiknya memiliki aroma yang natural. Artinya pelumas tersebut tidak ditambahkan pewangi yang mungkin akan memengaruhi kualitas oli.

Tidak memiliki endapan

Ciri ini bisa dicek dengan menuangkan oli mesin ke wadah yang jernih. Bisa juga dengan melihatnya ke dalam botol oli. Pastikan oli rekomendasi Toyota Vios tidak memiliki endapan pada bagian dasar wadah tersebut. Waspada dengan oli palsu atau oplosan yang memiliki kualitas berbeda jauh dengan oli original. Biasanya oli palsu atau oplosan ini memiliki endapan di bagian dasar.

Tingkat kekentalan sesuai

Selanjutnya, memilih oli untuk Toyota Vios harus menyesuaikan tingkat kekentalan dengan spesifikasi mesin. Oli rekomendasi Toyota Vios keluaran tahun 2013 sebaiknya menggunakan oli dengan viskositas 10W-40 dengan standar di atas API SL. Alternatifnya adalah SAE 10W-30, 15W-40, dan 5W-30.

Bisa menggunakan oli TMO maupun merek lain dengan spesifikasi oli yang sama. Sebaiknya konsultasikan dengan pihak bengkel mengenai kekentalan oli yang disarankan untuk Toyota Vios. 

Mempelajari kode oli dan sertifikasinya

Telah dibahas sebelumnya bahwa kekentalan oli Toyota Vios harus sesuai. Hal itu ditandai dengan kode SAE (Society of Automotive Engineers). Ini adalah lembaga yang mengeluarkan standardisasi kekentalan oli. Selain kekentalan oli, kode ini juga menunjukkan stabilitas kekentalan oli pada suhu rendah dan tinggi.

Contohnya, oli 5W-30 lebih encer daripada oli 10W-40. Mobil keluaran lama yang berusia 5-10 tahun memang disarankan menggunakan oli 10W-40. Tetapi tetap melihat bagaimana kondisi mesinnya.

Selain itu ada pula kode API yang merupakan singkatan dari American Petroleum Institute. Kode API ini menunjukkan kualitas oli berdasarkan jenis, teknologi, usia pakai, dan parameter lainnya. Untuk mobil bensin diawali huruf S dan diikuti huruf berikutnya. Apabila huruf berikutnya mendekati Z, artinya oli tersebut semakin bagus. Misalnya, kode SN lebih baik daripada kode SL.

Ada juga kode lain seperti ACEA dan ILSAC.

Memilih oli sintetis

Berdasarkan bahan penyusun utamanya, oli dibagi menjadi oli mineral dan sintetis. Oli sintetis dianggap lebih baik untuk mobil-mobil modern. Tingkat penguapannya rendah, lebih tahan gesekan, bisa mencegah karat, dan tahan terhadap oksidasi. Selain itu oli sintetis juga biasanya sudah ditambahkan zat aditif yaitu pembersih. Sehingga oli juga berfungsi membersihkan ruang mesin dari sisa hasil pembakaran.

Sesuai kapasitas

Informasi kapasitas oli diperlukan ketika kamu akan membeli oli rekomendasi Toyota Vios. kapasitas oli Vios adalah 3,4 liter tanpa filter oli dan 3,7 liter dengan filter oli.

Oli TMO untuk Toyota Vios

Oli TMO memang dianjurkan untuk mobil-mobil Toyota karena diformulasi sesuai dengan mesin mobil Toyota. Oli TMO sudah menggunakan Actifilm Technology dan Double Protector untuk menciptakan lapisan pelindung ganda pada komponen mesin yang terbuat dari logam. Sehingga gesekan antar komponen dapat diminimalisasi.

Oli TMO cocok digunakan pada mobil berbahan bakar bensin dan diesel. Selain itu, oli TMO juga memiliki banyak varian, mulai dari 0W-20, 5W-30, 10W-40, 10W-30, dan 15W-40. Ada yang menggunakan fully synthetic maupun semi sintetis.

TMO Lubricant 10W-40 API SN

Oli dengan warna kemasan abu-abu dan tutup biru ini menggunakan bahan semi sintetis. Tetap ada penambahan zat aditif berteknologi Actifilm Technology dan Double Protection yang dapat melindungi mesin dari pembentukan kerak pada dinding-dindingnya maupun pada celah mesin. Oli ini tergolong paling murah dibandingkan oli TMO lainnya. TMO 10W-40 SN ini menjadi oli rekomendasi Toyota Vios.

TMO Lubricant 5W-30 API API SN

Oli TMO SAE 5W-30 API SN telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh Toyota Global. Cocok digunakan pada semua jenis mesin bensin dan juga turbocharge. Termasuk cocok digunakan untuk alternatif oli Toyota Vios.

Oli ini adalah oli sintetis dengan Actifilm Technology untuk performa yang stabil dan maksimal. Selain cocok digunakan pada Toyota Vios, oli ini juga cocok dipakai pada Toyota Agya, Cayla, Avanza, Innova, dan Camry.

Sekali lagi, oli TMO bukan satu-satunya oli rekomendasi Toyota Vios. Kamu bisa menggunakan merek lain dengan spesifikasi 10W-40 dengan sertifikasi di atas SL.

Baca Juga: Mengenal Oli Fuchs, Kualitas Jerman Harga Terjangkau

Fuchs Titan Formula SN SAE 10W-40

Titan Formula SN SAE 10W-40 adalah pelumas mesin sintetis untuk semua musim yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Oli mesin ini juga diformulasikan khusus untuk mesin bensin dan melindungi dari deposit pada turbocharger.

Titan GT 1 Pro Flex SAE 5W-30 

Titan GT 1 Pro Flex 5W-30 adalah pelumas mesin dengan kinerja premium yang didesain dengan teknologi baru – XTL yang memberikan kinerja optimum pada saat mesin berada di kondisi suhu start awal yang rendah dan akan terus memberikan kinerja tertinggi untuk penggunaan jangka panjang. Teknologi XTL juga terbukti dapat menghemat konsumsi bahan bakar sehingga lebih ekonomis.

Salah satu hal terpenting selain memilih oli yang bagus adalah rutin mengganti oli dan juga rutin melakukan servis mobil secara keseluruhan. Oli yang bagus tetapi jarang diganti tetap saja performanya akan menurun. Jadi, disarankan untuk ganti oli setiap 6 bulan sekali atau setiap 10.000 km.

Yuk, jadwalkan servis rutin mobil di aplikasi Otoklix. Booking langsung dan harganya transparan, kamu bisa langsung bayar tanpa khawatir pembengkakan biaya setelah datang ke bengkel. Tersedia 2.000+ bengkel mitra se-Jabodetabek juga, Otoklix akan mencarikan bengkel terdekat lokasimu.

Pertanyaan Seputar Oli Mobil Vios

TMO 10W-40 SN ini menjadi oli rekomendasi Toyota Vios.

Oli 10W-40 untuk mobil yang membutuhkan oli yang cukup encer. Sehingga dapat digunakan pada mobil keluaran terbaru di bawah usia 10 tahun. Banyak juga digunakan pada mobil-mobil Low MPV seperti Toyota Avanza 1.500 cc dan 1.300 cc.

Kode oli 15W 50 biasanya digunakan mobil berusia 10 tahun ke atas.