Mobil vios bekas generasi pertama dapat menjadi alternatif bagi OtoFriends yang ingin memiliki mobil sedan mewah dengan harga yang murah. Banyak di jual di pasar mobil bekas, mobil vios bekas generasi pertama berhasil menarik minat anak muda lantaran menawarkan berbagai macam keunggulan dengan kualitas mumpuni. 

Berbeda dengan mobil Vios bekas generasi kedua dan ketiga, mobil Vios bekas generasi pertama ini bahkan ada yang dibanderol dengan harga jual Rp30 jutaan. Namun, kali ini kita bakal bahas harga mobil Vios bekas yang banyak beredar, yaitu mulai dari Rp50 jutaan.

Price List of the Latest Used Vios 2022

Vios sudah menjajal jalanan Indonesia sejak hampir dua dekade yang lalu. Sampai saat ini, Toyota Vios sudah melahirkan 3 generasi. Ini dia daftar lengkap harga mobil Vios bekas terkini 2022.

Toyota Vios G A/T 2003 – Rp55 Juta – Rp65 jutaan

Generasi pertama Vios ini punya desain interior dan eksterior yang minimalis. Kabinnya terasa sempit dengan material plastik yang terlihat keras. Selain itu, speedometer yang diletakkan di tengah juga terasa mengganggu.

Meskipun desainnya terkesan sederhana, tetapi kenyamanan mobil ini sangat terasa saat dibawa berkendara. Suspensinya empuk dan kabinnya kedap. Meskipun mobil ini kurang luwes saat bermanuver, tetapi sangat responsif di putaran bawah. Sehingga, sangat nyaman digunakan di perkotaan.

Selain itu, konsumsi BBM-nya juga irit, per liternya bisa digunakan berjalan sampai dengan 20 km. Hal ini berkat adanya teknologi Electronic Fuel Injection. Harganya bisa dibeli mulai Rp55 jutaan untuk varian paling rendah, yaitu varian E.

Toyota Vios G A/T 2008 – Rp70 Juta

Beralih ke generasi kedua, desain Vios kali ini sudah lebih baik. Jika dilihat sekilas mirip Toyota Yaris. Panjang bodinya menyusut, tetapi wheelbase-nya lebih panjang. Ruang kaki pada baris kedua lebih lega meskipun volume bagasi jadi terpangkas.

Selain itu, ada perbaikan juga di fitur G A/T, fiturnya jadi lebih lengkap. Ada Steering Wheel Audio Control, Engine Start/Stop Button, Electric Retractable Mirror, Keyless Entry, sampai dengan MID.

Di sisi lain, ada juga perbaikan pada segi mesinnya, yaitu menggunakan Intelligent Drive by Wire ETCS-I. Kemudian, konsumsi BBM juga masih hemat dan ramah lingkungan. Ada pula catalytic converter yang bikin Vios sudah laik standar emisi Euro III. Harga mobil Vios bekas G A/T 2008 ini bisa didapat dengan Rp70 jutaan.

Baca juga: Pilihan Oli Rekomendasi Toyota Vios dan Tips Memilihnya

Toyota Vios G A/T 2010 – Rp100 Juta

Berselang 3 tahun, pada 2010 generasi kedua Vios ini juga mengalami beberapa perubahan yang krusial. Tujuannya adalah memberikan kesan elegan pada Vios. Sentuhan ini terlihat pada warna krom di bagian gril,  list bagian belakang, desain velg, desain lampu belakang, dan lampu kabut. Warna joknya juga menjadi beige dengan pola jok yang baru.

Namun, Vios generasi pertama dan kedua masih sering mengalami kendala pada speedometer serta indikator engine check yang bermasalah. Kabel-kabel sensor mesin menjadi penyebab kondisi ini karena sudah termakan usia. Harga mobil Vios bekas untuk keluaran 2010 ini berkisar Rp100 jutaan.

Toyota Vios G A/T 2014 – Rp140 Juta

Pada 2013, Vios generasi ketiga punya perubahan yang mendasar, yaitu menggunakan mesin 1.5 liter dengan kode 1NZ-FE. Performa yang responsif dan irit BBM tidak tergoyahkan. Di generasi kedua ini, dimensinya kembali menjadi panjang. Desainnya berubah menjadi lebih sporty. 

Kesan sporty terlihat dari model headlamp yang menyipit dengan projector. Grilnya juga terlihat lebih tegas dan tajam. Kemudian, foglamp juga didesain untuk mempertegas bahwa Vios pun mengikuti zaman. Namun, harga bekasnya masih cukup tinggi, yaitu Rp140 jutaan.

Toyota Vios G A/T 2018 – Rp190 Juta

Selanjutnya adalah generasi tahun 2018. Meskipun hanya berselang tiga tahun sejak perubahan mesin, pada 2018 Vios kembali mengalami perubahan mesin menjadi 2NR-FE. Mesin ini juga dipakai pada Avanza facelift generasi 2 dan Sienta generasi 2. Penggunaan mesin ini membuat performa dan kenyamanan Vios menjadi lebih unggul.

Selain itu, kabinnya terasa lebih baik dengan sentuhan warna black-ivory. Penampilan speedometer sudah ditempatkan di depan pengemudi. Kemudian, di sisi hiburan juga mengalami perbaikan dengan adanya head unit touchscreen yang bisa terhubung dengan HDMI dan smartphone mirroring. Sudah ada pula voice command dan digital auto AC. Hal ini membuktikan bahwa Vios tidak kalah dengan mobil sedan kelas tinggi.

Namun, karena masih tergolong anyar dengan fitur yang lengkap, harga bekasnya masih di angka Rp190 jutaan.

Setelah membahas satu per satu generasi Vios dan tipenya, berikut Otoklix tampilkan tabel daftar lengkap harga mobil Vios bekas mulai keluaran 2003 sampai 2014.

Also read: Look Cool with a Sport Modified Vios Car, Here are Tips!

TipeHarga
Vios 1.5 G A/T 2003 Rp55 jutaan
Vios 1.5 E M/T 2004 Rp75 jutaan
Vios G A/T 2006Rp67 jutaan
Vios G A/T 2007Rp60 juta – Rp75 jutaan
Vios G M/T 2007Rp65 juta – Rp82 jutaan
Vios E A/T 2008 Rp55 jutaan
Vios G M/T 2008Rp70 jutaan
Vios G M/T 2008Rp75 jutaan
Vios E M/T 2009Rp60 jutaan
Vios G A/T 2009Rp70 juta – Rp90 jutaan
Vios G M/T 2009Rp90 jutaan
Vios TRD A/T 2009Rp95 jutaan
Vios 1.5 G A/T 2010Rp104 jutaan
Vios 1.5 G M/T 2010Rp82 jutaan
Vios 1.5 G A/T 2011 Rp105 jutaan
Vios 1.5 G M/T 2012Rp108 jutaan
Vios TRD Sportivo A/T 2013Rp130 jutaan
Vios 1.5 G M/T 2013Rp80 jutaan
Vios 1.5 G A/T 2014 Rp144 jutaan

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Vios

Kelebihan Toyota Vios

Meski segmen mobil sedan tidak terlalu banyak di Indonesia, mobil Vios bekas generasi pertama ini mampu menarik minat banyak pembeli. Lantas seperti apa keunggulannya? Simak ulasannya!

  1. Desain Trendy

Memiliki tampilan desain eksterior yang trendy dan modern, mobil vios bekas ini sangat cocok dimiliki anak muda. Desainnya yang modern dengan bagian grill yang berwarna chrome, serta bagian bumper yang dilengkapi dengan fog lamp dan bodykit membuat mobil vios bekas tidak kalah stylish dengan mobil lainnya. Tampilan interior yang ditawarkan juga cukup memikat hati. Dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih di kelasnya, mobil vios bekas memiliki audio dan fitur digital yang baik. Kabinnya luas dan cocok untuk digunakan bepergian jarak jauh dengan jumlah penumpang 3 sampai 5 orang.

  1. Irit Biaya BBM dan Perawatan

Mobil Vios bekas dilengkapi mesin yang sangat responsif dan bisa diandalkan. Dibekali dengan suspensi yang mumpuni, mobil vios bekas generasi pertama ini juga dikenal memiliki sistem pemakaian bahan bakar yang baik. Selain itu, tenaga maksimal mesin yang dikeluarkan bisa mencapai 107 Hp pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm. Itulah sebabnya mobil Vios bekas masih tetap menjadi primadona di kalangan anak muda dan cocok untuk para pecinta otomotif, karena selain irit bahan bakar, mobil vios bekas ini tetap dapat melaju dengan baik bahkan di kondisi jalanan yang tidak rata. 

  1. Harga Mobil Bekas Terjangkau

Mobil Vios baru umumnya dijual mulai dari harga Rp250 jutaan. Meski sudah dibanderol dengan harga yang relatif murah di kelasnya, turunnya insentif potongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) membuat beberapa orang dengan dana terbatas lebih memilih untuk mencari mobil Vios bekas sebagai alternatif. Hingga kini, baik transmisi matik atau manual mobil Vios harga 30 jutaan semakin banyak diburu dan selalu laris di pasaran. 

  1. Banyak Konsep Modifikasi

Bagi Otofriends yang ingin tampil beda namun memiliki dana terbatas, menjadikan mobil Vios bekas sebagai alternatif adalah pilihan yang tepat. Selain terkenal karena irit BBM dan memiliki tenaga mesin yang mumpuni, mobil vios bekas juga memiliki banyak konsep modifikasi. 

Biaya perawatannya pun murah, sparepartnya mudah ditemukan dan dapat diperoleh dengan harga terjangkau. OtoFriends hanya perlu memikirkan konsep modifikasi yang diinginkan, membeli mobil vios harga 30 jutaan, dan kemudian menggunakan sisa dana yang ada untuk membeli sparepart dan melakukan restorasi dan modifikasi.

Also read: 13 Best Sedan Cars in Its Class, Luxury and Class

Kekurangan Toyota Vios

Meski dibandrol dengan harga yang murah, irit BBM dan  memiliki banyak konsep modifikasi, OtoFriends juga harus mengetahui seperti apa kekurangan dari mobil vios bekas ini. Umumnya, mobil vios harga 30 jutaan atau mobil vios bekas generasi pertama ini tidak memiliki fitur keselamatan yang mumpuni, sehingga OtoFriends perlu berhati-hati atau melakukan antisipasi saat berkendara dengan selalu menaati rambu-rambu dan juga aturan berkendara yang berlaku. 

Selain itu, fitur pada dashboard juga tidak terlalu banyak, hanya ada Ac dan audio sebagai pelengkap. Mobil vios juga dikenal memiliki kekurangan terhadap kaki-kaki mobilnya. Tidak direkomendasikan untuk berkendara terlalu sering di jalanan yang tidak rata karena dapat menimbulkan masalah pada kaki-kaki mobil. 

Itulah beberapa hal yang perlu OtoFriends ketahui sebelum membeli mobil bekas harga 30 jutaan. Meski mobil vios memiliki beberapa kekurangan, namun mobil vios bekas tetap memiliki beberapa keunggulan favorit yaitu desain yang trendy dan irit bahan bakar. Keunggulan tersebut tentu bisa menjadi pertimbangan bagi OtoFriends sebelum melakukan pembelian. 

Otoklix bermitra dengan 2000 lebih bengkel umum di jabodetabek. Tidak perlu khawatir apabila ingin melakukan servis atau perbaikan, karena OtoFriends dapat melakukan booking di awal pemesanan. Pesan jasa servis kendaraan lebih mudah di otoklix, 100% refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking.

Pertanyaan Seputar Mobil Vios Bekas

Harga mobil Vios bekas bervariasi tergantung kondisi dan tahun keluarannya. Bahkan ada yang Rp30 jutaan. Namun, umumnya berkisar Rp55 juta – Rp90 juta untuk generasi 2003-2009. Sementara untuk keluaran tahun 2011-2014 berkisar Rp105 juta sampai dengan Rp140 jutaan.

Kedua mobil tersebut memang pernah digunakan sebagai mobil taksi, tetapi Limo memang dikhususkan untuk mobil taksi. Bicara soal mesin, Vios dan Limo sama-sama dibekali dengan mesin 1.500 cc 1NZ-FE. Hanya saja desain Limo dibuat lebih sederhana dengan pemangkasan fitur-fitur sehingga harganya lebih murah daripada Vios.

Sejak generasi pertama, Toyota Vios terkenal dengan konsumsi BBM yang irit dan performa yang tangguh. Untuk dalam kota, mobil bisa melaju 11 km sampai 13 km untuk satu liter bensin. Sedangkan saat berkendara di jalanan bebas hambatan seperti jalan tol, konsumsi per liter bensin bisa menembus 20 km.