OtoFriends tertarik beli Hyundai Santa Fe? Mobil ini memang didesain sebagai mobil keluarga yang mewah. Fitur-fiturnya memanjakan anggota keluarga. Mobil ini cocok dibawa bepergian jauh karena mesinnya yang tangguh. Mari kita simak spesifikasi lengkap Hyundai Santa Fe.

Spesifikasi Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe adalah mobil jenis SUV yang dirilis setelah Grand Avega. Kedua jenis mobil ini berdesain mewah, tangguh, dan gagah. Selain itu, versi terbaru dari Hyundai Santa Fe 2022 ini punya performa yang lebih tangguh dibandingkan sebelumnya. Banyak sentuhan baru pada Hyundai Santa Fe. Selain dari segi tampilan, pembaruan juga disematkan pada mesinnya.

Mari kita bahas mulai dari dimensi, mesin, eksterior, interior, fitur, sampai dengan harga mobil Hyundai Santa Fe.

Dimensi Hyundai Santa Fe

Mobil SUV ini bisa dibilang cukup bongsor. Namun, ukurannya ini memberikan kesan kokoh pada mobil ini. Hyundai Santa Fe memiliki dimensi 4.690 mm x 1.880 mm x 1.690 mm (p x l x t). Jarak sumbu rodanya 2.700 mm dan bobotnya 1.874 kg saat kosong. Meskipun bongsor, Hyundai Santa Fe tetap punya akselerasi yang sangat baik.

Daya tampung maksimal mobil ini sekitar 2.510 kg. Kaki-kakinya kokoh dengan sistem suspensi yang mumpuni sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi penumpang.  Sedangkan untuk ukuran rodanya menggunakan velg ring 18 dengan ukuran ban depan 235/55 dan ban belakang 235/60.

Mesin Hyundai Santa Fe 

Berikutnya kita bakal bahas tentang mesin Hyundai Santa Fe. Generasi terbaru ini punya dua pilihan tipe mesin. Tipe mesin pertama adalah MPI D-CVVT dengan kapasitas 2.4 liter. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal sampai 180 Ps di putaran 6.000 rpm. Tipe mesin ini adalah jenis naturally aspirated. Artinya mesin ini menggunakan bahan bakar dengan sistem multi point fuel injection. Dengan sistem ini, penumpang bakal merasakan tarikan yang sangat halus meskipun Hyundai Santa Fe termasuk mobil berjenis SUV.

Baca juga: Apa itu Mobil SUV dan MPV? Ini Perbedaannya

Selain tipe mesin di atas, ada juga tipe mesin CRDi-VGT Turbo charged dengan kapasitas mesin 2.2 liter. Kubikasinya lebih kecil dibandingkan dengan mesin bensin yang sebelumnya kita bahas, yaitu 2.199 cc. Namun, mesin diesel ini mengeluarkan tenaga yang lebih besar, yakni 202 Ps pada putaran mesin 3.800 rpm.

Ada kelebihan lain di versi mesin diesel ini, yaitu sudah dilengkapi dengan teknologi Turbo Charged (E-VGT) dengan sistem bahan bakar Common Rail System. Kalau membutuhkan mobil SUV yang irit bahan bakar, tipe mesin diesel dari Hyundai Santa Fe ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Sedangkan kalau OtoFriends membutuhkan mobil SUV yang mesinnya halus, bisa pilih yang mesin bensin. Keduanya punya akselerasi yang sama baiknya.

Eksterior Hyundai Santa Fe 

Bagian eksterior ini adalah tampilan paling menonjol dari sebuah mobil. Hyundai Santa Fe memberikan kesan tampilan yang elegan, gagah, dan stylish. Desain mukanya lebih sporty dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Andalan dari mobil ini adalah tampilan gril depan khas Santa Fe yang berwarna crom dan dibuat tiga tingkat. Gril ini memberikan kesan mewah pada generasi terbaru Santa Fe.

Di sisi lain, ada fog lamp atau lampu kabut yang disematkan di ujung bawah dekat gril. Beralih ke sisi samping, Santa Fe menambah lekukan tipis sehingga menimbulkan aksen siluet pada sisi samping mobil. Handle pintunya juga berwarna kron yang mengilat sehingga menambah kemewahan mobil ini.

Kesimpulannya, meskipun Hyundai Santa Fe adalah mobil SUV, tampilan luar mobil ini tidak hanya menonjolkan kesan gagah, tetapi juga elegan dan mewah.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hyundai Atoz, City Car Mungil yang Klasik

Interior Hyundai Santa Fe 

Begitu memasuki area dalam, kita langsung bisa menyimpulkan bahwa mobil ini adalah mobil yang mewah dan nyaman bagi penumpang untuk melakukan perjalanan. Terdapat fitur yang lengkap dan canggih. Di antaranya adalah Dual Zone AC dan Control Climate yang membuat mobil terasa sejuk maksimal.

Pada bagian depan terdapat beberapa panel yang berfungsi memberikan hiburan secara maksimal. Head unit-nya menggunakan desain yang sporty. Fitur Panoramic Sunroof menjadikan tampilan mobil ini semakin kece dan segar.

Selain itu, kursi juga dapat diatur sesuka hati. Tinggal menekan tombol pada kursi baris kedua, kita bisa melipat dan menggeser kursi. Misalnya ingin menjadikan baris ketiga sebagai bagasi ataupun melipat kursi baris kedua juga untuk memberikan ruang yang lebih luas untuk penyimpanan.

Baca juga: Nggak Kalah dari Merek Jepang, Ini Daftar Mobil Korea Paling Laris di Indonesia

Fitur Hyundai Santa Fe 

Sekarang kita bakal bahas tentang fitur Hyundai Santa Fe. Seperti mobil SUV pada umumnya, Santa Fe juga menonjolkan fitur keamanan dan keselamatan maksimal. Ada Dual SRS Airbags yang bisa melindungi pengemudi dan penumpang bagian depan saat terjadi kecelakaan.

Selain itu, fitur keselamatan mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi Brake Assistant System (BAS) serta Electronic Brake Distribution (EBD) sehingga sistem pengereman lebih sempurna. Hal ini membuat pengemudi mudah mengendalikan mobil kalau terjadi sesuatu yang mendadak. Ada pula fitur Reverse Parking System, Foldable Immobilizer Key, serta Burglar Alarm System.

Fitur canggih lainnya yang disematkan pada Santa Fe adalah Drive Mode. Tinggal memutar knop untuk memilih mode yang kita inginkan. Mode COMFORT digunakan untuk mengemudi sehari-hari, ECO untuk berkendara dengan hemat bahan bakar, SPORT adalah mode untuk mendapatkan akselerasi yang lebih cepat, dan mode SMART bakal menyesuaikan dengan interval perpindahan gigi berdasarkan pola mengemudi terkini.

Harga Hyundai Santa Fe

Dengan fitur mumpuni dan tampilan yang keren, mobil Hyundai Santa Fe dibanderol dengan harga mulai dari Rp569 juta sampai Rp729 jutaan. Berikut ini daftar harga lengkapnya.

  • Santa Fe Gasoline 2.5 Style mesin bensin Rp569 juta
  • Santa Fe Gasoline G 2.5 Prima mesin bensin Rp599 juta
  • Santa Fe Gasoline G 2.5 Signature mesin bensin Rp678 juta
  • Santa Fe Diesel D 2.2 Prime mesin diesel Rp659 juta
  • Santa Fe Diesel D 2.2 Signature mesin diesel Rp729 juta

Itu dia pembahasan lengkap tentang spesifikasi mobil Hyundai Santa Fe, SUV unggulan dari Hyundai. Jangan lupa untuk melakukan servis rutin di bengkel terpercaya. Temukan lebih dari 2.000 bengkel se-Jabodetabek yang sudah menjadi mitra Otoklix!