Fungsi motor listrik jadi alasan utama perkembangannya terus berlanjut di Indonesia. Seperti yang sudah OtoFriends ketahui, banyak masyarakat yang kini sudah mulai meninggalkan motor konvensional dan beralih menggunakan motor listrik.

Terlepas dari fungsi motor listrik yang membantu menurunkan emisi karbon, ternyata ada beberapa penyebab lainnya mengapa banyak masyarakat lebih memilih untuk beralih menggunakan motor listrik. Lantas, apa fungsi motor listrik lainnya dan bagaimana perkembangannya di Indonesia? Berikut ulasannya!

5 Fungsi Motor Listrik

  1. Hemat Pengeluaran

Siapa sangka jika motor listrik yang dibekali dengan teknologi canggih ternyata malah justru lebih hemat pengeluaran ketimbang motor konvensional. Hal ini dikarenakan OtoFriends tidak perlu bersusah payah dalam melakukan perawatan. Jumlah komponen motor listrik lebih sedikit ketimbang motor konvensional. OtoFriends hanya perlu melakukan pengisian daya dan melumasi bagian-bagian komponen tertentu. Jangan lupa untuk melakukan penggantian baterai minimal setiap dua tahun sekali. Melalui cara ini, OtoFriends bisa tetap menjaga pemakaian motor listrik OtoFriends lebih tahan lama.

  1. Akselerasi Mudah

Fungsi motor listrik lainnya adalah mempermudah akselerasi. Hal ini karena motor listrik dibekali torsi secara langsung, jadi bisa lebih gesit khususnya dalam akselerasi dan juga pengisian daya. Selain itu, fungsi motor listrik juga meringankan penggunaan bahan bakar. Lebih irit dari pada motor konvensional, motor listrik hanya perlu diisi daya baterainya dengan sekali pengisian. 

Sayangnya memang motor listrik ini kurang cocok jika OtoFriends gunakan untuk bepergian jauh atau melakukan touring motor dengan teman-teman. Namun, jika ingin menggunakan motor listrik untuk jalan-jalan dan touring jarak jauh, sebagai solusi OtoFriends bisa menggunakan atau membeli motor listrik dengan dua sumber tenaga, yaitu minyak dan listrik. 

Baca juga: Fakta-fakta Mobil Hybrid yang Jarang Orang Tahu!

  1. Perawatan Lebih Efisien

Pada dasarnya, motor listrik memiliki cara kerja yang lebih sederhana. OtoFriends tidak perlu melakukan penggantian oli secara rutin atau menghabiskan uang untuk mengecek setiap komponennya. OtoFriends cukup memastikan daya baterai telah terisi dengan baik, maka OtoFriends bisa melakukan mobilitas sehari-hari dengan tenang.

  1. Mengurangi Polusi Udara dan Suara

Dirancang sedemikian rupa, motor listrik tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi polusi udara melainkan juga polusi suara. Suara motor listrik lebih halus ketimbang motor konvensional. Jadi OtoFriends sudah tidak perlu lagi takut mengganggu tetangga saat memanaskan motor atau ketika masuk ke gang kecil. Karena motor listrik memberikan keamanan dan kenyamanan ekstra bagi lingkungan dan juga pengendaranya.

  1. Hemat Pajak

Fungsi motor listrik menarik lainnya adalah hemat pajak. Demi mengarahkan masyarakat menggunakan motor listrik, pemerintah memberlakukan insentif PPnBM untuk kendaraan listrik adalah 15% dengan dasar pengenaan pajak 0%. Hal ini tentu meringankan kantong setiap pengendara. Apalagi harga motor listrik ini terbilang cukup ekonomis, ditambah penggunaan bahan bakar dan perawatan yang lebih hemat, serta ramah lingkungan.

Kenapa Harus Menggunakan Kendaraan Listrik?

Meski masih tergolong baru, penting bagi OtoFriends mempertimbangkan untuk beralih dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik. Pasalnya, kendaraan listrik atau motor listrik memberikan banyak manfaat. 

Baca juga: Mengenal Mobil Hybrid, Fakta Penting dan Daftar Mobilnya

Peranan utamanya dalam menurunkan emisi karbon dapat membantu untuk mencegah terjadinya pemanasan global dan berbagai masalah lainnya seperti banjir, kelaparan, migrasi makhluk hidup, hingga gangguan ekonomi. 

Hingga kini, setiap perusahaan produsen sepeda motor listrik terus melakukan inovasi untuk menciptakan berbagai model motor listrik yang canggih, menarik, dan ramah lingkungan. 

Menariknya, alasan trend menggunakan motor listrik ini ternyata tidak berhenti sampai di situ. Ada fungsi motor listrik lainnya yang memberikan keuntungan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari perawatan hingga harga yang ekonomis.

Rekomendasi Motor Listrik

Ingin menggunakan motor listrik yang lebih ringkas dan kece? OtoFriends bisa melakukan pembelian jenis motor listrik segway. Sekedar informasi, ada banyak jenis motor listrik yang beredar di Indonesia. OtoFriend tentu harus jeli dan paham setiap tujuan penggunaannya sebelum melakukan pembelian. 

DIlihat dari kelebihannya, Segway sebagai salah satu motor listrik yang beredar di Indonesia memberikan tampilan body yang tangguh, desain yang lebih ringkas dan menarik, kecepatan mumpuni dengan jarak tempuh yang cukup jauh, serta fitur double break untuk pengereman yang lebih akurat. Penggunaan daya baterai Segway juga lebih mumpuni untuk menunjang mobilitas OtoFriends.

Harga Motor Listrik Segway

Terkait harga, motor listrik Segway ini dibanderol mulai dari harga Rp24 jutaan. Namun OtoFriends bisa menyesuaikan dengan tipe dan jenisnya untuk mendapatkan harga yang lebih sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Tips Perawatan Motor Listrik

Memiliki tahapan perawatan yang lebih mudah ketimbang motor konvensional, OtoFriends hanya perlu melakukan pengisian daya sebelum melakukan mobilitas dan memastikan setiap komponen motor listrik telah terlumasi pelumas dengan baik. Jika masih ragu, OtoFriends bisa melakukan pengecekan dan perawatan di Bengkel Otoklix Plus Simprug yang berada di wilayah Jakarta Selatan. 

Baca juga: Servis Motor Listrik Segway Kini Bisa di Otoklix

Tidak perlu khawatir karena perawatan motor listrik OtoFriends akan ditangani langsung oleh tenaga profesional. Otoklix telah menjalin kerjasama langsung dengan Segway Motors Indonesia untuk memastikan setiap konsumen dan pengendara bisa menggunakan dan melakukan perawatan Segway dengan lebih mudah. Layanan yang diberikan meliputi servis kendaraan, pemeriksaan berkala, penyediaan spare parts ORI Segway dengan penanganan teknisi profesional dan jaminan transparansi harga. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Pertanyaan Seputar Fungsi Motor Listrik

Fungsi motor listrik dalam kehidupan sehari-hari memberikan banyak manfaat antara lain, membantu menurunkan emisi karbon, membantu menghemat pengeluaran, lebih efisien dalam akselerasi dan perawatan, membantu mengurangi polusi udara dan suara serta membantu meringankan pajak.

Hingga kini, setiap perusahaan produsen sepeda motor listrik terus melakukan inovasi untuk menciptakan berbagai model motor listrik yang canggih, menarik, dan ramah lingkungan.

Tidak hanya ramah lingkungan, motor listrik memberikan dampak positif untuk penghematan biaya dan juga perawatan.