Mobil-mobil JDM atau Japan Domestic Market akan selalu menjadi bagian penting perkembangan dunia otomotif, khususnya roda empat. Mobil JDM sendiri hanya dipasarkan di negara Jepang dan dibuat menggunakan spesifikasi untuk standar serta regulasi Jepang.

Kendati demikian, mobil-mobil JDM  sampai dengan saat ini popularitas mobil JDM sendiri masih tinggi. Bahkan untuk pasar Indonesia pun banyak sekali masyarakat yang tertarik dengan mobil bergaya sport ini.

Akan tetapi, kalian harus siap merogoh kocek yang cukup dalam untuk memiliki satu mobil JDM yang ada. Hal tersebut karena rata-rata harga mobil JDM sendiri dibanderol harga selangit.

Alasannya karena popularitas yang tinggi dan juga karakteristik mobil JDM itu sendiri. Meski dikenal sebagai mobil mahal, namun tidak menutup kemungkinan ada juga beberapa mobil JDM murah bisa kita miliki.

Berikut mobil JDM yang bisa kalian miliki suatu saat nanti. Mari disimak.

Toyota GR Supra 

Toyota GR Supra menjadi mobil JDM yang sering diimpikan oleh para petrolhead. Mobil Jepang satu ini memang dikenal memiliki performa yang sangat tinggi.

Pada seri terbarunya, Supra dibekali mesin BMW B58 yang memiliki kemampuan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,9 detik. Untuk model GR Supra 2021, tenaga yang dihasilkan diklaim lebih luar biasa lagi. Mobil ini akan memiliki tenaga maksimum mencapai 382 tk dari mesin 3-silinder tersebut.

Lancer Evo x FQ440 MR

Banyak pecinta mobil yang setuju jika Mitsubishi Evo disebut sebagai sedan berperforma tinggi. Mitsubishi menyasar pasar Inggris dengan nama FQ440. 

Sesuai namanya, tenaga yang dihasilkan mencapai 440 tk. Tenaga tersebut dihasilkan dari mesin 2-liter turbocharged 4-silinder. 

Layaknya model Evo lainnya, mobil ini juga tidak sempurna dan tetap mengalami turbo lag. Meski demikian, kemampuan akselerasinya untuk 0-100 km/jam tembus 3,8 detik.

Baca Juga: Ini Macam-macam Aliran Modifikasi Mobil, Pilih Yang Mana?

Nissan Skyline GT-R

Selanjutnya ada juga mobil JDM murah dari kalangan atas, mobil tersebut ialah Nissan Skyline GT-R. Di atas kertas mobil dengan mesin 3.8 L VR38DETT twin-turbo V6.

Mobil satu ini diklaim sanggup menawarkan tenaga maksimal hingga 330 hp dan torsi maksimum 289 lbft. Didesain dengan memiliki dua pintu, tampilan aerodinamis pun sangat terasa dengan adanya underfloor diffuser pada yang memakai model V-Spec.

Tak hanya sampai disitu, ada pula fitur LCD yang mampu menampilkan semua detail dan statistik mesin turbo yang dibawanya. Untuk memaksimalkan tenaganya, pendistribusian power mesin ke roda memanfaatkan sistem transmisi manual dengan 6 tingkat percepatan. 

Lantas berapa harga mobil JDM ini? Saat ini diketahui berkisar Rp 1.6 miliar rupiah.

Toyota Corolla AE86

Toyota Corolla AE86 menjadi salah satu JDM yang paling diidamkan saat ini. Mobil dari pabrikan Jepang tersebut bisa di dapat dengan kisaran harga 300 juta rupiah.

mobil ini merupakan salah satu mobil dengan konsep yang sangat simple dan namun kesan sporty dan gagah tetap bisa kita dapatkan. Corolla AE86 identik dengan film Initial D yang dirilis pada tahun 2005 silam.

Mengusung mesin berkapasitas 1.6 liter bertipe NA DOHC 16V I4. Membuat mobil JDM murah dari Toyota yang satu ini sanggup mengeluarkan power 128 HP.

Datsun 240Z

Selanjutnya ada mobil JDM murah yang bisa kita miliki dari pabrikan ternama Datsun. Adapun seri atau tipe yang masuk dalam keluarga mobil Japanese Domestic Market murah ini adalah Datsun 240Z.

Mobil satu ini terbilang sangat unik. Dimana Datsun 240Z memiliki desain klasik dan juga minimalis karena hanya memiliki dua pintu.

Meski cukup sulit menemukan mobil JDM murah ini, akan tetapi di pasaran diketahui jika harga untuk bisa memboyong mobil populer ini hanya sekitar Rp 245 juta rupiah. Harga tersebut tentu saja cukup murah dan terjangkau untuk kelas mobil JDM 2 pintu.

Datsun 240Z ini juga sudah disertai adanya mesin DOHC berkapasitas 2 liter, 2.8 L turbocharger L28ET. Dimana dari data yang ada, mesin tersebut sanggup mengeluarkan power maksimal 409 hp / 5.310 rpm dan torsi 635 Nm / 3.777 rpm.

Mazda RX7

Kehadiran Mazda RX7 pasar mobil JDM menjadi perbincangan cukup hangat. Apalagi dengan model yang simple, minimalis dan juga sporty menjadikannya begitu menarik perhatian.

Bermodal mesin 13B-REW membuatnya sanggup menawarkan tenaga maksimal sekitar 276 HP dengan torsi puncak 317 lbft. Pencapaian tersebut tidak terlepas dari pemakaian beragam teknologi dan fitur di dalamnya, termasuk pemakaian transmisi 5 percepatan.

Untuk bisa memiliki mobil JDM murah Mazda RX7, kalian harus rela merogoh kocek sekitar Rp 650 juta rupiah. Harga tersebut sangat sebanding dengan spesifikasi, fitur dan juga keunggulannya.

Lexus LFA

Pabrikan Lexus tidak hanya dikenal dengan mobil-mobil mewah saja. Kali ini merk asal Jepang itu juga memproduksi mobil kecepatan tinggi yakni, LFA.

Supercar dengan mesin depan ini menggunakan mesin Yamaha 4,8 liter V10. Mesin ini menghasilkan tenaga hingga 553 tk yang dialirkan ke roda belakang. Dengan bantuan launch control, mobil ini mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu 3,7 detik. 

Hanya ada 500 unit LFA yang dibuat, termasuk edisi spesial yang dibekali dengan pilihan paket performa Nurburgring.

Baca Juga: CERITA MODIFIKASI New Corolla AE112 jadi AE111 GT | OtoStory Ep.1

Toyota GT-One

Interpretasi dari aturan FIA Group C menghadirkan supercar yang beragam. Salah satunya adalah Toyota GT-One yang memiliki keunikan pada tangki bensin cadangan yang dapat dijadikan bagasi.

Toyota tidak pernah serius untuk mempertimbangkan GT-One untuk diproduksi secara massal. Ada dua unit yang dibangun dengan sisa suku cadang dari program balap. Versi road-legal mobil ini bermasalah pada ergonominya. 

Tidak ada informasi mengenai seberapa besar tenaganya. Namun, mesin 3,6 liter V8 diestimasikan menghasilkan sekitar 600 tk. Kemampuan akselerasinya untuk 0-100 km/jam tembus 3,6 detik.

Yamaha OX99-11

Apakah kalian asing dengan merek mobil Yamaha. Yap, Yamaha berhasil menciptakan supercar pertamanya dengan melahirkan OX99-11. Mobil ini hadir sebagai bentuk keterlibatannya pada Formula 1 (F1).

OX99-11 dibekali mesin Yamaha 3.5 liter V12 yang awalnya dikembangkan untuk F1. Namun, mesin tersebut dinilai lebih cocok untuk digunakan di jalan dibandingkan untuk kompetisi. 

Mesin yang didesain oleh Zakspeed ini menghasilkan tenaga sebesar 400 tk. Berkat sasisnya yang hanya memiliki bobot 1.133 kg, mobil ini bisa melesat 0-100 km/jam dalam waktu 3,2 detik.

Subaru Impreza 22B STi

Subaru Impreza 22B STi. Mobil ini dipasarkan dengan kisaran Rp 500 juta rupiah. Tidak bisa dipungkiri bahwa mobil ini memiliki performa yang luar biasa.

Membawa mesin Boxer F4 Turbocharger dengan kapasitas 2.2 L. Menjadikan mobil JDM dari Subaru ini sanggup menawarkan power sebesar 276 HP dengan torsi sekitar 268 lbft. 

Untuk layoutnya, mobil JDM murah Subaru memakai layout Front Engine – AWD. Guna memaksimalkan laju kendaraan saat di pacu, Subaru menempatkan gearbox manual dengan 6 tingkat percepatan.

Dari semua itu diatas kertas  Top Speed yang diraih mencapai 154 Mph/ 248 Kph dan akselerasi 0-100 mph hanya butuh waktu 13.1 detik.

Itulah 10 mobil JDM yang bisa kalian miliki sebagai penghias garasi di rumah. Sementara itu, bagi OtoFriends yang ingin mencari bengkel untuk melakukan perawatan mobil, bisa mencarinya di website dan aplikasi Otoklix.