Suzuki Ertiga Hybrid merupakan salah satu mobil favorit keluarga karena kabin yang cukup luas. Mobil low MPV ini pertama kali diluncurkan di Indonesia pada Maret 2022. Dibanderol mulai dari Rp270 jutaan, Suzuki Ertiga Hybrid menjadi kendaraan yang cukup terjangkau. Ada berbagai kelebihan yang bisa dijadikan pertimbangan, mulai dari konsumsi BBM, tingkat emisi, hingga tingkat kebisingan. Berikut spesifikasi lengkap Suzuki Ertiga Hybrid!

Spesifikasi Suzuki Ertiga Hybrid

Eksterior

Tampilan luar mobil ini tampak lebih soft. Dibandingkan tipe Ertiga yang lama, mobil ini memiliki motif krom di bagian grille dan terdapat antena dengan desain lebih pendek. Selain itu, Suzuki Ertiga Hybrid juga dilengkapi fitur penunjang lainnya. Di antaranya New Front Grille Design, Projector Headlamps with New Auto Headlight and Guide Me Light, Electric Auto Foldable Mirror with Turn Signal Lamp, New Antenna, Fog Lamps, LED High Mount Stop Lamp, Parking Sensors, dan LED Rear Combination Lamps with Light Guide.

Baca juga: 5 Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Konvensional Biasa

Interior

Di bagian interior, tidak ada perbedaan signifikan dengan tipe Suzuki Ertiga lawas. Hanya ada perbedaan penggunaan bahan material pada tipe baru, yakni charcoal. Selain itu, meter cluster Suzuki Ertiga Hybrid juga dilengkapi MID dengan informasi baru terkait sistem smart hybrid.

Beberapa fitur interior Suzuki Ertiga Hybrid GX di antaranya adalah New Material Interior Charcoal, Black & Grey Interior Ambience, Meter Cluster with New MID, Leather Steering Wheel with Wooden Pattern Design, 2nd Row Armrest, Head Unit 8-inch Touchscreen with Mirroring, dan Ventilated Cup Holder.

Kemudian, fitur keamanan Suzuki Ertiga Hybrid di antaranya Dual SRS Airbags, ABS+EBD, Electronic Stability Program, dan Hill Hold Control.

Spesifikasi mesin

Suzuki Ertiga Hybrid tipe GX dengan transmisi manual menggunakan mesin yang sama dengan tipe lainnya, yaitu mesin berkode K15B berkapasitas 1.5 liter. Mesin tersebut dipadukan dengan baterai lithium-ion 16v dan Integrated Starter Generator.

Tidak hanya itu, mesin Suzuki Ertiga Hybrid juga diklaim bisa mengeluarkan tenaga 103 dk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan lewat transmisi automatic 4-percepatan.

Baca juga: Fakta-fakta Mobil Hybrid yang Jarang Orang Tahu! 

Estimasi Harga Suzuki Ertiga Hybrid

Di Indonesia, Suzuki Ertiga Hybrid ditawarkan dalam empat tipe dengan rentang harga mulai Rp270,3 juta hingga Rp292,3 juta.

Tipe mobilEstimasi harga
Suzuki Ertiga Hybrid GX M/TRp270,3 juta
Suzuki Ertiga Hybrid GX A/TRp281,3 juta
Suzuki Ertiga Hybrid Suzuki Sport M/TRp 281,3 juta
Suzuki Ertiga Hybrid Suzuki Sport A/TRp292,3 juta

Estimasi Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid

Untuk merawat Suzuki Ertiga Hybrid, dibutuhkan biaya total sekitar Rp6 juta untuk jangka waktu lima tahun (kurang lebih 100 ribu km) untuk transmisi manual. Sementara, untuk transmisi otomatis diperlukan biaya perawatan sekitar Rp5,5 jutaan.

Apabila sudah menempuh jarak sekitar 60 ribu km, siapkan biaya sekitar Rp1,2 juta untuk mobil transmisi manual. Sementara, untuk mobil Ertiga Hybrid AT, diperlukan biaya sekitar Rp966 ribuan.

Saat mobil sudah mencapai jarak tempuh 70 ribu  km, biaya jasa servis dan pergantian komponen Suzuki Ertiga Hybrid baik transmisi manual maupun otomatis sama, yakni sekitar Rp722 ribu.

Saat mencapai jarak tempuh 80 ribu km, biaya perawatan yang dibutuhkan sekitar Rp2,1 juta untuk transmisi manual dan Rp2,1 juta untuk Ertiga Hybrid AT. Ketika jarak tempuh sudah mencapai 100 ribu km, biaya perawatan yang dibutuhkan untuk Ertiga Hybrid manual sekitar Rp1,2 juta dan Rp966 ribu untuk transmisi otomatis.

Baca juga: Masih Tergolong Mahal, Segini Tarif Pajak Mobil Hybrid 2022

Saat mencapai jarak tempuh 10 ribu km, pihak bengkel akan memeriksa kendaraan secara menyeluruh. Selain itu, dilakukan penggantian oli mesin. Saat jarak tempuh mencapai 20 ribu km, akan dilakukan penggantian oli mesin, filter oli, gasket, dan busi. Pada jarak tempuh 30 ribu km, hanya diperlukan ganti filter oli, oli mesin, dan gasket kembali.

Pada jarak tempuh 40 ribu km, dilakukan ganti oli mesin, filter oli, gasket, filter udara, busi, oli transmisi, minyak rem, serta radiator coolant. Pada jarak tempuh 50 ribu km, perawatan yang dilakukan sama dengan perawatan jarak tempuh 30 ribu km. Di antaranya memastikan sistem dapur pacu tetap optimal, efisiensi bahan bakar yang baik, dan emisi gas buang yang rendah.

Oleh sebab itu, lakukan perawatan mobil secara teratur agar kondisi mobil tetap prima. OtoFriends dapat memanfaatkan aplikasi Otoklix untuk booking online ke bengkel terdekat. Tidak hanya dapat jaminan bebas antrian, OtoFriends juga akan mendapatkan berbagai penawaran menarik.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki Ertiga Hybrid menggunakan bahan bakar jenis Pertamax Turbo.

Salah satu keunggulan mobil hybrid adalah minim getaran dan rendah suara mesin. Saat terjadi kemacetan, mesin bensin tidak hidup karena digantikan oleh motor listrik tenaga baterai. Dengan demikian, mobil hybrid minim getaran.

Apabila mobil listrik mengandalkan sumber tenaga eksternal atau listrik murni, sumber tenaga mobil hybrid berasal dari dalam mesin. Mobil hybrid mendapatkan sumber tenaga dari proses sisa putaran bahan bakar mobil, kemudian ditambah energi dari motor listrik.