Memiliki mobil keluarga tentu juga menarik dan penting. Karena, bepergian bersama keluarga menjadi idaman banyak orang. Oleh karena itu, mobil keluarga yang homey, nyaman dan berukuran besar menjadi idaman. Karenanya, mobil Nissan Livina bisa menjadi pilihan yang cocok bagi OtoFriends.

Mobil dari Nissan tentu sudah dikenal banyak orang terutama bagi pengendara di Indonesia. Namun, Nissan Livina 2022 dan versi lainnya memiliki spesifikasi, kelebihan dan kekurangan tersendiri yang wajib Anda pahami.

Spesifikasi Lengkap Nissan Livina

Jika OtoFriends tertarik memiliki mobil keluarga satu ini, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja spesifikasi yang dimiliki oleh mobil ini, yaitu:

Dimensi

Sebagai mobil keluarga tentu ruang yang disediakan menjadi perhatian utamanya. Hal ini diikuti dengan dimensi mobil yang cukup luas dan lega. Adapun dimensi lengkap mobil ini seperti:

  • Panjang mobil 4.510 mm
  • Lebar 1.750 mm
  • Tinggi 1.695 mm
  • Jarak terendah 200 mm
  • Radius putar 5,5 m
  • Jarak sumbu roda 2.775 mm

Mesin

Walaupun tergolong mobil keluarga bukan berarti mobil ini tidak dilengkapi dengan mesin yang mumpuni. Mobil satu ini menggunakan mesin dengan silinder 1.499 cc yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar utamanya.

Konfigurasi mesin memakai 4 silinder inline, 16 valve dengan VTC (variable-valve timing) ganda. Namun, dari sisi konfigurasi transmisi cukup terbatas karena hanya menyediakan 4 automatic speed. Walaupun demikian, mobil ini memiliki mesin yang baik dan juga kuat.

Performa

Selain menggunakan mesin dengan cc tinggi, ternyata Nissan Livina juga memiliki tenaga yang cukup besar karena bisa mencapai 104 ps atau setara dengan 6.000 rpm. Kemudian, dari sisi torsi bisa mencapai 141 kg.m atau setara dengan 4.000 rpm.

Jadi, pengguna bisa memakai mobil ini dengan baik. Tidak hanya itu, mobil satu ini bisa digunakan baik di dalam kota ataupun ketika bepergian ke luar kota saat berlibur dengan nyaman.

Suspensi dan Rem

Mobil keluarga ini menggunakan rem depan dengan ventilated disc, sedangkan rem belakang menggunakan drum atau tromol. Suspensi depan memakai McPherson strut dengan stabilizer kemudian suspensi belakangnya sendiri menggunakan torsion beam dengan stabilizer sehingga berkendara bisa jadi lebih nyaman.

Eksterior

Setiap varian Nissan Livina memakai lampu kabut depan Halogen sehingga berkendara menggunakan mobil satu ini saat keadaan berkabut tetaplah aman. Karena, pandangan dari pengendara tidak akan terhalang oleh kabut yang biasa muncul di setiap penjuru wilayah Indonesia.

Kemudian, lampu depan yang ada menggunakan halogen headlamp dengan LED DRL serta lampu belakang LED rear combination lamp. Sedangkan kaca spion-nya memakai electric retractable mirrors.

Anda juga bisa menemukan spoiler di dalamnya. Namun, mobil keluarga ini tidak menyediakan sunroof, roof rack dan rail serta pijakan samping. Walaupun demikian, kenyamanan serta eksterior yang diberikan tetap nyaman dan terlihat berkelas.

Velg dan Ban

Nissan Livina ini menggunakan ban standar dengan ukuran 205/55. Kemudian, dari segi material velg menggunakan alloy wheel dengan ukuran 16 inchi.

Safety

Mobil keluarga ini telah menggunakan sistem engine immobilizer yang membuatnya aman dari pencurian. Kemudian, terdapat fitur keselamatan aktif yang terdiri dari:

  • Anti lock braking system
  • Brake assist
  • Electronic brake distribution
  • Sensor parkir
  • Rearview camera
  • Uphill and downhill assist control
  • Vehicle stability control system

Selain itu, mobil satu ini juga menyediakan sistem keselamatan pasif yang berupa ISOFIX maupun airbag yang tersedia baik di kursi penumpang maupun pengendara.Jadi, ketika terjadi kecelakaan maka baik penumpang maupun pengendara tidak akan terkena cedera yang berarti karena adanya sistem keamanan ini.

Kelebihan Nissan Livina

Nissan Livina bekas maupun yang baru memiliki beberapa kelebihan yang harus Anda perhatikan. Adapun beberapa kelebihan tersebut, seperti:

  • Kabin yang lega. Sebagai mobil keluarga yang luas mampu menampung 7 hingga 8 orang penumpang. Selain muat banyak, ternyata ruang kaki yang tersedia juga luas sehingga kenyamanan para penumpang terjaga dengan baik.

Kabin yang sama juga bisa diatur sehingga bangku baris belakang bisa menjadi bagasi tambahan yang bisa memuat banyak barang. Jika diperlukan bagian atas mobil juga bisa diubah menjadi tempat penyimpanan barang lainnya.

  • Sangat nyaman karena suspensi yang empuk. Mobil keluarga ini memiliki ukuran yang besar. Karenanya, kenyamanan harus didahulukan agar penumpang dan pengemudi dapat berkendara dengan nyaman.
  • Pilihan warna beragam. OtoFriends bisa menemukan mobil Nissan Livina berbagai warna di pasaran. Setidaknya terdapat 8 varian warna yang menarik dan pastinya memberikan kesan yang berbeda-beda.

Kekurangan Nissan Livina

Walaupun demikian, mobil ini tetaplah memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  • Desain yang standar. Bisa dikatakan desain mobil ini tidak begitu banyak berubah. Jika dibandingkan dengan pesaingnya seperti Toyota Avanza maka Nissan Livina bisa dikatakan terbelakang dari sisi desain eksterior.
  • Teknologi yang digunakan tidak sebaik pesaingnya. Secara umum kendaraan ini memakai beberapa jenis teknologi seperti Radio AM/FM, pemutar CD/ DVD, USB, pengaturan AC dan lainnya.

Namun, AC yang ada ternyata masih memakai pengaturan knop putar. Berbeda dengan pesaingnya yang sudah menggunakan pengaturan digital.

  • Harga fluktuatif. Berbeda dengan mobil lainnya, Nissan Livina ternyata memiliki banyak peminat terutama untuk Nissan Livina bekas. Karenanya, harganya dapat naik drastis namun dilain waktu dapat turun.

Harga Nissan Livina

Harga Nissan Livina yang baru dibanderol mulai dari Rp208 jutaan untuk varian All New Nissan Livina 1.5 E MT. Sedangkan Livina 1.5 EL MT seharga Rp231 jutaan dan Livina 1.5 EL AT dihargai mulai dari Rp242 jutaan.

Mobil keluarga Nissan Livina tentu cocok untuk digunakan sehari-hari bersama keluarga. Agar kinerja dan performanya terjaga dengan baik maka rawatlah mobil kesayangan Anda di bengkel yang terdaftar di Otoklix.com. Karena bengkel tersebut memberikan kualitas perawatan terbaik dengan harga yang bersahabat.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Nissan Livina

Harganya mulai dari Rp272,5 juta.

Mobil ini tergolong irit BBM walaupun menggunakan mesin dengan 1.500 cc. Secara umum mobil ini akan memakan BBM 1 liter untuk 11,5 km dengan kecepatan rata-rata sekitar 21 km/jam.

Perbedaan paling mencolok di antaranya adalah Grand Livina memiliki 7 bangku dengan bentuk MPV sedangkan Livina sendiri pada umumnya memakai 5 bangku. Namun, untuk versi hatchback menyediakan 2 varian yaitu X-Gear maupun XR.