Nissan GT-R R35 sudah meluncur sejak tahun 2007 dan belum penerusnya GT-R R36 sampai saat ini. Tetapi nyatanya mobil dengan sebutan “Godzilla” ini masih memiliki peminat yang tinggi. Walaupun harga Nissan GT-R R35 tergolong mahal selevel dengan mobil sport dari Eropa. Apakah OtoFriends termasuk salah satu yang tertarik? Yuk mari kita kenal Nissan GT-R R35 lebih mendalam! 

Mengenal Nissan GT-R R35

Nissan GT-R R35 pertama kali diluncurkan pada tahun 2007. Mobil ini merupakan generasi terbaru dari Skyline GT-R R34. GT-R merupakan salah satu mobil sport ikonik terkenal di Jepang dari Nissan. Sejak diluncurkan sampai sekarang, GT-R R35 telah mengalami beberapa update dan perbaikan, namun secara keseluruhan desain dan karakternya masih sama dengan versi pertamanya. 

Secara spesifikasi, R35 merupakan penyempurna dari versi sebelumnya. Contohnya pada desain eksterior, R35 lebih modern dan sporty. Kedua mobil ini menggunakan mesin yang sama, tetapi R35 bisa menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar setelah ada perbaikan. Untuk fitur, R35 lebih canggih dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti bahasannya berikut ini.

Baca juga: 14 Mobil Sport Terbaru yang Bakal Rilis di Masa Mendatang

Spesifikasi Nissan GT-R R35

Nissan GT-R R35 merupakan salah satu mobil terkencang yang pernah diproduksi oleh Nissan. Mobil ini cocok bagi kamu yang senang mobil sport dengan performa tinggi. Untuk spesifikasi lengkapnya mengenai interior, eksterior dan mesin bisa OtoFriends lihat pada pembahasan berikut ini.

Interior Nissan GT-R R35

Interior Nissan GT-R R35 terlihat mewah dan sporty. Interior mobil ini terdiri dari jok kulit berkualitas tinggi yang nyaman dengan sistem elektrik. Mobil ini juga memiliki kursi baris kedua, tetapi hanya cocok untuk anak-anak. Keseluruhan warna interior Nissan GT-R R35 didominasi warna-warna gelap. 

Dashboard mobil R35 sudah menggunakan layar sentuh yang besar dan penempatan tombol-tombol yang mudah dijangkau oleh pengemudi. Stir bisa dimaju mundurkan sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Terdapat fitur paddle shift yang menempel pada stir. Tidak banyak perubahan dari sisi dashboard dibanding generasi sebelumnya. 

Eksterior Nissan GT-R R35

Eksterior Nissan GT-R R35 memiliki desain yang agresif dan sporty. Mobil ini memiliki bodi yang ramping dengan garis-garis yang tegas dan aerodinamis. Bagian depan R35 terlihat sangat kokoh dengan grill besar dan lampu depan yang melancip.

Pada bagian samping, mobil ini tidak memiliki lekukan-lekukan tajam.  R35 memang di desain dengan karakter berotot dengan mengedepankan aerodinamis untuk mengurangi koefisien drag. Bagian belakang R35  terlihat sangat sporty dengan lampu ikonik bulat berjajar dua dan spoiler yang menambah kesan sport. Bagian eksterior mobil ini memberikan kesan mobil yang kokoh dan tangguh, sesuai dengan karakter mobil sport.

Mesin Nissan GT-R R35

Nissan GT-R R35 menggunakan mesin V6 berkapasitas 3,8 liter VR38DETT. Mesin ini menggunakan  twin-turbo yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 565 hp dan torsi maksimum 632 Nm. Mesin GT-R R35 inilah yang  sering disebut sebagai “Godzilla” engine, karena tenaga yang dihasilkan besar dan mampu mengalahkan mobil sport dari Eropa. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi dual-clutch dan sistem all-wheel drive yang diteruskan ke semua roda. 

Baca juga: Mobil Balap Keren, Super Cepat, Paling Ditunggu di Masa Depan

Harga Nissan GT-R R35

Harga Nissan GT-R R35 tergantung pada tipe dan tahun produksinya. Mobil ini pertama kali diproduksi pada tahun 2007 sampai sekarang dengan pembaruan fitur-fitur dan upgrade performa yang lebih baik.

Menurut website resmi Nissan, harga Nissan GT-R R35 berkisar antara Rp2,8 miliar sampai Rp3,5 miliar. Harga tersebut bisa saja berubah tergantung pada permintaan pasar. Harga di importir umum bisa jadi lebih mahal dibanding dealer resmi, tergantung spesifikasi yang kamu inginkan.

Pastikan untuk memperhatikan kondisi kendaraan dan fitur-fitur jika OtoFriends berencana membeli Nissan GT-R R35 second. Kamu bisa cek di website jual beli mobil bekas, ada beberapa Nissan GT-R R35 yang dijual. Untuk harga second bisa saja lebih murah tergantung kondisi dan kelengkapan.

Baca juga: 20 Mobil Balap Keren di Dunia, Tercepat 515 km/jam!

Keunggulan Nissan GT-R R35

Nissan GT-R R35 memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya salah satu mobil sport Jepang terbaik yang pernah diproduksi oleh Nissan. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:

1. Performa mesin yang bertenaga menggunakan mesin 3.8 liter  VR38DETT V6 twin-turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga hingga 565 hp dan torsi maksimum 632 Nm. Sektor mesin inilah yang paling diincar oleh penggemar mobil JDM.

2. Transmisi otomatis enam percepatan membantu menyalurkan tenaga mesin ke roda dengan lebih efisien, sehingga mobil ini mampu melaju dengan kecepatan tinggi. 1-100 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 2,8 detik dan kecepatan maksimalnya mencapai 315 km/jam.

3. Suspensi adaptif pada Nissan GT-R R35 akan menjaga stabilitas kendaraan saat berkendara pada kecepatan tinggi atau melalui medan yang tidak rata. Suspensi ini bisa mengubah kekerasan shock secara otomatis sesuai dengan kondisi jalan dan gaya berkendara pengemudi. 

4. Sistem pengereman dengan kaliper 6 piston pada bagian depan dengan diameter 390 mm. Pengereman roda belakang menggunakan kaliper 4 piston dengan ukuran 380 mm. Sistem pengereman yang canggih ini akan membantu menjaga mobil saat mengerem dari kecepatan tinggi.

5. Desain eksterior yang agresif dan aerodinamis sehingga membantu meningkatkan performa kendaraan dengan mengurangi gesekan udara dan meningkatkan kecepatan.

Bagaimana OtoFriends tertarik untuk membeli Nissan GT-R R35 setelah tahu harga barunya? Jika beruntung kamu bisa mendapatkan Nissan GT-R R35 bekas dengan harga yang murah, pastikan cek dulu agar tidak salah beli ya.

Untuk meminimalisir hal ini kamu bisa mengecek mobil sport ini pada bengkel terbaik. Dengan begini kamu bisa tahu apa saja yang sudah mulai rusak dan berapa estimasi biayanya. Jangan lupa ganti oli dan tune up mobil agar performanya kembali meningkat. Lewat aplikasi Otoklix kamu bisa mendapatkan rekomendasi bengkel terbaik lewat handphone.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Nissan GT-R R35

Nissan GT-R R35 menggunakan mesin 3.800cc VR38DETT V6 twin-turbocharged.

Nissan GT-R R35 Nismo mampu menghasilkan tenaga sampai 600 horsepower.

Harga Nissan GT-R R35 saat ini berkisar antara 2,8 miliar sampai 3,5 miliar tergantung spesifikasi.