Memiliki mobil hybrid termurah agaknya mulai jadi impian banyak orang. Pasalnya, mobil hybrid memang menawarkan keunggulan di antaranya adalah penghematan bahan bakar karena punya sumber daya lain, yaitu listrik. Pengisian dayanya juga bahkan secara otomatis yang merupakan sisa pembakaran mesin bensin.

Namun, di balik kelebihannya, ada juga kekurangan dari mobil hibrida ini. Yakni harganya yang masih cenderung mahal dibandingkan dengan mobil konvensional. Hal ini disebabkan karena prosedur pembuatan yang lebih rumit.

Di bawah ini adalah daftar mobil hybrid termurah yang bisa Otoklix miliki. Simak selengkapnya.

Mobil Hybrid Termurah

Meskipun bukan teknologi baru, tetapi belum banyak mobil hibrida murah yang tersedia di pasar Indonesia. Harga termurahnya bahkan masih di angka Rp147 jutaan, yang dipegang oleh Suzuki Ertiga Hybrid. Namun, harga itupun adalah harga unit bekasnya. Bagaimana dengan mobil lainnya?

1. Suzuki Ertiga Hybrid (Rp270 jutaan – Bekas Rp147 juta)

Mobil hybrid termurah pertama adalah Suzuki Ertiga. Suzuki Ertiga dengan mesin konvensional sudah diluncurkan bertahun-tahun silam. Namun, versi terbarunya yang baru muncul pada Juni 2022 menawarkan 2 varian kemewahan, yaitu tipe GX dan Suzuki Sport. Keduanya tersedia dalam pilihan transmisi manual atau otomatis.

Mobil ini menggunakan sistem mild hybrid. Sistem ini membuat konsumsi bahan bakarnya lebih efisien, terutama untuk berkendara di dalam kota. Ertiga menjadi mobil Low MPV (Multi Purpose Vehicle) 7-seater yang memperkenalkan teknologi elektrifikasi. Sudah ada penambahan baterai lithium untuk mendampingi Integrated Starter Generator (ISG).

Harga mobil ini mulai dari Rp270 jutaan sampai dengan Rp293 jutaan untuk unit barunya, sementara mobil hybrid murah bekas Suzuki Ertiga bisa didapat dengan harga Rp147 jutaan. Dengan harga segini, Suzuki Ertiga jadi mobil hybrid termurah di Indonesia.

2. Toyota Camry Hybrid (Rp844 jutaan – Bekas Rp256 juta)

Toyota Camry resmi diluncurkan pada 29 Oktober 2021. Mobil ini merupakan sedan hasil aplikasi teknologi hibrida dari Toyota untuk generasi keempatnya. Di tipe ini, Toyota Camry diklaim lebih efisien, rendah emisi, dan harganya lebih terjangkau, meskipun tetap lebih mahal dibandingkan dengan Toyota hybrid lainnya. 

Untuk generasi keempat ini, All New Camry Hybrid dibanderol dengan harga Rp844 juta. Akan tetapi, bagi OtoFriends yang menginginkan mobil hybrid termurah dari Toyota Camry, bisa juga membeli unit bekas Toyota Camry 2.5 Hybrid keluaran tahun 2013 yang dibanderol dengan harga hanya Rp256 jutaan.

Baca juga: Masih Tergolong Mahal, Segini Tarif Pajak Mobil Hybrid 2022

3. Nissan X-Trail 2.0 Hybrid (Rp576 juta – Bekas Rp266 juta)

Nissan X-Trail Hybrid adalah SUV hybrid di kelasnya yang punya performa responsif, penggunaan bahan bakar yang irit, kabin senyap, serta tampilan yang gagah dengan adanya Bodykit X-Trail Xtremer. 

Mobil ini menggendong tenaga maksimum sampai dengan 185 PS hasil dari kerja mesin bensin 144 PS dan motor listrik 41 PS. Terdapat baterai lithium ion compact yang punya output serta kapasitas penyimpanan yang besar. Sehingga, Nissan X-Trail Hybrid tetap punya performa yang bagus meskipun di medan berat seperti tanjakan curam. Mobil ini bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 10.1 detik.

Konsumsi bensinnya terbilang efisien, yaitu mencapai 20,6 km/L. Saat peluncuran, mobil ini dipasarkan dengan harga sekitar Rp576 juta, tetapi unit bekasnya bisa dibeli dengan harga Rp266 jutaan.

4. Honda CR-Z Hybrid 2013 (Bekas Rp315 juta)

Salah satu mobil hybrid termurah lainnya adalah Honda CR-Z. Mobil CR-Z Hybrid ini terlihat menawan karena model bodinya, apalagi ketika muncul versi facelift. Meskipun telah hadir di Indonesia sejak 2012, versi facelift-nya muncul pada 2016. Mobil ini terlihat seperti mobil sport 2 pintu. Ada perubahan pada bagian eksterior meliputi bumper depan dan belakang yang dibuat lebih sporty, lampu depan LED, desain pelek 17 inci, dan ada fitur multi rear view camera.

Tidak hanya bagian eksterior, interiornya juga mendapat pembaruan. Mulai dari adanya fitur smart entry dengan one push ignition system, steering switch telephone, electronic parking brake, dan juga tidak lupa head unit 7 inci yang punya konektivitas lengkap.

Menilik dapur pacu, Honda CR-Z dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500 cc. Selain itu, performanya juga ditunjang dengan adanya motor listrik dan baterai 100 volt yang bisa menghasilkan tenaga 20 hp. Energi ini bisa memberi dorongan ekstra saat mobil melakukan akselerasi. Harga Honda CR-Z Hybrid bekas keluaran tahun 2013 sekitar Rp315 jutaan.

Baca juga: 5 Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Konvensional Biasa

5. Nissan Kicks e-Power 2020 (Rp482 juta – Bekas Rp385 juta)

Nissan Kicks e-Power 2020 punya satu pilihan varian dengan nama 1.2 e-Power VL. Mobil ini mengadopsi sistem hybrid seri, sehingga rodanya digerakkan sepenuhnya menggunakan motor listrik. Sementara itu, mesin konvensional berperan sebagai “genset” yang memberikan tenaga listrik ke dalam baterai. Hal itu yang menjadikan cara kerja mobil Nissan Kicks e-Power jadi unik.

Mobil ini memberikan pengalaman berkendara yang hampir sama dengan mobil listrik. Akan tetapi, tanpa perlu melakukan pengisian daya listrik. Harga mobil ini sekitar Rp482 jutaan dengan harga unit bekas yang juga masih tinggi, yaitu Rp385 juta.

6. Honda CH-R Hybrid (Rp583 juta – Bekas Rp440 juta)

Mobil hybrid termurah berikutnya yang bakal kita bahas adalah Honda CH-R Hybrid. Meskipun dengan harga Rp583 juta untuk mobil baru dan Rp440 juta untuk mobil bekas, tetapi harga ini jauh lebih murah daripada All New Camry apalagi Lexus dengan harga tembus lebih dari  Rp1 miliar.

Mobil ini mengusung teknologi hybrid dari Toyota, yaitu Toyota Hybrid Synergy Drive yang juga diaplikasikan pada Toyota Corolla Cross dan Toyota Corolla Altis. Ketiga model ini menggunakan mesin konvensional dengan kapasitas 1.798 cc. Sistem hybrid pada generasi keempat ini menjanjikan pengalaman berkendara yang bertenaga, tetapi tetap lembut dan ramah lingkungan.

Baca juga: Fakta-fakta Mobil Hybrid yang Jarang Orang Tahu!

7. Wuling Almaz Hybrid (Rp470 juta – Bekas Rp210 juta)

Mobil hybrid termurah yang terakhir bakal kita bahas adalah Wuling Almaz Hybrid. Harga mobil ini bersaing dengan Suzuki Ertiga. Wuling memang terkenal dengan mobil dengan harga bersahabat, tetapi fiturnya bersaing dengan mobil kelas menengah. Mobil ini punya desain yang sama dengan Almaz RS, tetapi dapur pacunya berbeda.

Mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.451 cc 4 silinder segaris yang mengusung teknologi DOHC DVVT Turbocharger. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sampai dengan 140 tk pada 5.200 rpm dan torsi 250 Nm pada 1.600 sampai dengan 3.600 rpm. Mesin ini juga dikombinasi dengan dengan sistem transmisi manual 6-percepatan atau CVT 8 percepatan. Mobil ini menggunakan penggerak roda depan (FWD – Front Wheel Drive).

Harga Wuling Almaz Hybrid tahun 2019 bisa dibeli dengan harga Rp210 jutaan, sedangkan tahun 2021 bahkan hanya selisih sedikit, yaitu Rp250 juta. Harga ini menjadi salah satu mobil hybrid murah 2022.

Demikian pembahasan tentang mobil hybrid termurah. Sekarang, bengkel-bengkel umum juga sudah punya montir andal yang berpengalaman menangani mobil hybrid. Jadi, tidak perlu ragu untuk mencari bengkel di Otoklix untuk servis mobil. Tersedia 2.000+ bengkel terdekat dari lokasimu.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Mobil Hybrid Termurah

Sampai dengan tahun 2022, mobil hybrid termurah yang beredar di Indonesia adalah Suzuki Ertiga Hybrid dengan harga baru Rp270 juta – Rp293 jutaan, sementara mobil bekasnya masih bisa didapat dengan harga Rp147 jutaan.

Mobil hybrid tidak perlu di-charge sebab mendapatkan daya listrik dari pengereman regeneratif dari mesin konvensional atau mesin bensin. Sehingga tidak perlu dicolok ke outlet listrik.

Secara umum, kekurangan mobil hybrid di antaranya adalah kurang bertenaga, punya bobot yang ekstra, harga lebih mahal, sistem kelistrikan rumit, sampai dengan kerusakan yang bisa mengakibatkan kecelakaan.