Setelah GT-R R32 sukses mendapat sebutan “Godzilla”, Nissan meluncurkan generasi terbaru dengan model Nissan GT-R R33.  Nissan GT-R R33 adalah mobil sport legendaris penerus Nissan Skyline GT-R. Generasi ketiga dari Skyline GT-R R33 diluncurkan pada tahun 1995 dan diproduksi hingga 1998.

Apa saja yang menjadikan Nissan GT-R R33 spesial sehingga membuatnya banyak dicari oleh penggemar mobil? Simak pembahasan dari tim Otoklix sampai akhir karena kami akan memberikan estimasi harga Nissan GT-R R33 bekasnya.

    Sejarah Singkat Nissan Skyline GTR R33

    Nissan Skyline pertama kali muncul pada tahun 1957, sampai saat ini generasi Nissan GTR sampai pada seri R35. Pertama kali diluncurkan, Nissan Skyline merupakan sedan mewah dengan performa tinggi. Tepat tahun 1969, Nissan memproduksi varian dari Skyline dengan kode GT-R dan menjadi GT-R generasi pertama.

    Generasi GT-R kedua menggunakan kode KPGC110 model coupe. Menggunakan mesin S20 6 silinder inline dengan transmisi manual 5 percepatan. Generasi kedua GT-R ini tidak sesukses sebelumnya karena terkena dampak krisi minyak dan standar emisi yang ketat. Tercatat Nissan hanya mampu menjual 197 unit saja.

    Setelah 16 tahun vakum, akhirnya generasi GT-R muncul kembali dengan GT-R R32. R32 tergolong sukses, tercatat ada 43 ribuan unit mobil Nissan yang terjual di seluruh dunia. Semua sektor termasuk mesin mengalami pembaruan yang cukup banyak. Tenaga yang dihasilkan juga lebih besar dan top speed meningkat.

    Saat diluncurkan, Nissan GT-R R33 masih menggunakan mesin yang sama dari RB26DETT dengan beberapa penyempurnaan. Desain eksterior sedikit berubah dari pendahulunya, bahkan lebih kalem. 

    Baca juga: Nissan GT-R R34: Mobil Sport Legendaris dari Jepang

    Desain Eksterior dan Interior Nissan GT-R R33

    Eksterior dan interior Nissan GT-R R33 mengalami beberapa perubahan dari generasi sebelumnya. Lalu apa saja yang berubah? Simak penjelasannya berikut ini.

    Desain Eksterior dan Interior Nissan GT-R R33

    Seperti yang disebutkan diatas, eksterior Nissan GT-R R33 memiliki desain  yang lebih kalem mengedepankan sisi aerodinamika. Mobil ini memiliki lampu depan yang lebar dan tajam, serta bodi yang sporty dan kokoh. R33 memiliki desain grill depan yang lebih lebar untuk pendinginan mesin yang lebih maksimal.

    Interior Nissan GT-R R33 

    Interior Nissan GT-R R33 didesain dengan elegan dan nyaman. Tidak banyak perbedaan pada fitur dan instrumen-instrumen dari generasi sebelumnya. Fitur standar di Nissan GT-R R33 seperti audio, kontrol AC, layar instrumen, power windows dan kompartemen penyimpanan.

    Secara keseluruhan, interior Nissan GT-R R33 memberikan kenyamanan pada pengemudi serta penumpang. Semua menggunakan bahan berkualitas sehingga kesan berada pada mobil mewah dengan performa tinggi sangat terasa.

    Baca juga: Harga Nissan GT-R R35, Spesifikasi dan Keunggulannya

    Fitur Nissan GT-R R33

    R33 memiliki performa mesin yang bisa bersaing dengan mobil sport dari Eropa.

    Untuk fitur keamanan dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur canggih, termasuk sistem pengereman ABS dan Electronic Stability Program (ESP) untuk memudahkan kontrol mobil.

    Sistem pengereman sudah menggunakan rem brembo. R33 juga sudah dilengkapi dengan airbag standar untuk keselamatan pengemudi. R33 menggunakan chasis baru dengan distribusi bobot yang lebih baik guna menunjang kenyamanan berkendara.

    Performa Mesin GT-R R33

    Nissan GT-R R33 menggunakan mesin 2.6L inline V6 twin-turbocharged sama dengan generasi sebelumnya. Mesin RB26DETT ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 280 hp dan torsi sebesar 375 Nm. Tenaga disalurkan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan All Wheel Drive.

    Kecepatan maksimal Nissan GT-R R33 mampu mencapai 250 km/jam. 0-100 km/jam bisa ditempuh dengan waktu 5,5 detik. Dalam keadaan kosong, GT-R R33 memiliki bobot sekitar 1.601 Kg. 

    Baca juga: Nissan GT-R R34: Mobil Sport Legendaris dari Jepang

    Harga GT-R R33 Bekas

    Harga GT-R R33 bekas di Indonesia bervariasi tergantung kondisi mobil, kelengkapan dan jarak tempuh. Namun kamu perlu menyiapkan dana yang lumayan besar. Belum tentu ada mobil Nissan GT-R R33 yang dijual oleh pemiliknya. Jadi harga bekas Nissan GT-R R33 tergantung dari kesepakatan antara penjual dan pembeli.

    Harga yang pernah terpublikasi, Nissan GT-R R33 dari barang sitaan Bea Cukai Batam, Nissan GT-R R33 dilelang dengan harga Rp470.561,00 dengan uang jaminan 190 juta. Harganya bisa saja naik menjadi lebih tinggi tergantung dari banyaknya peminat yang ikut lelang. Mobil ini tidak memiliki STNK dan BPKB, jadi setelah menang kamu harus mengurusnya terlebih dahulu.

    Jika kamu berminat dengan Nissan R33, agar amannya  kami menyarankan untuk menyiapkan dana beberapa milyar. Harga GT-R R33 bisa saja lebih mahal dari R35 yang dijual saat ini, karena sudah tidak diproduksi dan unitnya terbatas.

    OtoFriends tidak boleh lupa saat membeli mobil bekas harus siap dengan semua permasalahan yang akan dihadapi. Kamu perlu sering-sering melakukan service rutin dan tune up di bengkel spesialis yang sudah berpengalaman. Karena mobil ini tergolong langka, tidak semua bengkel bisa mengerjakan kategori mobil sport seperti ini.

    Lewat aplikasi Otoklix, kamu bisa mendapatkan rekomendasi bengkel terbaik lewat smartphone. Tidak perlu bingung masalah harga, karena harga yang tertera pada aplikasi sama dengan harga yang ada di bengkel. Manfaatkan fitur booking agar tidak perlu antri saat datang ke bengkel. Yuk coba sekarang aplikasinya!

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar Nissan GT-R R33 :


    Nissan Skyline R33 dijual dengan harga lelang mulai dari 470 juta di Bea Cukai Batam.


    Nissan GT-R R33 diluncurkan pada tahun 1995 dan menjadi generasi keempat dari keluarga GT-R.


    RB26 merupakan mesin yang mulai digunakan pada Nissan GT-R R32, R33 dan R34.