Mobil dinas TNI terbaru dibagikan kepada setiap unit dengan beberapa model. Umumnya unit anggota TNI yang mendapatkan mobil dinas dimulai dari pangkat Perwira Menengah hingga Perwira Tinggi. Menariknya, melalui jenis dan model mobil tersebut, OtoFriends bisa menebak tingkatan pangkat pejabat yang menggunakannya.

Menariknya lagi, model mobil dinas TNI terbaru tersebut tersedia mulai dari Avanza hingga Land Cruise yang harganya dibanderol hingga miliaran rupiah. Lantas seperti apa spesifikasi mobil dinas terbaru TNI sesuai dengan tingkatan jabatannya? Berikut Otoklix rangkum informasi lengkapnya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Bandingkan Mobil Presiden Jokowi, Bung Karno, dan Joe Biden

Spesifikasi dan Jenis Mobil Dinas TNI Terbaru

1. Avanza

Mulai dari tingkatan mobil pertama yaitu Avanza. Mobil jenis Avanza ini biasanya digunakan oleh anggota TNI yang menjabat sebagai Kapten hingga Mayor. Sesuai dengan spesifikasinya, mobil Avanza yang merupakan mobil keluarga ini cocok digunakan di dalam kota sehingga lebih sering digunakan oleh Kapten dan Mayor TNI untuk melakukan aktivitas dan mobilitas sehari-hari. Adapun mobil Avanza ini tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu transmisi manual dan CVT.

2. Ertiga

Lanjut ke jenis mobil kedua, yaitu Ertiga. Berdasarkan informasi, mobil Suzuki Ertiga biasa digunakan oleh perwira menengah berpangkat kolonel. Sama halnya dengan mobil dinas Avanza, mobil Suzuki Ertiga seringkali dijadikan sebagai mobil andalan mobil keluarga. Namun berbeda dengan tampilan interior mobil Avanza, mobil Ertiga memiliki tampilan yang lebih mewah, berkelas, dan eksklusif. Adapun mobil Suzuki Ertiga ini dibanderol mulai dari Rp200 jutaan.

3. Strada Triton

Beranjak ke kapasitas mobil lebih besar yaitu Strada Triton. Biasanya mobil Strada Triton ini digunakan Kolonel untuk bertugas di pasukan khusus atau tugas-tugas VIP lainnya. Tapi ada juga yang dimodifikasi sesuai kebutuhan TNI dalam menjalankan tugas seperti menjadi ambulance. Terlihat dari desainnya mobil Strada Triton tampak terlihat tangguh dan elegan. Mobil Strada Triton ini dibekali mesin diesel 2442 cc dan memiliki keunggulan dari segi keiritan bahan bakar.

5. Toyota Fortuner

Sama halnya seperti mobil Strada Triton, mobil Toyota Fortuner menjadi pilihan para pejabat TNI berpangkat kolonel untuk bertugas di pasukan khusus atau tugas-tugas VIP. Mobil SUV ini didukung oleh dua pilihan mesin, yaitu bensin dan diesel serta roda penggerak 4×2 dan 4×4. Mobil Toyota Fortuner ini biasanya dibanderol di pasaran mulai dari harga Rp540 jutaan.

Baca juga: Lengkap! Spesifikasi dan Harga Terbaru Toyota Fortuner 2022

6. Pajero Sport

Beralih ke mobil Pajero Sport. Mobil ini biasa diberikan kepada TNI yang berpangkat jendral atau minimal bintang satu. Tampak terlihat gagah dan elegan, mobil Pajero Sport hadir dengan 6 varian dengan varian tertinggi menggunakan mesin diesel 2442 cc. Mobil ini memiliki dimensi yang cukup besar dengan kapasitas tempat duduk untuk 7 orang. Mobil Pajero Sport ini biasa dibanderol di pasaran mulai dari rentang harga Rp 540 jutaan hingga Rp730 jutaan.

7. Land Cruise

Sama halnya dengan Pajero Sport, mobil Land Cruise jadi opsi pilihan untuk TNI yang berpangkat jenderal atau minimal bintang satu. Bedanya, mobil SUV yang masuk dalam jajaran paling mahal ini dibanderol dengan harga hingga miliaran. Land Cruise hadir dengan dua pilihan tipe. Keduanya mempu memberikan performa mesin terbaik karena sebenarnya diperuntukkan untuk ke medan off-road.

Jenis Mobil Dinas Terbaru TNI Umum

Selain beberapa jenis dan spesifikasi mobil dinas TNI terbaru yang sudah disebutkan tadi, ada beberapa jenis mobil lainnya yang tentu sudah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penugasan, seperti untuk mobil satwa, bus sedang, dan truk sampah. Namun, perlu diketahui, tidak semua anggota mendapatkan fasilitas mobil dinas TNI terbaru ini.

Adapun untuk modifikasi terkait warna, plat nomor, dan beberapa bentuk modifikasi lainnya sudah ditentukan langsung oleh Jendral, sehingga tidak dilakukan dengan sembarangan.

Langkah Perawatan Dasar Mobil

Seperti halnya mobil penumpang dan mobil pribadi, mobil dinas terbaru TNI juga butuh perawatan. Apalagi modifikasi yang dilakukan terbilang dalam modifikasi khusus dan sering digunakan bertugas untuk melakukan mobilitas sehari-hari. Lalai dalam melakukan pemeriksaan bisa berakibat fatal dan menyebabkan kerusakan komponen mesin mobil. 

Ada beberapa perawatan mobil dasar yang harus diketahui oleh setiap orang, baik anggota TNI maupun pengendara biasa, yaitu:

  1. Tidak salah dalam menggunakan jenis bahan bakar
  2. Mengganti oli secara berkala
  3. Rutin mengecek kondisi aki
  4. Cek kondisi kelayakan ban
  5. Melakukan pemeriksaan rem
  6. Dan melakukan pengecekan dan pengisian air radiator dengan benar

Baca juga: Servis Rutin Mobil, Cek 6 Komponen Ini Secara Berkala

Langkah sederhana dalam perawatan mobil ini bisa OtoFriends lakukan dalam pengecekan rutin setidaknya setiap 6 bulan sekali. Pengecekan bisa dilakukan di bengkel rekanan Otoklix yang tersebar hampir di seluruh wilayah Jabodetabek. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Mobil Dinas TNI Terbaru

Plat TNI biasa menggunakan warna merah disertai logo dan nomor instansi.


Unimog jadi truk andalan tentara ketika sedang pergi bertugas atau menjelajah di jalan terjal.


Terdapat beberapa mobil dinas TNI terbaru, mulai dari Avanza, Fortuner, hingga Land Cruise. Mobil dinas tersebut diberikan kepada anggota sesuai dengan tingkat pangkatnya masing-masing.